Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Indonesia / Indonesia Tahun 2002

Indonesia Tahun 2002


Pelayanan Penginjilan

  1. Bersyukur atas setiap pelayanan penginjilan yang dilakukan sampai saat ini guna menjangkau orang-orang yang belum mengenal Yesus terutama di masa Natal saat ini. Ingat, Hari Natal merupakan suatu fakta istimewa -- Yesus Kristus Lahir -- (bahkan orang non-Kristen pun dapat menerima fakta ini) dan doakanlah kita bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk melakukan penginjilan!

  2. Doakan untuk setiap jiwa baru yang telah dimenangkan melalui setiap pelayanan penginjilan di berbagai tempat di Indonesia. Doakan pelayanan follow-up bagi orang-orang yang sudah dimenangkan tersebut dan setiap pekerja yang menolong para petobat baru tersebut untuk menumbuhkan iman mereka.

  3. Berdoa bagi gereja-gereja di Indonesia terutama dalam pelayanan penginjilan yang dilakukan. Doakan agar gereja-gereja bisa bersatu untuk mengemban Amanat Agung untuk menjangkau mereka yang belum mengenal Yesus.

  4. Doakan setiap lembaga/yayasan/organisasi Kristen Indonesia yang bergerak dalam pelayanan penginjilan dan setiap sarana yang dipakai untuk memberitakan Injil. Berdoa supaya Tuhan memberikan hikmat sehingga mereka bisa menemukan/menerapkan ide-ide Natal untuk melakukan penginjilan dengan beragam cara yang dapat diterima oleh beragam lapisan masyarakat.

e-JEMMi 51/2002



Persiapan Natal

Di awal bulan Desember ini dapat dipastikan jemaat-jemaat gereja di berbagai tempat sudah sibuk mempersiapkan ibadah/acara Natal. Marilah kita fokuskan pokok doa kita minggu ini untuk beberapa persiapan Natal 2002 ini:

  1. Berdoa supaya dalam segala kesibukan untuk mempersiapkan pernak-pernik ibadah/acara Natal, jemaat tidak melupakan persiapan yang paling penting yaitu hati yang siap untuk mengasihi dan memberi sebagaimana yang telah diteladankan Allah Bapa pada malam Natal pertama.

  2. Doakan agar setiap umat Kristen yang merayakan Natal tahun ini dapat lebih memahami makna Natal khususnya untuk memberi hal-hal terbaik yang dimiliki bagi sesama yang membutuhkannya.

  3. Berdoa supaya Natal tahun ini memacu semangat gereja dan jemaatnya dalam menjalin kerjasama dengan gereja-gereja dari denominasi lain, baik dalam doa bersama maupun dalam memberi perhatian pada kebutuhan masyarakat setempat yang sedang kekurangan.

  4. Doakan supaya damai dan sukacita Natal dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan jemaat Tuhan dan bagi orang-orang yang tinggal di sekitar mereka.

  5. Mari berdoa untuk pemberitaan Kabar Suka Cita Keselamatan Yesus Kristus bagi mereka yang belum mendengar dan menerima-Nya. Biarlah pada Natal tahun ini, berita Kesukaan itu terus bergema ke seluruh penjuru tempat, baik di kota maupun di desa.

  6. Natal juga merupakan suatu kesempatan untuk menyatukan keluarga dimana kita bisa saling memberikan kasih dan perhatian kepada keluarga yang kita kasihi. Marilah berdoa untuk keluarga kita masing-masing.

e-JEMMi 50/2002



Minggu Terakhir "40 Hari Doa Bangsa-bangsa", Gerakan Doa di Berbagai Kota

Minggu Terakhir "40 Hari Doa Bangsa-bangsa"

Bulan Ramadhan akan berakhir -- Lebaran akan diadakan dalam minggu pertama di bulan Desember ini. Hal ini berarti para kaum Muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia akan menyelesaikan ibadah puasa mereka dan mencapai puncak kemenangan baik secara jasmani maupun dalam mendapatkan kepuasan rohani.

Pokok Doa:

  1. Bersyukur bila saat ini Allah melembutkan hati kaum Muslim untuk bisa mengenal kasih-Nya selama mereka melaksanakan ibadah puasa.

  2. Doakanlah untuk Lebaran: khususnya untuk para pemudik, perjalanan, pertemuan keluarga, aktivitas/ibadah, dan "mohon maaf lahir batin" yang akan mencapai puncak dalam minggu ini. Bagaimana Allah akan bekerja dalam minggu ini?? Apakah ini juga bisa menjadi kesempatan emas untuk Tuhan dan orang Kristen?

  3. Berdoa agar Allah menggerakkan hati anak-anak-Nya yang mempunyai kerinduan untuk melayani kaum Muslim yang saat ini sedang mencari jawaban.

  4. Doakan dan naikkan syukur bagi para pendoa syafaat yang dengan tekun mendoakan mereka bersama "40 Hari Doa Bangsa-bangsa". Kiranya doa bersama tidak berhenti sampai di sini saja tetapi terus digiatkan. Ingat: Hadiah paling baik adalah 'Hadiah Doa'!

Gerakan Doa di Berbagai Kota

Pokok Doa:

  1. Bersyukur pada Tuhan atas terbentuknya gerakan doa (mulai dari gerakan doa anak, gerakan doa mahasiswa, gerakan doa wanita, jaringan doa nasional, dan jaringan doa untuk suku) yang terjadi dan bertumbuh di kota-kota di Indonesia dan juga di luar negeri.

  2. Ucapkan syukur untuk kerjasama yang makin meluas yang terjadi atas gereja-gereja, lembaga, dan badan-badan pelayanan di negeri ini dan di dunia. Doakan terjalinnya Kesatuan Umat dan kebersamaan semua denominasi gereja di kota-kota.

  3. Berdoa agar Allah terus-menerus memberikan semangat dan gairah bagi jemaat Kristus untuk menjadi pendoa-pendoa di kota tempat tinggal mereka. Doakan juga agar para pendoa menjalin kontak-kontak doa lintas kota.

  4. Berdoa bagi terjadinya transformasi masyarakat di berbagai kota yang menakjubkan yang membawa kota pada kesejahteraan dan hidup dalam kebenaran.

Sumber:

Kalender Jaringan Doa (KJDN) edisi Desember 2002

==> http://www.sabda.org/publikasi/e-kjdn/

e-JEMMi edisi 23/2002 -- Gerakan Doa Sekota

==> http://www.sabda.org/publikasi/e-jemmi/2002/23/

e-JEMMi 49/2002



e-JEMMi -- Genap 4 Tahun

Tak terasa pelayanan publikasi e-JEMMi telah memasuki tahun yang ke-4!! Pelayanan e-JEMMi telah dirintis semenjak awal bulan November 1998. Pada kesempatan ini kami ingin mengucap syukur atas penyertaan Tuhan selama ini karena melalui e-JEMMi kami dapat memberitakan bahwa Allah terus bekerja secara luar biasa di berbagai penjuru dunia.

Pokok Doa:

  1. Ucapan Syukur

    Sampai saat ini sudah ada 206 edisi e-JEMMi yang diterbitkan terhitung sejak pertama kali diterbitkan pada bulan November 1998. Bertepatan dengan empat tahun pelayanan e-JEMMi, Redaksi ingin menaikkan syukur atas kasih setia Tuhan bagi segenap tim Redaksi (dari angkatan 1998 - 2002) dan semua dukungan/partisipasi para pembaca yang saat ini telah mencapai 11.000 orang.

    Harapan kami melalui pelayanan e-JEMMi kita bisa semakin menambah wawasan tentang luasnya bidang pelayanan misi dan juga menyadari akan kebutuhan yang begitu besar untuk menunaikan tugas mulia -- membawa berita Injil ke seluruh dunia. Kami bersyukur karena e-JEMMi dapat dipakai menjadi alat untuk menginformasikan tentang karya-karya Allah yang luar biasa di berbagai penjuru dunia.

  2. Pengembangan Pelayanan-Nya

    Doakan agar tim Redaksi terus setia dalam menunaikan tugas pelayanan ini. Kiranya di tahun-tahun mendatang e-JEMMi dapat semakin mengembangkan penampilan berita-berita kesaksian misi, misi dan sumber-sumber misi, baik dari manca negara maupun dari Indonesia. Doakan agar Tuhan memberikan hikmat dan bijaksana supaya pelayanan ini berkembang dan memberikan banyak berkat kepada para pembaca dan masyarakat Kristen Indonesia umumnya.

  3. Harapan e-JEMMi

    Sampai saat ini sudah ada 11.000 orang lebih yang menerima terbitan e-JEMMi setiap minggunya. Berdoa supaya Allah terus memakai e-JEMMi sehingga melalui penerbitan ini banyak orang yang mulai rindu dan tergerak untuk ikut ambil bagian dalam pekerjaan pemberitaan Injil ke seluruh Indonesia dan seluruh dunia.

  4. Situs e-MISI

    Situs e-Misi sudah lama sekali tidak mengalami perbaikan. Doakan untuk upaya meng-update Situs e-MISI ini. Kerinduan kami adalah agar Situs e-MISI dapat menjadi pusat sumber informasi bagi semua pelayanan misi dalam bahasa Indonesia. Selain itu diharapkan Situs e-MISI juga dapat berperan sebagai mediator dan katalisator bagi banyak lembaga misi maupun pribadi yang terlibat atau ingin mendukung pelayanan misi. Sesuai dengan fungsi dan perannya sebagai mediator dan katalisator, Situs e-MISI menyediakan berbagai bahan dan informasi tentang misi seperti bahan PA misi, kumpulan cerita misi, pokok-pokok doa bagi bangsa, dan link-link misi di seluruh dunia. Informasi tentang e-JEMMi yang sarat dengan berita dan informasi aktual tentang misi akan menjadi salah satu bagian utama di dalam situs e-MISI. Doakan untuk tim yang sedang mengerjakan peng-update-an dan pengembangan Situs e-MISI agar dapat segera terealisasi sehingga dapat segera dinikmati oleh banyak orang Kristen.

    Juga bersyukur untuk segenap tim/situs SABDA.org yang menampilkan e-JEMMi di bagian Publikasi lengkap dengan semua arsip edisi e-JEMMi yang telah diterbitkan!! Selamat berkunjung!

    Arsip e-JEMMi
    ==> http://www.sabda.org/publikasi/misi/

    Situs e-MISI (sedang rencana untuk revisi)
    ==> http://www.sabda.org/misi/

  5. Perlunya Sukarelawan

    Rencana pengembangan publikasi e-JEMMi dan juga peng-update-an Situs e-MISI memerlukan dukungan, baik pemikiran maupun doa. Kami mengucap syukur karena telah banyak pembaca yang mendukung pelayanan e-JEMMi melalui doa dan juga kontribusi bahan. Tim Redaksi berharap akan semakin banyak sukarelawan yang bersedia membantu, khususnya dalam hal penyediaan informasi-informasi seputar misi (kesaksian misi, artikel misi, renungan misi, tokoh misi, sumber misi, buku-buku misi, doa, dll.). Berikut ini adalah beberapa kesempatan bagi sukarelawan untuk pengembangan e-JEMMi dan situs e-MISI -- yang dibutuhkan:

    1. Writers - Penulis (dan banyak Cerita/Fakta/Kesaksian)
    2. Translators - Penerjemah
    3. Web Workers (Web Author/Designer, Web Programmer, dsb.)

Apabila Anda ingin berpartisipasi dan mendukung pelayanan e-JEMMi atau juga e-MISI, silakan mengirimkan informasinya melalui email ke alamat: < staf-MISI@sabda.org >

Segala puji syukur hanya bagi Dia!

Sumber: Tim Redaksi e-JEMMi dan Tim e-MISI

e-JEMMi 48/2002



Berdoa Bagi Bangsa dan Negara, Umat Kristen, dan Pendoa Syafaat 40 Hari

Bagi Bangsa dan Negara

  1. Mintalah agar Tuhan tidak mengijinkan bangsa Indonesia "dikuasai" oleh kelompok-kelompok tertentu yang radikal; atau mengalami kekacauan yang disebabkan oleh kelompok-kelompok yang melakukan aksi kekerasan, kelompok-kelompok milisi atau pemberontakan kelompok bersenjata.

  2. Doakan agar aspirasi rakyat didengar dan dihormati sehingga tercipta demokrasi dan hidup rukun antar sesama warga.

Bagi Umat Kristen Khususnya

  1. Kiranya umat Kristen tetap tegar menghadapi berbagai upaya provokasi, dan agar mereka mendapat kemurahan dan kasih karunia Tuhan untuk mampu mengampuni pihak-pihak yang mencelakakan mereka dan hidup damai dan rukun dengan sesama warga.

  2. Mohonkan hikmat ilahi dan ketabahan iman bagi masyarakat Kristen dan para pemimpin gereja, sementara para pemimpin menggembalakan jemaat-jemaat mereka dalam masa-masa yang sangat bergejolak ini.

  3. Kiranya respon, sikap perilaku, kesaksian dan keimanan umat Kristen membawa banyak jiwa kepada pertobatan untuk mengenal dan percaya kepada Kristus.

Bagi Pendoa Syafaat 40 Hari

Bersyukur dan doakan juga untuk para pendoa syafaat yang tergabung dalam e-DOA dan menerima "40 Hari Doa Bangsa-bangsa" -- mereka secara rutin selama 40 hari ini akan berdoa bagi bangsa/suku/orang di seluruh dunia yang sedang menjalankan ibadah puasa, termasuk di Indonesia, selama bulan Ramadhan.

Sumber: Buletin Doa Pintu-pintu Terbuka, edisi November 2002

e-JEMMi 47/2002


Pelayanan Obor Berkat Indonesia (OBI)

  1. Doakan setiap kegiatan tim OBI di bulan November dan Desember agar dapat berjalan sesuai dengan jadual yang direncanakan.

  2. Berdoa agar Allah memberikan kesehatan dan stamina yang kuat bagi tim medis OBI yang melakukan pelayanan di daerah-daerah, khususnya di luar Jawa.

  3. Doakan persediaan obat-obatan dan peralatan medis yang diperlukan dan dibawa tim OBI ke berbagai pelosok tanah air, supaya Allah mencukupkannya.

  4. Berdoa supaya melalui pelayanan kesehatan yang mereka lakukan, tim OBI dapat mengobati secara jasmani sekaligus memenuhi kebutuhan rohani mereka yang membutuhkan perawatan dengan memperkenalkan kasih Yesus kepada mereka.

  5. Doakan agar ada lebih banyak dokter Kristen yang terbeban untuk bergabung dalam pelayanan OBI sehingga kasih Kristus semakin nyata dirasakan oleh mereka yang belum mengenal-Nya.

e-JEMMi 46/2002


Gereja-Gereja Teraniaya di Indonesia

Berdasarkan laporan, kurang lebih ada 14 gereja di Provinsi Jawa Barat ditutup kegiatannya. Langkah tersebut ditempuh pemerintah setempat atas desakan gerakan sporadis yang menolak pengoperasian gereja-gereja di wilayah mereka. Demikian dilaporkan Sekretaris Forum Komunikasi Kristiani (FKK) Wilayah Jawa Barat yang tembusannya diterima Sekretaris FKK Wilayah Sulawesi Utara, Pdt. Xyz.

"Kuat dugaan, penutupan itu sebagai refleksi kekecewaan mereka (kaum sporadis) akibat gagalnya memperjuangkan Pasal 29 lalu." kata Pdt. Xyz. Ke-14 gereja yang ditutup itu, tiga di antaranya belum berhasil diidentifikasi. Gereja-gereja yang ditutup itu antara lain GKPB di Rengasdengklok, GPdI dan GBI Bethany Cibitung di Cikarang Barat. Selanjutnya, GKPI, Gereja Advent, GBI Bethany, Gereja Baptis dan tiga lainnya belum diketahui di berada di wilayah Cikarang Baru. Berikutnya, gereja yang ditutup di Bandung Selatan, tepatnya di daerah Bale Enda adalah gereja HKBP dan GKP. Kemudian di kota Bantung daerah Cimuncang yang ditutup adalah GKP dan terakhir di Daerah Banjar yaitu di Desa Langensari, yang ditutup adalah Gereja Advent. Pdt. Xyz. menambahkan, tindakan itu dilakukan pemerintah setempat secara bertahap. Oleh sebab itu, perlakuan terhadap kaum Nasrani di Jawa Barat itu telah bertentangan dengan asas negara kita yang menjunjung tinggi kebebasan beragama bagi tiap pemeluknya.

Sumber: Berita Harian KOMENTAR - Oktober 21, 2002

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk jemaat dari gereja-gereja yang ditutup agar tetap menemukan tempat beribadah, dan terus bersemangat beribadah.

  2. Berdoa supaya Allah memberikan hati yang mengampuni bagi jemaat yang sekarang tidak lagi memiliki tempat ibadah yang resmi, Doakan supaya mereka tidak membenci orang/pihak yang melakukan penutupan gereja dan tetap bisa menunjukkan kasih.

  3. Doakan PEMDA Jawa Barat agar dapat menyelesaikan masalah ini secara terbuka.

  4. Berdoa bagi jemaat lain yang masih memiliki tempat ibadah yang permanen, agar mereka terus bersyukur dan melayani pekerjaan Tuhan dengan bersemangat.

e-JEMMi 45/2002


Persiapan Gereja-gereja Menjelang dan selama Ramadhan

  1. Berdoa agar gereja-gereja turut mengambil bagian dalam "40 Hari Doa Bangsa-bangsa" dan bersama-sama bersatu hati untuk mendoakan saudara-saudara kita yang belum menerima keselamatan dalam Yesus.

  2. Berdoa agar bertepatan dengan bulan Ramadhan, gereja-gereja bisa mengambil kesempatan yang sangat baik ini untuk mendoakan dan menjangkau mereka yang belum mengenal Yesus, khususnya mereka yang sedang menggumulkan iman kepercayaan mereka.

  3. Doakan persiapan untuk para pendoa syafaat agar Roh Kudus bekerja dalam hati kita masing-masing. Melalui doa bersama ini kiranya hidup kerohanian kita dapat dibangunkan.

  4. Doakan untuk kesatuan gereja-gereja di Indonesia dalam merindukan jiwa-jiwa yang terhilang untuk kembali kepada Tuhan dan tanggung jawabnya dalam memelihara para petobat baru yang hadir di gereja mereka masing-masing.

  5. Doakan situasi keamanan selama bulan Ramadhan ini dan juga para aparat keamanan yang bertugas menjaga keamanan.

e-JEMMi 44/2002


Yayasan Sumber Sejahtera (YASUMA)

Dua program YASUMA yaitu:

  1. Proyek Filipus

    Proyek Filipus dilakukan dengan menyediakan pelajaran Alkitab tertulis yang terdiri dari 5 buku; yaitu "Jawaban", "Siapa Tuhan Itu", "Temuan Baru 1, 2, 3".

    Buku-buku ini sangat bermanfaat dalam membantu gereja mewujudkan misinya, khususnya untuk program penginjilan dan pemuridan yang berkesinambungan. Sampai saat ini banyak gereja yang telah menggunakan bahan Proyek Filipus untuk memberikan pelajaran Alkitab.

  2. Church Planting Program (Pelatihan dan Penanaman Gereja)

    Program pelatihan dan penanaman gereja ini bertujuan untuk melengkapi para pemimpin gereja, aktivis, penginjil, dan majelis melalui training dengan modul kelas praktis.

Informasi selengkapnya mengenai YASUMA dapat Anda simak dalam situs YASUMA di alamat www.bit.net.id/sahabatsurgawi/yasuma.htm

Sumber: Alkitab YASUMA, situs YASUMA, buletin YASUMA, brosur YASUMA.

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk pelayanan YASUMA dalam memberitakan Injil, khususnya melalui Proyek Filipus dan Proyek Pelatihan dan Penanaman Gereja.

  2. Doakan untuk pengembangan kedua program tersebut di atas sekaligus doakan untuk proses follow-up bagi orang-orang yang mengikuti program-program tersebut.

  3. Doakan untuk para staf dan para pekerja di berbagai wilayah yang menjalin kerjasama dengan YASUMA. Kiranya mereka menangkap visi pelayanan YASUMA untuk menyebarkan Injil dan memenangkan jiwa.

e-JEMMi 43/2002


Pelayanan PI dan Pemutaran Film Rohani ke Daerah (Mission Trip)

Yayasan Marturia Indonesia (YAMARI) mengadakan Mission Trip ke daerah Sumatera. Pelayanannya dimulai di daerah Lampung, dilanjutkan ke daerah Pekanbaru, kemudian ke Tebing Tinggi, Sidikalang dan Pematang Siantar. Pelayanan pekabaran Injil dan pembinaan rohani kali ini dilengkapi aksi sosial dengan membagikan Alkitab, buku-buku rohani, pakaian pantas pakai, dan bahan makanan kepada jemaat miskin di desa-desa. Pelayanan ini berjalan dengan baik atas kerjasama dengan berbagai gereja, antara lain GPI, GPdI, GBIS, GPSI, GBT, dan beberapa gereja lain yang secara tidak langsung terlibat dalam setiap acara.

Sumber: Berita YAMARI, Vol. 34, Agustus 2002

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk tim YAMARI yang telah melayani di berbagai kota. Doakan supaya Allah melipatgandakan mereka yang terlibat dalam pelayanan Mission Trip YAMARI karena masih banyak daerah di Indonesia yang belum dijangkau oleh Injil.

  2. Doakan agar penyertaan Tuhan senantiasa dilimpahkan untuk para tim YAMARI yang melakukan pelayanan penginjilan dan pemutaran film ke berbagai kota di Indonesia.

  3. Berdoa supaya semakin banyak gereja, yayasan/organisasi Kristen, Persekutuan Doa ataupun individu yang tergerak hatinya untuk mendukung Mission Trip YAMARI baik berupa doa, daya, maupun dana.

  4. Doakan untuk kebutuhan SDM yang terbeban dan terpanggil untuk pergi dan melayani di daerah-daerah yang membutuhkan Injil.

e-JEMMi 42/2002


Doa untuk Dunia dan Indonesia

IDOP -- Doakan Gereja-gereja Teraniaya

Apakah Anda, gereja Anda dan pelayanan/misi Anda akan bersama berdoa dan berpartisipasi dalam IDOP tahun ini? Mengapa tidak?

World Evangelical Alliance Religious Liberty Commission mengajak setiap umat Kristen di seluruh dunia untuk bergabung bersama dalam: INTERNATIONAL DAY OF PRAYER for the Persecuted Church (IDOP -- Hari Doa Internasional bagi Gereja-gereja Teraniaya).

Menurut penyelenggara, lebih dari 200 juta orang Kristen saat ini tidak memiliki kebebasan beragama karena iman mereka kepada Yesus Kristus. Tanggal 10 dan 17 November ditetapkan sebagai hari di mana kita semua akan bersatu hati dalam doa untuk mendoakan saudara-saudara kita dan gereja-gereja yang teraniaya. Anda juga dapat menemukan informasi yang lebih lengkap mengenai IDOP di <http://www.idop.org>

Sumber: 2002/09/13 -- BRIGADA TODAY

Untuk Indonesia -- Doakan Sulawesi!

Tindak kekerasan terus berlanjut di wilayah Sulawesi. Para militan dari kelompok-kelompok tertentu mencoba untuk menghancurkan Persetujuan Perdamaian yang telah dibuat. [Menurut Voice of the Martyrs, kekerasan yang terjadi antara lain: penghancuran ratusan rumah dan beberapa gereja, serta peledakan bom di sebuah STT.]

Sumber: Mission Network News, September 27th, 2002

Pokok Doa:

  1. Berdoa agar suara-suara pengharapan Kristus tidak dapat dibungkam dengan segala peristiwa yang terjadi di Sulawesi dan sekitarnya.

  2. Doakan gereja dan umat di sana supaya terus merendahkan diri dan bersandar kepada-Nya.

  3. Berdoa untuk pemerintah dan aparat keamanan yang sedang mencoba mengatasi permasalahan-permasalahan di Sulawesi supaya Allah memberikan hikmat sehingga dapat menyelesaikannya dengan adil.

e-JEMMi 41/2002


Dukungan Misi Dalam Negeri

  1. Doakanlah untuk orang-orang Indonesia yang sudah dipanggil TUHAN untuk menjadi misionaris di antara suku-suku di dunia yang masih belum terjangkau oleh Injil. Kiranya mereka dapat dengan setia bekerja di ladang penginjilan dengan tidak mengenal putus asa, terutama dengan adanya kendala-kendala dan yang kurang mendapat dukungan gereja.

  2. Doakan gereja-gereja di Indonesia, agar mereka mau dengan sukacita mendukung, mendoakan, dan mengutus para penginjil. Diharapkan jauh lebih banyak gereja mau menjadi pengutus buat para penginjil lintas budaya!

  3. Departemen Evangelisasi dan Misi Yayasan Pekabaran Injil Indonesia (YPII) agar TUHAN menguatkan seluruh stafnya dan mereka siap mengutus tenaga lintas budaya ke berbagai negara. Doakan juga Majalah Apostolos yang mereka terbitkan.

  4. Berdoa untuk Badan Pengutus OMF yang sedang menyiapkan tenaga misionaris terutama untuk ladang-ladang penginjilan di Asia.

  5. Doakan Sending WEC INDONESIA yang siap mengutus para misionaris ke daerah-daerah di luar negeri yang masih memerlukan tambahan tenaga buat penginjilan lintas budaya, khususnya di antara suku-suku terabaikan. Silakan berkunjung ke Homepage Sending WEC di http://www.wec-int.org/swi/ untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Sumber: Buletin "Pokok-pokok Doa Penginjilan Sedunia" dari PD Timotius, edisi Oktober 2002

Untuk memperoleh versi lengkap hubungi [endah@sabda.org]

e-JEMMi 40/2002


Pelayanan Melalui Media Televisi

  1. Secara umum: Orang-orang non-Kristen di negara-negara Barat telah menggunakan televisi sebagai sarana utama untuk menyajikan nilai-nilai hedonisme, keserakahan, dan tidak bermoral ke seluruh dunia. Hal ini telah mengakibatkan terjadinya kesalahan konsepsi tentang nilai-nilai kekristenan di mata negara-negara non-Kristen dan orang-orang non-Kristen yang seringkali menganggap "Dunia Barat" identik dengan "Kekristenan". Dengan masuknya pelayanan lewat media TV, diharapkan nilai-nilai kekristenan dapat diperkenalkan dan diperbaiki. Oleh karena itu doakan agar media televisi ini dapat menjadi alat untuk memberitakan Kabar Baik Yesus Kristus dan memenangkan orang-orang non-Kristen dimanapun mereka berada.

  2. Untuk Indonesia: Doakan untuk yayasan-yayasan Kristen yang melayani penyediaan program siaran Kristen yang dipancarkan melalui stasiun televisi di Indonesia:

    1. Program siaran dari Cahaya Bagi Negeri (CBN) Indonesia yaitu acara-acara KASIH, SOLUSI, SURAT, dan AJANG GAUL. Berdoa agar setiap acara yang ditayangkan dapat menjadi cara Allah untuk menjangkau para pemirsanya.

    2. Siaran-siaran rohani misalnya dari Gospel Overseas Studio (GO Studio), Gilbert Lumoindong Ministry (GL Ministry), dan Gereja/Organisasi Katolik. Doakan supaya Firman Tuhan yang ditaburkan dapat menyegarkan hati umat Kristen dan menyentuh hidup para pemirsa yang mendengarkannya.

  3. Berdoa agar lebih banyak stasiun televisi Indonesia yang bersedia memberikan jam tayang yang lebih banyak untuk siaran-siaran rohani Kristen, khususnya pada jam-jam yang strategis.

  4. Doakan untuk pelayanan follow-up bagi pemirsa yang memberikan tanggapan terhadap berita Injil yang disampaikan dalam acara- acara rohani Kristen lewat televisi ini dan juga berdoa bagi setiap pekerja dan konselor yang bekerja di "balik layar". Kiranya pelayanan tsb. dapat dipakai untuk memberikan berita Injil yang lengkap, tuntas dan bertanggungjawab.

e-JEMMi 39/2003


Organisasi Pelayanan Mahasiswa Kristen

  1. Doakan untuk organisasi pelayanan mahasiswa Kristen yang tersebar di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia (LPMI), Persekutuan Antar Universitas (PERKANTAS), dsb. yang salah satu usahanya adalah menjangkau dan mengenalkan para mahasiswa kepada Yesus.

  2. Berdoalah untuk program-program penginjilan yang diadakan untuk para mahasiswa, baik secara massal maupun pribadi. Kiranya melalui program-program tsb. banyak mahasiswa dimenangkan untuk Kristus.

  3. Berdoalah untuk proses follow-up dan berbagai pelatihan yang disiapkan guna memperlengkapi para mahasiswa yang telah bertobat agar iman mereka dapat terus bertumbuh.

  4. Doakan agar lebih banyak mahasiswa Kristen yang memiliki hati yang melayani dan terbeban untuk memenangkan jiwa teman-temannya di kampus. Berdoa supaya mereka peka mendengar panggilan Allah atas diri mereka dan mau menaati rencana kehendak-Nya.

  5. Berdoalah untuk studi para mahasiswa Kristen yang ikut melayani agar tidak terbengkalai sehingga dapat menyelesaikan studinya dengan baik, tepat waktu dan dapat menjadi teladan bagi teman-temannya.

  6. Berdoalah untuk mahasiswa-mahasiswa Kristen yang merasa terpanggil untuk menjadi hamba Tuhan full-time. Doakan agar mereka betul-betul jelas akan panggilan Tuhan ini dan mau memperlengkapi diri agar dapat dipakai oleh Tuhan secara maksimal.

  7. Berdoa supaya pelayanan KEPADA Mahasiswa Kristen bisa mendorong dan menggerakkan para mahasiswa yang ingin melayani dan mengenapi Amanat Agung sehingga dapat menjadi berkembang menjadi pelayanan-pelayanan yang dilakukan OLEH mahasiswa sampai ke ujung bumi.

e-JEMMi 38/2003


Komunitas Olahragawan Kristen

  1. Doakan para olahragawan Kristen agar mereka bukan hanya mengharumkan nama bangsa dan negara tapi juga nama Kristus di arena pertandingan.

  2. Berdoa supaya mereka dapat menjadi saksi Kristus untuk menjangkau para atlet lain dan penggemarnya yang belum mengenal Kristus.

  3. Doakan kehidupan para atlet tsb. supaya selalu dekat dengan Tuhan dan takut akan Tuhan sehingga dapat menjadi teladan bagi para atlet Kristen lainnya dan orang-orang Kristen pada umumnya.

  4. Doakan bagi gereja dan juga organisasi-organsasi Kristen untuk mendukung pertumbuhan iman para atlet dan mempersiapkan mereka untuk menjadi sarana penyebaran Injil dimanapun mereka sedang bertanding.

  5. Berdoa khusus untuk para atlet (dan mantan atlet) Kristen di Indonesia agar kesaksian-kesaksian mereka -- beberapa di antara mereka yang terkenal yaitu Angelica Wijaya, Rudi Hartono, Imelda Gunawan, Susi Susanti, Jonatan Sianturi, dan serta banyak lagi yang tidak dapat kami sebutkan namanya -- dapat dilihat dan menolong banyak orang, baik di saat mereka bertanding, di luar lapangan, atau pun dalam kehidupan mereka sehari-hari.

e-JEMMi 37/2003


Dukungan Pelayanan PI dalam Negeri

  1. Doakan mereka (puluhan orang) yang sudah dipanggil oleh TUHAN untuk menjadi misionaris di antara suku-suku yang terabaikan di Indonesia. Doakan agar mereka dapat diutus dan pergi ke tempat yang Tuhan telah persiapkan. Doakan untuk persiapan, ketabahan dan iman para calon misionari ini. Di samping ini doakan agar mereka mendapat dukungan dari jemaat-jemaat dan saudara-saudara seiman yang mengutusnya.

  2. Doakan gereja-gereja di Indonesia yang mau dengan sukacita mendukung, mendoakan, dan mengutus para penginjil. Doakan agar lebih banyak gereja yang mau menjadi pengutus para penginjil khususnya kepada suku-suku yang belum mendengar Injil!

  3. Berdoa agar orang-orang Kristen semakin menyadari bahwa tugas PI bukan hanya menjadi tugas para misionaris dan pendeta/majelis gereja saja tetapi mereka juga memiliki kesadaran untuk mengabarkan Injil kepada orang-orang di sekitarnya yang belum mengenal Yesus.

e-JEMMi 36/2003


Pelayanan Anak Jalanan

Semakin hari semakin banyak anak jalanan yang kita temui saat melintasi perempatan lampu merah di kota kita masing-masing. Ada beberapa organisasi/yayasan Kristen yang terbeban untuk melayani anak-anak jalanan dan anak-anak miskin.

  1. Berdoa untuk organisasi/yayasan yang terbeban menjangkau dan melayani anak-anak jalanan itu sehingga melalui pelayanan mereka anak-anak itu bisa mengenal kasih Tuhan.

  2. erdoa supaya Allah memberikan hati yang penuh belas kasih kepada anak-anak-Nya sehingga mereka dapat menjadi saluran-saluran berkat bagi mereka yang kekurangan.

  3. Doakan agar anak-anak tsb. mempunyai kesempatan untuk memiliki hidup yang lebih baik dan terarah serta masa depan yang berarti melalui orang-orang yang terbeban melayani mereka.

  4. Berdoa agar anak-anak jalanan itu tidak terjerumus untuk melakukan tindak-tindak kejahatan dan kekerasan serta obat-obat terlarang.

e-JEMMi 35/2003


Penginjilan Melalui Kaset

  1. Bersyukur untuk Gospel Recordings yang telah menerjemahkan dan merekam kaset Injil ke dalam 419 bahasa suku di Indonesia. Doakan agar rekaman tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjangkau suku-suku di Indonesia. Info lengkapnya dapat anda simak dalam edisi e-JEMMi edisi 020/2000, atau langsung dari Situs Web mereka.

    ==> http://www.sabda.org/publikasi/e-jemmi/2000/20/

    ==> http://globalrecordings.net/en/

  2. Doakan Lembaga Rekaman Injil (perwakilan Gospel Recordings di Indonesia) supaya dapat melayani secara efektif dan menjalin kerjasama dengan organisasi/lembaga misi dan gereja-gereja di Indonesia.

  3. Berdoa juga agar banyak organisasi misi Kristen di Indonesia menyadari tentang pentingnya pelayanan melalui kaset ini sehingga mereka dapat mencari cara yang kreatif bagaimana menggunakannya untuk memperluas pelayanan pekerjaan Tuhan di Indonesia.

e-JEMMi 34/2002


Yayasan Marturia Indonesia (YAMARI)

Dalam edisi 029/2002 yang lalu telah diulas secara singkat tentang pelayanan YAMARI. Ada pun salah satu bentuk pelayanan YAMARI adalah melakukan pekabaran Injil dan Misi ke kota, desa, dan pedalaman. Tim Pekabaran Injil YAMARI dari waktu ke waktu melakukan perjalanan (mission trip) ke berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia. Bentuk pelayanan pekabaran Injil yang dilakukan berupa Kebaktian Penginjilan, KKR, dan Pemutaran Film Rohani. Di daerah tertentu disertai bakti sosial dengan memberikan bantuan berupa Alkitab, buku rohani, dll. kepada para hamba Tuhan di pedesaan atau pedalaman.

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk usaha "Pewartaan Kabar Baik" ke seluruh penjuru Nusantara, melalui berbagai media eletronik maupun media cetak, serta melalui para tenaga misi (Penginjil/Misionaris), agar banyak orang menjadi percaya dan diselamatkan.

  2. Doakan bagi para Pengurus dan Staf Pelaksana YAMARI, kiranya Tuhan memberikan kekuatan dan kesehatan, serta diberikan berkat jasmani dan rohani yang melimpah.

  3. Doakan kebutuhan dana rutin untuk operasional pelayanan YAMARI. Berdoa agar Tuhan memberikan kecukupan melalui para donatur untuk pendukung pelayanan YAMARI.

  4. Doakan kebutuhan sarana untuk kelancaran pelayanan YAMARI, a.l. mesin foto-copy (portable), LCD, dsb..

  5. Berdoa untuk pengembangan halaman web YAMARI supaya menjadi situs yang dapat menampilkan semua up-date informasi pelayanannya dan menggerakkan/memotivasi banyak orang untuk terlibat dalam pelayanan Pekabaran Injil. http://www.sahabatsurgawi.net/yamari.html

e-JEMMi 33/2002


Sidang Tahunan MPR dan Pelayanan Cahaya Bagi Negeri (CBN)

Sidang Tahunan MPR

Saat ini sedang berlangsung sidang tahunan MPR di Jakarta. Sidang ini merupakan sidang yang strategis bagi kehidupan berbangsa dan bernegara karena konstitusi akan diamendemen. Keputusan-keputusan yang ditetapkan dalam sidang tersebut nantinya akan banyak mempengaruhi jalannya kehidupan bangsa Indonesia di masa depan.

Pokok Doa:

  1. Doakanlah agar sidang ini berlangsung aman sehingga mereka yang terlibat didalam sidang ini dapat memberikan keputusan-keputusan yang berguna untuk memperbaiki kondisi di Indonesia.

  2. Banyak demonstrasi terjadi saat sidang berlangsung yang menuntut berbagai hal diantaranya tentang amandemen UUD 1945. Salah satu tuntutan tersebut adalah dimasukkannya Syariah Islam dalam UUD 1945. Berdoa agar MPR dapat bijaksana dalam mengambil keputusan dan semua pihak dapat berjiwa besar untuk menerima setiap keputusan yang dihasilkan dalam sidang tahunan ini.

Pelayanan Cahaya Bagi Negeri (CBN)

Di dalam masa krisis ekonomi dan politik, rakyat Indonesia berteriak mencari pertolongan. Pertikaian antar etnis, perselisihan agama, dan ketegangan politik telah membawa bangsa ini ke ambang kehancuran. Pada masa sukar inilah bangsa Indonesia menantikan kebangunan rohani dan penuaian besar yang belum pernah terjadi sebelumnya, seperti dengan lahirnya pelayanan yang dilakukan oleh Cahaya Bagi Negeri. Dengan menggunakan teknologi media televisi dan radio, juga melalui upaya kemanusiaan yang tak mengenal lelah, Tuhan memakai pelayanan ini untuk menyatakan kasih-Nya kepada bangsa-bangsa, memberikan harapan kepada jutaan manusia, dan kelegaan kepada yang berkekurangan dan yang menderita. Jadual program-program CBN ditayangkan pada:

  1. SOLUSI, di SCTV setiap hari Rabu, Pkl. 23.30 WIB

  2. KASIH, di TVRI setiap hari Minggu, Pkl. 13.30 WIB

  3. SURAT, di TPI setiap hari Selasa, Pkl. 13.00 WIB

Pokok Doa:

  1. Bersyukur atas keberadaan CBN yang menggunakan media televisi dan radio untuk mensharingkan kasih Tuhan melalui topik-topik hangat seputar kehidupan manusia.

  2. Doakan agar para pemirsa dan pendengar siaran-siaran tersebut dapat mengalami pembaharuan hati melalui setiap sharing/kesaksian yang ditayangkan.

  3. Berdoa untuk setiap pekerja CBN agar Allah senantiasa mencurahkan hikmat sehingga mereka semakin mengembangkan pelayanan yang telah dipercayakan Allah ke tangan mereka.

  4. Doakan prasarana dan sarana yang dibutuhkan guna mendukung setiap program pelayanan CBN.

Informasi lebih lengkap tentang CBN dapat anda temukan di: http://www.cbn.or.id

e-JEMMi 32/2002


Literatur Penginjilan bagi Suku Komering

Belum ada literatur-literatur Injil yang tersedia dalam bahasa asli suku Komering di Sumatera Selatan. Satu tim pekerja Kristen berkomitmen untuk menyediakan literatur-literatur tersebut dalam bahasa Komering. Tim ini meminta dukungan doa dari semua umat percaya supaya ada seorang Komering -- yang telah percaya -- terbeban supaya masyarakat di sekitarnya dapat mendengar dan membaca literatur Injil dalam bahasa yang mereka pahami. Allah telah menjawab doa itu. Seorang Komering yang telah percaya bergabung dalam tim penerjemahan ini, dan Allah telah menempatkan kerinduan dalam hatinya untuk menerjemahkan literatur penginjilan dan materi-materi pemuridan bagi suku Komering.

Sumber: Advance, June 30, 2002

Pokok Doa:

  1. Bersyukur karena Allah telah menjawab doa dengan membawa seorang Komering yang telah percaya untuk menolong tim penerjemahan.

  2. Berdoa agar proses penerjemahan dapat berjalan lancar sehingga dapat mempercepat proses produksi literatur-literatur penginjilan serta dapat segera digunakan untuk menjangkau orang-orang Komering yang belum mengenal Yesus.

  3. Berdoa dan minta kepada Allah untuk melindungi semua tim penerjemah -- termasuk keluarganya. Doakan agar Allah mencurahkan hikmat dan memandunya dalam proses penerjemahan tersebut.

  4. Doakan juga proses penerjemahan literatur-literatur Injil dalam bahasa-bahasa suku terabaikan di Indonesia termasuk para penerjemah dan orang-orang yang terlibat dalam proses produksi dan distribusinya.

e-JEMMi 31/2002


Berita Terbaru dari Padang

Baru-baru ini seorang staf dari Yayasan Obor Damai Indonesia berkunjung ke Padang untuk mengetahui keberadaan tiga orang saudara yang dipenjarakan atas tuduhan palsu -- melakukan kristenisasi -- beberapa waktu yang lalu. Mereka adalah Sdr. SO (dihukum 10 tahun), Pdt. YK (7 tahun), dan Pdt. RM (6 tahun). Dilaporkan bahwa kondisi ketiganya cukup baik dan mendapat kepercayaan dari pengurus penjara oleh karena kelakuan baik yang mereka lakukan.

Pada hari-hari tertentu, seperti hari raya Kristen dan hari raya umum, mereka diperkenankan menghirup udara bebas di luar penjara dan berkunjung kepada keluarga masing-masing. Diperkirakan Pdt. RM akan mendapakan pembebasan bersyarat pada tahun depan, setelah adanya remisi masa hukuman karena kelakuan baik setiap ada hari besar sebagaimana lazimnya.

Sumber: Buletin Doa "Pintu-pintu Terbuka" Edisi Mei - Juni 2002

Pokok Doa:

  1. Tetap mendoakan mereka agar masa hukuman mereka dapat dipakai oleh Tuhan bagi kemuliaan-Nya.

  2. Minta kepada Tuhan agar memberikan ketabahan dan kekuatan rohani kepada mereka dan juga bagi keluarga mereka masing-masing.

  3. Mendoakan masalah pendidikan yang harus dipikirkan bagi anak-anak mereka yang masih remaja supaya tidak terhenti karena ayah mereka tidak dapat bekerja.

e-JEMMi 30/2002


Stasiun Radio Kristen SOLUSI FM

"Kami di Sulawesi Tenggara sedang membangun stasiun radio Kristen SOLUSI FM, 106,05 Mhz. Namun banyak kendala yang kami hadapi. Saat ini kami sedang dalam tahap memperbaiki alat penyiaran yang jebol/rusak saat dipakai beberapa waktu yang lalu karena kepanasan (sistem pendingin yang kami pergunakan memang belum memadai), kami merindukan banyak jiwa dapat dimenangkan melalui pelayanan ini".

Sumber: Kiriman dari Ventje Montolalu

Pokok Doa:

  1. Doakan proses perbaikan alat penyiaran yang rusak agar radio SOLUSI dapat segera menjalankan kembali siarannya.

  2. Berdoa agar Allah memakai setiap program yang ditayangkan melalui radio SOLUSI untuk menjangkau banyak jiwa di Sulawesi Tenggara.

  3. Doakan agar para penyiar, operator dan orang-orang yang bekerja di radio SOLUSI mendapat hikmat Allah sehingga mereka dapat melaksanakan siaran dan mengatasi kendala-kendala dalam pelayanan mereka.

e-JEMMi 29/2002


Yayasan Mitra Misi Indonesia (YMMI)

Yayasan Mitra Misi Indonesia (YMMI) atau MissionCARE didirikan karena adanya beban untuk melayani hamba-hamba Tuhan yang mengabdi di pedesaan dan di daerah pedalaman. Sejak didirikan tahun 1995, YMMI telah mensubsidi 5.000 lebih hamba-hamba Tuhan (pendeta, penginjil, guru Agama Kristen dan mahasiswa Teologia). Selain itu, bantuan-bantuan sosial kepada panti-panti asuhan, korban bencana alam, pengungsi, dan peningkatan ekonomi pedesaan juga menjadi proyek khusus yang dilakukan YMMI.

Pokok Doa:

  1. Doakan proyek-proyek yang dilakukan YMMI guna mendukung pelayanan yang dilakukan para hamba Tuhan di pedesaan dan pedalaman.

  2. Berdoa agar Allah mencukupkan kebutuhan YMMI baik dalam hal penyediaan SDM dan juga dana untuk melaksanakan setiap proyeknya.

  3. Doakan proyek-proyek masa depan yang dicanangkan YMMI agar dapat segera terealisasi, antara lain mendirikan "Pusat Pelatihan Mitra Mandiri" yang bermanfaat untuk melatih jemaat untuk meningkatkan perekonomian mereka.

  4. Bersyukur karena YMMI telah menyalurkan kepedulian keluarga Kristen untuk berpartisipasi dalam pembangunan gereja-gereja di wilayah pedalaman melalui proyek Monumen Keluarga. Proyek ini sungguh-sungguh menjadi berkat bagi gereja-gereja di pedesaan dan pedalaman.

e-JEMMi 28/2002


Poso -- Jaringan Pemerhati Tragedi Kemanusiaan (JPTK) dan Follow-up Seminar Doa di Ambon

Poso -- Jaringan Pemerhati Tragedi Kemanusiaan (JPTK)

  1. Teruslah berdoa bagi situasi keamanan di Poso. Penculikan dan pembunuhan masih juga terjadi. Dalam situasi yang belum stabil secara keseluruhan, isu-isu bermotif provokasi akan sangat mudah untuk memancing emosi masyarakat untuk berbuat kerusuhan. Oleh karena itu doakan masyarakat di Poso agar tidak terpancing pada isu-isu yang provokatif.

  2. Berdoa bagi pelayanan JPTK didalam mengupayakan berbagai usaha untuk meredam emosi penduduk Poso dan mengupayakan terjadinya situasi yang kondusif, aman, dan stabil di Poso.

Sumber: Buletin Visi dan Prakarsa (VIP), Tahun IV/Edisi Juni 2002

Follow-up Seminar Doa di Ambon

  1. Bersyukur atas Anugerah-Nya bagi gereja-gereja di Ambon. Dalam situasi konflik yang masih terus berlangsung sampai saat ini dan keamanan yang belum kondusif, gereja-gereja di Ambon diberi kesempatan untuk menyelenggarakan Seminar Doa bulan Mei yang lalu.

  2. Doakan agar api transformasi yang didapatkan terus menyala dalam kehidupan mereka.

  3. Doakan penerapan atas keputusan yang mereka ambil, antara lain untuk berdoa bersama seminggu sekali.

  4. Berdoa supaya kegerakan doa bersama ini semakin meluas sehingga lebih banyak lagi para pendoa syafaat dibangkitkan di Ambon dimana mereka menjadi penjaga bagi kota mereka.

Sumber: Buletin Visi dan Prakarsa (VIP), Tahun IV/Edisi Juni 2002

e-JEMMi 27/2002


Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)

  1. Doakan rencana re-strukturisasi dan re-organisasi pelayanan YLSA agar dapat lebih efektif dan berkembang secara terus-menurus.

  2. Berdoa agar YLSA dapat menjalin mitra dengan gereja/organisasi/ lembaga Kristen lain yang mulai/telah menggunakan sarana komputer dan internet dalam pelayanannya supaya bisa saling mendukung dan memberi masukan.

  3. Doakan 'terlalu banyak' proyek-proyek pelayanan yang sedang dan akan (dan ingin) dikerjakan YLSA dalam beberapa tahun mendatang.

  4. Doakan untuk Sistem Infrastruktur I-KAN (Internet -- Komputer Alkitab Network) yang dipakai untuk menjalankan puluhan milis dan publikasi elektronik yang dikerjakan melalui YLSA serta dapat terus mendukung pelayanan dan organisasi Kristen di Indonesia.

  5. Doakan untuk kebutuhan sumber daya manusia yang trampil dan setia untuk mengerjakan dan mengelola semua proyek-proyek yang ada.

  6. Doakan "Tujuh 'D'" [Doa, Daya, Dana, Data, Duta, Dua, dan DIA].

[Cat. Red.: Selain dari situs YLSA, bila Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang seluk-beluk YLSA dan pelayanan/proyek yang dilakukannya sehingga dapat mendoakan YLSA secara rinci, silakan menyimak ulasan tentang YLSA yang dimuat dalam Arsip Publikasi ICW edisi 074/2000: http://www.sabda.org/publikasi/icw/074/]

e-JEMMi 26/2002


Kalender Jaringan Doa Nasional (e-KJDN)

  1. Pokok Doa 19 Juni 2002 -- Jaringan Doa Nasional (JDN) Doakanlah JDS-JDS yang baru terbentuk supaya terus mengalami pertumbuhan dan menjadi alat yang diberkati oleh-Nya untuk memberkati bangsa ini. Doakan follow-up dari Konsultasi & Lokakarya JDN VII (Kegerakan Doa dalam Kesatuan Umat Menuju Transformasi Kota) di tiap-tiap kota.

  2. Pokok Doa 20 Juni 2002 -- Jaringan Doa Wanita (JDW) Doakan Retreat JDW se-Jawa & Banten yang dilaksanakan pada tanggal 17 - 19 Juni di Surabaya. Doakan agar melalui retreat ini para pendoa semakin dipersatukan dalam mewujudkan perannya sebagai wanita Kristen yang berdoa bagi keluarga, gereja dan bangsa. Doakan agar pembentukan pengurus JDW se-Kota Surabaya terealisasi dalam acara retreat ini.

  3. Pokok Doa 21 Juni 2002 -- Jaringan Doa Pelayanan Mahasiswa (JDPM) Doakan persiapan pelaksanaan Retreat Doa Pelayanan Mahasiswa Nasional VII di Papua (RDPMN VII). Doakan agar melaluinya terjadi gerakan besar bagi mahasiswa, bangsa, umat di Indonesia. Doakan Jaringan Doa Mahasiswa Papua sebagai panitia pelaksana juga dana dan persiapan JDM diberbagai kota.

Sumber:

==> e-KJDN Juni 2002

==> [subscribe-i-kan-buah-doa@xc.org]

e-JEMMi 25/2002


Pelayanan Sekolah Minggu

  1. Berdoa supaya pelayanan Sekolah Minggu di Indonesia dapat semakin berkembang sehingga semakin banyak anak dimenangkan Kristus.

  2. Berdoa agar gereja-gereja memberi perhatian penuh kepada pelayan anak dan menjadikannya prioritas utama untuk membangun gereja yang akan datang.

  3. Doakan para pelayan anak dan guru Sekolah Minggu agar mereka dapat menyadari panggilan misi Allah bagi dunia di sekitar mereka sehingga mereka dapat membagikan panggilan itu kepada anak-anak didik mereka.

e-JEMMi 24/2002


Gerakan Doa di Kota-Kota

  1. Berdoa agar kerinduan jemaat Kristus untuk melihat terjadinya Gerakan Doa di kota mereka masing-masing menjadi semakin kuat.

  2. Doakan terjalinnya Kesatuan Umat dan kebersamaan semua denominasi gereja di kota-kota.

  3. Berdoa supaya Pangkalan Rohani yang strategis dapat berdiri di seluruh penjuru kota/daerah dan dapat melahirkan kubu-kubu doa di berbagai tempat yang akhirnya akan membersihkan atmosfir kota.

  4. Berdoa agar Allah memberikan semangat dan gairah bagi jemaat Kristus untuk menjadi pendoa-pendoa di kota mereka masing-masing.

  5. Doakan proses follow-up bagi para peserta KDL VII (1400 peserta dari 105 kota di tanah air). Berdoa agar para peserta tergerak untuk menerapkan setiap input/pelajaran yang mereka terima selama mengikuti KDL VII saat kembali ke kotanya masing-masing.

  6. Berdoa agar antar peserta, JDN, dan juga JDS-JDS dapat terus menjalin hubungan khususnya dalam melakukan kontak-kotak doa dan membangun kubu-kubu doa.

  7. Berdoa agar para peserta dapat menjadi penggerak bagi terjadinya Gerakan-gerakan Doa di kota mereka masing-masing.

e-JEMMi 23/2002


Timor Leste

Timor Leste yang dulu pernah menjadi salah satu propinsi di Indonesia, pada tanggal 20 Mei 2002 secara resmi telah memisahkan diri dan menyatakan diri sebagai sebuah negara baru. Meskipun Timor Leste adalah negara terbaru di dunia, namun negara ini dikenal sebagai negara termiskin di Asia. Organisasi seperti World Vision perlu menginvestasikan banyak hal di negara baru ini. Masa-masa sulit seperti yang dihadapi Timor Leste saat ini dapat menjadi kesempatan untuk mensharingkan tentang Kristus. Karena itu sejak awal mereka menyalurkan bantuan melalui gereja-gereja yang ada. Banyak dana dibutuhkan untuk membangun kembali perumahan-perumahan baru untuk penduduk, rehabilitasi pertanian dan infrastruktur lain yang diperlukan.

Sumber: Mission Network News, May 22nd, 2002

Pokok Doa:

  1. Berdoa supaya terjalin kerjasama yang baik antara kabinet pemerintahan baru yang sedang dibentuk dengan para penduduk dalam rangka membangun negara mereka.

  2. Doakan gereja-gereja di sana agar dapat berperan secara aktif baik dalam hal pemerintahan, proses rekonsiliasi, dan juga dalam menentukan masa depan negara Timor Leste.

  3. Berdoa agar orang-orang, organisasi Kristen, dan gereja dapat sekaligus memanfaatkan momentum ini untuk mensharingkan Kristus kepada penduduk Timor Leste.

e-JEMMi 22/2002


Yayasan Mitra Misi Indonesia -- MissionCARE

Selama 6 tahun MissionCARE melaksanakan visinya dengan memberikan subsidi kepada para hamba Tuhan. Sekarang MissionCARE sedang mempersiapkan para hamba Tuhan tersebut untuk dapat mandiri melalui peningkatan pendapatan dari sumber alam di tempat mereka melayani serta membekali mereka dengan ketrampilan untuk dapat melatih dan memotivasi jemaat di desa-desa dengan proyek pertanian, perikanan atau peternakan secara kolektif yang akan menghasilkan sesuatu untuk menunjang pelayanan dan kebutuhan masyarakat setempat termasuk hamba Tuhan yang melayani di tempat tersebut.

Email: [worldcareina(at)yahoo.com]

Sumber: Brosur "Menuju Indonesia Makmur" th. 2015 -- WorldCARE

Pokok Doa:

  1. Doakan MissionCARE yang sedang mempersiapkan sebuah lahan seluas 36 Ha di Jawa Tengah. Lahan ini dimanfaatkan untuk mendukung, melatih dan memperlengkapi gereja-gereja di pedalaman dan pedesaan agar dapat memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

  2. Berdoa agar misi utama MissionCARE untuk menuju "Indonesia Makmur" pada tahun 2015 dapat segera terlaksana.

  3. Doakan supaya perencanaan program "Desa Makmur Indonesia" dapat menjadi jembatan misi kepada masyarakat di sekitar gereja.

e-JEMMi 21/2002


Penggunaan Internet di Bidang Pelayanan Kristen dan Transformasi Kota-kota di Indonesia

Penggunaan Internet di Bidang Pelayanan Kristen

Dalam rangka memperingati hari KomSos (Komunikasi Sosial) pada tanggal 12 Mei 2002, Yohanes Paus Paulus II menyerukan kepada seluruh umat Katolik agar menggunakan teknologi-teknologi komunikasi terbaru, khususnya internet, untuk menyebarkan pesan dari gereja Katolik: "Kemajuan-kemajuan terbaru di bidang teknologi komunikasi dan informasi telah memberikan kesempatan/kemungkinan baru kepada Gereja untuk penginjilan."

Sumber: The Jakarta Post, May 13, 2002

Pokok Doa:

  1. Puji Tuhan karena seruan tersebut juga disampaikan dalam khotbah di gereja-gereja Katolik di Indonesia dalam rangka memperingati hari Komunikasi Sosial.

  2. Berdoa agar seruan dari Yohanes Paus Paulus II mendapat tanggapan dan respon yang baik dari semua umat Katolik dan Kristen di dunia sehingga internet benar-benar dapat dimanfaatkan sebagai sarana penginjilan dan untuk meningkatkan hubungan sosial antar umat.

  3. Tidak hanya untuk pelayanan penginjilan, tetapi internet dapat juga dipakai untuk memperlengkapi Gereja, khususnya di Indonesia dan dapat menjangkau sasaran yang lebih luas lagi.

  4. Berdoa untuk semua gereja, organisasi Kristen, lembaga misi, dll., yang telah memanfaatkan internet untuk mengembangkan pelayanan mereka. Khususnya doakan Konferensi Wali Gereja (KWI)[http://www.kawali.org dan komisi KomSos-nya [komsos(at)kawali.org] yang ingin menyebarluaskan kesempatan dan pelayanan sejenis!

  5. Doakan juga untuk pelayanan YLSA yang menjadi perintis pelayanan di bidang elektronik di Indonesia agar dapat terus mengembangkan diri dan semakin kreatif dalam mengembangkan inovasi-inovasi terbaru di bidang pelayanan elektronik. Doakan agar Allah memberikan sumber daya manusia dan juga peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan pelayanan tersebut.

Transformasi Kota-Kota di Indonesia

"Transformasi" -- Tuhan kita juga bisa melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan-Nya di El Salvador. Semakin meningkatnya tindak kejahatan dan kriminalitas di Indonesia hendaknya mendorong kita bersama-sama bersatu hati untuk berdoa dan meminta kepada Allah untuk melakukan transformasi yang sama di kota-kota kita tercinta.

Pokok Doa:

  1. Doakan agar Allah menyatakan kuasa-Nya dan melakukan transformasi besar-besaran di Indonesia sama seperti di El Salvador.

  2. Berdoa untuk kesehatian orang-orang Krsiten di Indonesia agar tergerak mendoakan kondisi keamanan negara dan kota-kotanya sehingga perdamaian dan persatuan dapat terus ditegakkan.

  3. Doakan gereja-gereja di Indonesia dapat bekerja sama dan saling mendukung tanpa memandang perbedaan yang ada di antara mereka. Berdoa agar Allah terus melawat dan menyatakan kuasa kasih-Nya di Indonesia.

  4. Berdoa agar komunitas Kristen di Indonesia dapat terlibat secara aktif dalam pelayanan ke luar agar menghasilkan/menimbulkan dampak yang baik bagi bagi komunitas/kota di sekitarnya.

e-JEMMi 20/2002


Kasihilah Musuhmu

Di tengah-tengah kekerasan yang terjadi di wilayah Ambon, para pekerja dari organisasi Asemblies of God yang melayani di kota terdekat sedang mengajarkan tentang cara bagaimana menunjukkan kebaikan kepada para musuh. Ambon, ibukota Maluku, telah menjadi pusat terjadinya konflik sejak Januari 1999. Para pengungsi Kristen telah mendapatkan bantuan perumahan, makanan, dan pendidikan. Dengan demikian diharapkan mereka (pengungsi Kristen) menyadari pentingnya untuk melakukan hal yang sama bagi kelompok lain yang berbeda agama.

Sumber: March 22, Assemblies of God News Service

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk situasi di Maluku saat ini yang sudah berangsur-angsur membaik.

  2. Doakan masyarakat di Maluku agar dapat terlepas dari cekaman rasa takut dan perasaan kurang aman.

  3. Berdoa agar Allah melawat penduduk di Maluku sehingga mereka bisa saling mengasihi dan saling mengampuni walaupun mereka telah mengalami peristiwa-peristiwa yang benar-benar menyakitkan hati mereka.

  4. Berdoa untuk pemerintah dan keamanan setempat agar mereka dapat bertindak adil dan tidak pilih kasih.

e-JEMMi 19/2002


Doa dan Puasa untuk Suku-suku Terabaikan Indonesia Selama 23 Hari

(Tanggal 1 - 23 Mei 2002)

Mari kita mengambil bagian dalam Kairosnya Tuhan bagi Suku-suku Terabaikan di Indonesia. Saudara akan mengalami berkat besar dan hidup saudara jadi bermakna ... karena saudara mau menjadi bagian dalam sejarah kegerakan misi di Indonesia ....

1 Mei 2002: Rumpun Aceh 13 Mei 2002: Rumpun Madura
2 Mei 2002: Rumpun Mandailing 14 Mei 2002: Rumpun Bali
3 Mei 2002: Rumpun Melayu Riau 15 Mei 2002: Rumpun Sasak
4 Mei 2002: Rumpun Jambi 16 Mei 2002: Rumpun Melayu Kalimantan
5 Mei 2002: Rumpun Minangkabau 17 Mei 2002: Rumpun Barito
6 Mei 2002: Rumpun Musi 18 Mei 2002: Rumpun Banjar
7 Mei 2002: Rumpun Ogan 19 Mei 2002: Rumpun Gorontalo
8 Mei 2002: Rumpun Pasemah 20 Mei 2002: Rumpun Kaili
9 Mei 2002: Rumpun Lampung 1 Mei 2002: Rumpun Bugis
10 Mei 2002: Rumpun Sunda 22 Mei 2002: Rumpun Tukang Besi
11 Mei 2002: Rumpun Betawi 23 Mei 2002: Rumpun Maluku
12 Mei 2002: Rumpun Jawa  

Sumber:

  1. Buku Doa Suku Terabaikan PJRN (buku besar)

  2. Buku Doa Suku Terabaikan PJRN (buku kecil)

  3. Melalui sumber doa lainnya seperti media cetak dan televisi [Red. termasuk CD SABDA, dan Arsip e-JEMMi].

Cara Berdoa:

  1. Saudara dapat berdoa secara pribadi.

  2. Saudara dapat berdoa secara berkelompok ... (1 kelompok sel/se-gereja/se-kota/se-propinsi/se-negara).

Sumber: VIP Tahun IV/Edisi Mei 2002

Pokok Doa:

  1. Doakanlah VIP (Visi dan Prakarsa) dan KJDN didalam menyampaikan informasi, pokok-pokok doa ke seluruh tanah air.

  2. Berdoa bagi LINK dan sumber daya didalamnya yang mengelola berbagai informasi dan pengembangan jaringan-jaringan di berbagai bidang.

  3. Doakan pendanaan yang dibutuhkan untuk melakukan pelayanan tersebut.

Sumber: April 2002 -- Kalender Jaringan Doa Nasional -- LINK

e-JEMMi 18/2002


Dukungan Misi dalam Negeri

  1. Doakanlah mereka yang sudah dipanggil TUHAN untuk menjadi misionaris di antara suku-suku yang terabaikan, agar mereka dapat diutus ke ladang pelayanan. Meskipun ada banyak kendala, khusus dari segi dukungan dan kemampuan berbahasa Inggris, doakan agar Tuhan memberi ketabahan dan iman sehingga mereka bisa sampai ke ladang TUHAN dengan tidak kurang suatu apa.

  2. Doakan gereja-gereja di Indonesia yang mau dengan sukacita mendukung, mendoakan, dan mengutus para penginjil. Diharapkan akan ada jauh lebih banyak gereja yang mau mengutus para penginjil lintas budaya!

  3. Doakan Departemen Evangelisasi dan Misi YPPII, agar TUHAN menguatkan seluruh stafnya, khusus untuk pelayanan yang mereka kerjakan di kota-kota di Indonesia dan di Pilipina (bulan April). Doakan agar mereka terus mengutus lebih banyak tenaga lintas budaya ke berbagai kota dan negara yang memerlukan Injil.

  4. Doakan untuk badan-badan pengutus Internasional yang menyiapkan tenaga untuk ladang di Asia.

Sumber: Pokok-pokok Doa Penginjilan Sedunia dari P.D. Timotius, Edisi April 2002

e-JEMMi 17/2002


Sending WEC Indonesia


Untuk para calon Misionaris Indonesia

  1. Berdoa bagi gereja-gereja di Indonesia agar mengerti apa artinya melibatkan diri dalam pelayanan misi sedunia dan mendukung para misionaris.

  2. Doakan agar Tuhan menyediakan gereja pengutus bagi calon misionaris dari Indonesia.


Untuk para Misionaris Indonesia yang telah diutus (ke beberapa negara untuk melayani)

  1. Bersyukur atas perlindungan Tuhan dan kekuatan yang Tuhan sudah berikan untuk melaksanakan pelayanan di wilayah mereka masing-masing.

  2. Doakan pelayanan pemuridan pemuda yang sedang mereka rintis dan kerjasama dengan tim.

  3. Mengucap syukur atas seminar-seminar guru sekolah minggu yang sudah diadakan di beberapa gereja.

  4. Bersyukur atas keterbukaan para penduduk Afrika Barat bagi Injil.

Sumber: Buletin Terang Lintas Budaya Edisi 48/2002

e-JEMMi 16/2002


Situasi Keamanan di Kota Ambon

Seminggu yang lalu (Rabu, 3 April 2002) telah terjadi kembali peristiwa pengeboman di Ambon.

  1. Berdoa agar kerusuhan tersebut tidak memancing kembali terjadinya "amuk masa" oleh masyarakat Ambon.

  2. Doakan umat Kristen di seluruh Maluku Tengah (Pulau Ambon dan sekitarnya) agar mereka bisa menjadi pembawa damai.

  3. Berdoa agar Perjanjian Malino II yang telah disepakati agar dapat tetap dipertahankan oleh semua pihak.

  4. Mohonkan hikmat Ilahi bagi para pemerintah setempat dan pemimpin bangsa dalam mengatasi permasalahan tersebut.

e-JEMMi 15/2002


Organisasi/Misi/Gereja yang bergerak di bidang pemuridan

  1. Doakan gereja, misi, dan organisasi yang memiliki pelayanan di bidang pemuridan -- antara lain Navigator, Perkantas, dan LPMI. Berdoa untuk setiap pekerjanya yang saat ini sudah/sedang memuridkan para siswa/mahasiswa, penyediaan bahan/materi yang diperlukan, konselor, dsb..

  2. Berdoa untuk proses follow-up dan kelompok-kelompok pemuridan yang telah ada dan tersebar di seluruh Indonesia agar mereka senantiasa bertumbuh menjadi serupa dengan Kristus dalam hidup mereka sehari-hari.

  3. Doakan agar para murid memiliki semangat dan terdorong untuk melipatgandakan pelayananannya dengan cara menjangkau orang-orang yang perlu dilayani yang ada di sekitar mereka (baik yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka ataupun keluarga dan lingkungan pekerjaan).

e-JEMMi 14/2002


Persiapan Perayaan PASKAH

  1. Berdoa agar semangat PASKAH tahun ini dapat mendorong umat Tuhan di Indonesia untuk memberitakan kesaksian tentang kemenangan Yesus atas maut dan kebangkitan-Nya.

  2. Untuk semua gereja di Indonesia yang saat ini sedang sibuk mempersiapkan PASKAH, doakan agar setiap persiapan dapat berjalan baik dan berdoa juga agar kesibukan ini tidak hanya membawa aktivitas tapi memberitakan arti PASKAH yang sebenarnya.

  3. Dalam masa-masa sulit sekarang ini, doakan supaya umat percaya di Indonesia dapat merefleksikan apa yang sudah dikerjakan Kristus di atas kayu salib dan memancarkannya dalam hidup pribadi, dalam pelayanan, di gereja, lingkungan kerja, dsb..

e-JEMMi 13/2002


Pelayanan-pelayanan di wilayah Sumatera dan Kota-kota di Indonesia

Pelayanan-pelayanan di wilayah Sumatera

"Kami bersyukur atas banyak campur tangan Tuhan dalam pelayanan kami di Sumatera. Re-evangelism, merupakan kesempatan terbesar untuk memulihkan jutaan anak-anak Tuhan yang tinggal di Sumatera. Sebuah visi 'Seribu Hari Transformasi' telah ditangkap oleh sejumlah murid setiawan yang terus merindukan serta mulai bergerak dengan ketetapan hati bahwa di Sumatera dan Nias harus terjadi transformasi Rohani besar-besaran. 'Seribu Hari Transformasi' adalah:

  1. Seribu hari dengan berdoa puasa.

  2. Seribu hari dengan pujian dan penyembahan.

  3. Seribu hari dengan gerakan penginjilan.

  4. Seribu hari dengan pemuridan dan latihan-latihan kepemimpinan rohani.

Sumber: Kiriman Leo [leowestindoccc(at)]

Pokok Doa:

  1. Mohon dukung dalam doa untuk membagikan visi "Seribu Hari Transformasi" bagi sejumlah anak-anak Tuhan di Sumatera.

  2. Doakan para pekerja di wilayah Sumatera dalam melaksanakan setiap pelayanan mereka (pemutaran film Yesus, mempersiapkan fasilitas untuk mengadakan pertemuan-pertemuan visi di semua kota, dsb.).

  3. Berdoa untuk setiap sarana yang dipakai untuk memberitakan Injil di wilayah Sumatera.

  4. Mengucap syukur karena:
    1. Pelatihan-pelatihan PI di beberapa tempat telah bermultiplikasi.

    2. Program Siaran PI di radio yang telah dipancarluaskan dan doakan persiapan rekaman selanjutnya.

Kota-kota di Indonesia

  1. Doakan agar transformasi kedamaian Allah dapat dinyatakan di setiap kota di Indonesia.

  2. Berdoa untuk setiap anak Tuhan yang ada di kota-kota tersebut agar terus menjadi saksi-saksi Kristus dan bisa menjangkau banyak orang di sekitarnya.

  3. Doakan untuk kesatuan gereja-gereja baik secara lokal maupun nasional sehingga bisa semakin melebarkan pelayanan misi mereka.

  4. Berdoa agar kebaikan Allah dapat dinyatakan melalui setiap jawaban doa.

e-JEMMi 12/2002


Para Musisi Kristen Di Indonesia

  1. Doakan para musisi Kristen di Indonesia agar mereka bisa menggunakan talenta yang mereka miliki untuk memuliakan nama Tuhan.

  2. Berdoa agar mereka dapat menjangkau masyarakat perkotaan melalui pujian yang mereka nyanyikan dan pujian itu bisa menjadi kesaksian yang nyata akan Allah kita yang hidup dan berkuasa!

  3. Musik juga menjadi sarana efektif untuk menjangkau suku-suku pedalaman. Doakan agar ada anak-anak Tuhan yang terbeban untuk mendalami musik-musik etnis, yang nantinya dapat dipakai untuk mengabarkan Injil dan memenangkan jiwa bagi Tuhan.

e-JEMMi 11/2002


Organisasi Doa dan Gerakan Doa di Indonesia

  1. Doakan Jaringan Doa Nasional dalam mengadakan rencana seminar doa dan training fasilitator di kota-kota di Indonesia guna memperkuat dan memperluas sentra gerakan doa di tanah air serta meningkatkan kualitas fasilitator gerakan doa.

  2. Berdoa untuk Jaringan Doa Wanita agar melalui jaringan ini kegerakan doa wanita di berbagai kota di Indonesia dapat dibangkitkan.

  3. Doakan Jaringan Doa Mahasiswa sebagai fasilitator gerakan doa mahasiswa di Indonesia. Berdoa agar para mahasiswa Kristen dapat semakin mengembangkan dan memperluas jaringan-jaringan doa di berbagai kampus.

  4. Doakan Jaringan Pelayanan Media di Indonesia agar terus berkembang dan memiliki dampak yang dapat mempengaruhi kehidupan media di Indonesia.

  5. Berdoa untuk pelayanan e-DOA yang mengirimkan pokok-pokok doa secara elektronik setiap bulannya. Doakan agar melalui e-DOA kita dapat terus setia dan tetap bersatu hati untuk mendoakan Indonesia!

  6. Doakan pelayanan e-MISI yang setiap minggunya, melalui publikasi e-JEMMi, mengirimkan informasi (termasuk bahan doa) tentang pekerjaan Allah melalui pelayanan misi di Indonesia/seluruh dunia.

  7. Berdoa bagi KJDN, PD Timotius, dan organisasi-organisasi doa lainnya, agar setiap pekerja dan pelayanannya dapat dipakai untuk meningkatkan gerakan doa di Indonesia.

e-JEMMi 10/2002


Keluarga Kristen

Seiring dengan kemajuan jaman dan teknologi maka keluarga-keluarga Kristen menghadapi tantangan yang tidak mudah, baik untuk menjaga keutuhan rumah tangga maupun dalam membesarkan dan mendidik anak-anak mereka.

Pokok Doa:

  1. Mari kita doakan supaya persekutuan doa & belajar Firman di antara anggota-anggota keluarga menjadi prioritas utama keluarga-keluarga Kristen.

  2. Doakan para orangtua khususnya dalam melaksanakan tanggungjawab dan tugas-tugas mereka untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga terutama kebutuhan rohani anak-anaknya.

  3. Doakan supaya keluarga anda sendiri bertumbuh secara ROHANI (dalam hubungannya dengan Tuhan), secara SOSIAL (dalam hubungannya dengan orang lain), secara MENTAL (bertumbuh dalam kebijaksanaan), dan juga secara FISIK (bertumbuh secara fisik, mis. kesehatan yang baik).

  4. Doakan kiranya Tuhan berkenan memakai setiap anggota keluarga kita masing-masing untuk menjadi saksi kemuliaan Nama-Nya yang ajaib!

  5. Doakan organisasi/lembaga yang memfokuskan diri pada pelayanan kepada keluarga Kristen dan setiap komponennya agar mereka semakin kreatif dan inovatif dalam mengembangkan setiap pelayanannya. Beberapa diantaranya yang dalam bentuk 'elektronik' adalah:

    1. Siaran radio: Fokus Pada Keluarga (dari Focus On The Family) dan Telaga (Tegur Sapa Gembala Keluarga; dari LBKK)

    2. Milis diskusi: e-AyahBunda (tempat yang tepat untuk berdiskusi seputar masalah keluarga)

    3. Milis publikasi: e-Konsel (dari C3I; berisi konseling/keluarga)

[Cat. Red.: Silakan kirim info ke Redaksi tentang organisasi/pelayanan keluarga lain, dalam bentuk apapun ... kami ingin menampilkannya dalam edisi khusus DOA pelayanan keluarga.]

e-JEMMi 09/2002


Kondisi Pasca Pertemuan Malino II

Dilaporkan telah terjadi peledakan bom di Ambon, sehari setelah ditandatanganinya kesepakatan Malino II untuk Maluku (13 Februari 2002). Presiden meminta agar para menteri yang terlibat dalam penanganan konflik di Maluku segera mengambil langkah selanjutnya termasuk pemulihan di bidang ekonomi.

Sumber: berita di TV, surat kabar, dan internet.

Pokok Doa:

  1. Doakan agar langkah-langkah nyata dari kesepakatan Malino II dapat segera terlaksana sehingga situasi tenang dan perdamaian dapat segera terwujud di Maluku.

  2. Berdoa untuk pembentukan tim pemantau dari pusat maupun daerah; doakan agar tim tersebut dapat menjalankan tugasnya untuk mengawasi jalannya sosialisasi kesepakatan Malino di Maluku.

  3. Doakan juga pemulihan ekonomi di Maluku termasuk menangani banyaknya penduduk yang menganggur.

  4. Doakan agar aparat keamanan dapat bertindak cepat dalam menangani peristiwa peledakan bom yang terjadi di Maluku; berdoa juga agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan adanya ledakan bom tersebut.

  5. Berdoa supaya Tuhan menguatkan anak-anak-Nya yang saat ini tinggal di Maluku. Mereka bisa tetap mempertahankan hidup dan juga iman mereka, bisa saling menghargai dan mengasihi.

e-JEMMi 08/2002


Indonesia Cross-Culture Institute (ICCI)

ICCI adalah sebuah pusat pelatihan (training centre) yang mempersiapkan misionaris-misionaris untuk secara khusus melayani suku-suku tarabaikan di bumi (uncreach people groups). Pelatihan ini lebih berorientasi pada pembentukan karakter seorang hamba, bukan untuk mencetak gelar-gelar yang hebat. ICCI memiliki visi dan misi untuk memenangkan setiap suku di Indonesia bagi Kristus. Sampai saat ini sebanyak 280 misionaris yang sudah diutus ke salah satu suku di Indonesia. Yayasan yang menangani pelayanan ini ialah Yayasan Global Ministries Indonesia (GMI). Mulai tahun 2000 yang lalu Yayasan GMI tidak hanya menerima misionari dari tempat tertentu saja tetapi juga menerima siapa saja yang terpanggil menjadi misionaris yang bersedia direkrut dan diutus. Yayasan ini bersifat interdenominasi.

sumber: Kiriman dari Lipiyus dan team

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk penginjil yang sudah ada di lapangan supaya mereka terus bertahan dalam memberitakan kabar keselamatan walaupun ada krisis dan banyak tantangan.

  2. Berdoa untuk jiwa-jiwa baru supaya terus bertumbuh dalam Tuhan.

  3. Berdoa untuk pembangunan tempat ibadah sederhana.

  4. Berdoa untuk pengurus ICCI dan GMI.

  5. Berdoa untuk tercukupinya kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan oleh ICCI training Centre.

  6. Berdoa untuk gereja-gereja yang belum memiliki beban misi/ penginjilan.

e-JEMMi 07/2002


Pekabaran Injil di Indonesia dan Bencana Banjir/Tanah Longsor yang Melanda Jakarta dan Wilayah-wilayah Lain di Indonesia

Pekabaran Injil di Indonesia

  1. Bersyukur atas setiap jiwa baru yang telah dimenangkan bulan ini melalui berbagai pelayanan penginjilan di berbagai tempat di Indonesia. Doakan agar orang-orang yang sudah dimenangkan tsb. mendapat pelayanan tindak lanjut yang dapat menumbuhkan iman mereka.

  2. Doakan organisasi/lembaga/yayasan Kristen Indonesia yang bergerak secara khusus dalam bidang penginjilan untuk memberitakan Kabar Baik. Kiranya Tuhan memberikan hikmat dan bijaksana agar mereka dapat mengabarkan Injil dengan cara-cara yang dapat diterima oleh masyarakat setempat.

  3. Berdoa agar Allah membukakan pintu bagi setiap pemberitaan Injil terutama di wilayah-wilayah yang masih menolak Injil.

  4. Doakan setiap sarana media yang dipakai untuk ber-PI, seperti film dan kaset Yesus, Alkitab dalam berbagai bahasa, siaran radio misi, traktat-traktat Injil, Situs-situs Kristen, pelayanan sosial, dsb..

  5. Doakan juga persatuan gereja-gereja di Indonesia agar memiliki visi dan beban untuk memberitakan Injil. Kiranya Tuhan jauhkan mereka dari rasa iri hati dan persaingan gereja yang tidak sehat, sehingga Injil bisa dengan leluasa disebarkan.

Sumber: Milis e-BinaGuru [subscribe-i-kan-binaguru(at)xc.org]

Bencana Banjir dan Tanah Longsor yang Melanda Jakarta dan Wilayah- wilayah Lain di Indonesia

Hujan deras yang terus-menerus dan infrastruktur lingkungan yang sangat lemah (rusak) telah mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Sumber: berita di TV, surat kabar, dan internet

Pokok Doa:

  1. Doakan agar penduduk wilayah setempat yang saat ini mengungsi ke daerah aman dapat diberi kekuatan oleh Tuhan dengan kesehatan yang baik (secara fisik dan mental).

  2. Berdoa supaya Allah -- yang kemungkinan belum mereka kenal saat ini -- membalut luka hati dan kepedihan hati mereka; doakan peristiwa ini membuka pintu bagi pemberitaan Injil di hati mereka.

  3. Saat ini dibutuhkan aksi yang nyata untuk menyalurkan bantuan berupa:

    1. Perahu Karet (Sifatnya Mendesak) untuk distribusi makanan dan melakukan proses evakuasi.

    2. Makanan jadi (nasi bungkus), air mineral, untuk mereka yang terjebak di rumah.

    3. Makanan bagi anak-anak balita (biscuit, roti, susu, dll.).

    4. Baju-baju bekas terutama selimut.

    5. Obat-obatan -- banjir besar ini menyebabkan banyak penduduk Jakarta terjangkit diare dan gatal-gatal.

    Doakan agar orang-orang Kristen tergerak untuk mengulurkan tangan dan memberikan bantuan kepada para korban banjir ini.

  4. Berdoa untuk pemerintah yang sedang memikirkan penyelesaian masalah ini dan para aparat yang terjun langsung di lapangan untuk membantu para korban dan menentukan daerah-daerah yang harus mendapat prioritas utama.

  5. Berdoa kiranya masalah banjir ini tidak menimbulkan polemik baru; pihak-pihak terkait bisa bersatu hati dan bekerja sama dalam mengatasi bencana banjir ini dan tidak saling melemparkan tanggung jawab dan kesalahan.

  6. Berdoa agar peristiwa banjir ini menjadi pelajaran bagi semua pihak, terutama penata hukum lingkungan untuk menjaga ketertiban penggunaan lingkungan sehingga dapat mencegah bencana seperti ini di masa yang akan datang.

  7. Menurut prediksi, Indonesia akan dilanda T-Storm (thunder storm/ badai kilat) pada 10 hari ke depan. Daerah-daerah yang diperkirakan akan dilanda T-Storm adalah Jakarta, Denpasar, Cilacap, Surabaya, Manado dan Bandung. Berdoa supaya hal tersebut tetap merupakan prediksi. Doakan juga supaya penduduk di kota-kota tersebut tidak lengah dan tetap berjaga-jaga untuk menghadapi setiap kemungkinan yang akan terjadi.

e-JEMMi 06/2002


Pelayanan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)

  1. Doakan Yayasan Lembaga SABDA -- sebuah yayasan Kristen Indonesia -- yang bergerak dalam pelayanan elektronik di Indonesia. Banyak bentuk-bentuk pelayanan yang dikerjakan YLSA yang membutuhkan bantuan doa:

    1. Pembangunan Situs-situs Kristen yang sudah dan sedang dikerjakan (SABDA.org, SABDAweb, PEPAK, C3I, e-MISI, I-KAN, CIEL, dll.).

    2. Penerbitan Publikasi-publikasi elektronik Kristen (10 publikas termasuk e-JEMMi).

    3. Dijalankannya puluhan milis diskusi Kristen yang tergabung dalam komunitas I-KAN dan juga para moderatornya.

    4. Proyek-proyek konsultasi yang dikerjakan untuk membantu yayasan/gereja/pribadi lain yang memakai komputer/internet untuk melaksanakan pelayanannya.

  2. Doakan untuk seluruh fasilitas yang digunakan dan Sistem Infrastruktur I-KAN (Internet -- Komputer Alkitab Network) yang dipakai untuk menjalankan milis-milis.

  3. Saat ini YLSA membutuhkan dukungan, khususnya dalam hal:

    1. Mendapatkan sumber daya manusia yang mampu.

    2. Dukungan keuangan (mulai tahun ini, untuk pertama kalinya, ada satu donatur tetap, yang mendukung proses operasional dan pengembangan YLSA).

    3. Kebutuhan fasilitas-fasilitas yang memadai (contoh: 3 monitor mati dalam 2 bulan terakhir, juga 2 HD, 1 CPU, dll.).

    4. Pengaturan dan management waktu/proyek/tugas yang sudah dan akan ada (Saat ini YLSA sedang mengerjakan 7 proyek besar).

e-JEMMi 05/2002


Korupsi di Indonesia

  1. Tetaplah berdoa tanpa henti-hentinya bagi kasus-kasus korupsi yang tengah ditangani oleh pemerintah. Kiranya hal ini bukan hanya sebagai formalitas saja, tetapi betul-betul terjadi gerakan pembrantasan dari tingkat atas sampai tingkat bawah.

  2. Doakanlah terus agar Allah memberikan keberanian kepada lembaga peradilan, Hakim, Jaksa dan semua yang terlibat didalamnya untuk betul-betul menjalankan keadilan dan hidup bersih dengan tidak tergoda untuk mengikuti kebiasaan korupsi yang ada.

  3. Korupsi telah mengakar dalam budaya Indonesia, ibarat pohon yang akar-akarnya telah menggurita dan menjalar ke segala penjuru. Doakan budaya tersebut dapat terkikis perlahan-lahan tetapi pasti.

e-JEMMi 04/2002


Pelayanan Radio di Indonesia

  1. Bersyukur atas stasiun-stasiun radio Kristen yang sampai saat ini masih dapat mengudara.

  2. Doakan setiap stasiun radio Kristen di Indonesia agar dapat dipakai sebagai sarana penginjilan bagi penduduk Indonesia, dan "Kabar Baik" bisa diberitakan dalam beragam bahasa suku-suku!

  3. Berdoa untuk setiap program yang disiarkan agar mudah dimengerti dan terlebih dapat menolong para pendengarnya untuk mengenal Yesus.

  4. Doakan untuk kebutuhan dana operasional yang diperlukan, peralatan-peralatan modern yang dibutuhkan guna memperlancar siaran dan memperluas jangkauan siaran, para penyiar, dan segala sarana yang dipakai untuk mendukung jalannya siaran program-program rohani.

e-JEMMi 03/2002


Kasih Lintas Budaya (KLB)

  1. Doakan calon utusan misi lokal KLB yang sedang menggumuli dan mempertimbangkan untuk bergabung menjadi tim pekerja KLB di ladang pelayanan.

  2. Doakan beberapa suku target yang sedang mendengar Injil dan sedang dilayani dalam pendekatan persahabatan secara pribadi.

  3. Doakan pelayanan Panti Asuhan dan Balai Pengobatan yang diselenggarakan oleh KLB sebagai sarana social-concern yang bermanfaat bagi pekabaran Injil.

Sumber: Buletin Kasih Lintas Budaya, Edisi 11/2001

e-JEMMi 02/2002


Indonesia Tahun 2002 dan Peledakan Bom di Empat Gereja

Indonesia Tahun 2002

  1. Dalam memasuki tahun 2002 ini, doakan agar masyarakat Indonesia dapat menggunakan segenap kesempatan dan kemampuan untuk bersama-sama memperbaiki keadaan Indonesia saat ini.

  2. Berdoa agar masyarakat dapat menegakkan tertib hukum, tertib politik, sosial, ekonomi dan juga tertib keamanan.

  3. Doakan juga untuk pemerintah yang saat ini sedang memikirkan tentang pemulihan ekonomi nasional. Minta kepada Allah agar memberikan hikmat kepada pemerintah dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang di hadapi bangsa Indonesia.

Peledakan Bom di Empat Gereja

  1. Berdoa agar peristiwa peledakan empat buah gereja di Palu (Gereja Kristen Indonesia, Gereja Advent, Gereja Pantekosta Indonesia Exlesia dan Gereja Pantekosta Indonesia) tidak memancing kemarahan umat Kristiani; sehingga perdamaian pasca kerusuhan Poso, serta Perjanjain Damai "Deklarasi Malino" (Desember 20 2001) antara pemimpin-pemimpin Kristen dan Islam, dapat terus terjaga.

  2. Doakan agar peristiwa tersebut tidak menyurutkan semangat warga jemaat keempat gereja tersebut dan mereka dapat terus beribadah tanpa rasa takut.

e-JEMMi 01/2002