Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

You are hereBlogs

Blogs


Hikmat: Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Salah satu hal yang menjadikan sosok Salomo begitu terkenal adalah hikmat. Tertulis di Alkitab, bahwa sebelum dan sesudah Salomo, tidak akan ada orang yang begitu berhikmat seperti dia. Bahkan ratu negeri Syeba pun datang berkunjung untuk membuktikan dan merasakan sendiri hikmat Salomo (1 Raja-raja 10:1-13).

Menanti Jodoh Kristen: Ketika Hidup Single Terasa Menakutkan

Setahun lalu, saya bertemu seorang wanita single Kristen. Dia telah menantikan pasangan hidup selama tiga belas tahun. Dia mengutarakan keputusan untuk meninggalkan imannya karena mendapat jodoh yang bukan Kristen. Beberapa bulan kemudian, seorang wanita lainnya juga membuat keputusan yang serupa, dengan memilih pasangan yang bukan Kristen.

Mazmur 91: Jika Tuhan Melindungi, Mengapa Musibah Tetap Menimpa?

Langit usai sekolah hari itu mendung. Meski sudah berlari sekuat tenaga, saya dan beberapa kawan SD tetap “kalah” balapan dengan hujan. Kami berteduh di teras sebuah warung makan, dan si pemilik warung menyilakan kami masuk agar tidak kehujanan. Kalau dipikir lagi, barangkali di momen inilah saya mengenal seperti apa lindungan Allah dalam Mazmur 91.

Manakah yang Menyelamatkan: Kasih Karunia atau Iman kepada Allah?

Apakah kasih karunia atau iman kepada Allah yang menyelamatkan kita? Pertanyaan ini mungkin sering muncul dalam benak Anda.

Ketika Mengucap Terima Kasih Tak Semudah Kelihatannya

Mengucap terima kasih kepada orang-orang yang berbuat baik kepada kita, atau kepada Tuhan ketika keadaan sedang baik, atau setelah menerima berkat, bukanlah hal sulit. Namun, bagaimana jika hal-hal yang tidak baik terjadi kepada kita? Saat segala sesuatu tak berjalan sesuai dengan yang diharapkan, masihkah kita berterima kasih kepada-Nya?

Mazmur 23: Ramai-Ramai Jadi Follower Tuhan

Mazmur 23 merupakan salah satu mazmur Daud yang paling terkenal. Banyak orang Kristen hafal betul isi pasal ini. Karya luar biasa ini tercipta berkat kedekatan Daud dengan Tuhan. Daud menjadi follower atau pengikut Tuhan yang sejati.

Ora et Labora: Awali Kesuksesan dengan Doa

Banyak dari kita mungkin tidak asing lagi dengan moto ora et labora—“berdoa dan bekerja”. Ora et labora merujuk pada prinsip berdoa dan bekerja yang dipraktikkan para biarawan abad Pertengahan berdasarkan Regula Benedicti. Buku instruksi ini ditulis oleh Benedict dari Nursia pada abad ke-5 Masehi.

Menjadi Pemimpin Yang Baik Seperti Yesus

Setiap orang pada dasarnya lahir untuk jadi pemimpin. Minimal ia memimpin dirinya sendiri. Didikan orang tua, sekolah, firman Tuhan, dan dengan siapa kita bergaul juga berpengaruh membentuk karakter kita. Sebagian orang kemudian lebih siap memimpin; sebagian lagi perlu latihan. Dan, menjadi seorang pemimpin, lebih-lebih pemimpin yang baik, tentulah bukan hal mudah.

Bagaimana Cara Tuhan Menjawab Doa Kita?

Doa adalah napas hidup orang percaya, begitu ungkapan yang sering kita dengar. Artinya, doa tidak terpisahkan dalam kehidupan pengikut Kristus. Ibarat napas bagi tubuh, sepenting itulah doa bagi kehidupan kita.

Hukum Taurat: Masihkah Berlaku dan Relevan?

Hukum Taurat tercantum dalam lima kitab pertama Perjanjian Lama, yaitu Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, dan Ulangan. Totalnya 613 peraturan.

Perdebatan mengenai apakah hukum Taurat masih berlaku atau tidak menjadi pro dan kontra yang tak ada habisnya. Mungkin kita berpikir hukum Taurat sudah kuno, atau hanya diperuntukkan bagi bangsa Israel di masa Perjanjian Lama. Benarkah demikian?