Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Indonesia / Indonesia Tahun 2006

Indonesia Tahun 2006


PARA WANITA

Pokok Doa:

  1. Banyak ibu rumah tangga yang tidak hanya mengerjakan urusan rumah tangga, tapi juga berkarier di luar. Berdoalah supaya para ibu tersebut tidak menelantarkan keluarga mereka, tapi dapat membagi waktu antara karier dan keluarga.

  2. Ibu rumah tangga juga punya peran penting dalam membentuk generasi yang takut akan Tuhan. Doakan mereka agar menjadi ibu yang bijaksana dalam mendidik anak-anak.

  3. Ada banyak wanita lajang yang melayani, entah sebagai misionaris ataupun sebagai hamba Tuhan. Adakalanya mereka merasa kesepian dan membutuhkan keberadaan pasangan hidup. Doakan agar Roh Kudus menjadi penghibur sejati dalam hati mereka. Berdoalah agar Tuhan berkenan menyediakan pasangan hidup bagi mereka, sebagai pendamping dalam pelayanan memberitakan firman Allah.

  4. Doakanlah para wanita yang menjadi istri hamba Tuhan agar selalu setia mendampingi pelayanan suami mereka.

  5. Doakan pula para janda yang menjadi ibu dari anak-anak mereka agar diberikan kesabaran, bergantung pada Allah dan berhikmat dalam membesarkan anak yang menjadi anugerah Allah.

e-JEMMi 50/2006


PERAYAAN NATAL

Pada bulan Desember ini, gereja-gereja dan jemaat Kristen di berbagai tempat akan, dan mungkin telah, merayakan Natal. Kita berharap agar Natal bukan hanya semata-mata perayaan, tapi yang paling penting adalah persiapan hati kita dalam menyambut Sang Immanuel.

Pokok Doa:

  1. Berdoalah untuk setiap jemaat gereja agar mempersiapkan hati dalam menyambut Natal tahun ini. Kiranya mereka dapat semakin bersyukur untuk kasih Allah di tengah-tengah keadaan bangsa kita yang sedang mengalami krisis.

  2. Doakan pula agar damai dan sukacita Natal dapat berdampak positif bagi kehidupan jemaat Tuhan dan memperbarui semangat penginjilan untuk menjangkau orang-orang di sekitar mereka.

  3. Berdoalah agar tiap jemaat gereja, termasuk kita, mau membagikan sukacita Natal kepada orang-orang yang berada di sekitar mereka.

  4. Berdoa jugalah bagi gereja-gereja agar mereka juga dapat membagikan sukacita Natal kepada masyarakat di sekitar gereja yang membutuhkan.

  5. Doakan aparat keamanan yang mempersiapkan pengamanan menjelang Natal di gereja-gereja dan tempat-tempat umum supaya dapat melakukan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

  6. Kekhawatiran dan ketakutan akan adanya teror bom mungkin saja masih mewarnai sebagian besar umat Kristen. Mari memercayakan setiap tempat yang digunakan sebagai tempat perayaan Natal kepada Bapa, yang empunya acara.

  7. Mintalah pada Allah agar kita dimampukan untuk menyatakan kasih dan perhatian kepada keluarga kita.

e-JEMMi 49/2006


PERSEKUTUAN DOA MAHASISWA

Pokok Doa:

  1. Doakan setiap organisasi pelayanan mahasiswa Kristen yang tersebar di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah LPMI (Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia), PERKANTAS (Persekutuan Antar Universitas), dsb. yang salah satu usahanya adalah menjangkau dan mengenalkan Yesus kepada para mahasiswa.

  2. Berdoalah untuk program-program penginjilan yang diadakan untuk para mahasiswa, baik secara massal maupun pribadi. Kiranya melalui program-program tsb. banyak mahasiswa yang dimenangkan untuk Kristus.

  3. Berdoalah untuk proses tindak lanjut ("follow-up") dan berbagai pelatihan yang disiapkan guna memperlengkapi para mahasiswa yang telah bertobat agar iman mereka dapat terus bertumbuh.

  4. Doakan agar lebih banyak mahasiswa Kristen yang memiliki hati yang melayani dan terbeban untuk memenangkan jiwa teman-temannya di kampus. Berdoa supaya mereka peka mendengar panggilan Allah atas diri mereka dan mau menaati rencana kehendak-Nya.

  5. Berdoalah untuk para mahasiswa Kristen yang ikut melayani agar studinya tidak terbengkalai sehingga dapat menyelesaikan studinya dengan baik, tepat waktu dan dapat menjadi teladan bagi teman-temannya.

  6. Berdoalah untuk mahasiswa-mahasiswa Kristen yang merasa terpanggil untuk menjadi hamba Tuhan secara penuh ("full-time"). Doakan agar mereka betul-betul jelas akan panggilan Tuhan ini dan mau memperlengkapi diri agar dapat dipakai oleh Tuhan secara maksimal.

  7. Berdoalah juga bagi pelayanan kepada Mahasiswa Kristen agar bisa mendorong dan menggerakkan para mahasiswa yang ingin melayani dan menggenapi Amanat Agung sehingga dapat menjadi berkembang menjadi pelayanan-pelayanan yang dilakukan oleh mahasiswa sampai ke ujung bumi.

e-JEMMi 48/2006


PARA TENAGA MEDIS

Pokok Doa:

  1. Mari bersyukur atas setiap dokter dan perawat kesehatan yang bersedia ditempatkan di daerah terpencil di komunitas tertentu. Bersyukurlah untuk mereka yang punya hati bagi pelayanan masyarakat yang berada jauh dari jangkauan.

  2. Berdoalah agar semakin banyak tenaga medis, khususnya anak muda yang memiliki beban bagi masyarakat di desa-desa pedalaman, supaya pelayanan medis tidak hanya terkonsentrasi di kota-kota besar.

  3. Naikkan doa bagi mereka yang saat ini sudah punya kerinduan hati dan beban untuk menjadi petugas medis pada kelompok masyarakat tertentu, namun masih diliputi keragu-raguan. Berdoalah agar mereka yakin pada pilihan mereka dan segera mengambil keputusan untuk pelayanan tersebut.

  4. Obor Berkat Indonesia (OBI) adalah organisasi yang selama ini bergiat dalam melakukan pelayanan medis. Naikkan syukur pada Bapa atas penyertaan-Nya selama ini bagi pelayanan OBI.

  5. Berdoalah juga bagi anak-anak Tuhan yang berprofesi sebagai tenaga medis, agar mereka dengan tulus dan rendah hati mengobati pasien, melayani dengan kasih sehingga nama Tuhan Yesus semakin dipermuliakan.

e-JEMMi 47/2006


PEKERJA KRISTEN DI DUNIA SEKULER

Di mana pun kita berada, apa pun jenis pekerjaan kita, itu merupakan ladang pelayanan yang Tuhan berikan untuk kita. Tidak terkecuali pekerjaan di dunia sekuler. Pada kesempatan ini, kami ingin mengajak Anda untuk berdoa bagi rekan-rekan kita, mungkin juga termasuk pembaca e-JEMMi sendiri, yang bekerja di dunia sekuler.

Pokok Doa:

  1. Mari bersyukur kepada-Nya untuk kesempatan yang diberikan bagi anak-anak Tuhan untuk melayani-Nya lewat pekerjaan sekuler. Biarlah Tuhan memberikan visi yang jelas sehingga pelayanan mereka menjadi lebih efektif.

  2. Allah sungguh ingin agar murid-murid-Nya menjadi garam dan terang di mana pun mereka berada, khususnya di tempat pekerjaan. Berdoalah agar melalui mereka nama Tuhan dikenal dan dimuliakan.

  3. Sikap kita dapat menjadi kesaksian yang hidup bagi orang-orang di sekitar kita. Berdoalah agar setiap orang Kristen dapat mencerminkan pribadi Kristus di lingkungan tempat mereka bekerja.

  4. Tidak mudah berada di lingkungan di mana kita dituntut untuk secara konsisten menerapkan sikap jujur, berani, dan berhikmat. Berdoalah agar anak-anak Tuhan di tempat kerja dapat terus bersandar pada Tuhan agar dapat menjadi teladan dalam sikap hidup iman Kristen mereka.

  5. Orang-orang Kristen yang menggebu-gebu untuk melayani Tuhan tidak selalu harus meninggalkan pekerjaan sekulernya. Naikkan doa agar semakin banyak orang Kristen yang sadar bahwa pekerjaan sekuler pun merupakan tempat di mana mereka bisa melakukan pelayanan sepenuh waktu yang memuliakan nama Tuhan.

e-JEMMi 46/2006


SUKU-SUKU TERABAIKAN DI INDONESIA

Pokok Doa:

  1. Bersyukurlah kepada Tuhan atas pintu-pintu yang masih dan sudah mulai terbuka bagi penginjilan suku-suku terabaikan, biarlah nama Bapa dimuliakan oleh segenap suku bangsa.

  2. Doakan agar berita Injil dapat didengar dan diterima oleh suku- suku yang masih belum terjangkau Injil.

  3. Doakan juga setiap misionaris, baik kelompok maupun individu yang terbeban dan terpanggil untuk melayani di wilayah-wilayah terpencil agar keberadaan mereka sepenuhnya disiapkan.

  4. Berdoalah bagi pemanfaatan setiap sarana yang dapat dipakai untuk mengabarkan Injil kepada mereka, seperti Alkitab, film Yesus, ataupun siaran radio dalam berbagai bahasa suku.

  5. Mohonkanlah hikmat, keberanian, dan kesabaran bagi para hamba Tuhan yang melayani suku-suku terabaikan.

e-JEMMi 45/2006


PEKERJA KRISTEN YANG BERADA DI PENJARA

Pokok Doa:

  1. Berdoalah bagi saudara-saudara seiman kita di Indonesia yang saat ini sedang dipenjarakan karena mempertahankan iman mereka. Berdoalah agar Allah senantiasa memberikan perlindungan dan kekuatan bagi mereka untuk terus bertahan.

  2. Berdoalah agar penderitaan yang dialami oleh saudara-saudara kita itu bisa menjadi kesaksian bagi orang-orang di sekitar mereka, dan mengubah penjara menjadi ladang misi penginjilan.

  3. Keluarga dari saudara-saudara kita yang dipenjara ini tentunya juga menghadapi tekanan yang berat dari lingkungannya. Ingatlah senantiasa keluarga mereka dalam doa kita, agar kiranya Allah memberikan kesabaran dan ketabahan kepada mereka.

  4. Berdoalah bagi seluruh umat Kristen di Indonesia agar mereka terus mendoakan negara kita sehingga dapat memiliki pemerintahan yang berhikmat dan bijaksana serta takut akan Tuhan.

  5. Naikkanlah syukur kepada Allah karena Ia tetap memerhatikan anak-anak-Nya yang dipenjara lewat organisasi Kristen dalam dan luar negeri yang membantu dalam penyediaan pengacara, juga lewat perhatian dari umat Kristen di seluruh dunia lewat doa, juga lewat kartu/surat yang menyemangati mereka.

e-JEMMi 44/2006


GURU-GURU KRISTEN

Pokok Doa:

  1. Walaupun jumlah guru Kristen tidak bisa dibilang banyak, tapi kita patut mengucap syukur kepada Allah Bapa karena mereka tersebar di hampir setiap sekolah dan kota di Indonesia.

  2. Seorang guru bukan hanya bertugas mengajar, melainkan mendidik generasi yang akan datang. Berdoalah agar mereka menjadi pendidik yang takut akan Tuhan sehingga generasi yang akan datang juga menjadi generasi yang takut akan Tuhan.

  3. Doakan guru-guru Kristen yang sedang bertugas di luar lembaga Kristen agar diberikan hikmat dan keberanian untuk memperkenalkan kebenaran Kristus.

  4. Doakan setiap mereka yang bertugas di pedalaman, di daerah yang belum mengenal Injil agar dapat memperkenalkan firman Tuhan kepada masyarakat di mana mereka bertugas.

  5. Berdoa untuk kebutuhan hidup mereka, karena pada umumnya mereka mendapat gaji yang sangat minim. Kiranya Allah yang mahakasih mencukupkan setiap kebutuhan yang diperlukan.

e-JEMMi 43/2006


ARUS MUDIK LEBARAN

Departemen Perhubungan (Dephub) telah mengeluarkan surat edaran kepada Perusahaan Otobus yang isinya mengingatkan agar mematok tarif Lebaran bus non-ekonomi. Dephub terus memantau kewajaran tarif bus non-ekonomi. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, sejumlah perusahaan jasa transportasi sudah menambah jumlah armadanya.

(Dari berbagai sumber)

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur atas kebijakan Dephub untuk memantau kewajaran tarif bus non-ekonomi. Berdoa supaya kebijakan ini bisa menekan lonjakan harga tiket di luar batas kewajaran.

  2. Doakan segenap aparat keamanan yang mengatur ketertiban arus mudik di seluruh pelosok Indonesia.

  3. Berdoa untuk kelancaran arus mudik ke berbagai tempat di Indonesia termasuk tersedianya alat transportasi mudik dan arus balik yang memadai jumlahnya dan dengan tarif yang wajar.

  4. Doakan agar melalui perayaan Ramadhan tahun ini masyarakat semakin meningkatkan rasa kebersamaan dan saling menghargai dari lingkungan yang paling kecil (keluarga).

  5. Berdoa agar momen lebaran ini menjadi sarana agar keluarga, handai taulan, teman dan tetangga untuk lebih saling mengenal dan memperbaiki hubungan.

e-JEMMi 42/2006


PARA ADVOKAT KRISTEN

Pokok Doa:

  1. Mari bersyukur untuk kehadiran anak-anak Tuhan yang berprofesi sebagai advokat di negara kita. Mintalah agar ada lebih banyak lagi anak Tuhan yang menjadi advokat yang benar-benar berintegritas untuk menegakkan hukum di negeri ini.

  2. Doakan agar mereka dapat menjadi advokat-advokat yang jujur untuk setiap kasus yang mereka tangani, yang tidak terpengaruh dan tidak menggunakan tekanan dan intimidasi, tapi menjalankan tugasnya sesuai dengan hukum yang berlaku dan bergantung pada Tuhan.

  3. Doakan agar mereka tidak hanya memberikan yang terbaik bagi klien mereka, tapi di atas segalanya, agar mereka juga memberikan yang terbaik bagi keadilan dan kemuliaan Tuhan.

  4. Berdoalah agar melalui cara kerja mereka yang bersih, yang jauh dari kecurangan, mereka bisa menjadi saksi tentang siapa Yesus Kristus dan pengaruh yang dilakukan-Nya kepada setiap pribadi yang mereka layani.

e-JEMMi 41/2006


ORANG-ORANG PERCAYA DI PEMERINTAHAN

Pokok Doa:

  1. Naikkan syukur untuk orang-orang percaya yang duduk dalam kursi pemerintahan. Doakan agar mereka berani menyatakan suara dari orang-orang percaya di Indonesia.

  2. Tidaklah mudah untuk hidup jujur dan berpegang teguh pada keyakinan sebagai orang percaya di antara orang-orang yang belum percaya. Oleh karena itu, marilah kita naikkan doa dan meminta Roh Allah untuk terus menguatkan dan meneguhkan iman perca

  3. Doakan agar hikmat Tuhan bekerja kala mereka menyampaikan suara rakyat. Agar mereka dapat bertanggung jawab atas pernyataannya dan tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain.

  4. Doakan agar sikap jujur dan buah-buah Roh dalam hidup mereka dapat menjadi kesaksian tentang Kristus Yesus kepada orang-orang di sekitarnya.

  5. Doakan anak-anak Tuhan yang saat ini sedang duduk dalam bangku pendidikan pegawai pemerintahan. Kiranya mereka juga dipersiapkan oleh Roh Kudus untuk dapat menjadi aparat negara yang menyaksikan kasih Kristus kepada orang lain.

e-JEMMi 40/2006


LAPANGAN PEKERJAAN

Pokok Doa:

  1. Doakan agar pemerintah dapat membuat kebijakan ekonomi yang mengutamakan terciptanya lapangan pekerjaan yang cukup bagi penduduk Indonesia. Doakan juga agar masyarakat kita tidak tinggal diam, menunggu atau berputus asa, tapi juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya.

  2. Mari doakan agar orang-orang percaya juga dapat menciptakan lapangan kerja baru yang dapat menyerap tenaga kerja yang ada di sekitar tempat tinggal mereka, selain untuk menjadi berkat bagi sesamanya, sekaligus juga memperkenalkan Kristus lewat kesaksian hidup mereka.

  3. Doakan agar tercipta keamanan yang stabil di negara kita sehingga iklim usaha juga dapat berjalan dan berkembang lancar.

  4. Kita juga perlu berdoa agar mata anak-anak muda Kristen terbuka pada lapangan pekerjaan yang disediakan oleh Bapa surgawi karena ladang sudah menguning dan dibutuhkan banyak pekerja untuk menuai hasilnya.

e-JEMMi 39/2006


PELAYANAN KAUM "UNDERGROUND"

Kaum "underground" yang dimaksud di sini bukanlah sebagaimana yang berada di Cina (gereja bawah tanah). Kaum "underground" di sini adalah komunitas anak-anak muda yang menggemari musik "underground" beserta gaya hidupnya (pemberontakan, mabuk-mabukan, kekerasan, seks bebas, dsb). Jumlah komunitas yang satu ini terus berkembang terutama di kota-kota besar. Jika selama ini kita memiliki pandangan yang negatif terhadap komunitas ini, kini saatnya untuk mulai mengubah cara pandang kita terhadap kaum yang tersisihkan ini karena Tuhan Yesus mengasihi setiap orang tanpa memandang rupa.

Bila ada pertanyaan seputar pelayanan bagi komunitas ini, silakan menghubungi kami di:

==> <staf-misi(at)sabda.org>

Pokok Doa:

  1. Doakan organisasi Kristen yang saat ini terbeban untuk terlibat dalam pelayanan bagi komunitas "underground" ini. Berdoalah supaya visi dan misi mereka dapat ditularkan kepada orang lain.

  2. Bersyukur atas beberapa orang dari komunitas ini yang telah mengambil keputusan untuk mengikut Yesus dan kemudian terlibat langsung dalam pelayanan ini. Bersyukurlah juga karena lewat perubahan yang terjadi dalam hidup mereka, kasih Tuhan boleh terpancar.

  3. Doakan agar anak-anak "underground" ini bisa ditolong dalam proses pemuridan sehingga mereka bisa bertumbuh secara rohani dan menjangkau mereka yang telah terlibat dalam kehidupan underground. Berdoa juga untuk setiap pekerja yang terlibat dalam pelayanan ini.

  4. Mari kita juga bersatu hati untuk mendoakan anak-anak ini supaya mereka mempunyai kesempatan melanjutkan kehidupan dan dapat diterima oleh lingkungannya.

  5. Mohonkanlah kepada Bapa di surga agar kita tidak sebatas mendukung dalam doa saja, namun juga tergerak untuk melakukan tindakan nyata dengan membantu organisasi yang melayani komunitas "underground" ini dengan dana dan tenaga.

e-JEMMi 38/2006


KOMISI PEMUDA DI BERBAGAI GEREJA

Pokok Doa:

  1. Doakan setiap komisi pemuda yang saat ini aktif melakukan pelayanannya di gereja. Berdoalah agar Allah memberikan hikmat kepada setiap pelayan dalam komisi tersebut dalam usahanya untuk:

    • menolong dan memperkenalkan misi kepada generasi muda gereja;
    • melibatkan para pemuda itu dalam pelayanan misi gereja secara aktif;
    • mempersiapkan pemuda gereja menjadi generasi misi baik di gereja maupun di lingkungannya.
  2. Berdoalah supaya melalui pelayanan komisi pemuda ini, gereja bisa membentengi dan memperlengkapi para pemudanya dari beragam pengaruh dunia yang merusak.

  3. Komisi pemuda merupakan generasi penerus bagi gereja suatu saat nanti. Berdoalah supaya para pengurus komisi dan anggotanya bisa menyadari hal tersebut dan dengan sungguh-sungguh mengelola tanggung jawab yang sudah gereja percayakan kepada mereka.

  4. Doakan para pengurus komisi agar senantiasa mencari hikmat Allah dalam mengambil keputusan, membuat program, merencanakan kegiatan, dan menolong anggotanya untuk bisa terlibat secara aktif dalam pelayanan. Berdoalah juga agar mereka bisa menyediakan makanan rohani yang sesuai untuk anggotanya sehingga pengenalan mereka akan Tuhan dapat bertumbuh dan para pemuda itu bisa menemukan jati dirinya yang sejati dalam Kristus.

  5. Doakan pula agar komisi pemuda bisa menjangkau rekan-rekan mereka sesama pemuda, baik yang sudah bergereja maupun yang belum untuk memberikan pelayanan pribadi (PI), sekaligus memperkenalkan pelayanan untuk para pemuda-pemuda lain yang mereka kenal.

e-JEMMi 37/2006


BREAKTHROUGH ON MISSION (BOM) DI BOGOR

Pada 28--31 Agustus 2006 di Bogor telah dilaksanakan konferensi misi mahasiswa "Breaktrough on Mission" (BOM), untuk Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) sewilayah Jatinangor. Konferensi ini diikuti oleh 80 peserta dari berbagai perguruan tinggi yang ada di wilayah itu. Beberapa organisasi misi diundang untuk berbicara, termasuk Yayasan Lembaga SABDA (SABDA). Mari kita bersama-sama menaikkan syukur untuk terselenggaranya acara ini dan teruslah berdoa untuk kaum muda Kristen yang dipersiapkan Tuhan untuk terlibat dalam pelayanan misi, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Pokok Doa:

  1. Bersyukur kepada Bapa di surga untuk para mahasiswa yang telah dibukakan dengan berbagai pelayanan misi. Kiranya lewat konferensi ini hati mereka semakin terbuka untuk terjun dalam pelayanan misi.

  2. Bersyukur juga kita naikkan untuk kaum muda yang punya komitmen untuk bermisi di bidangnya masing-masing. Doakan agar mereka diberikan hikmat, kebijaksanaan, serta keberanian saat memberitakan Kabar Baik bagi orang-orang di sekitar mereka.

  3. Doakan agar api misi selalu menyala dalam hati mereka. Mintalah agar Roh Kudus semakin meneguhkan komitmen mereka.

  4. Doakan juga agar Roh Kudus terus bekerja di hati para peserta sehingga apa yang mereka terima dan dengar tersimpan dan bekerja dengan luar biasa sehingga semangat bermisi pun menjalar kepada kaum muda lain di kampus-kampus mereka.

  5. Doakan agar ada tindak lanjut, baik dari panitia maupun dari pembicara untuk mahasiswa yang sudah memberikan hatinya bagi pekerjaan Tuhan ini.

  6. Berdoalah agar PMK-PMK lain di seluruh Indonesia dapat mengadakan acara serupa sehingga banyak kaum muda yang mengenal lebih dekat dengan ladang-ladang yang sudah menguning dan terpanggil menjadi pekerja yang berpotensi dan berkualitas.

e-JEMMi 36/2006


PELAYANAN MISI DAN GEREJA DI INDONESIA

Kunci pelayanan misi adalah adanya jejaring antaranggota tubuh Kristus. Gereja, sebagaimana tubuh kita, akan berfungsi secara maksimal jikalau setiap anggota dapat menjalankan fungsinya sesuai dengan talenta yang diberikan Tuhan.

Pokok Doa:

  1. Doakan setiap kerja sama antarlembaga atau organisasi misi dan gereja-gereja di Indonesia.

  2. Doakan organisasi misi yang berusaha merekrut tenaga-tenaga muda dalam pelayanan misi sedunia, termasuk tenaga-tenaga pelayanan untuk suku-suku terabaikan.

  3. Doakan pergerakan misi dan penyelenggaraan misi yang dilakukan oleh organisasi, gereja, atau individu dalam rangka kebersamaan.

  4. Doakan setiap organisasi misi Indonesia dalam pelayanan mereka yang menebar kasih Kristus kepada bangsa-bangsa.

  5. Doakan setiap mereka yang terpanggil menjadi orang-orang yang diutus (goers) yang memerlukan pendukung (senders), baik dalam doa, dana, maupun moral.

e-JEMMi 35/2006


JEMAAT DI PEDALAMAN

Pokok Doa:

  1. Naikkan syukur atas pemeliharaan Bapa kepada jemaat-Nya yang berada di pedalaman. Berdoalah supaya iman dan semangat mereka terus menyala untuk melayani Bapa di surga dan jemaat-Nya.

  2. Ada banyak jemaat yang harus menempuh perjalanan yang jauh untuk beribadah. Doakanlah agar hal ini tidak memengaruhi semangat mereka dalam memuji dan memuliakan nama-Nya.

  3. Jemaat-jemaat yang berada di pedalaman sering terbentur dengan kurangnya hamba Tuhan yang mau melayani mereka. Doakan agar ada individu atau keluarga hamba Tuhan yang mau tinggal di sana untuk melayani mereka.

  4. Doakan supaya mereka dapat terus memegang iman percaya mereka kepada Kristus, meskipun sering berbenturan dengan masalah keterbatasan dan kekurangan, baik dalam dana maupun kebutuhan lain.

  5. Berdoalah agar iman para jemaat bertumbuh semakin dewasa dalam Firman Tuhan.

  6. Doakan agar melalui kesaksian hidupnya, mereka dapat menjangkau orang-orang yang belum percaya yang berada di sekitar mereka.

e-JEMMi 34/2006


DUKUNGAN MISI DALAM NEGERI

Pokok Doa:

  1. Tolong doakan setiap orang yang menerima panggilan TUHAN dan yang rela serta siap menjadi misionaris di antara suku-suku terabaikan di luar negeri, agar mereka dapat diutus ke tempat panggilannya. Doakan juga agar jemaat-jemaat di Indonesia dan jemaat-jemaat berbahasa Indonesia di luar negeri mau mendukung (1 Tawarikh 29:9- 14), mendoakan (Kolose 4:3), dan mengutus para pekerja lintas budaya (Kisah Para Rasul 13:1-3) dengan sukacita karena telah menanggapi panggilan TUHAN untuk mengambil bagian dalam pelayanan lintas budaya!

  2. Mari memohon kepada Tuhan agar lebih banyak lagi persekutuan doa misi yang didirikan. Dengan demikian, akan lebih banyak lagi orang yang mau berdoa bagi pelayanan misi di luar negeri, di antara suku-suku terabaikan, khususnya yang masih belum terjangkau oleh Injil.

  3. O.M. Indonesia (Obor Mitra, Operation Mobilisation) tetap mencari orang yang siap diutus ke ladang TUHAN di berbagai belahan dunia. Berdoalah agar Tuhan menggerakkan umat-Nya untuk memberi diri bagi pelayanan, yang bersedia diutus ke berbagai belahan dunia.

  4. Badan Pengutus Lintas Budaya (BPLB) mengutus tenaga PI untuk perintisan baru di Asia Timur.

  5. Indonesia Bagi Dunia (IBD) sudah dibentuk dan pada bulan Agustus ini akan dibuka sekretariat di Jakarta. Badan ini bervisi untuk mengutus orang Indonesia sebagai misionaris ke seluruh penjuru dunia. Doakanlah pelayanan badan yang baru dibentuk ini, biarlah mereka dapat dipakai untuk menyatakan kuasa Tuhan kepada bangsa- bangsa di dunia.

  6. Sending WEC INDONESIA siap mengutus para misionaris ke kepada suku-suku terabaikan di negara-negara lain, supaya jemaat-jemaat baru dapat dirintis di antara mereka. Mari mendukung pelayanan para misionaris tersebut dalam doa sehingga Tuhan berkenan membukakan jalan bagi perintisan jemaat di antara para suku tersebut.

e-JEMMi 33/2006


PERSIAPAN HUT RI KE-61

Pada 17 Agustus 2006, bangsa Indonesia akan memperingati HUT RI ke- 61, usia yang tidak muda lagi. Ada banyak masalah yang telah diatasi oleh bangsa kita, namun lebih banyak lagi permasalahan yang datang yang harus dilalui. Nasib para korban bencana yang masih belum tuntas diatasi, tindakan anarki yang masih mewarnai negeri ini, serta penegakan hukum yang masih terseok-seok. Oleh karena itu, marilah kita bersatu hati berdoa bagi bangsa kita ini. Berikut ini beberapa pokok doa yang akan kita naikkan bersama.

Pokok Doa:

  1. Doakan agar situasi kota-kota di Indonesia menjelang perayaan HUT RI ke-61 ini agar semuanya dapat berjalan lancar dan tertib. Doakan agar kegiatan-kegiatan sosial yang diadakan dalam rangka memperingati HUT RI dapat mempererat tali persaudaraan antarwarga.

  2. Berdoalah bagi pemerintah negara tercinta ini agar Tuhan melawat dengan kasih-Nya. Mintalah kepada-Nya agar tercipta pemerintah yang bersih, jujur, bertanggung jawab, memiliki kredibilitas, dan moralitas dalam melaksanakan pemerintahan di segala bidang.

  3. Berdoa agar aparat pemerintah diberikan kebijaksanaan dalam menghadapi kelompok-kelompok radikal sehingga dapat mengendalikan situasi dan menciptakan rasa aman, damai, dan bersahabat di Indonesia.

  4. Berdoa untuk umat Kristen di Indonesia agar bersatu hati dan menciptakan kesaksian hidup yang dapat menjadi daya tarik untuk mereka mengenal prinsip-prinsip kebenaran iman Kristen.

  5. Doakan agar pemerintah Indonesia terus menjunjung tinggi kebebasan warganya untuk memeluk agama dan beribadah dengan damai.

  6. Berdoa supaya gereja-gereja di Indonesia bisa menjadi alat Tuhan untuk menyalurkan berkat dan menyatakan kebenaran kasih Tuhan bagi lingkungan sekitarnya.

e-JEMMi 32/2006


PANCAROBA

Kekeringan melanda hampir di seluruh bagian wilayah Indonesia. Di Alor, untuk mengurangi beban penduduk dalam menghadapi kekeringan, pemerintah mendatangkan alat dari luar negeri untuk menyaring air laut menjadi air tawar. Di daerah Gunung Kidul, penduduk harus berjalan berkilo-kilometer untuk mendapatkan sumber mata air yang ada di puncak gunung. Sebagian besar kekeringan ini timbul karena hutan yang gundul akibat penebangan liar. Mari satukan hati kita untuk berdoa untuk masalah ini.

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur atas alat-alat yang dapat dibeli oleh pemerintah kita untuk membantu saudara-saudara di Alor. Kita berdoa dan berharap melalui alat ini kebutuhan akan air dapat terpenuhi. Doakan agar penduduk setempat dapat memanfaatkan alat tersebut dengan baik.

  2. Masih ada beberapa tempat yang sampai saat ini selalu berkutat dengan masalah pengadaan sarana air bersih. Mari berdoa agar pemerintah dan lembaga nonpemerintah dapat bekerja bahu-membahu dalam membantu menyediakan kebutuhan rakyat yang sangat vital ini.

  3. Doakan juga agar ditemukan solusi yang tepat guna mencukupi kebutuhan air di tempat-tempat yang selama ini sering dilanda masalah kekurangan sumber air bersih.

  4. Doakan agar anak-anak Tuhan yang mungkin saat ini berada di daerah-daerah tersebut dapat berperan serta membantu masyarakat di daerah tersebut dalam pengadaan sumber air bersih.

  5. Doakan agar ada cukup air untuk kebutuhan sehari-hari di setiap tempat.

  6. Doakan agar gereja mampu menjadi corong bagi masyarakat dalam menggalakkan pelestarian lingkungan.

  7. Doakan agar melalui masalah kekeringan yang sering dialami ini penduduk dan pihak-pihak lain yang melakukan penebangan makin sadar untuk menjaga kelestarian hutan, tidak menebang pohon sembarangan, tapi menghargainya sebagai milik Allah yang harus dipelihara.

e-JEMMi 31/2006


GEMPA DAN TSUNAMI DI PANTAI SELATAN JAWA

Serangkaian gempa bumi mengguncang wilayah pantai Selatan Pulau Jawa, Senin sore 17 Juli 2006. Gempa yang disusul gelombang pasang itu diperkirakan mengakibatkan sedikitnya 100 orang tewas, ratusan lainnya hilang, dan ribuan warga di sejumlah wilayah pesisir mengungsi ke tempat yang lebih aman.

[Sumber: Berbagai media umum, Selasa, 18 Juli 2006]

Pokok Doa:

  1. Doakan agar pengadaan tempat berteduh yang layak beserta dengan kebutuhan makanan bagi para pengungsi dapat segera terealisasi.

  2. Doakan pemerintah setempat dalam membenahi dan memulihkan keadaan yang porak poranda pasca gempa. Doakan juga langkah-langkah penanganan bencana yang sedang dilakukan khususnya dalam pencarian korban yang hilang.

  3. Berdoalah bagi pengadaan tenaga medis, peralatan medis, dan obat- obatan yang dibutuhkan untuk merawat para korban luka.

  4. Doakan agar bencana ini semakin menggerakkan hati orang-orang untuk bertobat dan mencari Jalan Keselamatan yang menjanjikan hidup yang kekal.

e-JEMMi 30/2006


PASCA BENCANA GEMPA

Masih segar dalam ingatan kita saat gempa berkekuatan 5,9 skala Richter mengguncang Yogyakarta dan Jawa Tengah, Sabtu pukul 05.55 WIB pada 27 Mei 2006 yang lalu. Guncangan tersebut bahkan terasa hingga ke Jawa Timur. Korban meninggal di Yogyakarta dan daerah sekitarnya, terutama Kecamatan Bantul, mencapai lebih dari 5.000 orang. Ribuan orang dirawat di rumah sakit dan tak terbilang lagi harta benda yang musnah.

Ada banyak hal yang mesti kita lakukan bersama-sama dalam masa pascabencana ini. Tidak hanya membangun dan memperbaiki reruntuhan bangunan fisik yang ditimbulkan oleh bencana tersebut, tapi juga membangun mental dan spiritual para korban yang runtuh dan goyah.

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur bahwa di tengah-tengah bencana yang kita hadapi banyak tangan-tangan yang mau mengulurkan bantuan.

  2. Berdoa bagi pemerintah kita agar diberikan hikmat dan kebijaksanaan saat harus membuat keputusan berkenaan dengan kesejahteraan rakyat.

  3. Doakan para korban yang saat ini masih berada di pengungsian, doakan agar kesehatan serta kebutuhan mereka akan makanan dan air bersih dapat terpenuhi.

  4. Kita doakan juga anak-anak Tuhan yang menjadi relawan agar ketika melayani di tempat pengungsian, mereka bisa melayani dengan kerendahan dan ketulusan hati. Berdoa juga agar kasih Allah tercermin dalam perbuatan mereka.

  5. Mari naikkan doa agar dalam segala keadaan baik dalam keadaan bencana atau pun dalam keadaan tenang bangsa kita pun ingat untuk selalu mengucap syukur.

e-JEMMi 29/2006


BENCANA ALAM DI INDONESIA

Bencana alam rasanya datang silih berganti melanda negara kita. Mulai dari tsunami, gempa yang rasanya tidak henti-hentinya, kemudian disusul dengan meletusnya Gunung Merapi, banjir, tanah longsor, serta lumpur panas di Sidoarjo. Hal-hal yang terjadi itu kiranya membuat kita semakin giat untuk berdoa. Pokok-pokok doa berikut ini kiranya membantu memfokuskan setiap doa yang kita naikkan.

Pokok Doa:

  1. Selalu naikkan syukur dan puji-pujian kepada Allah yang berkuasa atas bumi dan segala isinya, termasuk bumi Indonesia.

  2. Mengucap syukur bahwa dalam segala bencana yang kita hadapi Ia berkenan menolong kita melalui tangan-tangan dari bangsa lain.

  3. Naikkan juga syukur dan pujian karena melalui kejadian ini terbukanya pintu bagi anak-anak Allah untuk menyaksikan kasih Kristus kepada yang lain.

  4. Terus naikkan doa agar dalam segala keadaan bangsa kita selalu dapat mengucap syukur dan mendapat hikmah dari apa pun yang kita hadapi.

  5. Berdoa bagi pemerintah kita agar diberikan himat dalam menangani bencana dan dalam setiap mengambil keputusan, kiranya segala keputusan dan tindakan mereka berlandaskan takut akan Tuhan dan kasih kepada rakyat.

  6. Doakan agar penduduk yang terkena bencana bersandar pada Tuhan dan meminta perlindungan hanya kepada-Nya.

e-JEMMi 28/2006


BANJIR DI SINJAI, SULAWESI SELATAN

Jumlah korban tewas akibat banjir dan tanah longsor di empat kabupaten di Sulawesi Selatan sampai saat ini sudah lebih dari 200 orang. Korban tewas terbanyak di Kabupaten Sinjai, lebih dari 120 orang. Lalu Bulukumba dan Jeneponto. Sebagian lokasi bencana, terutama di Kabupaten Sinjai, masih terisolasi akibat jalan tertimbun material longsor. Sementara di Kabupaten Jeneponto masih ada puluhan orang yang belum diketahui nasibnya. Warga mengungsi ke tempat yang dinilai lebih aman, namun mereka tetap diliputi kecemasan. Di Jakarta, Mensos mengemukakan, dana taktis Depsos untuk penanganan bencana alam tahun 2006 hampir habis terpakai karena bencana datang susul-menyusul.
Sumber: KOMPAS, Kamis, 22 Juni 2006

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk para korban agar diberikan ketabahan dalam menghadapi bencana ini.

  2. Doakan agar akses menuju ke lokasi dapat kembali lancar, agar material-material yang terbawa banjir dapat segera disingkirkan/ dibersihkan. Berdoalah agar setiap orang yang mengerjakan pembersihan ini beroleh kekuatan dan kesehatan.

  3. Doakan para warga korban banjir agar beroleh kesehatan selama berada di pengungsian. Doakan kebutuhan makanan mereka.

  4. Doakan juga kebutuhan dana yang diperlukan oleh pemerintah untuk daerah-daerah yang terkena bencana alam, dalam hal ini Kabupaten Sinjai dan sekitarnya, agar tersedia alokasi yang cukup untuk membantu para korban. Doakan juga agar banyak yang hati terbuka untuk membantu para korban dan supaya tak ada kecurangan dalam pendistribusiannya.

e-JEMMi 27/2006


LUMPUR PANAS DI SIDOARJO

Semburan lumpur panas di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur semakin tidak terkendali dan belum ada tanda-tanda bakal mereda. Selain merendam 45 hektar sawah dan tambak, lumpur panas juga merendam permukiman penduduk di tiga desa, melumpuhkan tujuh pabrik, serta merendam sebagian jalan tol. Jumlah penduduk yang mengungsi pun semakin banyak. Polisi saat ini sedang menyelidiki, mulai dari administrasi dan unsur kejahatan lingkungan yang kemungkinan dilakukan oleh PT. Lapindo Brantas.
[Sumber: Berbagai media umum, Selasa, 13 Juni 2006]

Pokok Doa:

  1. Berdoalah bagi pemerintah agar mereka segera mengambil langkah- langkah yang tepat untuk menghentikan semburan lumpur panas.

  2. Doakan agar semburan lumpur panas di rumah-rumah penduduk, pabrik, jalan tol, dan tempat-tempat lain dapat segera berhenti dan aktivitas masyarakat dapat kembali berjalan seperti biasanya.

  3. Mari kita dukung dalam doa aparat kepolisian yang saat ini sedang mengusut kasus semburan lumpur panas tersebut. Doakan agar mereka dapat menemukan pihak yang bertanggung jawab atas semburan yang meresahkan warga Sidoarjo ini.

  4. Doakan penduduk yang saat ini berada di pengungsian. Berdoalah agar kebutuhan hidup mereka sehari-hari khususnya air bersih dapat terpenuhi.

  5. Berdoa juga agar masyarakat tidak melakukan tindakan kekerasan atau pengrusakan yang dapat memperparah keadaan di sana.

e-JEMMi 26/2006


GUNUNG MERAPI

Sampai saat ini, Gunung Merapi masih terus mengeluarkan awan panas. Beberapa desa yang berada di sekitar Gunung Merapi tertutup oleh abu vulkanik; penduduk sekitar gunung juga sudah banyak yang mengungsi. Gubernur DIY meminta warga yang bermukim di sekitar Gunung Merapi untuk terus waspada dan tidak lengah saat menjalani aktivitas sehari-hari.

[Sumber: Berbagai media umum, Senin, 12 Mei 2006]

Pokok Doa:

  1. Doakanlah pemerintah agar berbijaksana dalam melaksanakan langkah- langkah penting yang telah diambil. Doakan juga agar pemerintah dapat menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan kala menghadapi letusan gunung.

  2. Berdoalah bagi para petugas pengawas Gunung Merapi supaya dapat bekerja dengan baik dan dapat memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat sekitar.

  3. Doakan penduduk yang tinggal di sekitar gunung agar tidak panik, tetap waspada, tidak lengah, dan agar mereka dapat mengikuti instruksi yang diberikan oleh para petugas.

  4. Berdoalah juga bagi penduduk yang sudah berada di tempat pengungsian agar kebutuhan mereka akan makanan dan air bersih, juga kesehatan mereka selama berada di tempat pengungsian dapat tetap terpenuhi dan terjaga.

  5. Doakan anak-anak Tuhan yang tinggal di sekitar gunung Merapi. Berdoalah agar mereka terus memohon perlindungan pada Bapa yang empunya bumi dan isinya karena hanya dalam naungan-Nyalah kita aman.

e-JEMMi 25/2006


PUSTAKA LEWI

Berikut ini adalah pokok doa kiriman saudara kita yang melayani di http://www.pustakalewi.com. Situs ini hadir untuk membantu mereka yang ingin mengetahui kondisi kekristenan di Jawa Timur dan sekitarnya.

Sumber : Immanuel Yosua <proeducativ(at)xxxxx>

Pokok Doa:

  1. Doakan agar Tuhan terus memampukan kami untuk survive dalam pelayanan media dan pemberdayaan jemaat Tuhan dalam rangka penguatan jaringan Kristiani di Jawa Timur terutama berkaitan dengan dunia sosial dan politik.

  2. Doakan untuk keterbatasan dan kendala yang masih kami hadapi terutama berkenaan dengan sarana dan prasarana dalam pelayanan ini. Biarlah apa yang telah Tuhan berikan pada kami saat ini, walau sederhana dapat kami maksimalkan dan agar kiranya Tuhan juga sediakan penambahan fasilitas demi meningkatkan efektifitas dan keefisienan pelayanan kami.

  3. Doakan untuk biaya operasional kami selama ini, karena selama ini kami belum memiliki donatur tetap. Doakan juga agar kami terus mampu bertahan dalam perjuangan iman yang mengandalkan Tuhan ini.

  4. Doakan agar Tuhan memampukan kami untuk terus berjuang mencari data dan kebenaran di lapangan yang berguna bagi pekerjaan Allah walaupun kadangkala untuk itu kami harus mempertaruhkan diri kami.

  5. Doakan agar Tuhan memampukan kami untuk mengelola media ini hingga menjadi berkat buat semua anak Tuhan. Juga agar Tuhan memampukan kami untuk menyuarakan suara kenabian di tengah-tengah penyimpangan dan ketidakbenaran yang mungkin ada dalam dunia pelayanan. Doakan agar Allah selalu memberikan hikmat kepada kami dalam menyampaikan kritik sehingga hasilnya dapat positif.

  6. Doakan agar kami dapat terus mengembangkan jaringan dengan seluruh gereja, lembaga pelayanan dan juga pribadi Kristiani demi kemuliaan-Nya dan demi kesuksesan pelayanan yang Allah berikan bagi seluruh umat pilihan-Nya.

e-JEMMi 24/2006


WAHANA VISI INDONESIA

Berikut adalah pokok doa kiriman dari saudari kita yang melayani di Wahana Visi Indonesia (WVI), Priscilla Christin.

Sumber: Priscilla Christin <Priscilla(at)>

Pokok Doa:

  1. Untuk program pelayanan kami di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat dan di Papua. Doakan setiap mereka yang melayani di kedua wilayah ini agar beroleh hikmat selama pelayanan mereka.

  2. Doakan juga para pekerja WVI agar terus bersabar dan bertekun dalam pelayanannya, serta makin dikuatkan dalam berbagai keadaan dan situasi yang dihadapi.

  3. Untuk staf WVI terutama yang di pedalaman. Doakan kesehatan dan kebutuhan hidup staf dan keluarga sehari-hari.

  4. Untuk para penyantun dan donatur, supaya tetap setia dan diberkati oleh Tuhan.

  5. Doakan proyek-proyek di daerah lain yang saat ini sedang ditangani oleh WVI. Berdoa agar orang-orang yang terlibat di dalamnya diberikan hikmat dalam pelaksanaan proyek serta dapat memberikan yang terbaik bagi Tuhan dan nama Tuhan dipermuliakan oleh segenap suku dan bangsa.

e-JEMMi 23/2006


GEMPA DI YOGYAKARTA DAN JAWA TENGAH

Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter mengguncang Yogyakarta, Jawa Tengah, bahkan hingga ke Jawa Timur, Sabtu pukul 05.55 WIB. Korban yang tewas di Yogyakarta dan daerah sekitarnya, terutama kecamatan Bantul, saat ini telah mencapai lebih dari 5.200 orang. Ribuan masih dirawat di rumah sakit dan tak terbilang harta benda yang musnah. Diperkirakan dalam setahun ini mereka akan tinggal di barak atau tenda karena pembangunan infrastruktur dan rumah permanen untuk warga belum bisa dilakukan saat ini.

[Sumber: Berbagai media umum, Rabu, 31 Mei 2006]

Pokok Doa:

  1. Doakan langkah-langkah penanganan bencana yang sedang dilakukan para relawan dan aparat pemerintah, antara lain evakuasi korban luka, pencarian jenazah, dan juga pemakamannya.

  2. Saat ini bantuan dana, obat-obatan, makanan, dan juga kebutuhan sehari-hari terus mengalir dari berbagai tempat. Doakan proses pendistribusian bantuan-bantuan tersebut dan sarana-sarana transportasi yang diperlukan supaya bantuan tersebut bisa sampai ke korban yang membutuhkan.

  3. Doakan juga agar tidak terjadi penyelewengan atas bantuan yang diberikan sehingga semuanya bisa dipakai untuk memulihkan keadaan dan memelihara para korban gempa.

  4. Doakan pengadaan tempat berteduh yang layak bagi para pengungsi yang saat ini masih banyak yang hidup di tempat-tempat terbuka.

  5. Berdoalah bagi tenaga medis, sarana medis, dan obat-obatan yang dibutuhkan untuk merawat para korban luka.

  6. Doakan supaya ada cukup relawan untuk melakukan pembersihan puing-puing bangunan.

  7. Doakan gereja, organisasi/yayasan Kristen, dan umat Kristen yang saat ini membantu di sana agar mereka tidak hanya memenuhi kebutuhan jasmani para korban namun dengan kehadiran mereka dapat menguatkan hati para korban, membagi cinta kasih tanpa memandang orang percaya atau bukan.

  8. Doakan pemerintah setempat dalam membenahi dan memulihkan keadaan yang porak poranda pasca gempa.

e-JEMMi 22/2006


POS-POS PI

Minggu ini kami mengajak pembaca e-JEMMi untuk berdoa bagi pos-pos PI di seluruh Indonesia.

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk pos-pos PI yang saat ini tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Doakan supaya mereka bisa melihat peluang- peluang yang ada di sekelilingnya untuk memberitakan Injil.

  2. Berdoa bagi para pekerja di pos-pos PI supaya mereka tekun dengan pelayanannya dan tetap tekun serta teguh saat menghadapi masalah- masalah yang menghadang.

  3. Doakan pula orang-orang yang belum percaya di lingkungan sekitar pos-pos PI supaya Allah melembutkan hati mereka sehingga siap untuk menerima berita Injil.

  4. Doakan kesehatan serta kebutuhan hidup keluarga para hamba Tuhan yang melayani di pos-pos PI.

  5. Doakan SDM dan pengajar yang cakap untuk memberitakan Injil dengan benar.

e-JEMMi 21/2006


DUKUNGAN UNTUK MISI NEGERI

Lewat pokok-pokok doa berikut ini, kami mengajak Anda semua untuk mendukung pelayanan misi Indonesia yang dikerjakan baik di dalam maupun di luar negeri.

Pokok Doa:

  1. Doakan setiap orang yang rela dan siap dipanggil untuk menjadi misionaris bagi suku-suku terabaikan di negara lain, agar mereka dapat diutus ke tempat panggilannya.

  2. Ada banyak halangan yang selalu merintangi mereka yang sudah dipanggil. Diharapkan jemaat-jemaat di Indonesia dan jemaat-jemaat berbahasa Indonesia di luar negeri mau mendukung (1 Tawarikh 29:9- 14), mendoakan (Kolose 4:3), dan mengutus para pekerja lintas budaya (Kisah Para Rasul 13:1-3) dengan sukacita menanggapi panggilan TUHAN untuk berbagi dalam pelayanan lintas budaya.

  3. Situs e-MISI (e-MISI) yang dikelola oleh Yayasan Lembaga SABDA menyediakan berbagai informasi seputar misi. Berbagai artikel, kesaksian, dan renungan mengenai misi. Informasi dari ladang misi dapat Anda temukan pada bagian "Doa" dan "Lintas Budaya". Doakanlah agar pelayanan ini boleh terus eksis dan dapat membagikan berbagai hal di bidang misi.

  4. Doakan pula OM Indonesia (Obor Mitra, Operation Mobilisation) yang masih mencari orang-orang yang siap diutus ke ladang TUHAN di berbagai belahan dunia. Alamat surat: PO Box i-195 UKSW, Salatiga 50711A.

  5. Badan Pengutus Lintas Budaya (BPLB) mengutus tenaga PI untuk merintis jemaat baru di Asia Timur. Mari mendukung pengutusan ini di dalam doa.

  6. Sending WEC INDONESIA siap mengutus para misionaris kepada suku- suku terabaikan di negara-negara lain untuk memperkenalkan Kristus kepada mereka sekaligus merintis jemaat-jemaat baru. Mereka juga menerbitkan majalah Terang Lintas Budaya setiap dua bulan sekali dengan berita yang menarik dan informasi yang luas dari ladang penginjilan di luar negeri.

e-JEMMi 20/2006


KELUARGA KRISTEN

Pada kesempatan ini, kami ingin mengajak Anda semua berdoa bagi keluarga-keluarga Kristen yang ada di sekitar kita, termasuk keluarga kita masing-masing.

Pokok Doa:

  1. Berdoa supaya keluarga-keluarga Kristen senantiasa menempatkan Allah sebagai kepala keluarga mereka.

  2. Berdoalah agar setiap anggota keluarga bisa saling mengasihi dan mendukung dalam menyelesaikan setiap pergumulan yang dihadapi.

  3. Doakan supaya kasih Kristus yang melingkupi keluarga-keluarga ini bisa terpancar keluar dan bisa dirasakan oleh lingkungan sekitarnya melalui kesaksian yang efektif dalam hidup mereka sehari-hari.

  4. Berdoa juga bagi keluarga-keluarga Kristen yang saat ini tinggal di wilayah non-Kristen. Doakan agar Allah terus menguatkan iman mereka dan menjadikan mereka tetap taat dan setia kepada-Nya di tengah perbedaan dan mungkin kesulitan yang mereka hadapi.

  5. Doakan keluarga-keluarga Kristen dengan orang tua tunggal supaya Allah memberikan hikmat dan bijaksana karena mereka berperan ganda sebagai ayah atau juga ibu dalam keluarga. Berdoa agar kiranya mereka diberi kekuatan untuk membina dan mengarahkan anak-anak mereka, kiranya Allah juga memberikan penghiburan dan pemulihan terhadap perasaan kehilangan yang dialami keluarga ini.

e-JEMMi 19/2006


PARA MISIONARIS

Minggu ini doa kita akan ditujukan bagi para misionaris Indonesia yang sedang melayani di berbagai tempat di Indonesia maupun di luar negeri.

Pokok Doa:

  1. Bersyukur kepada Allah yang memberikan keberanian dan hati yang mengasihi jiwa-jiwa kepada para misionaris Indonesia untuk pergi melayani ke tempat-tempat yang sulit dijangkau.

  2. Doakan agar Allah terus memberikan hikmat kepada para misionaris ini sehingga mereka senantiasa dikuatkan untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada siapa saja yang membutuhkan jamahan kasih Allah.

  3. Berdoa supaya mereka bisa menemukan cara-cara efektif dan cocok dengan keadaan dan situasi di mana mereka melayani sehingga Injil dapat diberitakan dan diterima oleh penduduk setempat.

  4. Berdoa agar mereka bisa menjalin relasi dengan orang-orang yang tepat di tempat-tempat tersebut sehingga pelayanan mereka dapat memberikan buah bagi kemuliaan nama Tuhan.

  5. Doakan agar Roh Kudus senantiasa memberikan kekuatan untuk bertahan saat mereka menghadapi beragam tantangan dan kesulitan di medan pelayanan.

e-JEMMi 18/2006


LEMBAGA-LEMBAGA PENGINJILAN

Mari kita bersama-sama bersatu hati berdoa bagi lembaga-lembaga penginjilan yang ada di Indonesia dalam melakukan pelayanan pekerjaan Tuhan. Kiranya mereka dapat tetap teguh dalam pelayanannya untuk Tuhan.

Pokok Doa:

  1. Bersyukur atas keberadaan lembaga-lembaga penginjilan yang bertujuan untuk memperkenalkan kasih Allah melalui berbagai bentuk pelayanan dan media di berbagai tempat di Indonesia.

  2. Doakan setiap sarana dan prasarana penginjilan yang dipakai untuk melakukan pelayanan mereka (traktat, video, film, radio, televisi, dll).

  3. Berdoa untuk setiap program yang mereka lakukan, yaitu penginjilan, proses follow-up, pemuridan, dan perintisan gereja.

  4. Doakan supaya lembaga-lembaga ini menjalin kerja sama yang baik dengan gereja-gereja setempat dalam melakukan pelayanan mereka, khususnya dalam memberikan bimbingan lanjutan bagi petobat baru.

e-JEMMi 17/2006


PARA GEMBALA JEMAAT

Mari kita bersama-sama berdoa bagi gembala jemaat di gereja kita masing-masing dan juga bagi para gembala jemaat di Indonesia dalam melakukan pelayanan pekerjaan Tuhan.

Pokok Doa:

  1. Kehidupan Rohani
    • Berdoa agar di tengah-tengah kesibukan melayani jemaat, mereka tetap mempunyai waktu untuk persekutuan pribadi dan mencari kekuatan dari Allah.

    • Doakan supaya Allah terus memberikan hikmat agar mereka dapat mengembangkan pelayanan yang memenangkan banyak jiwa bagi kerajaan-Nya.

    • Berdoa agar Allah memberikan kekuatan, penghiburan, dan kebijaksanaan di saat mereka mengalami tekanan rohani dalam menangani masalah-masalah yang ada di tengah-tengah gereja maupun jemaatnya.

    • Doakan relasinya dengan rekan kerja, para majelis, termasuk jemaatnya.

    • Doakan agar mereka bisa membagi waktu dan tugas pelayanan dengan baik dan seimbang -- pelayanan mimbar, konseling pastoral, visitasi, dan pelayanan-pelayanan lainnya.

    • Berdoa juga untuk para gembala jemaat yang saat ini melayani di wilayah sulit (wilayah-wilayah yang menolak Injil dan terpencil), kiranya Tuhan memberi kekuatan dan ketekunan kepada mereka.

  2. Kehidupan Pribadi
    • Berdoa agar para gembala jemaat ini dapat menjadi berkat, khususnya bagi keluarganya sendiri.

    • Doakan supaya mereka bisa mengatur waktu dengan bijaksana antara pelayanan dan keluarga.

    • Doakan supaya anggota keluarganya bisa mendukung setiap pelayanan yang dilakukan para gembala jemaat ini.

    • Berdoa agar Allah mencukupi segala kebutuhan jasmani dan rohani yang diperlukan baik bagi mereka sendiri maupun bagi keluarganya.

  3. Relasi dengan Gereja Lain
    • Doakan agar para gembala jemaat mau mengusahakan kesatuan dengan gereja lain dengan saling menghargai, mendengarkan, dan menanggalkan kebanggaan akan denominasinya sendiri.

    • Berdoa supaya terjadi rekonsiliasi di antara para gembala jemaat, khususnya yang pernah berselisih paham.

    • Berdoa agar gereja-gereja ini bisa saling melayani di tengah- tengah perbedaan yang mereka miliki.

e-JEMMi 16/2006


PERSIAPAN PASKAH DI BERBAGAI TEMPAT

Paskah merupakan peringatan yang begitu penting bagi seluruh umat percaya. Oleh karena itu, Paskah tidak boleh hanya dijadikan sebagai suatu tradisi mengingat makna yang terkandung di dalamnya begitu penting. Pada kesempatan kali ini e-JEMMi mengajak para pembaca bersatu hati berdoa untuk setiap persiapan pribadi maupun gereja dalam memperingati hari Paskah.

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk gereja-gereja yang saat ini sedang mempersiapkan Paskah supaya dapat memberikan yang terbaik bagi Tuhan dan juga bagi jemaatnya. Kiranya melalui perayaan Paskah tahun ini, jemaat Tuhan semakin dikobarkan semangatnya untuk melayani Tuhan Yesus yang telah mati menebus dosa-dosa mereka.

  2. Doakan khususnya bagi persiapan pribadi dari umat Kristen Indonesia dalam menyambut Paskah. Kiranya kasih Kristus yang telah mereka rasakan dapat terus mengingatkan mereka betapa besar pengorbanan yang telah Ia berikan bagi kita semua, sehingga kita dapat terus semakin mengasihi-Nya.

  3. Doakan situasi keamanan di Indonesia khususnya saat menjelang Paskah agar tetap terjaga. Berdoa supaya perayaan Paskah dapat dilaksanakan dengan sederhana tapi dapat memberikan makna yang mendalam.

  4. Bersyukur untuk kesempatan merayakan Paskah tahun ini. Kiranya melalui perayaan Paskah ini jemaat Tuhan terus diingatkan untuk bersatu hati dalam menggalang kesatuan gereja Tuhan baik di Indonesia, maupun di seluruh dunia.

e-JEMMi 15/2006


ASIAN MISSION AND INTEGRATED DEVELOPMENT (AMID) DI YOGYAKARTA

AMID merupakan salah satu organisasi yang memiliki misi untuk mendidik dan memperlengkapi para pekerja dan misionaris pribumi supaya menjadi pemimpin yang setia, suci, dan berkomitmen untuk menunjukkan perdamaian, kebenaran, dan keselamatan dari kasih Allah. Bersama-sama kita berdoa dan mendukung pelayanan AMID Yogyakarta.

Pokok Doa:

  1. Naikkan syukur untuk dedikasi AMID dalam mendidik dan memperlengkapi para pekerja dan misionaris pribumi. Kiranya Allah saja yang memberkati apa yang mereka tabur dalam pelayanan mereka.

  2. Berdoa untuk tiap pelatihan yang saat ini sedang berjalan serta seminar-seminar yang akan dilakukan dalam setahun ini. Berdoa agar para pengajar dan pembicara diberikan hikmat dalam mengajar dan menyampaikan materi.

  3. Doakan para peserta pelatihan dan seminar agar diberikan hikmat dalam memahami setiap materi yang disampaikan dan dapat menjadi bekal bagi pelayanan mereka di mana saja Allah menempatkan mereka.

  4. Doakan pelayanan para hamba Tuhan AMID di dalam dan di luar negeri.

  5. Doakan para staf AMID agar dapat menjalankan pelayanan mereka dengan kerendahan dan ketulusan hati.

(Sumber diterjemahkan dan diedit dari: AMID Newsletter, May 2005)

e-JEMMi 14/2006


PELATIHAN PELAYANAN LINTAS BUDAYA (SCHOOL OF CROSS-CULTURE MINISTRY)

Pelatihan Pelayanan Lintas Budaya (School of Cross-Culture Ministry) adalah lembaga pelatihan yang bersifat interdenominasi. PPLB bekerja sama dengan berbagai lembaga pelayanan dan pengutusan untuk memperlengkapi orang-orang percaya yang terpanggil menjangkau suku- suku yang terabaikan.

Sumber: Brosur Pelatihan Pelayanan Lintas Budaya (School of Cross-
Culture Ministry)

Pokok Doa:

  1. Doakan para staf pengajar agar diberikan hikmat dan kebijaksanaan dalam mengajar.

  2. Doakan kesehatan dan perlindungan para peserta yang sedang mengadakan survei lapangan selama berada di tempat latihan. Berdoa untuk kebutuhan jasmani dan rohani mereka.

  3. Doakan calon utusan Injil agar:

    1. memiliki kerohanian, mental dan karakter Kristen yang kuat, sehingga dapat beradaptasi dengan perbedaan sosial budaya, bahasa, kondisi geografis, situasi lingkungan, tingkat pendidikan, dan pola kehidupan masyarakat suku terabaikan yang mereka layani;

    2. menguasai pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana merencanakan dan memulai pelayanan di suku terabaikan hingga terbentuk jemaat yang dewasa dan mandiri;

    3. memiliki keterampilan-keterampilan kerja praktis yang dapat berguna untuk identitas pelayanan dan untuk membantu pemberdayaan masyarakat setempat.

e-JEMMi 13/2006


INSTITUT THEOLOGI KRISTEN INJILI INDONESIA (ITKII) DI JAKARTA

Berikut ini adalah pokok doa kiriman dari Pdt. Demsy, pimpinan Institut Theologi Kristen Injili Indonesia (ITKII) di Jakarta. Mohon dukungan dalam doa.

Pokok Doa:

  1. Rencana penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini 2006/2007. Mohon didoakan supaya Tuhan sendiri yang mengirimkan calon-calon mahasiswa yang benar-benar terpanggil untuk pekerjaan-Nya, dan siap menerima proses pembinaan dan pembentukan karakter di sebuah lembaga pendidikan tinggi teologi pada umumnya.

  2. Doakan rencana kami yang akan menambah tenaga dosen, supaya Tuhan sendiri yang mempersiapkan para calon dosen yang terlatih, memiliki intelektual yang tinggi namun berintegritas serta hidup suci.

  3. Seminari kami beraliran teologi Injili, itulah sebabnya penekanan pada doktrin Alkitabiah menjadi ciri khas institusi ini. Mohon dukungan doa supaya melalui lembaga ini kami dapat mengajarkan teologi Injili secara benar dan bertanggung jawab.

  4. Doakan segenap staf pengajar dan staf administrasi yang bekerja pada lembaga ini agar dapat bekerja dan melayani dengan ketulusan dan kerendahan hati serta diberi hikmat dalam melayani.

  5. Doakan juga segenap mahasiswa/i yang saat ini sedang menjalani pendidikan di ITKII Jakarta. Berdoa agar mereka punya visi misi yang jelas agar dapat memberi yang terbaik untuk pekerjaan Tuhan.

e-JEMMi 12/2006


PELAYANAN KARTIDAYA

Pokok Doa:

  1. Doakan Program Pelatihan Pelayanan Lintas Budaya yang diadakan
    dari tanggal 27 Pebruari - 24 Mei 2006.

  2. Doakan para pengajar agar ketika mengajar tidak bersandar pada kekuatan sendiri tetapi pada kekuatan yang Tuhan berikan dan pada tuntunan Roh Kudus, serta menolong, memberi dukungan, dan membimbing setiap murid dengan sabar.

  3. Doakan para peserta agar diberi kekuatan, hikmat, pengertian, dan bersandar pada Roh Kudus selama pelatihan dan dapat menyelesaikannya dengan baik. Doakan juga untuk perlindungan dan kesehatan mereka saat mengikuti pelatihan.

  4. Doakan agar Tuhan memberkati pelayanan dalam mengembangkan kemitraan dengan gereja/pihak lain melalui PD dan Surat Berita.

  5. Doakan kesehatan para staf, anggota lainnya, dan juga anggota keluarga staf Kartidaya.

(Sumber diedit dari: Buletin Doa Kartidaya, Maret 2006)

e-JEMMi 11/2006


PENERJEMAHAN ALKITAB

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk masyarakat yang sudah dapat menikmati Kabar Baik dalam bahasa mereka sendiri bahkan dalam kondisi yang sangat terbatas mereka mempunyai kesaksian tentang pengharapan yang bisa dibagikan kepada kita semua.

  2. Doakan kesehatan para penerjemah, kebutuhan dana yang mereka perlukan dalam proyek-proyek mereka, keamanan dan keselamatan para penerjemah selama perjalanan, kesatuan dan keharmonisan tim, serta doakan semua peralatan yang digunakan dapat berjalan dengan baik.

  3. Mengucap syukur untuk beberapa jemaat yang telah dirintis oleh yayasan PIPKA dan oleh anugerah Allah, jemaat-jemaat rintisan tersebut telah menjadi gereja-gereja yang dewasa dan mandiri.

  4. Mengucap syukur untuk beberapa jemaat yang telah dirintis oleh yayasan PIPKA dan oleh anugerah Allah, jemaat-jemaat rintisan tersebut telah menjadi gereja-gereja yang dewasa dan mandiri.

  5. Berdoalah agar kehidupan suku-suku yang sudah menerima Firman Allah ini dapat terus-menerus diubahkan sesuai kebenaran Firman Tuhan itu.

e-JEMMi 10/2006


YAYASAN PELAYANAN DESA TERPADU (PESAT)

Yayasan Pelayanan Desa Terpadu atau yang dikenal dengan PESAT adalah suatu lembaga pelayanan Kristen interdenominasi yang sejak 1987 terpanggil untuk membangun desa melalui pelayanan di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan rohani.

Keterpanggilan PESAT untuk membangun desa adalah berdasarkan fakta bahwa 70% masyarakat Indonesia tinggal di pedesaan dan hidup dengan kemiskinan, penyakit, keterbelakangan, serta sikap hidup yang statis. Sehingga pelayanan desa mempunyai nilai yang strategis dalam lingkup pelayanan yang bersifat nasional -- Memberkati bangsa, memberkati desa.

PROGRAM

Untuk dapat memenuhi panggilan, PESAT mendidik putera-puteri bangsa dalam berbagai program studi. Melalui program-program studi ini, PESAT telah mencetak kader-kader transformasi desa. Kepedulian terhadap pendidikan bagi anak desa diwujudkan PESAT dengan mendirikan sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Sedikitnya 3.346 anak di 22 propinsi telah menikmati pendidikan melalui program pendidikan PESAT. Membentuk suatu program pembinaan dan beasiswa anak desa yang disebut Future Center.

Dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa, PESAT mengembangkan usaha-usaha pemberdayaan ekonomi.

Mendirikan klinik kesehatan yang setiap tahunnya melayani kesehatan 9000 warga desa.

Menjangkau suku terabaikan (unreached people groups) di seluruh Indonesia.

Mengadakan seminar dan lokakarya bagi hamba Tuhan di pedesaan yang bertujuan menguatkan, mendukung, memberdayakan, dan memperluas wawasan.

Sumber: Brosur PESAT

Pokok Doa:

  1. Naikkan ucapan syukur atas pemeliharaan Tuhan selama ini kepada PESAT. Berdoa agar pelayanan PESAT semakin berkembang dan meluas.

  2. Doakan para pendidik yang melayani di PESAT, agar Tuhan memberikan hikmat dan bijaksana serta ketulusan hati dalam menyiapkan generasi muda untuk menjadi berkat bagi bangsa, khususnya yang tinggal di daerah pedesaan.

  3. Doakan para mahasiswa STT Terpadu Pondok Seminari PESAT agar benar-benar dapat mempersiapkan diri bagi pekerjaan Tuhan.

  4. Doakan pelayanan yang dilakukan oleh PESAT baik berupa pelayanan pendidikan, peningkatan ekonomi masyarakat, kesehatan, penjangkauan suku-suku terabai, seminar-seminar, dll. Berdoa juga untuk sumber dana yang di butuhkan.

  5. PESAT membutuhkan 5 orang dokter umum sebagai volunteer, karena itu doakan agar ada dokter-dokter yang terbeban membantu pelayanan PESAT.

e-JEMMi 08/2006


PUSAT JARINGAN RISET NASIONAL (PJRN)

Pokok Doa:

  1. Doakan persekutuan-persekutuan yang diadakan oleh PJRN di beberapa wilayah Indonesia.

  2. Doakan kegiatan-kegiatannya, baik seminar maupun acara-acara lain yang diselenggarakan oleh PJRN.

  3. Berdoa supaya bahan-bahan yang diterbitkan/dipublikasikan dapat digunakan secara luas baik oleh gereja, organisasi maupun persekutuan dan menjadi berkat bagi setiap orang yang menggunakan.

  4. Doakan sumber dana yang diperlukan untuk mendukung kegiatan pelayanan mereka.

  5. Doakan para staf PJRN. Berdoa untuk hikmat dalam melakukan pelayanan. Doakan juga untuk kesehatan serta motivasi dalam melayani.

e-JEMMi 07/2006


GEREJA DAN MISI

Pokok Doa:

  1. Naikkan syukur untuk gereja-gereja lokal yang tahun ini akan mengirimkan jemaat-jemaatnya sebagai utusan misi. Berdoa agar gereja-gereja tersebut tidak henti-hentinya mendukung utusannya dalam doa, dukungan moral, dan dana.

  2. Masih banyak gereja yang punya potensi besar dalam dana namun belum/sama sekali tidak terlibat dalam misi. Berdoa agar Roh Allah menggerakkan hati gereja-gereja tersebut untuk melibatkan diri dalam Amanat Agung.

  3. Berdoa agar gereja lokal tidak hanya aktif melakukan pelayanan ke dalam saja tapi juga punya kerinduan yang untuk menjangkau orang-orang yang belum percaya.

  4. Doakan kerjasama yang baik antara gereja lokal dan organisasi misi agar dapat bersama-sama membagikan Firman Allah.

  5. Pada 11 Pebruari di Surabaya diadakan acara KKYP ke-2. Doakan para pembicara agar diberikan hikmat, doakan juga peserta yang akan menghadiri konferensi ini.

e-JEMMi 06/2006


DUKUNGAN MISI DALAM NEGERI

Pokok Doa:

  1. Berdoa bagi mereka yang sudah dipanggil Tuhan untuk menjadi misionaris di antara suku-suku yang terabaikan di seluruh wilayah Indonesia dan di luar negeri. Berdoa agar mereka dapat segera beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan berbagai kendala yang mungkin mereka hadapi: dukungan gereja lokal, belajar bahasa suku, adaptasi dengan budaya, dsb. Mereka memerlukan ketabahan dalam persiapan dan dukungan doa dari umat percaya di Indonesia.

  2. Berdoa untuk gereja-gereja di Indonesia agar mereka mau dengan sukacita mendukung, mendoakan, dan mengutus para pekerja lintas budaya. Diharapkan jauh lebih banyak gereja mau mengutus pekerjanya ke segala suku bangsa.

  3. Berdoa untuk majalah misi Terang Lintas Budaya yang berisi banyak berita menarik dan informasi yang luas dan tepat dari ladang penginjilan di berbagai tempat.

[Sumber: Pokok-pokok Doa Penginjilan Sedunia dari P.D. Timotius

e-JEMMi 05/2006


ZENDING WEC INDONESIA

Pokok Doa:

  1. Untuk pimpinan WEC Indonesia:
    1. Berdoa agar Tuhan memberikan kekuatan untuk semua tugas baru di Indonesia.

    2. Bersyukur atas beberapa pelayanan yang sudah dapat terlaksana.

  2. Untuk misionaris WEC di luar negeri:
    1. Mengucap syukur untuk pelayanan yang dapat terus dilaksanakan di tempat mereka masing-masing.

    2. Bersyukur atas pertolongan Tuhan yang membuka pintu untuk studi lanjut bagi pekerja WEC di luar negeri.

    3. Berdoa agar pembinaan petobat-petobat baru dapat dilaksanakan dalam penuh kasih, kesabaran dan pengertian.

    4. Doakan persekutuan mereka dengan orang pribumi agar tetap rukun dan terbuka.

    5. Doakan kesehatan dan kekuatan tubuh jasmani dan rohani para pekerja.

  3. Kantor WEC:
    1. Berdoa agar Tuhan menolong dalam menjalankan operasional kantor di tempat baru.

    2. Berdoa untuk hubungan yang baik dengan tetangga sekitar kantor.

[Sumber: Buletin Terang Lintas Budaya, Edisi 62/2005]

e-JEMMi 04/2006


MOBILISATOR MISI DAN KEGIATAN-KEGIATANNYA


OM Indonesia, Tim WEC, dan Kartidaya adalah sebagian dari organisasi misi yang salah satu tujuan pelayanannya adalah menggerakkan banyak orang percaya untuk menjadi mobilisator misi di berbagai tempat.

Pokok Doa:

  1. Doakan OM Indonesia, Tim WEC, Kartidaya, serta organisasi/ lembaga misi yang giat berperan sebagai mobilisator misi. Doakan pelatihan-pelatihan yang mereka adakan, sarana dan prasarana pendukung yang mereka perlukan.

  2. Doakan seminar-seminar yang akan dilaksanakan sebagai wadah bagi para mobilisator untuk menggerakkan para mahasiswa terjun dalam misi.

  3. Doakan folow-up dari seminar-seminar yang sudah dilaksanakan supaya dapat menghasilkan orang-orang terbeban yang berkualitas dalam hati, rohani, mental dan intelektual.

  4. Berdoa agar para mobilisator misi lebih diperlengkapi untuk dapat menggerakkan hati anak muda kita terjun dalam misi. Berdoa untuk hikmat serta kesabaran dalam membimbing orang-orang yang punya beban namun belum paham benar tentang misi.

  5. Doakan persekutuan-persekutuan doa misi supaya lewat wadah ini mobilisasi misi dapat dengan maksimal dimanfaatkan.

e-JEMMi 03/2006


BENCANA ALAM

Awal tahun 2006 ini, beragam kejadian bencana telah mulai mewarnai berbagai tempat di Indonesia. Musibah banjir bandang yang melanda Jember sampai hari Senin (9/1) telah mengakibatkan ditemukannya 77 warga tewas dan banyak lagi yang hilang. Di Banjarnegara, sampai dengan berita Minggu (8/1) 75 orang telah ditemukan tewas akibat tanah longsor dan puluhan lagi diyakini masih tertimbun dalam longsoran. Pemerintah setempat dibantu dengan pasukan TNI telah melakukan evakuasi dan memberikan bantuan obat-obatan dan makanan dengan membuka Posko dan dapur umum untuk membantu para korban yang selamat.

[Sumber: website Liputan6.com dan koran Solopos]

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk kesehatan dan kekuatan bagi para korban yang selamat dari bencana di Jember dan Banjarnegara.

  2. Doakan untuk cuaca di kedua tempat ini membaik supaya bantuan dapat dengan lancar disalurkan ke tempat-tempat yang membutuhkan.

  3. Berdoa untuk pemerintah daerah yang sedang berusaha melakukan yang terbaik untuk keselamatan warganya.

  4. Berdoa agar bantuan-bantuan yang diterima dari pemerintah dapat digunakan dengan hikmat dan kebijaksanaan sehingga dapat dimanfaatkan oleh para korban.

  5. Doakan anak-anak Tuhan yang bekerja di sana supaya dapat membantu para korban dengan kasih dan sukacita Yesus.

  6. Berdoa agar melalui kejadian ini setiap penduduk menyadari arti penting menjaga kestabilan lingkungan alam dan mau menjaga keseimbangan lingkungan.

e-JEMMi 02/2006


Doakan e-JEMMi

Tahun 2006 ini, publikasi e-JEMMi memasuki tahun penerbitan ke-9. Oleh karena itu, dalam edisi perdana tahun ini, kami mensharingkan beberapa pokok doa agar setiap penerbitan e-JEMMi di tahun 2006 bisa menjadi berkat bagi setiap pembacanya.

Pokok doa :

  1. Mengucap syukur untuk edisi-edisi e-JEMMi yang telah diterbitkan selama tahun 2005. Doakan supaya pada tahun 2006 ini e-JEMMi dapat lebih banyak menerbitkan materi-materi misi yang bermutu dan menjadi berkat bagi banyak orang.

  2. Bersyukur atas artikel kiriman dari hamba Tuhan yang melayani di lapangan. Berdoa agar e-JEMMi mendapat lebih banyak kiriman artikel, sumbangan tulisan dan kesaksian dari para hamba Tuhan yang melayani di lapangan atau orang-orang lain yang berkecimpung di dunia misi.

  3. Doakan supaya ada pertambahan mitra yang rindu bergabung untuk mengembangkan publikasi e-JEMMi supaya dapat lebih banyak lagi menyampaikan berita-berita yang berbobot.

  4. Berdoa juga untuk e-MISI yang bekerjasama dengan YLSA dalam menaungi penerbitan e-JEMMi. Doakan agar tahun 2006 ini, e-MISI bisa semakin mengembangkan pelayanannya terkhusus untuk perkembangan situs agar dapat menjadi sumber berbagai pelayanan misi elektronik.

  5. Berdoa agar melalui e-JEMMi, semakin banyak masyarakat Kristen Indonesia khususnya kawula muda yang dapat mengenal dunia misi, bersedia mendoakan pelayanan misi di berbagai negeri, dan mau melibatkan diri dalam misi itu sendiri.

  6. Doakan staf redaksi (Lisbet, Ary, dan Endah) supaya diberikan hikmat dalam mengelola setiap edisi e-JEMMi.

e-JEMMi 01/2006