Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Indonesia / Indonesia Tahun 2003

Indonesia Tahun 2003


National Youth Conference (NYC) -- 28-31 Oktober 2003

Berangkat dari suatu kerinduan untuk menyaksikan terjadinya kesatuan di antara pemuda-pemuda Kristen supaya dapat turut berperan aktif dalam kegerakan transformasi, maka pada 28-31 Oktober 2003 diadakan National Youth Conference (NYC) di Jawa Barat. Tujuan dari NYC adalah untuk membangun jaringan antar pemimpim kaum muda dan terbentuknya fasilitator nasional agar terjadi suatu kegerakan yang terintegrasi bagi transformasi Indonesia. Hasil yang dicapai dari NYC tahun ini adalah terbentuknya jejaring pemuda dengan nama National Youth Community (Komunitas Pemuda Nasional) dengan fasilitator pemuda di Jakarta, Medan, Bandung, Denpasar, dan Surabaya.

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk aplikasi dari Ikrar Pemuda yang dicetuskan setiap peserta yang mengikuti NYC 2003 yaitu saling mengasihi sesama Tubuh Kristus, hidup sesuai dengan Firman Tuhan, dan mengasihi negara kesatuan Republik Indonesia.

  2. Berdoa agar para fasilitator di berbagai kota tersebut bisa bekerja sama untuk membawa api kegerakan pemuda di kotanya masing- masing bagi terjadinya transformasi Indonesia.

  3. Doakan persiapan NYC tahun 2004 yang akan diselenggarakan di Surabaya.

Sumber: Buletin VIP, Edisi Desember 2003

e-JEMMi 51/2003


Jaringan Doa Wanita

Konsultasi Lokakarya Nasional III Jaringan Doa Wanita (KDL III JDW) yang mengambil tema &quotKuasa Doa dalam Pemulihan Bangsa Menuju Transformasi&quot telah berlangsung pada 7-10 Oktober 2003 di Makassar, Sulawesi Selatan. Konsultasi ini dihadiri lebih dari 600 pendoa yang terdiri dari pengurus JDW, failitator/calon fasilitator dari berbagai kota/wilayah di Indonesia, dan perwakilan komisi wanita dari berbagai denominasi gereja yang ada di Makassar. Salah satu sub tema dalam konsultasi ini adalah &quotTerobosan Doa Wanita Bagi Pemulihan Pribadi, keluarga, Gereja, Kota, dan Bangsa&quot.

Sumber: Buletin Visi dan Prakarsa, Edisi November 2003]

  1. Bersyukur atas terselenggaranya KDL III JDW di Makassar ini. Doakan agar KDL yang dihadiri oleh utusan-utusan JDW di berbagai kota/wilayah bisa dipakai Tuhan untuk menjadi pengobar semangat pelayanan di berbagai kota.

  2. Doakan untuk tindak lanjut kongkrit dari pertemuan KDL III JDW ini, yaitu agar para JDW bisa mengembangkan kegerakan doa menuju transformasi di kotanya masing-masing.

  3. Berdoa agar banyak JDW bisa terbentuk di berbagai wilayah/kota di Indonesia. Kegerakan ini bisa dimulai melalui setiap perwakilan yang mengikuti KDL III JDW di Makassar.

e-JEMMi 50/2003


Info dari Sekolah Pelatihan Penyiapan Penuai (SP3)

Sekolah Pelatihan Penyiapan Penuai (SP3) adalah sekolah pelatihan yang dikhususkan bagi setiap orang yang mempunyai kerinduan untuk menjadi penuai jiwa-jiwa. Sampai saat ini SP3 yang ada di Bandung ini sudah memasuki tahun ke-5. Pelatihan di SP3 dilaksanakan di Lembang Bandung dengan penyampaian materi di kelas selama 4 bulan. Setelah itu diadakan pengutusan yang akan mengirim para peserta pelatihan ke suku-suku yang terabaikan di seluruh Indonesia. Pada tanggal 13 Desember 2003 akan diadakan seleksi SP3 secara serentak di seluruh Indonesia.

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk seleksi SP3 angkatan VI pada 13 Desember 2003 yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia agar dapat berjalan dengan baik.

  2. Berdoa supaya Allah terus menguatkan hati dan komitmen para peserta pelatihan SP3 angkatan VI untuk melayani ke wilayah- wilayah yang sama sekali baru bagi mereka. Doakan agar mereka semakin jelas melihat panggilah Allah bagi hidup mereka.

  3. Doakan untuk program pendidikan dan pelatihan yang akan dimulai bulan Februari 2004 supaya dapat diikuti banyak orang Kristen yang rindu untuk melayani suku-suku terabaikan di Indonesia.

Kiriman dari: Irfan

e-JEMMi 49/2003


Persiapan Natal di Berbagai Tempat

  1. Berdoa untuk persiapan Natal yang dilakukan umat Kristen Indonesia di berbagai tempat. Doakan agar makna Natal boleh dirasakan oleh setiap orang yang merayakannya. Kiranya setiap aktivitas, ibadah, dan perayaan yang diselenggarakan mendatangkan berkat kekal bagi orang-orang yang belum menerima Kristus dalam hati mereka.

  2. Doakan untuk gereja-gereja dari semua denominasi dalam menyambut Natal 2003. Kiranya jemaat bisa menangkap arti penginjilan di balik peristiwa Natal sehingga sukacita yang dirasakan saat merayakan Natal dapat mendorong kerinduan mereka untuk memberitakan Kabar Baik kepada orang-orang di sekitarnya yang belum pernah mendengarnya.

  3. Kiranya semangat Natal tahun ini semakin meningkatkan kesehatian dan kerukunan antar gereja sehingga bisa saling melayani dan mendukung di tengah-tengah keragaman mereka.

  4. Doakan supaya melalui Natal tahun ini setiap pribadi umat Kristen bisa merasakan hikmatnya Natal dan terus mendorong mereka untuk terus mengenal Tuhan lebih hari lebih sungguh-sungguh.

  5. Berdoa untuk organisasi-organisasi misi yang saat ini sedang melakukan pelayanan di berbagai negara termasuk para pekerjanya. Doakan agar mereka juga bisa merasakan kebahagiaan Natal meskipun jauh dari keluarga. Biarlah kasih Tuhan yang dinyatakan dalam kelahiran Kristus dikenal oleh orang-orang yang mereka layani.

e-JEMMi 48/2003


Dukungan Misi dalam Negeri

  1. Bersyukur untuk para hamba Tuhan dan para pekerja yang saat ini telah menjadi misionaris di antara suku-suku yang terabaikan. Ada banyak hambatan yang mereka hadapi. Oleh karena itu, mereka terus memerlukan dukungan doa, dukungan dari gereja lokal dan dari gereja pengutus, persiapan pembelajaran bahasa, adaptasi dengan wilayah pelayanan, dsb. Mereka benar-benar membutuhkan ketabahan dan doa syafaat dari orang-orang percaya.

  2. Bersyukur atas gereja-gereja di Indonesia yang telah terlibat secara aktif dan mendukung (1 Tawarikh 29:9-14), mendoakan (Kolose 4:3), dan mengutus para pekerja lintas budaya (Kisah Para Rasul 13:1-3).

  3. Bersyukur karena telah terbentuk banyak persekutuan doa misi di mana-mana yang khusus mau mendoakan pelayanan di dalam negeri dan para pekerjanya. Ini merupakan satu hak istimewa yang TUHAN berikan kepada kita, kita tidak hanya hidup untuk kita sendiri, tetapi lewat pergumulan doa syafaat kita, kita boleh melihat Kerajaan Allah dibangun di dunia ini. Doakan agar terbentuk lebih banyak lagi persekutuan-persekutuan doa misi di berbagai tempat di Indonesia.

  4. Doakan "Sending WEC INDONESIA" yang siap mengutus misionaris ke daerah-daerah di luar negeri yang kurang diinjili, khususnya kepada suku-suku terabaikan.

  5. Berdoa untuk pengelola, proses pembuatan, dan pendistribusian majalah misi "Terang Lintas Budaya". Majalah ini berisi banyak berita yang menarik dan informasi yang tepat dari ladang penginjilan di berbagai tempat.

  6. Doakan pengelola dan penerbitan "Pokok-pokok Doa Penginjilan Sedunia" berbahasa Indonesia baik dalam versi cetak dan maupun e-mail; dan surat doa dalam bahasa Inggris versi email agar bisa menjadi berkat dan panduan doa bagi para pelanggan.

  7. Doakan mereka yang saat ini sedang bergumul untuk menggabungkan diri dengan tim pelayanan penginjilan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

[Majalah misi "Terang Lintas Budaya" dan "Pokok-pokok Doa Penginjilan Sedunia" bisa dipesan melalui email di alamat: indosb@indo.net.id. Homepage Sending WEC: http://www.wec-indo.org/

Sumber: Pokok-pokok Doa Penginjilan Sedunia dari PD Timotius, edisi Oktober 2003]

e-JEMMi 47/2003


Jejaring dalam Doa

  1. Bersyukur atas Jaringan Doa Sekota yang telah bertumbuh di sekitar 400 kota, Jaringan Doa Wanita di hampir 100 kota, dan Jaringan Doa Mahasiswa yang ada di sekitar 60 kota. Berdoa agar jaringan-jaringan ini bisa saling melengkapi dan mendukung termasuk menjalin relasi yang baik dengan gereja-gereja dan organisasi Kristen yang ada.

  2. Berdoa untuk Jaringan Riset terutama bagi penelitian-penelitian yang dilakukan. Jaringan ini telah melakukan penelitian atas suku-suku dan gereja-gereja, serta menggerakkan gereja untuk bermisi.

  3. Doakan Jaringan Media dalam usahanya untuk menggerakkan umat Kristen agar memperhatikan peran media yang sering terlupakan. Padahal Pelayanan Media merupakan salah satu kunci keberhasilan pelayanan umat.

  4. Berdoa untuk tim kepemimpinan yang telah terbentuk. Karena melalui tim ini, jaringan-jaringan doa di seluruh dunia disinergikan. Tim ini melayani, menerima informasi, dan mengolahnya. Selain itu, tim ini juga memberikan informasi yang diperlukan oleh hamba-hamba-Nya di berbagai jaringan itu termasuk mempersiapkan event-event kebersamaan secara nasional atau pun regional.

e-JEMMi 46/2003


Yayasan Marturia Indonesia (YAMARI)

  1. Mari kita doakan YAMARI dalam setiap usahanya untuk mewartakan Kabar Baik ke seluruh penjuru Indonesia melalui berbagai media elektronik maupun media cetak. Kiranya mereka terus setia menjalankan visi dan misi yang telah Tuhan berikan kepada mereka.

  2. Berdoa juga untuk setiap bentuk pelayanan yang dilakukan YAMARI antara lain:

    1. Kebaktian Pembinaan Iman, KKR, dan Pemutaran Film Rohani.
    2. Di daerah tertentu, YAMARI bermitra dengan gereja-gereja lokal dan pihak lain dalam melakukan kegiatan PI dan pembinaan rohani.
    3. Bakti sosial, a.l. memberikan bantuan berupa Alkitab, buku rohani, kaset khotbah, dll. kepada para hamba Tuhan di pedesaan atau pedalaman.
    4. Kursus Alkitab Tertulis.
    5. Konsultasi Rohani dan Pelayanan Doa.
    6. Marturia Hospital Ministry.
    7. Penerbitan Buletin BERITA YAMARI.
  3. Doakan untuk pengurus dan staf YAMARI. Kiranya Tuhan memberikan hikmat dan kekuatan (jasmani dan rohani) saat mengerjakan tugas-tugas pelayanan mereka. Doakan juga untuk kesatuan hati dan pikiran sehingga semua staf dapat bekerja sama dengan baik.

  4. Berdoa untuk kebutuhan sarana-prasarana yang diperlukan guna mendukung kelancaran semua tugas pelayanan yang dilakukan YAMARI.

  5. Berdoa juga untuk kebutuhan dana rutin yang diperlukan untuk mendukung biaya operasional YAMARI setiap bulannya.

e-JEMMi 45/2003


Umat Kristen di Indonesia

  1. Doakan untuk saudara-saudara seiman kita di Indonesia yang sedang dipenjarakan karena mempertahankan iman mereka. Berdoa agar Allah senantiasa memberikan perlindungan dan doakan agar mereka terus kuat bertahan. Berdoa agar penderitaan yang dialami bisa menjadi kesaksian dan mengubah penjara menjadi ladang misi penginjilan.

  2. Doakan bagi pekerjaan Pekabaran Injil. Saat ini masih banyak suku di Indonesia yang belum mendengar Kabar Baik. Berdoa untuk pelatihan khusus yang diperlukan untuk menjangkau suku-suku tersebut.

  3. Doakan bagi para utusan Injil. Berdoa untuk para utusan Injil yang saat ini melayani di seluruh penjuru tanah air. Doakan juga para mahasiswa STT yang sedang mempersiapkan diri untuk diutus ke berbagai tempat supaya Allah terus mempertegas rencana pengutusan-Nya bagi mereka.

  4. Doakan untuk para pemimpin gereja (gembala jemaat), yaitu mereka yang memegang kunci dalam pelayanan gereja di Indonesia. Doakan agar mereka dapat menggembalakan jemaat dengan baik, menjaga keseimbangan antara kehidupan keluarga dan pelayanan, menangkis ajaran sesat, dan menangani masalah stres dalam pelayanan.

  5. Doakan pemerintah dan pejabat pemerintahan. Berdoa supaya para pemimpin ini berpandangan lebih positif terhadap kebebasan hidup beragama. Doakan anak-anak Allah yang mempunyai kesempatan untuk duduk di kursi pemerintahan agar terus dikuatkan oleh Allah untuk menjadi saksi-saksi-Nya dan memberi pengaruh bagi kebijakan- kebijakan yang dikeluarkan.

e-JEMMi 44/2003


Para Penerjemah Alkitab

  1. Bersyukur atas orang-orang yang telah menanggapi panggilan Tuhan untuk melayani sebagai penerjemah Alkitab, khususnya untuk bahasa-bahasa suku di Indonesia. Kiranya Tuhan terus memelihara komitmen mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

  2. Doakan agar Allah senantiasa memberikan hikmat kepada para penerjemah ini sehingga mereka bisa mengatasi kendala-kendala bahasa yang dihadapi.

  3. Berdoa supaya ada orang-orang asli dari suku-suku, dimana Alkitab dalam bahasa suku tersebut sedang diterjemahkan, dapat membantu mempercepat proses penerjemahan Alkitab ini.

  4. Doakan segenap daya dan dana yang dibutuhkan untuk membiayai proses penerjemahan ini. Kiranya Tuhan terus menggerakkan orang-orang yang mengasihi Tuhan untuk memberikan bantuan dana sehingga tugas penterjemahan Alkitab dapat terus dikerjakan dengan lancar.

  5. Berdoa agar hasil terjemahan Alkitab ini bisa segera dinikmati oleh suku-suku ini sehingga mereka bisa semakin mengenal Yesus yang membimbing hidup mereka.

e-JEMMi 43/2003


Kursus Alkitab Tertulis

  1. Saat ini ada beberapa organisasi Kristen yang menyelenggarakan kursus Alkitab sebagai salah satu bentuk pelayanannya. Doakan para penyelenggara ini agar terus mendapatkan hikmat dari Allah untuk mengirimkan materi-materi kursus kepada mereka yang membutuhkan.

  2. Berdoa untuk materi-materi yang disiapkan agar dapat membantu para pesertanya dalam menggali Alkitab dan menemukan kebenaran-kebenaran di dalamnya yang dapat menumbuhkan iman mereka.

  3. Doakan agar organisasi-organisasi Kristen tersebut juga mempersiapkan proses follow-up bagi para peserta yang telah menyelesaikan kursus.

  4. Berdoa untuk beragam media promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan kursus Alkitab ini (baik melalui media cetak, radio, internet, dsb.) kepada banyak orang yang rindu untuk mengenal Yesus dan dibina menjadi murid-Nya.

  5. Dana yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan kursus Tertulis tidaklah sedikit, khususnya untuk biaya percetakan dan pengiriman. Berdoa untuk orang-orang Kristen yang terbeban memberikan bantuan dana, supaya dana yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan kursus Tertulis ini dapat tersedia dengan lancar.

e-JEMMi 42/2003


Tim Literasi dan Pelatihan Lintas Budaya dari Kartidaya

Kartidaya adalah sebuah pelayanan misi yang mempersiapkan tim literasi agar siap diutus ke tempat-tempat yang membutuhkan pelatihan bahasa, khususnya ke suku-suku yang belum memiliki bahasa tulis. Tentunya sudah terbanyang banyaknya masalah yang akan/sedang dihadapi oleh tim literasi Kartidaya yang sudah/akan diutus ke berbagai tempat. Mari kita bersama mendukung pelayanan Kartidaya dan segenap tim literasinya dengan menaikkan doa untuk beberapa hal di bawah ini:

  1. Bulan September yang lalu telah diadakan Lokakarya Literasi di Papua, dan para tenaga Kartidaya mengikuti lokakarya tersebut. Doakan agar Lokakarya Literasi ini dapat semakin memperlengkapi setiap tenaga literasi Kartidaya termasuk dalam mengajarkan metode-metode pengajaran baca-tulis.

  2. Kemudian pada bulan Januari sampai Mei 2004, Kartidaya akan mengadakan "Pelatihan Lintas Budaya". Doakan persiapan yang dilakukan oleh para staf Kartidaya dan segala sesuatu yang diperlukan termasuk persiapan hati para calon peserta agar setelah selesai mengikuti pelatihan ini mereka siap diutus ke misi lintas budaya. Doakan juga pendanaan yang dibutuhkan untuk pelatihan ini.

  3. Berdoa untuk tenaga-tenaga tim Kartidaya yang melakukan praktek di berbagai tempat khususnya di Papua, Maluku, dan Kalimantan. Doakan agar setiap pengalaman lapangan yang mereka alami dalam praktek ini dapat memperluas wawasan mereka dalam melakukan pelayanan selanjutnya.

  4. Doakan untuk tim literasi Kartidaya yang telah melakukan pelayanan di berbagai tempat. Bersyukur atas setiap program literasi yang telah berhasil diselesaikan dan doakan untuk setiap program literasi yang saat ini sedang dikerjakan.

  5. Doakan agar Allah memberkati setiap hasil program literasi yang dilakukan oleh tim literasi Kartidaya sehingga bisa dipakai untuk menjangkau para penduduk suku yang belum mengenal kasih Yesus.

e-JEMMi 41/2003


Organisasi "Doa Bagi Bangsa-bangsa"

"30 Days Prayer Focus" akan diselenggarakan secara internasional pada tanggal 26 Oktober - 24 November 2003. Namun, khusus untuk Indonesia, waktu doa ini diberi nama "40 Hari Doa Bagi Bangsa-bangsa 2003" karena akan dimulai 10 hari lebih awal yaitu mulai tanggal 16 Oktober - 24 November 2003.

Sehubungan dengan akan dimulainya "Doa Bagi Bangsa-bangsa 2003" itu, marilah kita berdoa untuk pelayan-pelayan Tuhan yang telah Tuhan panggil untuk menjadi pelopor, pendorong, dan pengelola "Doa Bagi Bangsa-bangsa 2003" di Indonesia -- khususnya untuk organisasi "Doa Bagi Bangsa-bangsa".

  1. Doakan agar Allah memberkati dan menyertai organisasi ini dalam mencetak dan mendistribusikan buklet "40 Hari Doa Bagi Bangsa-bangsa" 2003 ini di seluruh Indonesia.

  2. Doakan persiapan hati dari anak-anak Allah yang rindu untuk menerima kiriman buklet ini. Berdoa agar Allah menempatkan dan mengobarkan hati yang rindu berdoa bagi saudara-saudara sepupu kita.

  3. Berdoa agar melalui buklet doa yang dikirimkan oleh organisasi "Doa Bagi Bangsa-bangsa" ini, banyak orang mendapat kesempatan untuk mengenal kasih Yesus dan mereka bisa menjadi saksi-saksi Kristus yang handal dalam komunitas mereka.

  4. Berdoa agar selama 40 hari doa ini kasih Tuhan dicurahkan bagi bangsa-bangsa yang belum mengenal Kristus. Berdoa juga agar pelayan-pelayan Tuhan disiapkan untuk menjadi alat Tuhan yang akan melayani para petobat baru.

e-JEMMi 40/2003


VIP, LINK, dan KJDN

Doakanlah terus buletin VIP (Visi dan Prakarsa) dan KJDN (Kalender Jaringan Doa Nasional) agar kedua media ini dapat menggerakkan semakin banyak umat-Nya untuk berdoa bagi bangsa dan negara.

Berdoalah bagi LINK dengan semakin besar dan meluasnya tanggung jawab sehubungan dengan perkembangan jaringan-jaringan doa di berbagai kategorial.

Doakan agar Tuhan memberikan kemampuan kepada para staf agar dapat mengerjakan tugas-tugas dengan baik khususnya dalam menyampaikan informasi dan pokok-pokok doa ke seluruh tanah air.

Doakan pendanaan yang dibutuhkan untuk melakukan pelayanan tsb..

e-KJDN September 2003

e-JEMMi 39/2003


Siaran Televisi Regional di Indonesia

Media televisi di Indonesia saat ini merupakan saluran komunikasi terbesar kepada masyarakat. Tidak ada media lainnya yang mampu menyamai jangkauan dan kemampuan menyampaikan pesannya hingga ke setiap pelosok negeri ini. Kini kemampuan ini sedang bertumbuh dengan semakin cepat. Hal ini terbukti dengan bertambahnya jumlah stasiun TV Nasional yang ada hingga jumlahnya mencapai 11 jaringan TV nasional. Pengaruh media massa terutama televisi ini akan terus dipercepat dengan munculnya Undang-undang Otonomi Daerah dan Undang- undang Penyiaran. Kondisi ini membuat terbukanya kesempatan berdirinya televisi lokal secara legal.

Sumber: Transformasi Bangsa Melalui Media Televisi Regional

  1. Naikkan syukur atas keberadaan stasiun TV Nasional yang ada di Indonesia. Doakan supaya setiap siaran rohani Kristen yang diijinkan untuk ditayangkan melalui beberapa stasiun TV Nasional bisa dipakai untuk memberikan dukungan rohani bagi masyarakat Kristen Indonesia.

  2. Meluasnya pluralisme dan sekularisme menyebabkan program siaran yang bernafaskan penginjilan tidak mudah diterima dan sulit ditayangkan. Doakan agar Tuhan menggerakkan mereka yang bekerja di bidang pelayanan media televisi untuk memberi peluang bagi program-program rohani untuk bisa ditayangkan. Dan biarlah kesempatan ini dipakai Tuhan untuk menganugerahkan kasih-Nya yang luar biasa kepada mereka yang sedang mencari-Nya.

  3. Berdoa untuk stasiun TV Nasional yang sudah memberikan jatah waktu siaran bagi program-program rohani Kristen. Doakan siaran-siaran rohani yang sudah dan sedang ditayangkan di beberapa stasiun televisi, antara lain: Gilbert Lumoindong Ministry, Gospel Overseas Television Network, Cahaya Bagi Negeri (acara: Solusi dan Kasih) agar bisa menyentuh hati para pemirsanya.

  4. Doakan untuk sarana-sarana follow-up yang digunakan untuk menolong para pemirsa siaran rohani untuk semakin mengenal Kristus, seperti pelayanan telephone, surat, email dan website. Kiranya melalui pelayanan tindak lanjut ini semakin banyak orang dapat dimenangkan bagi Kristus.

  5. Doakan untuk stasiun-stasiun TV lokal yang akan muncul di seluruh pelosok tanah air. Stasiun penyiaran lokal akan menyajikan berita/informasi dalam konteks lokal. Berdoa agar ada anak-anak Tuhan yang berpotensi untuk terbeban dan terlibat di dalamnya.

  6. Doakan untuk bertumbuhnya para penulis naskah Kristen di Indonesia agar dihasilkan karya-karya yang alkitabiah, bermutu, dan kreatif sehingga dapat menjadi sarana menjangkau mereka yang belum mengenal Kristus.

  7. Berdoa untuk dukungan dana yang dibutuhkan agar pelayanan melalui media TV ini dapat menjadi sarana yang efektif untuk memenangkan jiwa bagi Kristus.

e-JEMMi 38/2003


Proyek Film "Isa Almasih" dalam Bahasa Indonesia

"Isa Almasih" adalah film yang penuh dengan kejadian-kejadian yang luar biasa. Pembuatannya yang memperhatikan pada keakuratan Alkitab sungguh mencengangkan, seperti melontarkan Anda kembali pada masa hidup Isa Almasih.

Film "Isa Almasih" bukan sekedar sebuah cerita. Setiap kata yang diucapkan oleh Mesias diambil dari teks Alkitab menurut Injil Lukas. Inilah film berdurasi dua jam tentang perbuatan-perbuatan yang hebat yang akan menantang Anda secara pribadi.

Tujuan Proyek Film ini adalah untuk menayangkan Film "Isa Almasih" kepada setiap orang di seluruh dunia di dalam bahasa mereka. Oleh karena itu sekalipun Anda berbahasa Jawa, Sangir, Sunda, dsb., Anda akan dapat memahami kisah Isa Almasih dalam bahasa Anda sendiri.

Sumber: Film "Isa Almasih" dalam Situs Greatcom yg bisa diakses di: http://www.greatcom.org/indonesian/jesusfil.htm

Baca reviewnya di kolom Profil/Sumber Misi.

Pokok Doa:

  1. Berdoa agar jutaan orang dari berbagai pelosok kota dan desa di Indonesia, yang belum pernah mendengar tentang Yesus, dapat mengenal-Nya melalui Film "Isa Almasih" ini.

  2. Doakan supaya orang-orang yang telah menyaksikan Film "Isa Almasih" ini bisa disentuh oleh kasih Kristus sehingga mengalami perubahan hidup yang memuliakan Tuhan.

  3. Berdoa untuk tim penerjemahan yang saat ini sedang menerjemahkan secara aktif Film "Isa Almasih" dalam bahasa-bahasa suku di Indonesia. Doakan agar mereka bisa menemukan orang-orang yang tepat dari suku-suku tersebut untuk bekerjasama dalam proyek penerjemahan ini.

  4. Berdoa bagi setiap proses distribusi, alat-alat yang dipakai, dan juga tim yang diutus ke berbagai pelosok tanah air untuk memutar film ini. Berdoa supaya Allah terus menyertai mereka dan mengaruniakan hikmat dalam menjalin komunikasi dengan masyarakat setempat untuk mendapat kesempatan bagi pemutaran Film "Isa Almasih" di tempat-tempat tersebut.

  5. Doakan lembaga-lembaga misi di Indonesia yang menggunakan Film "Isa Almasih" sebagai sarana PI, salah satu diantaranya adalah LPMI. Berdoa supaya Tuhan memakai mereka untuk menjadi saluran berkat khususnya bagi gereja-gereja lokal untuk menjangkau wilayah-wilayah yang akan dilayani.

e-JEMMi 37/2003


Pelatihan Mobilisator Doa Misi Nasional III

Pada tanggal 4 - 6 November 2003, PJRN (Pusat Jaringan Riset Nasional) akan menyelenggarakan Pelatihan Mobilisator DOA MISI NASIONAL. Pelatihan ini disediakan bagi Saudara yang mempunyai kerinduan untuk berdoa bagi misi di Indonesia dan rindu menjadi mobilisator/penggerak doa misi baik di kelompok sel, gereja lokal, komunitas atau kota, region

  1. Mendapatkan visi mengapa perlu berdoa bagi misi untuk suku-suku terabaikan di Indonesia.

  2. Mengerti apa dan bagaimana caranya menjadi mobilisator doa misi.

  3. Diperlengkapi dengan skill untuk menjadi mobilisator doa.

  4. Jerjejaring dengan pendoa-pendoa dari negara lain.

Sumber: VIP, September 2003

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk persiapan para peserta agar Roh Kudus mendahului dengan mempersiapkan hati mereka untuk mengasihi jiwa orang-orang yang belum diselamatkan, terutama suku-suku yang terabaikan.

  2. Berdoa supaya melalui pelatihan ini, para peserta yang telah diperlengkapi dapat menjadi mobilisator doa bagi kota mereka masing-masing.

  3. Doakan untuk kesatuan hati di antara para peserta agar mereka bisa saling kenal sehingga dapat menjalin jaringan pendoa di antara umat Tuhan di Indonesia.

  4. Doakan untuk segenap panitia yang mempersiapkan Pelatihan ini, agar Tuhan memberi kekuatan dan kemampuan yang cukup sehingga pengaturan pertemuan ini dapat berjalan dengan baik.

  5. Berdoa bagi persiapan pembicara, akomodasi, dan kebutuhan dana, kiranya semuanya dapat membuahkan hasil yang diharapkan.

  6. Berdoa untuk keamanan selama pelatihan berlangsung. Kiranya Tuhan menjauhkannya dari hal-hal yang tidak dikehendaki.

e-JEMMi 36/2003


Radio Penginjilan -- Trans World Radio

Trans World Radio juga melayani negara-negara di wilayah Asia Tenggara. Siarannya yang menggunakan gelombang pendek yang dipancarkan dari Guam memakan waktu hampir 100 jam setiap minggunya dan disiarkan dalam bahasa-bahasa negara Asia Tenggara, antara lain bahasa Burma, Indonesia, Khmer, Sgaw Karen, Vietnam.

Lalu ada juga siaran selama 4 jam per minggu dalam bahasa Tagalog yang disiarkan oleh lebih dari 20 stasiun radio di Filipina, dan banyak program dalam bahasa Khmer yang juga disiarkan oleh stasiun- stasiun radio lokal di Kambodia. Di Indonesia, program-program TWR -- selain disiarkan dalam bahasa Indonesia, juga disiarkan dalam bahasa-bahasa suku (bahasa Bali, Jawa, Madura, Sunda, dan Toraja) -- dapat didengarkan melalui sejumlah stasiun radio lokal (yang terus berkembang jumlahnya) di berbagai tempat di Indonesia.

Sumber: Situs Trans World Radio (http://www.gospelcom.net/twr/world/se_asia.php

Untuk lebih mengetahui tentang Trans World Radio, baca review singkatnya di kolom Profil/Sumber Misi.

Pokok Doa:

  1. Doakan siaran rohani dan penginjilan yang ditayangkan oleh Trans World Radio, khususnya program-program yang disiarkan dalam bahasa Indonesia, Jawa, Sunda, dan Madura agar dapat diterima dan didengar oleh penduduk Indonesia yang belum mengenal Yesus.

  2. Berdoa agar semakin banyak stasiun radio lokal yang tertarik untuk menayangkan siaran rohani tersebut.

  3. Doakan supaya Allah senantiasa memberikan hikmat kepada staf TWR dalam mempersiapkan materi-materi siaran dan juga dalam menerjemahkannya dalam berbagai bahasa di dunia.

  4. Berdoa untuk jalinan kerjasama antara radio-radio penginjilan lokal yang saat ini telah ada dan melakukan siarannya. Berdoa untuk kesehatian mereka dalam menjangkau banyak orang melalui siaran radio.

  5. Doakan supaya diantara gereja-gereja dan radio-radio Kristen bisa saling bekerja sama untuk menolong dan memberikan follow-up bagi orang-orang yang ingin mengenal lebih banyak tentang Kristus.

  6. Bersyukur atas puluhan radio Kristen ataupun radio lokal yang juga memancarkan siaran rohani Kristen. Berdoa agar melalui sarana ini banyak orang bisa mendapat kesempatan untuk mendengar dan mengenal kasih sejati.

e-JEMMi 35/2003


Konsultasi Kasih yang Peduli Nasional

"dari segala bangsa, dan suku dan kaum dan bahasa ...." (Wahyu 7:9)

Persekutuan Jaringan Riset Nasional (PJRN) akan menyelenggarakan: "Konsultasi Kasih yang Peduli Nasional", pada tanggal 15 - 19 September 2003. Informasi selengkapnya bisa diperoleh dengan menghubungi: Sdr. Ria, Telp. (021)-45843235; Fax. (021)-45843242.

Konsultasi ini diselenggarakan bagi para pemimpin sinode, gembala sidang, pemimpin organisasi, departemen/komisi Misi, dan seluruh hamba Tuhan yang terbeban untuk pelayanan misi dan penginjilan. Dalam konsultasi ini akan dibahas antara lain tentang:

  1. Gerakan perintisan jemaat.

  2. Bagaimana memobilisasi, melatih, dan mengutus jemaat awam melakukan perintisan jemaat.

Sumber: Brosur "Konsultasi Kasih yang Peduli Nasional", PJRN

Pokok Doa:

  1. Doakan panitia dalam mempersiapkan segala sesuatunya demi kesuksesan pelaksanaan "Konsultasi Kasih yang Peduli Nasional" tersebut. Berdoa untuk persiapan akomodasi, tempat pertemuan, dsb. yang diperlukan untuk mendukung kelancaran acara. Juga, kesehatian panitia dalam melakukan persiapan ini.

  2. Berdoa agar Allah mempersiapkan hati para calon peserta untuk membicarakan dan belajar bersama tentang perintisan jemaat supaya nantinya bisa dibagikan kepada jemaat ketika peserta kembali ke tempat pelayanan masing-masing.

  3. Doakan untuk lima pembicara yang telah dihubungi agar Allah memberikan hikmat kepada mereka saat mempersiapkan materi yang akan disampaikan dalam "Konsultasi Kasih yang Peduli Nasional".

  4. Doakan tindak lanjut "Konsultasi Kasih yang Peduli Nasional" dalam lingkup nasional, regional, lokal (sekota) maupun personal. Berdoa agar para peserta seminar dapat melihat jelas rencana dan kehendak Tuhan bagi kota/wilayahnya.

  5. Berdoa supaya melalui acara ini, Allah menempatkan kerinduan yang besar di hati semua peserta untuk menjadi perintis-perintis gereja di wilayahnya masing-masing.

  6. Doakan agar acara ini memberi bekal yang cukup bagi peserta agar dapat memobilisasi, melatih, dan mengutus jemaat awam dalam melakukan perintisan jemaat.

  7. Berdoa supaya melalui "Konsultasi Kasih yang Peduli Nasional" bisa terjalin kerja sama di antara gereja, organisasi pelayanan, dan kaum profesional, khususnya dalam hal meningkatkan pelayanan misi dan penginjilan di Indonesia.

e-JEMMi 34/2003


Kebaktian Kebangunan Rohani Jakarta 2003

Stephen Tong Evangelistic Ministries International (STEMI) akan menyelenggarakan
Kebaktian Kebangunan Rohani Jakarta 2003.

Tema: Yesus Kristus Juru Selamat Dunia

Pembicara: Dr. Stephen Tong

Tanggal: 3 - 7 September 2003

Tempat: Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Sekretariat KKR Jakarta 2003:

Jl. Tanah Abang III/1, Jakarta Pusat

Telp. (021) 3855437 atau 3810912, Fax. (021) 3810920

e-mail: kkrjkt2003@yahoo.com

Situs: http://www.kkr-online.com

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk STEMI selaku penyelenggara dan pengelola Kebaktian Kebangunan Rohani dari Pdt. Dr. Stephen Tong di berbagai kota di seluruh dunia dan tahun ini Jakarta menjadi kota yang mendapatkan kesempatan ini.

  2. Doakan Pdt. Dr. Stephen Tong selaku pembicara di KKR ini. Beban utama yang dipercayakan Tuhan kepadanya adalah penginjilan, disamping memberikan pengajaran Alkitab yang ketat dan bertanggung jawab. Berdoa untuk persiapan dan juga kesehatan beliau.

  3. STEMI sangat mengharapkan setiap gereja dengan serius memikirkan dan mengadakan persiapan pembinaan lanjutan bagi para petobat baru dalam KKR Jakarta 2003 supaya mereka dapat bertumbuh imannya. Doakan supaya banyak gereja dan lembaga di wilayah-wilayah mendukung pelaksanaan KKR ini.

  4. Dukungan doa dari Anda semua sungguh dibutuhkan. Doakan supaya banyak jiwa yang masih berada dalam lumpur dosa tergerak untuk menghadiri KKR ini dan mohon kepada Tuhan agar berkenan bekerja membawa kebangunan bagi kota Jakarta dan sekitarnya.

  5. Berdoa untuk setiap media publikasi yang disediakan STEMI (brosur, poster, stiker untuk ditempelkan di sepeda motor dan mobil, news letter, kaos untuk dipakai dan berbagai sarana publikasi lainnya) dapat dipakai sebagai sarana efektif untuk mempublikasikan KKR ini. Diharapkan KKR ini diharapkan dihadiri oleh sekitar 20.000 - 40.000 orang setiap harinya.

  6. Berdoa untuk kebutuhan sekitar 2000 konselor, 500 usher dan kolektan, 1200 anggota paduan suara dan panitia lainnya guna mendukung kelancaran KKR ini.

e-JEMMi 33/2003


Hari Proklamasi Kemerdekaan RI

Tanggal 17 Agustus nanti kita akan bersama-sama memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-58. Perjalanan sejarah bangsa Indonesia ternyata tidak selalu dilalui dengan mudah, ada banyak peristiwa duka yang harus dialami beberapa tahun terakhir ini. Pengeboman yang terjadi di Bali ternyata bukan yang terakhir, karena telah disusul dengan peristiwa pemboman di Jakarta. Selain itu, masih banyak lagi permasalahan negara yang harus diselesaikan. Semuanya itu membutuhkan waktu yang mungkin tidak pendek. Oleh karena itu marilah kita bersatu hati berdoa bagi bangsa kita ini. Kiranya pencobaan- pencobaan yang kita alami ini dapat mengajar kita untuk dekat dengan Tuhan dan berbalik dari dosa-dosa kita untuk dipulihkan.

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk kemerdekaan negara yang telah dimiliki bangsa Indonesia. Kiranya bangsa Indonesia dapat mengisi kemerdekaan ini dengan rasa tanggung jawab yang besar untuk menciptakan kesejahteraan rakyat bersama dan rasa persaudaraan yang saling mengasihi dan memperhatikan kepentingan bersama.

  2. Berdoalah bagi negara tercinta ini agar Tuhan melawat Indonesia dengan kasih-Nya. Mintalah kepada-Nya agar tercipta pemerintahan yang bersih, jujur, bertanggung jawab, dan memiliki kredibilitas dan moralitas untuk melaksanakan reformasi pemerintahan di segala bidang.

  3. Berdoa agar segenap aparat pemerintah, keamanan, dan rakyat Indonesia bisa saling bahu membahu dalam memerangi terorisme dan menciptakan kembali rasa aman, damai dan bersahabat di Indonesia. Secara khusus doakan agar pemerintah dapat bekerja dengan lebih cepat dan cerdik untuk menggagalkan kegiatan-kegiatan para teroris yang telah direncanakan untuk mengacaukan negara ini.

  4. Doakan situasi di semua kota di Indonesia menjelang perayaan HUT RI ke-58 ini agar semuanya berjalan lancar dan tertib. Doakan agar semua kegiatan yang diadakan untuk memperingati HUT RI, baik untuk tingkat nasional maupun lokal di kampung-kampung, dapat mempererat tali persaudaraan antar warga.

  5. Berdoa untuk umat Kristen di Indonesia agar bersatu hati dan tetap tekun berdoa bagi negara tercinta ini. Doakan agar timbul kesadaran yang lebih besar lagi untuk ikut serta secara aktif menjaga perdamaian di lingkungan masing-masing.

  6. Kita sebagai manusia rohani tentunya sudah merasakan kemerdekaan sejati dalam diri Yesus Kristus. Sekarang giliran kita untuk menolong orang-orang di sekitar kita agar mereka juga dapat mengalami kemerdekaan sejati dari belenggu dosa. Minta pimpinan Tuhan agar kita diberi kesempatan untuk menceritakan tentang kemerdekaan yang sejati itu kepada orang-orang yang belum mengalaminya.

e-JEMMi 32/2003


Sumber Daya Manusia Indonesia

Menurut Laporan Pembangunan Manusia 2003 dari PBB, pengembangan sumber daya manusia Indonesia berada di peringkat 112 dari 175 negara. Di negara ASEAN, Indonesia berada di urutan ketujuh dari 10 negara, dan berada di bawah Vietnam. Laporan menunjukkan bahwa banyak wanita, penduduk miskin di pedesaan, dan etnis-etnis minoritas tidak mendapatkan dana sosial. Masih terjadi diskiriminasi dalam akses untuk mendapatkan pendidikan, perawatan kesehatan, air bersih, dan sanitasi.

Sumber: KJDN Edisi Agustus 2003

Pokok Doa:

  1. Doakan agar pemerintah Indonesia menyadari keterpurukan yang sedang dialami oleh rakyatnya ini, sehingga bisa memberikan perhatian yang lebih besar pada kebutuhan akan pendidikan yang berkualitas untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia bangsa Indonesia.

  2. Doakan pemerintah Indonesia agar diberikan kebijaksanaan oleh Tuhan untuk mengatur dana pendidikan yang ada. Biarlah dana di sektor pendidikan ini bisa dimanfaatkan seefisien dan seefektif mungkin dan dijauhkan dari kemungkinan-kemungkinan korupsi.

  3. Doakan agar setiap sarana dan prasarana pendidikan yang telah disediakan oleh pemerintah pusat dapat benar-benar tersalurkan ke daerah-daerah yang membutuhkan.

  4. Berdoa agar Gereja di Indonesia dan umat Kristen Indonesia dapat ikut berperan dalam membantu usaha memberikan pelayanan pendidikan, baik dari segi jasmani maupun secara rohani, untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

  5. Mari kita, umat Kristen, secara bersama-sama bergandeng tangan dengan seluruh lapisan masyarakat membantu bangsa kita yang tercinta ini untuk mewujudkan masyarakat yang melek pengetahuan, khususnya di antara para wanita, penduduk miskin di pedesaan, dan etnis-etnis minoritas.

  6. Doakan agar sekolah-sekolah Kristen yang telah didirikan dapat berperan lebih aktif dalam usaha mencerdaskan bangsa Indonesia dan menghasilkan manusia-manusia yang takut akan Tuhan dan cinta akan sesama.

e-JEMMi 31/2003


Jaringan Kebersamaan di Indonesia

Mari kita bersama-sama mendoakan jaringan-jaringan kebersamaan yang kini telah terbentuk dari berbagai lapisan penduduk dan tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Jaringan Doa Nasional (JDN)

  1. Terus berdoa bagi seluruh perencanaan pelayanan JDN agar makin dapat berperan dalam memperluas kegerakan doa di tanah air bagi terjadinya transformasi bangsa dan negara.

  2. Doakan konsolidasi pengurus JDN dalam menyikapi perkembangan pelayanan kegerakan doa di Indonesia agar berpusat pada pembangunan Kerajaan Allah.

  3. Berdoa juga untuk follow-up dari training fasilitator di Banda Aceh (9-11 Juli 2003) dan di Jawa Timur (17-19 Juli 2003. Doakan agar para peserta pelatihan bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pengalaman yang diterima saat kembali ke tempat asal.

Jaringan Doa Wanita (JDW)

  1. Doakan bagi tim fasilitator JDW di seluruh Indonesia (62 wilayah) agar diberi hikmat-Nya dan senantiasa berjalan dalam pimpinan Roh Kudus di dalam memfasilitasi kegerakan doa di wilayah masing-masing.

  2. Doakan juga agar mereka diberi kemampuan kerjasama yang baik dalam pelayanannya sehingga membawa dampak perubahan bagi kotanya.

Jaringan Doa Pelayanan Mahasiswa (JDPM)

  1. Berdoa bagi pengembangan pelayanan JDPM, baik yang ada di Jakarta maupun di daerah-daerah ke dalam pimpinan dan kehendak-Nya.

  2. Doakan agar melalui pelayanan JDPM, banyak mahasiswa sehati dan sepikir untuk bersatu berdoa bagi transformasi kota dan bangsa.

Jaringan Pelayanan Media (JPM)

  1. Doakanlah JPM di dalam memfasilitasi kerjasama dalam bidang media.

  2. Doakan tindak lanjut dari konsultasi media televisi.

  3. Doakan juga radio-radio di berbagai daerah agar dapat semakin dipakai oleh-Nya di dalam pekerjaan-Nya bagi transformasi bangsa.

Sumber:

==> KJDN Juli 2003

==> [subscribe-i-kan-buah-doa@xc.org]

==> http://www.sabda.org/publikasi/e-kjdn/

e-JEMMi 30/2003


Sekolah Minggu di Berbagai Gereja di Indonesia

  1. Naikkan syukur atas semakin giatnya pelayanan sekolah minggu di gereja-gereja. Berdoa agar gereja-gereja semakin menyadari pentingnya pelayanan sekolah minggu ini dalam rangka mendidik dan melatih generasi-generasi penerus gereja.

  2. Berdoa agar Allah menyiapkan hati anak-anak itu supaya benih-benih Injil yang ditaburkan bisa bertumbuh subur seiring dengan pertumbuhan kedewasaan mereka.

  3. Doakan setiap pelayan anak dan para guru sekolah minggu dalam mendidik anak-anak sekolah minggu. Doakan agar mereka memiliki visi Amanat Agung Yesus Kristus, agar memiliki semangat penginjilan yang besar.

  4. Berdoa untuk program pelayanan penginjilan anak yang dilakukan oleh gereja-gereja di berbagai tempat di Indonesia. Berdoa agar gereja terus memperlengkapi mereka dengan pengetahuan Firman yang dalam sehingga dapat memberikan bekal yang kaya bagi pelayanan mereka.

  5. Doakan untuk alat-alat/sarana yang dipakai untuk memberitakan Injil kepada anak-anak, baik film, bazar, pekan anak-anak dll.

  6. Doakan juga untuk setiap gereja/organisasi Kristen yang mempunyai pelayanan untuk menjangkau anak-anak "terlantar" -- anak-anak yatim piatu; anak-anak jalanan; anak-anak yang tinggal di daerah-daerah yang dilanda kelaparan, perang, penyakit; dsb. Berdoa agar setiap pelayanan yang mereka lakukan bisa menolong anak-anak itu untuk mempertahankan hidup dan mengenal kasih Yesus.

e-JEMMi 29/2003


Dukungan Misi Dalam Negeri

  1. Doakan mereka-mereka yang sudah dipanggil TUHAN untuk menjadi misionaris di antara suku-suku yang terabaikan. Ada banyak kendala yang mereka hadapi: perlu dukungan gereja setempat dan sekitarnya, perlu belajar bahasa, dan berbagai persiapan lain. Mereka memerlukan dukungan doa syafaat dari orang-orang percaya.

  2. Doakan gereja-gereja di Indonesia, agar mereka menangkap visi yang menjangkau sampai ke ujung bumi. Kiranya visi menjangkau dunia (di sekitarnya) dapat menjadi bagian vital bagi pertumbuhan gereja-gereja di Indonesia. Berdoa agar mereka mau dengan sukacita mendukung, mendoakan, dan mengutus jemaatnya menjadi pekerja lintas budaya!

  3. Bersyukur untuk persekutuan doa misi yang telah diadakan secara rutin setiap bulan di beberapa tempat. Saat ini sangat diperlukan lebih banyak lagi persekutuan doa misi yang mau mendoakan pelayanan misi di dalam negeri maupun di luar negeri dan para misionarisnya.

  4. Doakan Sending WEC INDONESIA yang saat ini siap mengutus lebih banyak lagi misionaris ke daerah-daerah yang kurang diinjili, khususnya kepada suku-suku terabaikan di Indonesia.

  5. Doakan majalah misi Terang Lintas Budaya agar melaluinya semakin banyak orang berdoa bagi pelayanan misi. Doakan juga supaya melalui majalah ini lebih banyak orang dibukakan visi untuk melayani lintas budaya, sehingga semakin banyak orang pergi ke ladang penginjilan, khususnya di tempat-tempat yang belum terjangkau Injil.

Sumber: Buletin "Pokok-pokok Doa Penginjilan Sedunia" dari PD Timotius, edisi July 12, 2003

Untuk memperoleh versi lengkap hubungi: [endah(at)sabda.org]

e-JEMMi 28/2003


Tak Tega Melihat Orang Susah

Dr. Caroline Rintyap adalah salah seorang tim medis yang terlibat dalam pelayanan kemanusiaan yang diselenggarakan oleh Yayasan Obor Berkat Indonesia ke wilayah-wilayah terpencil. Berikut ini adalah kesaksiannya:

"Sebelum terlibat dalam aksi kemanusiaan Obor Berkat Indonesia (OBI), Dr. Caroline Rintyap sudah sering melayani orang-orang yang menderita sakit. "Pada dasarnya saya orang yang tidak tega melihat orang yang susah," ungkap gadis kelahiran 22 Desember tahun 60-an ini. Dr. Caroline percaya, Tuhanlah yang telah mengatur derap langkahnya, sehingga ia kerap ditempatkan di tempat yang ada hubungannya dengan pelayanan.

"Perihal motivasi keterlibatannya dalam pelayanan kemanusiaan, Caroline berujar "Tuhan Yesus telah mengasihi saya lebih dulu, masakan saya tak mau membagi berkat?" Kini, keterlibatannya dengan OBI telah memasuki tahun ketiga. Pengalaman paling berkesan dirasakan Caroline ketika ia melayani di daerah Rangkas Bitung. "Jalan masuk menuju ke sana rusak berat, tapi beberapa anak muda di tempat itu dengan rela hati mendorong mobil kami yang terjebak. Di sana kami disambut tetua setempat. Masyarakat di situ benar-benar membutuhkan pertolongan medis," papar gadis yang hobi olah raga ini. Di waktu-waktu mendatang, Caroline berharap OBI bisa mengembangkan pelayanan kemanusiaannya ke daerah-daerah yang paling terpencil, seperti Kalimantan dan Irian Jaya."

Sumber: Obor Berkat Indonesia, edisi September 2002

Pokok Doa:

  1. Bersyukur kepada Tuhan untuk pelayanan Yayasan Obor Berkat Indonesia (OBI). Doakan untuk tim dokter dan tenaga medis yang saat ini terlibat dalam pelayanan kesehatan mereka. Kiranya mereka boleh dipakai Allah untuk menyatakan belas kasihan-Nya kepada orang-orang yang membutuhkan, terutama mereka yang belum dijangkau oleh Injil keselamatan-Nya.

  2. Berdoa agar semua kebutuhan dana yang diperlukan untuk melakukan pelayanan kesehatan di tempat-tempat yang terpencil ini bisa tercukupi. Doakan untuk para donatur yang terlibat.

  3. Doakan untuk pengembangan pelayanan kemanusiaan yayasan OBI ke daerah-daerah terpencil, termasuk Kalimantan, Irian Jaya dan pulau-pulau lain yang membutuhkan.

  4. Berdoa supaya pelayanan kesehatan dan pelayanan kemanusiaan ini bisa menjadi sarana pembuka jalan bagi penduduk setempat untuk mengenal kasih Allah, Sang Mahakasih.

  5. Berdoa untuk jalinan kerja sama yang sudah dibangun dan yang sedang dirintis dengan gereja lokal dan organisasi pelayanan kemanusiaan lainnya di berbagai daerah sehingga memperlancar pelayanan kesehatan dan juga follow-up bagi mereka yang telah dimenangkan.

e-JEMMi 27/2003


Yayasan "Kasih Dalam Perbuatan" (KDP)

Beberapa bentuk pelayanan dari yayasan ini adalah:

  1. Membagikan Alkitab dan literatur Kristen.

  2. Memberikan bantuan bagi keluarga martir Kristen.

  3. Mendorong semangat hidup orang Kristen teraniaya.

  4. Memenangkan mereka yang menentang Injil bagi Kristus.

Sumber: Buletin Kasih Dalam Perbuatan, Edisi Juni 2003

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk setiap pelayanan dari yayasan KDP dalam membantu orang-orang Kristen yang teraniaya di berbagai tempat di Indonesia.

  2. Berdoa untuk literatur dan Alkitab yang dibagikan supaya dapat menjadi sumber kekuatan dan penghiburan bagi mereka yang melayani di daerah yang sulit dijangkau Injil.

  3. Berdoa supaya setiap bantuan kasih yang disalurkan bisa dipakai untuk membuka jalan dalam mengenalkan sumber Kasih sejati kepada mereka yang memerlukan pertolongan.

  4. Doakan setiap pekerja KDP yang saat ini melayani di berbagai wilayah terpencil dan menolong suku-suku terabaikan. Berdoa supaya Allah memberikan hikmat dan ketekunan bagi mereka untuk melayani.

e-JEMMi 26/2003


Pertemuan Doa Misi

Pada tanggal 28 April 2003, Pertemuan Doa Misi telah diselenggarakan dan dihadiri puluhan pendoa syafaat dari berbagai gereja dan lembaga Kristen. Intisari dari Firman yang ditaburkan mengingatkan bahwa kita diberkati bukan hanya untuk diri kita sendiri, tetapi untuk menjadi berkat bagi segala suku bangsa, khususnya suku-suku yang masih terabaikan di Indonesia. Kita dapat berpartisipasi melalui doa, daya, dan dana guna memberitakan Kabar Baik kepada suku-suku terabaikan tersebut. Diberikan juga ajakan bagaimana kita bisa semakin peduli untuk tekun berdoa, mengadopsi, dan menggerakkan gereja agar terlibat dalam gerakan misi. Setiap kesaksian yang disampaikan telah membangun dan menguatkan setiap pendoa yang hadir dalam Pertemuan Doa Misi tersebut.

Sumber: Buletin Visi dan Prakarsa, Tahun V, Edisi Juni 2003

Pokok Doa:

  1. Doakan agar melalui Firman Tuhan yang ditaburkan dalam Pertemuan Doa Misi ini, Allah terus membangkitkan pendoa-pendoa yang mempunyai hati misi.

  2. Berdoa supaya setiap pendoa yang hadir memiliki keberanian untuk menjadi mobilisator kelompok-kelompok doa yang berkomitmen untuk berdoa bagi pelayanan misi.

  3. Doakan setiap pendoa syafaat dan para pekerja misi di lapangan, dari dan di berbagai daerah di Indonesia, agar Allah senantiasa menjaga dan memelihara hidup mereka.

  4. Berdoa agar lebih banyak gereja atau organisasi-organisasi Kristen yang bersedia mengadopsi suku-suku terabaikan di Indonesia dan berdoa agar kasih Yesus sampai kepada suku-suku itu.

e-JEMMi 25/2003


Proyek Perpustakaan Bagi Anak-anak di Ambon

Dalam buletin KDP (Kasih Dalam Perbuatan) Edisi Mei - Juni 2003, dituliskan kesaksian sebagai berikut:

"... Saat kami mengunjungi pengungsi di Ambon akhir tahun lalu, kami melihat sebuah generasi Kristen yang dikorbankan. Anak-anak yang hidup saat ini kehilangan kesempatan untuk sekolah dan belajar. Masa depan mereka penuh tanda tanya. Kami menjumpai sebuah perpustakaan kecil dan muncul ide untuk membangun banyak perpustakaan mini di antara pemukiman pengungsi. Kami menghubungi seorang bapak yang memiliki kerinduan membuat perpustakaan anak-anak ditambah sumbangan buku dari seorang ibu, akhirnya terkumpul hampir 1000 buku rohani baru yang cukup untuk membuat 2 sampai 3 buah perpustakaan. Kami kirim buku-buku tersebut ke Ambon dan Poso. Permintaan pun terus mengalir. Hal ini merupakan sebuah kesempatan untuk menyelamatkan sebuah generasi dari kebodohan dan masa depan yang suram. Kelihatannya sepele, hanya 'sebuah buku', tetapi tidak ada seorang pun dapat menjadi pintar tanpa dibarengi buku."

Pokok Doa:

  1. Doakan proyek perpustakaan-perpustakaan mini yang telah ada dan yang akan lebih banyak lagi dibuka di Ambon dan Poso. Berdoa agar melalui proyek ini banyak anak bisa terlepas dari kebodohan dan masa depan yang suram.

  2. Berdoa untuk para pengelola perpustakaan tersebut agar bisa mengembangkan program mereka termasuk mengajari anak-anak itu mengenal kasih Tuhan.

  3. Doakan agar banyak orang yang tergerak untuk mendukung proyek ini baik dalam hal penyediaan dana, buku-buku bacaan rohani, dan juga sumber daya manusia untuk mengelolanya.

  4. Berdoa supaya gereja-gereja dan umat Kristen di Ambon dan Poso bisa mendukung kegiatan tersebut dengan menyediakan lebih banyak sukarelawan untuk melayani anak-anak.

e-JEMMi 24/2003


Pemakai Narkoba Mulai Merambati Anak Usia Sekolah Dasar

Kepala Badan Narkotika Nasional, Komjen Togar Sianipar mengatakan bahwa pemakai Narkoba bukan saja hanya terbatas bagi orang dewasa, tetapi mulai merambat sampai kepada anak-anak usia Sekolah Dasar.

Di Sulawesi Utara saja sudah sekitar tujuh anak berusia tujuh tahun kedapatan menggunakan narkoba, kata Sianipar pada acara penutupan "Workshop Anak Muda Anti Narkoba", di Manado, Sulawesi Utara -- sebuah wilayah yang mayoritas penduduknya beragama Kristen. Secara nasional, tersangka pengguna narkoba berpendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) mencapai sekitar 7.000 orang, sedangkan SLTA berkisar 10.000 orang.

Diringkas dari: Berita KShare, 28 Mei 2003

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk setiap usaha yang dilakukan (ceramah, traktat, dialog, poster, dll.), baik oleh pemerintah/yayasan/lembaga pelayanan, dalam memerangi penggunaan obat terlarang ini, khususnya di kalangan anak muda.

  2. Berdoa juga bagi seluruh aparat pemerintah yang terlibat dalam pemberantasan narkoba agar dapat bertindak dengan tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

  3. Doakan fungsi gereja dan keluarga agar dapat menciptakan suasana rohani bagi pertumbuhan iman anak-anak mereka sehingga sanggup menjauhkan diri dari pencobaan dan perbudakan narkoba.

  4. Doakan agar gereja-gereja dapat bekerjasama dengan para remaja/pemuda Kristen untuk menciptakan suasana yang aktif dengan mengadakan berbagai kegiatan yang sehat sehingga membantu mereka menyalurkan tenaga dan kreativitas untuk membangun kesehatan fisik dan mental yang baik.

  5. Berdoa untuk badan/lembaga/organisasi yang menolong pemulihan para mantan pengguna narkoba. Doakan agar Allah membuka jalan sehingga para mantan pengguna narkoba ini bisa berbalik dari kebiasaan yang merugikan itu. Berdoa supaya Allah mencukupi kebutuhan pekerja, sarana, dan dana yang dibutuhkan untuk perawatan mereka.

e-JEMMi 23/2003


Aceh Menangis

Kondisi Aceh saat ini terus-menerus menjadi berita di berbagai media massa (surat kabar, televisi, internet, dan radio). Gerakan Aceh Merdeka (GAM) kini disebut pemerintah Indonesia sebagai Gerakan Separatis Aceh (GSA) -- kumpulan orang yang menghendaki Aceh merdeka dan terpisah dari Indonesia. Insiden yang terjadi antara pasukan TNI dengan GSA di banyak tempat di Aceh telah menggelisahkan banyak penduduk. Sebagian besar dari penduduk Aceh memilih untuk mengungsi sampai keadaan di Aceh mereda.

Pokok Doa:

  1. Berdoa agar Allah memberikan hikmat bagi pemerintah Indonesia agar dapat mengambil tindakan yang bijaksana untuk mengatasi masalah ini. Doakan pejabat-pejabat, termasuk yang Kristen yang ada di pemerintahan, supaya dapat mengambil peran yang positif untuk mengambil keputusan yang bijaksana dan mengutamakan kepentingan rakyat.

  2. Doakan masyarakat sipil di Aceh yang saat ini hidup dalam bayang-bayang ketakutan. Doakan agar Allah memulihkan dan menguatkan hati mereka di tengah keadaan yang menyedihkan ini.

  3. Dibakarnya ratusan sekolah di Aceh telah menghambat aktivitas belajar bagi ribuan siswa di Aceh. Doakan agar hal ini dapat segera diatasi oleh pihak-pihak terkait dan siswa-siswa itu boleh kembali mendapat kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.

  4. Insiden ini juga telah membuat masyarakat Aceh mengalami kesulitan dalam memperoleh bahan pangan. Kiriman bantuan pangan untuk masyarakat Aceh juga mengalami hambatan. Doakan agar kiriman bantuan bisa sampai ke tangan mereka yang membutuhkan.

  5. Doakan supaya Allah menguatkan anak-anak-Nya yang saat ini tinggal di wilayah Aceh. Berdoa supaya masa sulit di Aceh ini menjadi jalan terbuka untuk menyaksikan kasih Allah kepada saudara-saudara mereka di sana.

  6. Doakan mereka yang sudah dan akan terlibat dalam pelayanan di Aceh dan juga gereja-gereja yang ada agar bukan hanya bertahan dalam kondisi sulit ini, tapi juga berperan aktif membantu masyarakat di sana.

sumber: Dari berbagai sumber

e-JEMMi 22/2003


Doakan Lampung

Hampir dua juta penduduk Lampung di Sumatera adalah penganut agama non-Kristen. Hal ini bukan disebabkan karena mereka menolak Injil tetapi karena mereka belum mempunyai kesempatan untuk mendengar berita Injil. Sebagian besar penduduk Lampung tinggal di desa-desa yang belum ada gereja atau orang Kristennya. Penduduk Lampung masih tinggal dalam ketakutan akan roh-roh jahat. Baru-baru ini seorang guru dari keluarga terhormat memperhatikan bahwa banyak ayat Alkitab telah membimbing dia dan istrinya untuk mengalami pergumulan rohani dalam imannya kepada Yesus.

Sumber: Advance, March 23, 2003

Pokok Doa:

  1. Terpujilah Allah yang telah membuka hati kedua orang penduduk Lampung ini untuk mengenal Yesus. Berdoa agar Allah membimbing mereka untuk semakin mengenal dan memuliakan Kristus.

  2. Doakan supaya Allah menggunakan orang-orang percaya yang tinggal di Lampung untuk memberitakan berita Injil dengan cara-cara yang bisa diterima masyarakat setempat.

  3. Berdoa untuk para pekerja Kristen yang saat ini ditugaskan di Lampung dalam membimbing para petobat baru agar mereka bisa bertumbuh dan memperkuat iman mereka.

  4. Doakan agar organisasi/lembaga/gereja mengirim lebih banyak pekerja dan misionaris ke Lampung yang siap diutus untuk melayani di Lampung.

  5. Berdoa juga untuk pelayanan menjangkau suku-suku rumpun Lampung -- doakan untuk setiap pekerja dan fasilitas yang digunakan. Salah satu suku yang perlu didoakan adalah Suku Ranau. [Profil Suku Ranau dapat Anda simak dalam kolom Doa Bagi Suku di bawah ini.]

e-JEMMi 21/2003


Departemen Misi -- Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT)

Puji syukur kepada Tuhan yang telah memimpin pelayanan yang telah dilakukan oleh Departemen Misi, antara lain:

  1. Bekerja sama dengan lembaga misi, gereja, dan anak-anak Tuhan lainnya, mengutus rohaniwan, tenaga medis, dan tenaga ahli lainnya di Indonesia dan luar negeri.

  2. Mengirim obat-obatan, buku-buku rohani, dan VCD rohani.

  3. Mendirikan koperasi di satu kecamatan.

Pelayanan yang akan dilakukan:

  1. Melanjutkan dan mengembangkan ketiga pelayanan tersebut di atas.

  2. Membantu pengadaan Alkitab untuk sekolah-sekolah di pedalaman Kalimantan (dibutuhkan 500 Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru)

Sumber: Bulletin Seminari Alkitab Asia Tenggara, April 2003

Pokok Doa:

  1. Doakan Departemen Misi SAAT dalam melakukan pelayanan misi Tuhan.

  2. Berdoa untuk setiap organisasi/gereja/pribadi yang rindu terlibat dan mendukung pelayanan yang dilakukan oleh SAAT ini.

  3. Doakan untuk mahasiswa dan staf Departemen Misi yang diutus ke berbagai tempat agar Allah memberikan hikmat saat melakukan pelayanannya.

e-JEMMi 20/2003


Yayasan Obor Damai Indonesia

Yayasan Obor Damai Indonesia didirikan tahun 1998 dalam kerja sama dengan organisasi Open Doors International. Kegiatan pelayanannya:

  1. Menghibur/menguatkan Tubuh Kristus yang berada di bawah tekanan/penindasan di kawasan-kawasan tertentu melalui cara:

    1. Mengirim/mengantarkan Alkitab, buku-buku pelajaran dan bacaan rohani.

    2. Menyediakan pelatihan (pendidikan teologia non-formal) bagi hamba-hamba Tuhan serta berbagai keperluan lain, agar umat percaya di situ dapat tetap memberitakan Injil ke seluruh dunia.

  2. Memberikan dorongan semangat kepada Tubuh Kristus di kawasan-kawasan rawan bahaya; mempersiapkan orang-orang percaya untuk tetap setia meskipun menghadapi aniaya dan penderitaan serta memperlengkapi mereka agar dapat tetap bersaksi bagi Injil Kristus.

  3. Memotivasi dan membagikan informasi untuk membuka mata gereja-gereja (umat Kristen) di negara-negara (yang lebih) bebas agar lebih peduli dan serius turut serta dalam upaya membantu saudara seiman yang menderita aniaya karena iman (1Korintus 12:26).

Sumber: Buletin Doa Pintu-pintu Terbuka, Apr-Mei 2003, Vol.6, No.2

Untuk berlangganan, kirim email ke: [opendoor@indosat.net.id]

Pokok Doa:

  1. Doakan setiap bentuk pelayanan yang dilakukan Yayasan Obor Damai Indonesia dalam usahanya untuk mendukung orang-orang Kristen yang mengalami penganiayaan di berbagai tempat.

  2. Berdoa untuk staf redaksi buletin doa "Pintu-pintu Terbuka" dan distribusi buletin ini ke berbagai gereja. Kiranya dapat mendorong semakin banyak orang Kristen Indonesia berdoa bagi pelayanan misi di berbagai tempat di dunia, khususnya yang dilakukan di daerah-daerah yang sulit dijangkau.

  3. Berdoa agar pokok-pokok doa yang dikirim melalui buletin doa "Pintu-pintu Terbuka" (salah satu pokok doanya bisa disimak dalam kolom Doa Bagi Dunia -- Korea Utara) dapat menjadi bagian dari gerakan doa dunia yang mempersatukan orang-orang Kristen di seluruh dunia untuk berdoa bagi pekerjaan Tuhan.

  4. Doakan setiap sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menjalankan setiap bentuk pelayanan Yayasan Obor Damai Indonesia, khususnya dukungan doa, daya, dan dana dari orang-orang Kristen.

  5. Berdoa juga untuk organisasi Open Doors International yang menaungi dan mendukung pelayanan Yayasan Obor Damai Indonesia. Doakan untuk setiap program pelayanan yang dilakukan Open Doors International, antara lain:

    1. Kepedulian Open Doors bagi umat Kristen yang teraniaya karena iman mereka. Saat ini lebih dari 200 juta orang Kristen yang tinggal di 60 negara rawan penganiayaan (termasuk Indonesia).

    2. Mengirimkan Alkitab kepada saudara seiman yang membutuhkan di berbagai negara.

    3. Mengadakan pelatihan bagi para hamba Tuhan, dsb..

Untuk mengetahui 10 negara dimana penduduk Kristennya mengalami penganiayaan tertinggi, atau bila Anda rindu terlibat dalam pelayanan Open Doors, silakan berkunjung ke situs Open Doors <http://www.opendoors.org/>

e-JEMMi 19/2003


Kesatuan Umat Menuju Transformasi Bangsa

Pokok Doa berikut ini dibuat oleh NPC yang akan didoakan secara serentak pada saat diadakan konser doa di Jakarta (16 Mei 2003) dan di 400 kota di Indonesia.

  1. Pengakuan Dosa Bersama

    Penyesalan dan pertobatan bersama-sama (secara korporatif) atas:

    1. Dosa yang telah dilakukan nenek moyang para pemimpin bangsa dari jaman dahulu sekarang (Nehemia 9-10).

    2. Dosa yang telah dilakukan para hamba-hamba Tuhan dan para pemimpin gereja, serta umat Tuhan.

    3. Dosa penyembahan berhala, okultisme, dan perdukunan.

    4. Dosa kepercayaan atau agama palsu buatan manusia.

    5. Dosa perzinahan, percabulan, dan pelacuran.

    6. Dosa ketidakadilan yang mengakibatkan kemiskinan dan bencana alam.

    7. Dosa kesombongan, kekerasan, pembunuhan, dosa mengadu domba sehingga terjadi perang antar suku dan agama.

  2. Pengucapan Syukur Atas Kasih Setia Tuhan Terhadap Gereja dan Bangsa

  3. Pergumulan Rohani Tingkat Strategis

    1. Mengalahkan roh-roh teritorial yang menguasai kota dan negeri Indonesia.

    2. Mengalahkan roh-roh kekerasan, perpecahan, dan korupsi.

    3. Mengalahkan roh percabulan/perzinahan, perjudian, dan narkoba.

  4. Permohonan

    1. Dibangkitkan para pemimpin bangsa yang takut akan Tuhan dan memerintah dengan pimpinan Tuhan. Doakan KAMPANYE 2003 dan persiapan PEMILU 2004.

    2. Para hamba-hamba Tuhan dan para pemimpin Gereja serta umat Tuhan bangkit dan bersatu.

    3. Kekayaan alam Indonesia dikembalikan sebagai warisan Allah bagi generasi sekarang dan yang akan datang.

Sumber:

Judul buku : Fokus 40/400 -- Doa Puasa 40 Hari Menuju Transformasi di 400 Kota di Indonesia
Penerbit : National Prayer Conference
Sekertariat : npc2003(at)cbn.net.id

e-JEMMi 18/2003


Puncak Doa Puasa Fokus 40/400 dan "National Prayer Conference"

Beberapa hari lagi Doa Puasa Fokus 40/400 akan mencapai puncaknya. Doa Puasa Fokus 40/400 ini (2 April - 11 Mei 2003) merupakan doa puasa selama 40 hari untuk menuju transformasi di 400 kota di Indonesia dan juga sebagai persiapan menjelang diadakannya "National Prayer Conference" (12 - 15 Mei 2003). Bagi pembaca e-JEMMi yang rindu untuk terlibat dalam doa puasa atau 'conference' ini, masih ada kesempatan. Oleh karena itu, berikut ini kami sajikan sebagian dari pokok-pokok Doa Puasa Fokus 40/400. Bagi Anda yang menginginkan versi lengkapnya, silakan menghubungi: [endah(at)sabda.org]

Pokok Doa:

  1. Hari: 1, 11, 21, 31 -- Para Pemimpin Gereja
    1. Doakan agar para pemimpin gereja/para gembala sidang mau memulai membangun hubungan satu dengan yang lain dalam kerendahan hati untuk dapat saling menghargai, mendengarkan, dengan menanggalkan kebanggaan denominasi dan bergerak dalam kesatuan doa bersama.

    2. Terjadi rekonsiliasi dan restitusi diantara para pemimpin gereja.

  2. Hari: 2, 12, 22, 32 -- Kesatuan Tubuh Kristus
    1. Doakan agar gereja-gereja di seluruh Indonesia mempunyai rasa saling membutuhkan satu dengan yang lain, berjejaring, dan gereja yang satu menganggap gereja yang lain lebih utama (kerendahan hati) dan mulai saling memberkati dengan saling mendoakan, fellowship, rekonsiliasi, dsb..

    2. Masing-masing gereja menjalankan fungsinya dalam tubuh Kristus dan tetap menghargai perbedaan non esensial diantara anggota tubuh Kristus dan melihatnya sebagai kekayaan bukan ancaman.

  3. Hari: 3, 13, 23, 33 -- Situasi Bangsa dan Pemerintahan
    1. Presiden Ibu Megawati, Wakil Presiden Bapak Hamzah Haz agar dapat memimpin bangsa dengan hikmat dan takut akan Tuhan dan berani menyatakan keadilan.

    2. Doakanlah perkembangan demokrasi di tengah-tengah bangsa ini, agar hak-hak sipil dan keadilan benar-benar ditegakkan dan dirasakan oleh seluruh masyarakat.

  4. Hari: 4, 14, 24, 34 -- National Prayer Conference
    1. Kesatuan dan kesehatian panitia yang berasal dari berbagai organisasi gereja maupun dari kalangan pengusaha serta kesiapan panitia dalam acara ini.

    2. Para pembicara baik dari dalam Negeri dan Luar Negeri agar diberi pewahyuan dari Allah untuk menyatakan isi hati Tuhan.

    3. Para peserta dari dalam negeri (daerah-daerah/luar kota), dan luar negeri. Jumlah seluruhnya diharapkan 15.000 peserta.

    4. Doakan pada tanggal 16 Mei 2003 akan diselenggarakan doa serentak di 400 kota pada pukul 18.00 - 21.00 WIB.

  5. Hari: 5, 15, 25, 35 -- Fasilitator Jaringan Doa Sekota
    1. Mobilisasi doa melalui pangkalan Doa dapat terus meluas dan mencapai sebanyak mungkin umat terlibat di dalamnya.

    2. Agar fasilitator Jaringan Doa Sekota (JDS) tetap berpegang pada visi dan bisa mengimpartasikan ke seluruh anggota JDS-nya.

  6. Hari: 6, 16, 26, 36 -- Pelayanan Pekabaran Injil
    1. Doakan pekabaran Injil di suku-suku yang tertutup bagi Injil. Doakan para pekabar Injil, pendoa misi, dan lembaga-lembaga yang menopang pelayanan misi tsb. agar terus berpegang pada visi yang telah diberikan oleh Tuhan dan tetap tegar dalam menghadapi segala tantangan, rela membayar harga.

    2. Doakan pekabaran Injil di perkotaan dengan cara penjangkauan anak jalanan, gelandangan. Doakan program-program yang telah dilakukan seperti pendidikan, moral, spiritual dan kesehatan. Doakan agar para pelayannya melayani mereka dengan kasih.

  7. Hari: 7, 17, 27, 37 -- Komitmen Umat Tuhan bagi Transformasi Bangsa
    1. Setiap pribadi siap ditransformasi oleh Tuhan -- siap dibentuk, diubahkan, dan dimurnikan.

    2. Doakan agar gereja Tuhan dapat menjadi terang bagi bangsa yang membawa dampak bagi lingkungan/kelompok, kota bahkan bangsa.

  8. Hari: 8, 18, 28, 38 -- Orang-orang yang Ada di Market Place [Dunia Sekuler]
    1. Bangkitnya pemimpin masa depan di berbagai bidang.

    2. Pemulihan di berbagai bidang keluarga, gereja, pemerintahan, dll..

  9. Hari: 9, 19, 29, 39 -- Lumbung Tuaian
    1. Gereja supaya keluar dari tembok gereja untuk pergi ke masyarakat luar: menjadi berkat bagi kota.

    2. Seluruh umat Tuhan baik hamba Tuhan, pengerja, maupun jemaat memiliki hati penuh belas kasihan terhadap masyarakat prasejahtera dan yang tidak pernah dipandang oleh masyarakat.

  10. Hari: 10, 20, 30, 40 -- Follow Up dari Pelaksanaan National Prayer Conference
    1. Semakin kuatnya jaringan-jaringan doa di 400 kota di Indonesia, bahkan lebih.

    2. Bangkitnya kegerakan doa di seluruh Indonesia yang tidak terbatas dengan adanya Menara Doa dan Konser Doa.

Sumber:

Judul buku : Fokus 40/400 -- Doa Puasa 40 Hari Menuju Transformasi di 400 Kota di Indonesia
Penerbit : National Prayer Conference
Sekertariat : npc2003(at)cbn.net.id

e-JEMMi 17/2003


Catatan Redaksi: Berikut ini adalah cuplikan bahan yang kami ambil dari sebuah majalah pelayanan Kristen yang membahas tentang Pelayanan Perkotaan. Cuplikan ini berisi tujuh poin yang sangat penting untuk memulai pelayanan perkotaan. Ke-tujuh poin tersebut bisa Anda jadikan pokok-pokok doa saat Anda mendoakan kota tempat Anda tinggal. Berdoalah agar setiap poin bisa dilaksanakan di kota Anda masing-masing dan orang-orang percaya di sana bisa menjadi saksi-saksi Kristus yang hidup, baik melalui perkataan maupun tingkah laku mereka. Dan nantikanlah bagaimana Allah bekerja memulihkan dan memberkati kota Anda.

Tujuh Kategori untuk Memberkati Kota Anda:

  1. Membagi Visi -- kemana kita akan membawa kota ini. Adakan pertemuan dengan para pemimpin untuk membahas visi tsb..

  2. Adakan Riset -- buatlah riset secara berkala. Mengapa suatu kejahatan bertumbuh dengan cepat di wilayah ini. Mengapa perkelahian antar lingkungan terjadi di sini.

  3. Doakan -- buatlah kelompok doa. Doa keliling, konser doa. Adakan pertemuan doa secara teratur dan reguler serta berantai untuk mendoakan kota.

  4. Pendamaian -- berdamailah antar para pemimpin gereja dan bersatulah supaya menghasilkan kredibilitas dan pengaruh yang luar biasa lagi. Buatlah pendamaian antar sesama, ras, sara.

  5. Pelatihan -- adakan pelatihan untuk orang-orang percaya supaya mereka memiliki alat dan lebih efektif dalam memberkati kota.

  6. Pemuridan -- semua bidang yang digeluti oleh manusia harus mencerminkan Allah, seperti media pendidikan, ekonomi, pemerintah, seni, dan keluarga. Semua bidang ini harus memberikan kemuliaan kepada Allah.

  7. Transformasi Sosial -- bantulah mereka yang kekurangan dan tidak mampu. Adakan pelayanan untuk para pecandu, narapidana, dan orang-orang sakit. Berilah bantuan ekonomi kepada mereka yang tidak mampu. Adakan tindakan kebaikan terhadap lingkungan.

Sumber:

Judul buletin : Masah International, Edisi 1/th. I/2002
Penerbit : Pelayanan Komunikasi dan Informasi YWAM Indonesia
Halaman : 10

e-JEMMi 16/2003


Persiapan PASKAH di Berbagai Tempat

  1. Berdoa untuk gereja-gereja yang saat ini sedang mempersiapkan PASKAH supaya memberikan yang terbaik bagi Tuhan dan jemaatnya. Kiranya melalui perayaan PASKAH tahun ini, jemaat Tuhan dikobarkan semangatnya untuk melayani Tuhan Yesus, yang telah mati untuk menebus dosa-dosa mereka.

  2. Doakan khususnya bagi persiapan pribadi dari umat Kristen Indonesia dalam menyambut PASKAH. Kiranya kasih Kristus yang telah mereka rasakan dapat terus mengingatkan mereka betapa besar pengorbanan yang telah diberikan-Nya bagi kita semua, sehingga kita terus semakin mengasihi-Nya.

  3. Doakan situasi keamanan di Indonesia khususnya saat menjelang PASKAH agar tetap terjaga. Berdoa supaya perayaan PASKAH dapat dilaksanakan dengan sederhana tapi dapat memberikan makna yang mendalam.

  4. Bersyukur untuk kesempatan merayakan PASKAH tahun ini. Kiranya melalui perayaan PASKAH ini jemaat Tuhan terus diingatkan untuk bersatu hati dalam menggalang keesaan gereja Tuhan baik di Indonesia, maupun di seluruh dunia.

e-JEMMi 15/2003


Doa Puasa Misi Indonesia Secara Internasional (1-23 Mei 2003)

Janji Tuhan pasti akan tergenapi bagi pulau-pulau di Indonesia ... Bahwa akan terdengar banyak orang Kedar di kota-kota dan desa-desa yang bersorak-sorai dan menyembah Tuhan (Yesaya 42:10-12). Mari kita genapi isi hati dan kerinduan Tuhan ini bagi Indonesia.

Siapkan diri Anda untuk menjadi pendoa-pendoa yang tangguh! Libatkan diri Anda untuk berdoa dan berpuasa selama 1 - 23 Mei 2003 bagi suku-suku terabaikan di Indonesia. Mari kita mengambil bagian dalam Kairos Tuhan bagi suku-suku terabaikan di Indonesia. Saudara akan mengalami berkat besar dan hidup saudara akan menjadi bermakna karena saudara mau menjadi bagian dalam sejarah kegerakan misi di Indonesia.

Cara Berdoa:

  1. Berdoa dan berpuasalah mulai tanggal 1 - 23 Mei setiap hari bagi satu rumpun suku di Indonesia (ada 23 rumpun suku), gunakan buku doa suku terabaikan (baik yang besar maupun yang kecil). [Red.: Anda bisa mendapatkan/membeli buku doa versi terbaru, dari PJRN. Selain itu dalam CD SABDA juga telah tersedia dua buku, versi lama dengan judul "Suku-suku yang Terabaikan" (Topik 19002) dan "Pokok Doa dan Profil Suku-suku" (Topik 19137).]

  2. Untuk puasa, Saudara dapat berpuasa secara penuh: 23 hari atau tiga minggu (21 hari); 2 minggu (14 hari); 1 minggu (7 hari) atau sesuai dengan beban Saudara.

  3. Saudara dapat berdoa secara pribadi atau secara berkelompok (sel/gereja/se-kota/se-propinsi/se-negara), juga dapat melakukan doa keliling di daerah tertentu yang ingin Saudara doakan.

  4. Di hari terakhir tanggal 23 Mei 2003, Saudara dapat bersama-sama berkumpul untuk berdoa bersama (waktu antara pukul 8.00 pagi sampai 20.00 malam) untuk menutup acara doa puasa ini di gereja/kota/propinsi/negara Saudara.

Nikmati dan bersukacitalah ibadah puasa Anda.

Sumber: VIP (Visi dan Prakarsa), Edisi April 2003

[Red.: Bagi Anda yang mau terlibat dalam doa bersama untuk misi di Indonesia dengan umat Allah di Indonesia dan secara internasional dari tanggal 1 - 23 Mei 2003, silakan mengirim respon/tanggapan pribadi ke VIP atau PJRN melalui email: [linkage(at)ub.net.id]. Anda juga bisa menghubungi email tersebut untuk memperoleh bahan/buku doa untuk suku-suku terabaikan di Indonesia.]

e-JEMMi 14/2003


Pelayanan Penjara

  1. Bersyukur untuk pelayanan-pelayanan penjara yang dilakukan banyak pribadi/gereja/organisasi/sekolah teologi di Indonesia. Berdoa agar Allah memberikan hikmat dan kesetiaan kepada para hamba Tuhan yang terlibat dalam pelayanan misi di balik jeruji ini.

  2. Doakan supaya setiap narapidana yang dilayani mendapat kesempatan untuk mendengar Firman Tuhan dan mengenal kasih Allah. Biarlah Firman-Nya itu melahirbarukan hidup mereka sehingga mereka menerima Kristus sebagai Juru Selamat pribadi mereka.

  3. Berdoa untuk para narapidana yang telah mengalami pertobatan agar iman mereka terus bertumbuh menjadi kuat dan memberikan kesaksian yang hidup bagi narapidana-narapidana lainnya.

  4. Doakan supaya pintu-pintu penjara tetap terbuka untuk pelayanan-pelayanan Kristen ini. Doakan terjalinnya kerjasama dengan pemerintah setempat agar mereka dan pelayanan misinya diterima dengan baik.

  5. Doakan untuk regenerasi orang-orang yang terlibat dalam pelayanan di penjara. Kiranya semakin banyak orang Kristen melihat pentingnya pelayanan ini dan ikut terlibat untuk memenangkan para narapidana bagi Kristus.

[Red.: Bagi para pembaca e-JEMMi yang terlibat atau mengenal/mengetahui pelayanan penjara, silakan kirim kesaksian/informasi ke [endah@sabda.org]. Kami tunggu partisipasi/infonya lho ... :-) ]

e-JEMMi 13/2003


Pelayanan Lembaga Misi dan Pengabdian Masyarakat

Lembaga Misi dari sebuah Sekolah Teologia di Sulawesi Selatan akan mengutus tim kesehatan dan penginjilan ke daerah pelayanan di pedalaman Sulawesi Selatan. Tim ini akan berencana memasuki daerah baru dan membina pos-pos yang baru terbentuk. Selain itu, para mahasiswa juga akan melakukan pelayanan penginjilan ke Toraja selama seminggu. Tujuannya adalah untuk mengadakan penginjilan pribadi, KKR, pelatihan EE kepada jemaat di Toraja.

Pokok Doa:

  1. Berdoa agar melalui pelayanan ini banyak orang bisa melihat kasih Allah dan mau menerima Kristus.

  2. Doakan para mahasiswa yang ikut melakukan pelayanan penginjilan di Toraja supaya mereka bisa diterima dan menolong banyak penduduk Toraja.

  3. Berdoa juga untuk para dosen sekolah Teologia ini yang sedang kuliah atau sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti pelatihan di luar negeri. Doakan supaya tambahan pengetahuan dan pengalaman yang mereka dapatkan selama masa pendidikan bisa dipakai untuk meningkatkan pelayanan misi mereka saat kembali ke Indonesia dan memberi tambahan bekal bagi para mahasiswa.

Sumber: D. Ronda <ronda@>

e-JEMMi 12/2003


Mahasiswa Kristen dan Alumnus Kristen

Saat menjadi mahasiswa, mereka adalah utusan Allah di kampusnya. Mereka dipersiapkan untuk menjadi utusan yang siap diutus ke dunia yang lebih luas pada saat mereka menjadi alumnus.

Pokok Doa:

  1. Doakan setiap PMK yang ada di berbagai perguruan tinggi di Indonesia supaya mereka bisa menjadi wadah untuk:

    1. Mengenalkan para mahasiswa kepada kasih Kristus.

    2. Melatih dan mengutus para mahasiswa Kristen untuk bisa membawa mahasiswa lain kepada Yesus.

  2. Berdoa supaya mahasiswa Kristen yang telah menjadi alumnus tetap setia dengan perannya sebagai utusan Kristus dan siap memberitakan Injil dimanapun mereka berada.

  3. Doakan agar pelayanan pengutusan mahasiswa tidak lepas dari Gereja bahkan menjadi motivator bagi misi gereja. Mahasiswa Kristen dan alumnus Kristen bertanggung jawab untuk mengembangkan misi di gerejanya.

  4. Berdoa supaya setiap mahasiswa Kristen pada saat mereka lulus nanti bisa menjadi saksi-saksi efektif di tempat mereka bekerja nanti.

  5. Doakan agar pengutusan mahasiswa semasa di kampus dapat memberi dampak dalam pelayanan lintas budaya. Para mahasiswa yang berasal dari berbagai suku dan budaya diperlengkapi supaya kelak dapat memberitakan Injil di lingkup sukunya sendiri.

  6. Berdoa juga pelayanan-pelayanan mahasiswa Kristen yang tersebar di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, antara lain: PERKANTAS (Persekutuan Antar Universitas), LPMI (Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia), Pelayanan Navigator, Jaringan Doa Mahasiswa, JOY Fellowship, YWAM (Yayasan Wahana Anak Muda), Persekutuan Mahasiswa Kristen di berbagai perguruan tinggi, dsb. Doakan setiap pelayanan yang mereka lakukan termasuk menjangkau dan mengenalkan para mahasiswa kepada Yesus.

Sumber: Jurnal ALETHEIA, Edisi 02/Th. II

e-JEMMi 11/2003


Komisi Remaja di Berbagai Gereja

  1. Doakan Komisi Remaja yang saat ini aktif melakukan pelayanannya di gereja. Berdoa agar Allah memberikan hikmat kepada setiap pelayan remaja itu dalam usahanya untuk:

    1. Menolong dan mengenalkan misi kepada generasi remaja gereja.

    2. Melibatkan secara aktif para remaja itu dalam pelayanan misi gereja.

    3. Mempersiapkan remaja gereja menjadi generasi MISI baik di gereja maupun di lingkungannya.

  2. Berdoa supaya melalui pelayanan Komisi Remaja ini, gereja bisa membentengi dan memperlengkapi para remajanya dari beragam pengaruh dunia.

  3. Komisi Remaja merupakan generasi penerus bagi gereja di suatu saat nanti. Berdoa supaya para pengurus komisi dan anggotanya bisa menyadari hal tersebut dan dengan sungguh-sungguh mengelola tanggung jawab yang sudah dipercayakan kepada mereka dari gereja.

  4. Doakan para pengurus komisi agar senantiasa mencari hikmat Allah dalam mengambil keputusan, membuat program, merencanakan kegiatan, dan menolong anggotanya untuk bisa terlibat secara aktif dalam pelayanan. Mereka bisa menyediakan makanan rohani yang sesuai untuk anggotanya agar pengenalan-Nya akan Tuhan dapat bertumbuh dan para remaja itu bisa menemukan jati dirinya yang sejati dalam Kristus.

  5. Berdoa agar Komisi Remaja bisa menjangkau para remaja, baik yang sudah bergereja maupun yang belum untuk memberikan pelayanan pribadi (PI) dan sekaligus mengenalkan pelayanan kepada mereka.

e-JEMMi 10/2003


Mereka yang Terlibat dalam Pelayanan Anak

  1. Bersyukur untuk setiap pelayan Tuhan yang terlibat dalam pelayanan anak di berbagai tempat di Indonesia. Berdoa agar mereka tetap setia menuntun anak-anak itu untuk mengenal Juru Selamat satu-satunya, Tuhan kita Yesus Kristus dan menolong mereka untuk melihat bahwa Allah bisa mengerjakan sesuatu hal yang luar biasa ketika anak-anak berdoa.

  2. Doakan agar hikmat Allah senantiasa menyertai anak-anak yang telah dimenangkan bagi Kristus sehingga mereka bisa dipakai untuk mencapai kehendak Allah di usia mereka yang masih dini.

  3. Berdoa untuk gereja-gereja dan lembaga-lembaga yang saat ini berkecimpung dalam dunia pelayanan anak-anak supaya mereka secara serius melakukan pelayanan yang istimewa ini dan dapat menggunakan setiap sarana/fasilitas yang ada semaksimal mungkin.

  4. Doakan untuk situs PEPAK (Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen) dalam visinya untuk:

    1. Menjadi sarana sumber informasi yang terlengkap di internet bagi para pelayan anak (guru Sekolah Minggu) yang terlibat dalam dunia pelayanan anak sehingga bisa dipakai untuk memperlengkapi anak-anak. Salah satunya adalah untuk menolong anak-anak itu menjadi pendoa-pendoa berbagai pelayanan, termasuk misi.

    2. Melengkapi serta memperkuat dasar keterampilan dan pengetahuan Guru Sekolah Minggu sehingga menghasilkan guru berkualitas, berdedikasi, dan punya kehidupan doa yang sungguh-sungguh serta mau berdoa untuk/bersama anak-anak didiknya.

    3. Menjadi pelengkap bagi Gereja dalam memberikan pembinaan bagi Guru Sekolah Minggu dan pelayan anak supaya mereka dapat menjadi pelayan Tuhan yang memiliki visi dan misi yang kuat dalam pelayanannya, serta melatih anak-anak untuk berperan langsung dalam setiap pelayanan.

  5. Doakan untuk publikasi elektronik untuk guru-guru Sekolah Minggu, yaitu e-BinaAnak (dikirim lewat email untuk mereka yang berlangganan). Berdoa agar melalui berbagai artikel, sumber-sumber informasi, dan tips-tips mengajar yang disajikan dalam publikasi ini bisa menolong para guru Sekolah Minggu Anak, Pengurus Kelompok Sel Anak, dan siapa saja yang melayani anak-anak, untuk dapat dibekali dengan lebih baik. Untuk berlangganan [subscribe-i-kan-BinaAnak@xc.org]. Arsip e-BinaAnak: <http://www.sabda.org/binaanak/>

  6. Berdoa untuk milis diskusi e-BinaGuru, yang diselenggarakan lewat internet, agar bisa menjadi wadah komunikasi yang efektif bagi pelayanan anak dan para guru Sekolah Minggu dari semua denominasi untuk saling menukar informasi dan pengalaman dalam mengelola dan mengembangkan pelayanan anak-anak di gereja masing-masing. Untuk bergabung [subscribe-i-kan-BinaGuru@xc.org].

e-JEMMi 09/2003


Lembaga-lembaga Penginjilan

  1. Bersyukur atas keberadaan lembaga-lembaga penginjilan yang bertujuan untuk mengenalkan kasih Allah melalui berbagai bentuk pelayanan dan media yang mereka lakukan di berbagai tempat di Indonesia.

  2. Doakan setiap alat/sarana/cara penginjilan yang dipakai untuk melakukan pelayanan mereka (traktat, video, film, radio, tv, ...).

  3. Berdoa untuk setiap program yang mereka lakukan, yaitu penginjilan, proses follow up, pemuridan, dan perintisan gereja.

  4. Doakan supaya lembaga-lembaga ini menjalin kerja sama yang baik dengan gereja-gereja setempat dalam melakukan pelayanan mereka, khususnya dalam memberikan bimbingan lanjutan bagi petobat baru.

e-JEMMi 08/2003


Dukungan Misi dalam Negeri

  1. Doakan mereka yang sudah dipanggil Tuhan untuk menjadi misionaris di antara suku-suku yang terabaikan di seluruh wilayah Indonesia. Berdoa agar mereka dapat segera beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Pasti ada banyak kendala yang mereka hadapi: dukungan gereja lokal, belajar bahasa suku, adaptasi dengan budaya, dsb. Mereka memerlukan ketabahan dalam persiapan dan dukungan doa dari umat percaya di Indonesia.

  2. Berdoa untuk gereja-gereja di Indonesia agar mereka mau dengan sukacita mendukung, mendoakan, dan mengutus para pekerja lintas budaya. Diharapkan jauh lebih banyak gereja mau mengutus pekerjanya ke segala suku bangsa.

  3. Doakan majalah misi Terang Lintas Budaya yang berisi banyak berita menarik dan informasi yang luas dan tepat dari ladang penginjilan di berbagai tempat. [Bagi yang ingin berlangganan majalah cetak ini, kirim email ke [endah(at)sabda.org]

Sumber: Pokok-pokok Doa Penginjilan Sedunia dari P.D. Timotius

e-JEMMi 07/2003


Pemerintah di Indonesia dan Situasi Sekarang

  1. Berdoa untuk pemerintah Indonesia khususnya Presiden dan Wapres agar Allah mencurahkan hikmat bagi mereka untuk memimpin bangsa Indonesia dengan adil dan bijaksana. Juga jangan lupa untuk mendoakan para menteri dan pejabat pemerintah dalam membantu Presiden menjalankan pemerintahan.

  2. Berdoa bagi anak-anak Tuhan yang saat ini mempunyai kedudukan dalam pemerintahan. Doakan supaya Allah memberikan hikmat dan bijaksana sehingga mereka bisa menjadi saksi-saksi Kristus dalam setiap tindakan dan keputusan yang mereka ambil.

  3. Doakan agar keadaan ekonomi dan politik yang kurang sehat saat ini bisa segera dicari penyebabnya secara tuntas sampai ke akar-akarnya -- berdoa agar pertobatan terjadi! Doakan supaya kepentingan bangsa/Tuhan menjadi motivasi utama, dan bukannya kepentingan pribadi/kelompok, bagi para pejabat pemerintahan dalam bertindak.

  4. Kiranya terjadi kesadaran yang kuat di antara masyarakat untuk menjaga kerukunan dan kedamaian bersama dalam menjalankan kehidupan bernegara supaya kesejahteraan bersama dapat segera terwujud.

  5. Doakan agar kuasa-kuasa setan yang ingin menghancurkan kesatuan bangsa Indonesia dapat dipatahkan. Doakan juga agar kuasa Allah akan meremukkan setiap kebencian, ketamakan, keirihatian, dan kemalasan yang dikobarkan oleh setan untuk merusak setiap usaha dari orang-orang yang mengasihi bangsa ini.

  6. Doakan agar ada pemimpin-pemimpin masyarakat yang dapat menjadi motor bagi terjadinya gerakan menjunjung tinggi moral dan akhlak bangsa supaya bangsa Indonesia kembali dikenal menjadi bangsa yang berbudaya halus dan bersahabat -- serta takut kepada Tuhan!

e-JEMMi 06/2003


Gereja-Gereja di Indonesia

  1. Marilah kita berdoa gereja-gereja di Indonesia memiliki visi dan kerinduan untuk memberitakan Injil ke berbagai pelosok Indonesia.

  2. Doakan juga agar bagi kesatuan gereja-gereja di Indonesia. Kiranya Tuhan menjauhkan perasaan iri hati dan persaingan gereja yang tidak sehat, sehingga Injil bisa dengan leluasa disebarkan. Biarlah melalui kesatuan ini gereja-gereja bisa melihat kembali panggilan-Nya yang mula-mula yaitu menjadi umat Tuhan yang bersaksi dan memuliakan nama-Nya.

  3. Doakan gereja-gereja di Indonesia agar dapat bekerja sama dan saling mendukung tanpa memandang perbedaan yang ada di antara mereka. Berdoa agar Allah terus melawat dan menyatakan kuasa kasih-Nya melalui gereja-gereja di Indonesia.

  4. Berdoa agar jemaat-jemaat Tuhan di Indonesia dapat terlibat secara aktif dalam pelayanan, baik di dalam maupun di luar gereja, agar dapat menghasilkan/menimbulkan pengaruh yang positif bagi komunitas/kota dimana mereka tinggal. Mereka dapat memberitakan penginjilan melalui aktivitas mereka sehari-hari!

  5. Doakan agar gereja-gereja di Indonesia bersedia dengan sukacita mendukung, mendoakan, dan mengutus jemaatnya untuk menjadi misionaris. Masih banyak suku-suku yang terabaikan (yang belum mendengar Injil) di Indonesia dan di ujung-ujung bumi yang perlu mendapatkan pelayanan dari para utusan Injil lintas budaya.

e-JEMMi 05/2003


Pemerintah, Generasi Muda, dan Masyarakat Kristen

Pemerintah

  1. Tetap bijaksana dalam menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi saat ini.

  2. Bisa peka dalam memperhatikan kebutuhan dan kepentingan rakyat.

  3. Adanya kesatuan dalam pengambilan keputusan antara DPR dan pemerintah.

  4. Tidak saling melemparkan tanggung jawab dan bisa mengintrospeksi setiap permasalahan yang ada.

Generasi Muda

  1. Masyarakat terutama generasi muda Indonesia semakin sadar akan bahaya dari penggunaan narkoba.

  2. Pemerintah dan aparat bisa bekerja sama untuk memberantas para pengedar, para pemasok, dan distributor narkotika.

  3. Kesadaran bahwa generasi muda merupakan generasi penerus bangsa dan mereka harus sehat baik secara jasmani maupun rohani.

Masyarakat Kristen

  1. Bisa menjadi garam dan terang bagi masyarakat di sekelilingnya.

  2. Tidak terjebak untuk mengikuti arus jaman yang bertentangan dengan iman mereka.

Sumber: surat kabar dan televisi

e-JEMMi 04/2003


Panduan untuk "Berdoa Bagi Kota Anda"

Berdoa Bagi Kota Anda

"Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu" (Yeremia 29:7).

  1. Doakan akar sejarah kota Anda. MINTA AMPUN pada Allah bagi penduduk kota Anda, jika pernah terjadi kekerasan, perang, keserakahan, penindasan, perpecahan atau hal-hal lain yang pernah terjadi.

  2. Doakan bagi adanya PERDAMAIAN DAN PEMULIHAN antar kelompok-kelompok yang ada di kota Anda. Doakan agar kota Anda dikenal karena kerukunan antar penduduknya.

  3. Doakan bagi mereka YANG KEKURANGAN DAN YANG LEMAH. Doakan agar kekerasan dan ketidakadilan tidak dilakukan di kota Anda.

Doakan MASALAH-MASALAH SOSIAL yang menonjol.

  1. Doakan tempat-tempat dimana KECELAKAAN DAN KRIMINALITAS sering terjadi.

  2. Doakan GEREJA-GEREJA DI KOTA Anda, untuk pertumbuhan mereka dan agar pengaruhnya dirasakan komunitas di sekitarnya. Doakan untuk para pemimpin gereja dan untuk kesatuan di antara mereka.

  3. Doakan PEMERINTAH kota Anda: walikota, anggota DPRD, camat, lurah, ketua RT/RW, hakim, polisi, hansip, dsb. Doakan agar mereka memerintah dalam integritas dan keadilan. Anda dapat mendoakan mereka melalui Alkitab: Mazmur 58, 61, 72.

Sumber:

Judul buku : Kota Doa
Penulis : Jimmy B. Oentoro
Penerbit : Harvest Publication House, Jakarta, 1998
Halaman : 287 -- 288

e-JEMMi 03/2003


Naiknya Harga BBM, Tarif Telepon, dan Listrik

Naiknya harga BBM, tarif telepon dan listrik di awal tahun 2003 ini telah mengundang keresahan di masyarakat, sehingga terjadi banyak demo dan adu pendapat. Ada banyak kalangan, dengan mengatasnamakan dirinya sebagai wakil rakyat kecil, tidak setuju dengan kenaikan ini. Alasannya, rakyat kecil akan semakin dirugikan, karena kenaikan harga BBM biasanya akan diikuti dengan kenaikan harga berbagai barang-barang kebutuhan sehari-hari, termasuk transportasi, dll. Sementara ada sebagian kalangan lain berpendapat ini adalah hal yang wajar dan memang seharusnya terjadi agar negara Indonesia keluar dari krisis yang berkepanjangan. Bagaimana kita, sebagai orang Kristen harus bersikap dalam hal ini? Marilah kita berdoa untuk keadaan yang meresahkan ini:

  1. Berdoa agar Tuhan memberikan hikmat bijaksana yang dari atas kepada mereka yang duduk di pemerintahan, terutama Presiden Megawati dan Wakil Presiden Hamzah Has agar terjadi komunikasi yang lebih baik, baik antara para pejabat maupun dengan rakyat.

  2. Doakan agar demo-demo yang terjadi dapat menjadi pemicu bagi pemerintah untuk memperhatikan aspirasi rakyat sehingga dapat mendorong terjadinya pembenahan-pembenahan yang berarti di tingkat pemerintahan atas dan bawah.

  3. Doakan agar pemerintah dapat mengoreksi diri atas kekurangan-kekurangan yang ada. Biarlah Tuhan mengetuk hati nurani para pemimpin agar memiliki kerinduan untuk menciptakan pemerintahan yang adil dan bersih.

  4. Berdoa untuk para mahasiswa demonstran yang merasa "peduli" dengan masalah yang menimpa masyarakat kalangan bawah. Doakan agar mereka dimotivasi oleh ketulusan hati untuk menjadi suara hati rakyat dan tidak membiarkan dirinya ditunggangi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

  5. Untuk demonstrasi-demonstrasi yang terjadi di berbagai tempat, doakan agar para oknum yang terlibat tidak melakukan pengrusakan-pengrusakan yang bersifat anarkis. Juga doakan agar para polisi yang menjaga keamanan demonstrasi tidak terpicu oleh kemarahan dan tindakan-tindakan yang emosionil.

  6. Doakan supaya semua rakyat Indonesia dari berbagai lapisan dapat menerima kenyataan ini dengan lapang dada demi kepentingan negara. Mereka terus berjuang untuk mempertahankan hidup dalam situasi yang sulit ini.

  7. Berdoa agar masyarakat umum bersatu padu dalam memerangi kemiskinan, ketidakjujuran dan ketidakadilan yang terjadi di masyarakat umum. Biarlah umat Tuhan dan gereja di dunia ini dapat menjadi terang-Nya untuk memberikan contoh dan teladan bagi masyarakat sekelilingnya.

Sumber: Televisi dan Surat Kabar

e-JEMMi 02/2003


Refleksi Tahun Baru

Di awal tahun baru 2003 ini, alangkah bijaksananya jika kita:

  1. Mengambil waktu untuk mengevaluasi hidup kita sepanjang tahun 2002. Kita meninjau ulang tujuan, sasaran, dan panggilan atas tugas-tugas yang Tuhan berikan untuk kita kerjakan, baik dalam keluarga, pekerjaan, maupun pelayanan. Apakah telah memberikan hasil seperti yang diharapkan.

  2. Melihat apakah kita sedang memuliakan Tuhan, apakah kita sedang belajar mengandalkan Tuhan, ataukah kita kurang mempercayai Tuhan?

  3. Bersyukur untuk setiap kesempatan yang Tuhan berikan, untuk setiap belas kasih yang Tuhan nyatakan, untuk setiap pertolongan yang Tuhan berikan, untuk setiap langkah baru yang Ia tunjukkan.

  4. Melihat bagaimana hidup pelayanan kita, apakah kita telah mempersembahkan waktu dan hidup kita kepada Tuhan atau masihkah kita memiliki ilah-ilah lain dalam hidup kita?

  5. Menghitung berkat-berkat yang telah Tuhan berikan, sehingga kita bisa mensharingkan kasih Tuhan itu kepada orang lain, melayani orang lain, dan membantu mereka yang membutuhkan?

"Banyak hal tak kumengerti akan masa yang datang, ...

satu hal kutahu pasti, semua Tuhan yang pegang."
(Nyanyikanlah Kidung Baru)

e-JEMMi 01/2003