Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Indonesia / Indonesia Tahun 2007

Indonesia Tahun 2007


KESEMPATAN PENGINJILAN SELAMA NATAL

Dunia mengenal Natal sebagai peringatan di mana Juru Selamat umat Kristen yang bernama Yesus dilahirkan. Banyak orang mengetahui hal ini. Namun sayang, sebagian besar dari mereka menganggap bahwa perayaan Natal hanyalah sekadar sebuah hari raya bagi orang Kristen saja. Pernahkah terpikir dalam benak Anda untuk menjadikan acara Natal ini sebagai acara perkunjungan ke rumah-rumah orang non-Kristen sambil memperkenalkan kasih Kristus?

Pokok Doa

  1. Doakan agar setiap orang percaya dapat menjadikan momen Natal tahun ini bukan untuk diri sendiri, tapi juga untuk memikirkan bagaimana memperkenalkan makna kelahiran Kristus bagi mereka yang belum mengenal-Nya.

  2. Doakan agar perayaan Natal dapat diampaikan dengan cara-cara kreatif sehingga mereka yang belum mengenal Kristus dapat ikut disentuh oleh kasih Kristus.

  3. Kristus datang untuk mereka yang terhilang. Oleh karena itu, doakan agar pelayanan-pelayanan sosial yang diadakan pada saat Natal ini dapat lebih terfokus dalam membagikan berita keselamatan daripada hanya sekadar memberikan hadiah berupa benda-benda.

  4. Doakan agar setiap keluarga yang merayakan Natal boleh ingat akan anggota-anggota keluarga mereka masing-masing yang (mungkin) belum di dalam Tuhan agar mereka pun dijangkau untuk mendapat anugerah keselamatan.

  5. Berdoalah agar pemimpin-pemimpin Kristen dapat memberikan teladan dalam menjangkau orang lain dengan lebih banyak memberi daripada menerima, khususnya pada suasana Natal ini.

e-JEMMi 51/2007


KEAMANAN SELAMA PERAYAAN NATAL

Semenjak maraknya isu yang beredar seputar terorisme dan peledakan bom di beberapa daerah di Indonesia beberapa waktu lalu, aparat keamanan berupaya meningkatkan sistem keamanan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Peningkatan kewaspadaan pun perlu dilakukan, termasuk saat menjelang hari Natal dan tahun baru. Mari kita satukan hati berdoa bersama memohon perlindungan Tuhan, supaya Natal tahun ini dapat kita rayakan dengan penuh sukacita, tanpa adanya rasa takut.

Pokok Doa

  1. Doakan segenap aparat keamanan yang ditugaskan untuk mengamankan perayaan Natal tahun ini, supaya mereka diberi kewaspadaan yang ekstra dalam menjalankan tugasnya.

  2. Doakan agar umat Tuhan tahun ini dapat merayakan Natal dengan penuh sukacita tanpa ada rasa takut akan adanya ancaman atau teror dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

  3. Doakan para pemimpin gereja dan mereka yang berkompeten agar memberi kesadaran kepada jemaatnya untuk merayakan Natal dengan sederhana dan tidak berlebihan.

  4. Berdoa supaya persiapan Natal lebih banyak dikonsentrasikan pada pemberitaan Injil sehingga umat Tuhan mendapatkan makna Natal yang sesungguhnya.

  5. Berdoa agar umat Kristen memanfaatkan kesempatan Natal ini untuk berbagi kasih dan menjadi pendamai sebagaimana Kristus yang datang membawa damai bagi manusia.

e-JEMMi 50/2007



PERSIAPAN NATAL

Tidak seperti bulan-bulan lain, ketika memasuki bulan Desember kita melihat orang-orang mulai berbenah dan disibukkan dengan berbagai kegiatan untuk menyambut perayaan Natal. Setiap rumah, kantor, pertokoan, gereja, bahkan jalan-jalan dihiasi dengan ornamen-ornamen Natal yang sungguh indah dan menarik untuk dipandang.

Kebiasan ini tidaklah salah. Namun, satu hal yang perlu kita waspadai, janganlah sampai kita melupakan makna Natal yang sebenarnya. Jangan pula kita disibukkan dengan berbagai aktivitas menjelang perayaan Natal sehingga kita lupa mempersiapkan "hati" dalam menyambut Natal.

Pokok Doa

  1. Doakan setiap orang percaya supaya tidak memandang peristiwa Natal sebagai rutinitas yang dilakukan pada bulan Desember saja, tetapi memanfaatkan momen Natal sebagai waktu untuk merefleksikan diri dan mengingat akan kasih Allah yang sempurna.

  2. Doakan gereja, jemaat, dan orang-orang percaya (keluarga) yang saat ini sedang mempersiapkan Natal, supaya apa yang mereka lakukan dapat menjadi berkat bagi sesama, dan terutama memuliakan nama Tuhan.

  3. Doakan juga keluarga-keluarga Kristen, yang mungkin karena keterbatasan biaya tidak bisa merayakan Natal supaya mereka tetap bersukacita di tengah kesulitan hidup yang saat ini sedang mereka alami.

  4. Berdoa supaya hati kita mulai disiapkan untuk menggunakan momen Natal ini sebagai kesempatan untuk menebarkan kasih Kristus; kepada keluarga atau kepada orang-orang lain yang membutuhkan kasih Kristus.

e-JEMMi 49/2007



KESATUAN UMAT TUHAN DALAM MENGHADAPI PENGANIAYAAN

Kesatuan di dalam tubuh Kristus adalah sesuatu yang harus terus kita jaga dan pelihara karena masing-masing kita adalah bagian dari tubuh tersebut. Jika ada salah satu dari bagian tubuh itu yang "sakit", tentu akan mengganggu dan memengaruhi anggota tubuh lainnya. Oleh karena itu, perpecahan di dalam tubuh Kristus seharusnya tidak sampai terjadi.

Nyatanya, kita masih menjumpai adanya perselisihan bahkan perpecahan di antara sesama umat Kristen. Kejadian semacam ini sungguh sangat menyedihkan. Sebab seharusnya, kita bisa lebih saling mengasihi di antara sesama orang Kristen dan menopang pelayanan satu dengan yang lainnya.

Demikian halnya dalam berdoa, Tuhan menginginkan kita bersatu hati karena kita adalah anggota-anggota tubuh-Nya. Mari menyingkirkan perbedaan-perbedaan yang ada dan bersatu hati, berdoa bagi anak-anak Tuhan yang mengalami aniaya karena mempertahankan iman mereka pada Kristus. Doa-doa Anda sangat mereka butuhkan.

Pokok Doa

  1. Mintalah kepada Tuhan agar kesatuan hati di antara umat Kristen di Indonesia tetap terjaga dan terpelihara. Doakan juga agar lewat kesatuan hati ini, umat Kristen di Indonesia setia mendoakan setiap orang percaya yang mengalami aniaya karena iman mereka.

  2. Mari kita meminta kepada Tuhan agar semakin mengokohkan kesatuan di antara umat-Nya supaya penderitaan yang berat dapat terasa ringan karena ditanggung bersama-sama. Selain itu, kita juga menjadi lebih kuat dalam menghadapi berbagai macam pencobaan yang datang.

  3. Berdoalah bagi setiap umat Kristen di Indonesia dalam denominasinya masing-masing, agar kasih Kristus saja yang menjadi perekat di antara perbedaan yang ada.

  4. Doakan juga agar perpecahan yang selama ini terjadi di dalam tubuh Kristus segera dapat diselesaikan sehingga kesatuan di antara tubuh Kristus dapat terjaga. Doakan agar terwujudnya kesatuan tersebut mendatangkan berkat bagi sesama sehingga rancangan Tuhan atas Indonesia bisa digenapi.

e-JEMMi 47/2007



ORANG-ORANG YANG MEMBENCI KEKRISTENAN

Ada banyak alasan mengapa penganiayaan dilakukan terhadap orang percaya/gereja. Salah satunya adalah fanatisme yang berlebihan, yang mengatasnamakan ajaran agama untuk melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab. Ada pula yang dipicu oleh kecemburuan sosial, dan masih ada banyak alasan lain. Namun kalau kita mau merenung sejenak, kita akan menyadari bahwa alasan utama mereka membenci kekristenan adalah karena mereka belum mengenal dan mengalami kasih Kristus.

Sebagai orang yang telah memperoleh anugerah keselamatan dari Kristus, janganlah kita menyalahgunakan anugerah tersebut dan menaruh rasa benci dan dendam terhadap mereka yang telah menganiaya saudara-saudara kita. Dasar dari ajaran Kristen adalah kasih dan kasih yang sempurna adalah kasih yang diperintahkan oleh Kristus, yaitu mengasihi musuhmu. Kristus meminta kita untuk dapat mengasihi orang-orang yang telah menganiaya kita dan berdoa bagi orang-orang yang membenci kita. Nah, inilah saatnya untuk berdoa bagi mereka.

Pokok Doa

  1. Doakan pihak-pihak yang telah menganiaya orang-orang Kristen supaya Tuhan mengampuni mereka karena sering kali mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan.

  2. Doakan agar Tuhan melawat orang-orang yang dengan sengaja merugikan orang Kristen. Berdoalah agar Tuhan pun mengubahkan setiap hati yang keras menjadi lembut, sebagaimana yang Ia lakukan kepada Saulus.

  3. Mintalah belas kasih Tuhan agar menjamah hati orang-orang yang belum percaya dan yang membenci orang-orang Kristen sehingga mereka boleh mengalami kasih-Nya yang luar biasa.

  4. Doakan agar Tuhan membukakan kesempatan bagi setiap orang percaya untuk mengenalkan Kristus kepada setiap orang di sekitar mereka. Berdoalah agar rasa lapar dan haus akan kebenaran sejati bisa mendorong semua orang untuk mencari Yesus.

  5. Berdoalah untuk setiap umat Tuhan agar dapat menyatakan kasih yang tulus kepada orang-orang yang membenci mereka sehingga mereka dapat melihat Kristus melalui hidup umat Tuhan itu.

e-JEMMi 46/2007



IDOP 2007 (INTERNATIONAL DAY OF PRAYER FOR THE PERSECUTED CHURCH)
"Ini Keluargaku"

Tanggal 11 November (dan sepanjang minggu pertama serta kedua bulan November), Open Doors bersama tujuh lembaga misi lain yang melayani gereja teraniaya serta gereja-gereja dari berbagai denominasi di seluruh dunia akan mengadakan program doa International Day of Prayer for the Persecuted Chruch (IDOP) atau hari Doa Sedunia bagi Gereja yang Teraniaya. Open Doors Indonesia secara khusus membagikan CD IDOP 2007 gratis yang bertema "Ini Keluargaku" bagi umat Kristen dan gereja-gereja yang tergerak untuk berdoa. Mari kita berdoa untuk program IDOP 2007 ini agar semakin banyak orang Kristen menyadari pentingnya berdoa bagi "keluarga" kita yang saat ini sedang mengalami penganiayaan karena iman mereka.

Sumber:

OpenDoors Indonesia Development
PO Box 5019 JKTM
Jakarta 12700
Phone/Fax: 62-21 52963779/5260972
E-mail: indonesia(at)od.org
http://www.opendoors.org/

Pokok Doa

  1. Mari kita sukseskan IDOP 2007 yang akan dirayakan oleh umat Kristen seluruh dunia dengan ikut berpartisipasi berdoa selama bulan November, khusus untuk gereja-gereja dan umat Tuhan yang sedang mengalami aniaya.

  2. Doakan agar program Open Doors, "Ini Keluargaku", dapat memberkati banyak orang dan agar banyak orang Indonesia yang tergerak untuk berdoa bagi mereka yang saat ini sedang mengalami penganiayaan karena iman mereka.

  3. Doakan secara spesifik orang-orang Kristen yang kita ketahui (baik melalui majalah, internet, maupun media lain) yang sedang mengalami tekanan atau dipenjara karena iman yang mereka percayai. Kiranya Tuhan memberi kekuatan sehingga mereka tetap tabah dan kuat dalam menghadapinya.

  4. Doakan anggota keluarga dari orang-orang Kristen yang mengalami aniaya atau dipenjara karena membela iman Kristen, supaya Tuhan memberi kekuatan dan ketabahan. Biarlah pengharapan mereka di tengah pergumulan ini hanya pada Tuhan saja.

  5. Berdoalah bagi setiap gereja di Indonesia yang ditutup paksa oleh pihak-pihak tertentu. Kiranya Tuhan tetap memelihara iman jemaat sehingga sekalipun tidak memiliki tempat ibadah, mereka tetap memiliki iman yang teguh dan tetap berpengharapan dalam Tuhan.

  6. Doakan gereja-gereja yang kurang peduli dengan pekerjaan misi atau yang belum terlibat berdoa bagi misi, kiranya Tuhan menaruh hati yang berbelaskasihan sehingga mereka tergerak dan bergabung berdoa bagi saudara seiman yang sedang dalam kesulitan.

e-JEMMi 45/2007



MASALAH PENEBANGAN HUTAN DI INDONESIA

Jika ditanya apakah hutan kita ini terjaga dengan baik, mungkin kita perlu melihat kenyataan yang terjadi akhir-akhir ini. Sayang sekali, larangan penebangan hutan secara liar yang diberlakukan pemerintah ternyata hanya sebatas wacana saja. Para penebang liar masih banyak dijumpai di banyak tempat, termasuk Kalimantan. Luas hutan yang sekarang menjadi gundul sungguh sangat mengerikan dan jumlah ini justru bertambah dari waktu ke waktu. Bencana yang diakibatkan oleh penebangan pohon dalam jumlah besar ini seperti bom waktu yang sewaktu-waktu akan meledak di luar kemampuan manusia untuk mengatasinya. Ekosistem hutan sangat terancam dan jika tidak diwaspadai akan berdampak luas. Menurut data Kompas (24/09/2007), penyusutan hutan di Indonesia sesuai data terakhir adalah sebesar 86,62 juta hektar di tahun 2006. Ironis, di tengah dunia yang sedang mengumandangkan ancaman pemanasan global secara serius, Indonesia justru sedang melakukan perusakan lingkungan.

Pokok Doa

  1. Mari satukan hati kita untuk berdoa agar pemerintah dan masyarakat Indonesia memunyai kepedulian terhadap lingkungan. Doakan agar ada tokoh-tokoh berpengaruh yang ikut ambil bagian memikirkan tindakan-tindakan berani dan berintegritas yang bisa dilakukan untuk mencegah perusakan lingkungan, termasuk penebangan hutan secara liar.

  2. Berdoa agar ada sosialisasi secara menyeluruh, baik dari pemerintah, maupun organisasi-organisasi masyarakat, termasuk gereja, tentang bagaimana memakai sumber daya alam yang Tuhan berikan secara bijaksana dan tidak mengeksploitasinya untuk kepentingan pribadi.

  3. Doakan pula pemerintah Indonesia agar memiliki rasa takut akan Tuhan dan berani menjalankan hukum yang ada, termasuk kepada pejabat-pejabat pemerintah yang ada di balik eksploitasi lingkungan ini.

  4. Berdoa agar Tuhan menggerakkan pemerintah dan masyarakat, termasuk organisasi-organisasi dunia, untuk segera mengambil tindakan pemulihan bagi tanah-tanah yang sudah menjadi gundul. Kiranya Tuhan memberi hikmat agar dapat mengambil cara-cara pemecahan yang baik dan bijaksana untuk mengatasi masalah ini.

e-JEMMi 44/2007



PERAN WANITA DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT

Budaya patriarki di masyarakat Timur umumnya menganggap bahwa wanita ada untuk melayani laki-laki dan merawat keluarga saja; dan pekerjaan mereka hanyalah di rumah dan di dapur. Pandangan ini seharusnya sudah bisa ditinggalkan. Apalagi fakta menunjukkan, di tengah keterbatasan yang ada, wanita Indonesia telah memberikan sumbangsih cukup besar bagi kemajuan keluarga, masyarakat, dan bangsa.

Keterlibatan wanita tidak harus secara mencolok dengan terlihat di tempat-tempat umum, misalnya di dunia politik, bisnis, organisasi dll.. Ada banyak tempat di mana wanita bisa memberikan pengaruh dan dampak yang positif, misalnya di keluarga sendiri atau di lingkungan masyarakat di mana mereka berada. Peran wanita sebagai seorang ibu misalnya, memegang peranan yang sangat penting; dia dapat menjadi pendorong yang efektif bagi keberhasilan suami atau anak-anaknya. Sebagai sesama wanita, ia dapat menjadi penolong bagi wanita-wanita muda lain dalam keluarganya untuk membagikan keterampilan atau pengalaman sehingga menjadi bekal bagi masa depan mereka. Dan masih banyak lagi peran wanita yang tidak dapat disebutkan satu per satu di sini. Mari kita beri dukungan doa bagi para wanita yang berjuang keras dan memiliki dedikasi untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia melalui keluarganya masing-masing.

Pokok Doa

  1. Berdoa agar Tuhan memakai banyak wanita Kristen untuk menjadi pendamping yang baik bagi suami-suami mereka. Doakan agar melalui kesungguhan mereka mengikut Kristus, keluarganya pun turut mencintai Tuhan.

  2. Mari berdoa bagi wanita-wanita Indonesia yang saat ini memegang posisi penting, baik di pemerintahan atau di organisasi masyarakat. Doakan agar Tuhan memberikan jalan sehingga mereka dapat membuka kesempatan bagi para wanita untuk bisa memberi pengaruh yang lebih luas di keluarga atau di lingkungan di mana mereka berada.

  3. Doakan agar Allah memberikan hikmat kepada para wanita sehingga mampu membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan (atau kegiatan-kegiatan lain). Doakan agar di mana pun mereka berada, mereka dapat menjadi berkat, tidak hanya bagi keluarga, tapi juga masyarakat.

  4. Berdoalah bagi para wanita yang saat ini harus berjuang sendiri untuk memenuhi kebutuhan keluarga (single parent). Doakan agar Tuhan memberikan kekuatan untuk bertahan dan perlindungan dari hal-hal yang jahat.

  5. Mari terus berdoa agar semakin banyak wanita-wanita Kristen Indonesia mau terlibat secara aktif dan kreatif, tidak hanya dalam menunaikan tugas dan panggilannya di dalam keluarga, namun juga dalam tugas panggilan pelayanan untuk menjadi rekan sekerja dalam pelayanan Allah.

e-JEMMi 43/2007



PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK JALANAN

Masalah kemiskinan di Indonesia memang bukan menjadi rahasia umum lagi. Semakin lama, jarak perbedaan antara yang kaya dan yang miskin semakin lebar. Salah satu dampak utama dari kemiskinan adalah kurangnya perhatian terhadap pendidikan bagi anak-anak yang hidup di bawah garis kemiskinan. Di antara anak-anak itu merupakan anak-anak jalanan. Banyak dari mereka yang bahkan tidak mampu mengenyam dunia pendidikan sama sekali karena sebagian besar dari mereka terpaksa bekerja untuk sesuap nasi. Untuk itu, mari kita satukan hati untuk berdoa bagi pelayanan pendidikan bagi anak-anak jalanan.

Pokok doa

  1. Berdoa bagi anak jalanan yang sampai saat ini masih belum mendapatkan pelayanan sewajarnya, baik dari pemerintah ataupun organsiasi masyarakat lainnya. Doakan agar Tuhan menguatkan mereka dalam menjalani kerasnya kehidupan ini.

  2. Doakan juga anak-anak jalanan yang saat ini telah ditampung di tempat-tempat pelayanan Kristen. Doakan agar mereka mendapatkan kebutuhan rohani dan juga kebutuhan lain yang tepat sehingga dapat dididik untuk menjadi anak-anak yang baik dan berguna bagi masyarakat.

  3. Doakan agar Tuhan melindungi mereka, khususnya dari pengaruh-pengaruh kebiasaan buruk di sekitarnya, misalnya pencurian, perampokan, obat-obat terlarang, dan pergaulan yang tidak baik. Biarlah Tuhan berbelas kasihan kepada mereka.

  4. Berikan pula dukungan doa bagi lembaga-lembaga dan komunitas yang memperjuangkan kehidupan anak jalanan di Indonesia. Biarlah Allah yang memampukan dan mencukupkan segala kebutuhannya, baik dalam hal tenaga, dana, dan fasilitas pendukung lainnya (Silakan sebutkan nama-nama gereja/yayasan/lembaga Kristen yang Anda ketahui memberikan pelayanan pendidikan bagi anak-anak jalanan).

  5. Berdoalah juga agar pemerintah dan pihak-pihak tertentu, khususnya masyarakat Kristen, memiliki panggilan dan kerinduan untuk memberikan perhatian lebih besar bagi tersedianya pelayanan pendidikan untuk anak jalanan di berbagai wilayah.

e-JEMMi 42/2007



MISI KESEHATAN MELALUI GEREJA-GEREJA LOKAL

Tugas panggilan gereja tidak sekadar melakukan ibadah dan penginjilan bagi banyak jiwa, tetapi juga melakukan pelayanan kasih bagi masyarakat di sekitarnya. Wujud pelayanan kasih gereja lewat bidang kesehatan secara nyata dapat menyentuh masyarakat banyak dan bisa menjadi sarana melayani yang strategis. Karena itu, partisipasi gereja-gereja lokal dalam pelayaan kesehatan, misalnya dengan membuka klinik kesehatan perlu mendapat dukungan doa kita agar pelayanan mereka sungguh memberikan kesaksian bagi kemuliaan nama Tuhan.

Pokok Doa

  1. Mari kita berikan dukungan doa bagi gereja-gereja lokal di seluruh Indonesia yang saat ini ikut terlibat melayani masyarakat melalui bidang kesehatan. Doakan agar pelayanan ini dapat menjadi sarana untuk membuka kesempatan memperkenalkan kasih Kristus.

  2. Doakan juga setiap jemaat yang berprofesi sebagai dokter, bidan, atau perawat agar mereka pun dapat mengambil bagian dalam pelayanan kesehatan di gereja-gereja mereka sehingga mereka dapat melayani Tuhan lewat sesama mereka dengan talenta yang dipercayakan kepada mereka.

  3. Berikan dukungan untuk kebutuhan pemenuhan sarana obat-obatan, fasilitas medis, maupun sarana dan prasarana lainnya dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di gereja-gereja lokal. Berdoalah agar Allah senantiasa menolong untuk pemenuhan kebutuhan ini.

  4. Berdoa bagi masyarakat setempat, biarlah Roh Allah yang senantiasa menggerakkan hati mereka untuk dapat melihat kasih Kristus yang terpancar lewat para pelayan-pelayan di gereja tersebut.

  5. Doakan agar banyak pihak, termasuk gereja-gereja lokal terbeban dan memiliki kerinduan besar untuk terlibat dalam pelayanan kesehatan di tempat-tempat yang masih minim sarana kesehatan.

e-JEMMi 41/2007



FOCUS MINISTRY DEVELOPMENT OF THE POOR

Para fasilitator dari Focus Ministry Development of The Poor masih terus berupaya membebaskan Jakarta dari kemiskinan, meskipun belum maksimal dan masih banyak kendala yang dihadapi; khususnya, dalam melayani orang-orang miskin yang hidupnya di jalan.

Ada banyak masyarakat miskin di Jakarta, namun kategori miskin itu harus diperjelas terlebih dahulu. Menurut Bpk. Tambus Sihombing dari YASPPAT (Yayasan Pelayanan Pemulung dan Anak Terlantar), "Miskin menurut kategori pemerintah adalah mereka yang berpenghasilan maksimal Rp 200.000,00 per bulan dan memiliki KTP serta tempat tinggal yang jelas. Namun, yang kami layani adalah mereka yang hidupnya lebih di bawah lagi, yaitu mereka yang tidur di emperan toko atau di kolong jembatan serta tidak memiliki KTP. Mereka dikumpulkan dalam suatu komunitas untuk kaum miskin di beberapa wilayah di Jakarta. Biasanya kami mengadakan pertemuan setiap hari Kamis."

Dalam komunitas tersebut, perkembangan mereka dipantau karena mereka rata-rata memiliki karakter yang sulit. Meskipun diberi modal, mereka tidak akan bisa bangkit; meskipun diberi pekerjaan, mereka tidak akan bekerja, bahkan sangat sulit untuk mengangkat kehidupan mereka. Jika mereka menunjukkan perubahan yang baik, mereka akan dibawa ke rumah singgah yang ditempatkan secara terpisah antara wanita dan pria.

Dalam rumah singgah tersebut, diadakan pelatihan untuk membentuk karakter selama tiga bulan. Jika memiliki potensi untuk jadi hamba Tuhan, mereka akan dikirim ke tempat pelatihan di Semarang, Bandung, dan Surabaya. Jika tidak ada panggilan pelayanan, mereka dikirim ke bengkel kerja (workshop) atau ke panti untuk pelatihan montir, membuat tempe, salon, sablon, dan lain-lain. Selesai pelatihan, mereka disalurkan untuk bekerja.

"Komunitas kaum miskin tersebut, ada di sekitar wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Mereka mendapat pendanaan dari belas kasihan Tuhan; mereka belum pernah mendapat sponsor dari mana pun juga," ujar Bapak Tambus, selaku ketua umum dari komunitas tersebut. Selain menangani masalah kaum miskin, fasilitator Focus Ministry Development of The Poor ini juga membuat sekolah bagi anak-anak yang tidak mampu, seperti les bahasa Inggris, bahasa Jepang, dan sebagainya.

Dalam mengatasi anak jalanan, perlu pula dipahami apa yang dimaksud dengan anak jalanan. Ada yang menjadi anak jalanan karena orang tuanya gelandangan, ada yang karena kriminal bahkan menjadi residivis, atau yang menjadi anak jalanan karena broken home. Ada juga anak jalanan karena terlantar, dari kampung punya ijazah, punya cita-cita, punya karakter dari kampung bagus, sampai di Jakarta tidak ada yang menampung. Karena perjuangan hidup dan pergaulan yang tidak baik, karakternya menjadi rusak. "Jika kami menemukan keadaan yang demikian, kami segera menangani dan membawanya ke rumah singgah", ungkap Pak Tambus.

Diedit seperlunya dari:

Judul buletin : Transformation Connection Indonesia
Edisi VII, Agustus 2007
Judul artikel : Focus Ministry Development of the Poor
Penulis : Redaksi Buletin TCI
Halaman : 3

Pokok Doa

  1. Bersyukur untuk Focus Ministry Development of The Poor di dalam pelayanan yang dilakukannya saat ini. Biarlah Allah saja yang memampukan dan memakainya dengan lebih luar biasa lagi.

  2. Doakan para pengurus dan fasilitator yang terlibat dalam pelayanan Focus Ministry Development of The Poor. Berdoalah agar Roh Kudus terus menjaga hati dan motivasi mereka sehingga mereka dapat menetapkan hati untuk setia terlibat dalam pelayanan ini.

  3. Dukung dalam doa juga agar lebih banyak orang yang terpanggil dan terlibat dalam pelayanan di Focus Ministry Development of The Poor tersebut, baik untuk mendukung dalam hal tenaga maupun dana.

  4. Doakan juga warga miskin Jakarta, termasuk anak jalanan yang saat ini berada di rumah singgah yang sedang diberi bekal pengetahuan dan keterampilan. Kiranya melalui pelayanan ini, banyak jiwa dapat dimenangkan dan mereka dapat hidup sebagai saksi Tuhan yang efektif di mana pun mereka nanti bekerja.

  5. Berdoa juga agar kebutuhan dalam hal dana, fasilitas pendukung, dan sarana lainnya dapat terpenuhi. Doakan agar tangan Tuhan senantiasa mencukupi kebutuhan mereka.

e-JEMMi 40/2007



PELAYANAN PESTA

Sebagaimana yang telah Anda baca di kolom Artikel dan Kesaksian di edisi e-JEMMi kali ini, Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam (PESTA) telah menjadi salah satu pendidikan alternatif bagi masyarakat Kristen awam yang rindu belajar teologia. Pelayanan PESTA ini telah membawa banyak sekali berkat, khususnya bagi mereka yang mencintai firman Tuhan dan rindu untuk memahaminya dengan benar. Mari kita doakan pelayanan PESTA yang diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga SABDA ini.

Pokok Doa

  1. Doakan agar kehadiran PESTA menjawab kerinduan orang-orang Kristen awam untuk terus belajar tentang iman Kristen mereka secara bertanggung jawab. Berdoalah agar PESTA semakin menjangkau masyarakat Kristen Indonesia di mana pun mereka berada.

  2. Kelas DIK (Dasar-Dasar Iman Kristen) periode September/Oktober sedang berjalan. Doakan agar para peserta yang mengikutinya beroleh banyak berkat dari setiap aktivitas yang dilangsungkan. Kiranya Roh Kudus menuntun para peserta untuk mempertajam dan memperkuat pemahaman iman Kristen mereka.

  3. Doakan juga tim yang sedang mengerjakan modul-modul baru, yaitu Hermeneutika untuk Awam dan Apologetika untuk Awam. Doakan agar Roh Kudus senantiasa menuntun dan memberi hikmat kepada mereka.

  4. Dukunglah para staf PESTA di dalam doa agar senantiasa memiliki semangat dan kesabaran dalam melayani di PESTA. Biarlah melalui pelayanan mereka, banyak orang semakin disentuh oleh kasih Tuhan.

e-JEMMi 39/2007



PENGEMBANGAN SITUS-SITUS GEREJA INDONESIA

Tugas panggilan gereja tidak hanya sebatas menjangkau orang-orang yang notabene sudah menjadi anggota jemaatnya, akan tetapi gereja seharusnya terus melakukan penjangkauan kepada jiwa-jiwa yang belum mengenal kebenaran Allah. Sarana situs yang banyak digunakan gereja saat ini kiranya dapat menambah daftar metode yang dapat dipakai gereja untuk menjadi alat penginjilan. Karena itu, mari kita berdoa bagi para pengelola situs gereja, biarlah mereka terus mencari cara agar berita Injil bisa semakin disebarkan secara luas.

Pokok Doa

  1. Mari kita berikan dukungan dalam doa untuk gereja-gereja di Indonesia yang memiliki situs-situs gereja. Doakan agar mereka dapat menghadirkan situs-situs yang menjangkau lebih banyak jiwa bagi Kristus.

  2. Doakan agar situs-sistus gereja di Indonesia dapat terus berinovasi, baik dari segi bahan, maupun fasilitas. Berdoalah agar setiap inovasi dapat menarik minat banyak orang sehingga tercipta komunitas yang hangat dan interaktif.

  3. Doakan agar kebutuhan, seperti SDM, sumber bahan, dan aspek-aspek pendukung lainnya dapat terpenuhi sehingga situs yang dibangun dapat dikelola dengan baik.

  4. Mari kita dukung dalam doa gereja-gereja di Indonesia yang memunyai kerinduan untuk membangun sebuah situs gereja. Kiranya Tuhan memberikan visi yang jelas sehingga keberadaan situs-situs ini nanti berdampak positif bagi kemajuan pelayanan. Doakan agar mereka bisa konsisten menjalankan visi tersebut.

e-JEMMi 38/2007



SITUS-SITUS PENGINJILAN BAHASA INDONESIA

Perkembangan teknologi informasi telah membuka kesempatan lebih besar bagi pekerjaan pekabaran Injil di Indonesia, terutama bagi mereka yang belum mengenal kasih Kristus. Memang ada banyak situs Kristen berbahasa Indonesia yang bermunculan, namun masih belum banyak situs yang khusus memiliki tujuan untuk penginjilan dan yang memenuhi kriteria sebagai situs penginjilan. Karena itu, mari kita dukung pelayanan situs-situs penginjilan di Indonesia dalam doa.

Pokok Doa

  1. Berikan dukungan doa untuk situs-situs penginjilan berbahasa Indonesia yang saat ini dipakai Tuhan untuk menjangkau jiwa-jiwa yang belum mengenal Kristus. Biarlah mereka terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pengunjungnya.

  2. Doakan agar situs-situs penginjilan berbahasa Indonesia dapat menyajikan kebenaran Injil yang dapat diterima oleh mereka yang belum mengenal Kristus. Biarlah kehadiran situs-situs tersebut dapat menjadi cara Tuhan menyentuh dan mengubah hidup mereka.

  3. Doakan para pengunjung situs-situs di dunia internet yang sedang mencari kebenaran. Kiranya Roh Kudus yang memimpin mereka untuk menemukan situs-situs yang menyajikan kebenaran Injil sehingga mereka mendapat kesempatan untuk bertemu dengan Kristus, Sang Kebenaran Sejati.

  4. Satukan hati kita untuk mendukung pelayanan infrastrukur bagi situs-situs penginjilan. Kiranya Allah memberikan hikmat, bijaksana, dan kreativitas sehingga para pengelola situs tersebut dapat melakukan pengembangan bagi kemajuan situs penginjilan yang dikelolanya.

  5. Berdoa juga untuk semua orang yang terlibat di balik pembangunan situs-situs penginjilan tersebut. Biarlah Allah memberikan kesatuan hati dan kejelasan visi dan misi sehingga mereka dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan hati yang terus dikobarkan oleh kasih Kristus.

  6. Doakan anak-anak Tuhan yang memiliki talenta sebagai webmaster atau webdesigner. Biarlah Tuhan menggerakkan mereka untuk terbeban dan terlibat dalam misi penginjilan melalui talenta yang Tuhan berikan kepada mereka.

  7. Doakan secara khusus situs-situs penginjilan yang Anda ketahui, biarlah situs-situs tersebut dapat mempertemukan setiap pengunjungnya dengan Kristus. Contoh:
    http://www.christiananswers.net/indonesian
    http://www.greatcom.org/indonesian
    http://www.worldchristian.org/indonesian/ind-surat.htm

e-JEMMi 37/2007



PELAYANAN KARTIDAYA

"PERTAMA-TAMA AKU NASIHATKAN KAMU: NAIKKANLAH PERMOHONAN, DOA SYAFAAT DAN UCAPAN SYUKUR UNTUK SEMUA ORANG." 1TIMOTIUS 2:1

Ayat di atas merupakan pesan Paulus kepada jemaat gembalaan Timotius di Efesus. Tanpa perlu penelusuran yang lebih mendalam, ayat ini secara eksplisit menjelaskan bagaimana seharusnya sikap jemaat terhadap orang-orang lain yang ada di sekitar mereka.

Doa adalah salah satu bentuk dukungan kita. Walaupun doa sering dianggap sebagai bentuk dukungan tak berwujud, doa merupakan pelengkap mutlak untuk mendukung kesiapan para pelayan dalam melaksanakan pelayanan mereka di lapangan. Untuk itulah pokok-pokok doa di bawah ini hadir, agar sasaran doa Anda, para pendukung pelayanan Kartidaya, dapat tertuju dengan tepat.

Pokok Doa

  1. Bersyukur atas pertolongan Tuhan sehingga kitab Yunus dalam bahasa MNB dapat selesai diterjemahkan dan diperiksa. Saat ini kitab tersebut sedang dalam proses pencetakan.

    1. Doakan agar proses pencetakan ini berjalan dengan lancar.

    2. Doakan agar Tuhan mencukupkan dana yang dibutuhkan.

    3. Doakan agar proses pendistribusiannya dapat berjalan lancar sehingga masyarakat sesegera mungkin dapat menerima kitab Yunus dalam bahasa mereka. Semoga melaluinya, mereka semakin mengenal Tuhan.

  2. Yesus berkata, "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuhan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu" (Matius 9:37-38). Untuk menjawab panggilan inilah Kartidaya ada. Doakan agar melalui berbagai seminar dan konferensi misi di mana Kartidaya terlibat dan membagikan visi pelayanan di dalamnya, Tuhan menjamah hati dan memanggil para pekerja-Nya untuk mengambil bagian dalam menunaikan tugas ini bersama-sama dengan Kartidaya melalui berbagai bidang.

  3. Seiring pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi dalam organisasi Kartidaya, fasilitas yang ada saat ini tidak lagi mencukupi untuk kebutuhan-kebutuhan yang ada. Kebutuhan yang paling mendesak saat ini salah satunya adalah adanya ruang pelatihan yang dapat menampung banyak peserta yang akan dilatih untuk melayani di lapangan. Untuk inilah dibutuhkan kapasitas gedung yang lebih besar dan kini penyediaan fasilitas baru ini sedang dalam proses pencerahan.

    1. Doakan agar fasilitas baru yang memadai dapat terwujud di lokasi yang tepat dan strategis di Jakarta untuk menopang kegiatan administrasi dan pelatihan tenaga-tenaga Kartidaya.

    2. Doakan agar tim yang telah dibentuk untuk penyediaan fasilitas baru ini diberi hikmat oleh Tuhan dalam mencari tempat yang tepat dan sesuai dengan kehendak-Nya.

    3. Doakan pula agar tersedia dana yang cukup untuk fasilitas baru ini.

    4. Pelatihan Pelayanan Lintas Budaya dan Linguistik Dasar akan diadakan pada 2 Juli -- 5 Oktober 2007.

      1. Doakan agar lewat pelatihan ini para calon tenaga Kartidaya diberi kemampuan dan hikmat dalam mengikuti setiap pelajaran dan semakin dipersiapkan untuk pergi melayani di mana mereka akan ditempatkan nantinya.

      2. Doakan para pengajar dalam mempersiapkan dan memberikan materi pengajaran.

      3. Doakan juga kesehatan para pengajar dan peserta, mengingat kegiatan pelatihan yang sangat padat yang menyita waktu dan tenaga.

    5. Setiap dua tahun sekali, sejak 2003, diadakan sebuah konferensi interdenominasi khusus bagi mahasiswa Indonesia. Konferensi misi ini dikenal dengan nama Mahasiswa Indonesia Menuai (MIM). Konferensi tahun ini telah diadakan pada tanggal 23 -- 26 Juli 2007, di Bogor, Jawa Barat.

      1. Doakan agar anak muda Indonesia yang turut serta dalam konferensi ini mau memberikan dirinya dengan talenta yang mereka miliki untuk terjun dalam pelayanan misi.

      2. Doakan agar melalui setiap lokakarya, seminar, dan pameran, panggilan peserta semakin diteguhkan dalam melayani Tuhan.

      3. Doakan lembaga-lembaga misi dan semua oknum yang telah berbagian dalam konferensi ini agar dapat terus menjadi alat Tuhan dalam menyampaikan isi hati Tuhan kepada semua anak muda Indonesia.

    Diambil dan diedit seperlunya dari:

    Nama buletin : Berita Kartidaya Edisi 2/2007
    Penulis : tidak dicantumkan
    Halaman : 16 -- 17

    e-JEMMi 36/2007



    SERANGAN PENYAKIT MISTERIUS

    Dinas kesehatan Indonesia kembali dikejutkan dengan adanya penyakit yang masih belum diketahui jelas sebab musababnya. Untuk alasan ini, para dinas kesehatan memberinya nama "penyakit misterius". Sampai sejauh ini, korban penyakit ini masih bisa diisolir hanya di sekitar daerah Magelang. Namun demikian, penyakit ini telah merenggut nyawa beberapa warga setempat dan jumlah pasien yang datang ke rumah sakit dengan keluhan yang sama, dikabarkan semakin bertambah. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan terus melakukan penelitian untuk mengetahui sebab dari penyakit yang belum diketahui tersebut. Dugaan sementara diindikasikan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh makanan yang berasal dari ampas ketela. (Kompas, 2 Agustus 2007, hlm. 1)

    Pokok Doa

    1. Berbagai kemungkinan penyakit misterius lainnya masih terbuka di bumi Indonesia ini. Oleh karena itu, doakan agar segenap tim ahli memiliki ketelitian dan ketekunan dalam meneliti berbagai kemungkinan dan sakit-penyakit yang berpotensi menjangkiti masyarakat luas.

    2. Doakan pula agar pemerintah, terutama melalui Dinas Kesehatan, dapat memberikan berbagai penyuluhan kesehatan yang informatif bagi masyarakat.

    3. Berdoalah agar masyarakat memiliki tingkat perhatian yang cukup akan kesehatannya, terutama agar mengonsumsi makanan yang terjamin kesehatannya.

    4. Doakan pula agar tim medis dapat cepat menanggapi berbagai kasus-kasus yang dialami masyarakat sehingga dengan cepat melakukan penanganan yang dibutuhkan. Berdoalah agar segenap tim medis, termasuk klinik-klinik dan rumah sakit, lebih menekankan keselamatan korban penyakit daripada masalah finansial.

    e-JEMMi 35/2007



    PELAYANAN MISI DI LAUT

    Kasih setia Allah dan rencana penyelamatan-Nya bagi manusia masih terus dilaksanakan. Tidak ada tempat di sudut dunia yang seharusnya lolos dari kunjungan kasih Allah, termasuk pelayanan misi di laut. Dengan keberadaan mereka, jiwa-jiwa yang belum terjangkau yang ada di pinggir atau di tengah laut dapat dijangkau oleh Injil. Oleh karena itu, mari luaskan pandangan misi kita bukan hanya di darat saja, tapi juga kepada mereka yang ada di laut dan berserulah kepada Tuhan untuk keselamatan jiwa mereka.

    Pokok Doa

    1. Berdoa bagi para para pelaut dan komunitas yang hidup di daerah laut, kiranya anugerah Tuhan boleh diterima juga oleh mereka. Di tengah kerasnya kehidupan laut, biarlah Roh Kudus memberikan kelembutan hati sehingga mereka boleh menerima anugerah Tuhan.

    2. Doakan setiap pelayan/misionaris yang mendedikasikan hidup bagi pelayanan misi di laut. Biarlah kasih setia Tuhan melingkupi mereka dengan memberikan kekuatan, keberanian, dan kesehatan yang mereka butuhkan.

    3. Doakan juga para nakhoda, awak kapal, teknisi, dan juga keluarga yang mereka tinggalkan di darat. Kiranya Allah menumbuhkan iman dalam hati mereka untuk percaya bahwa hanya Allahlah yang menjaga dan memelihara hidup mereka di manapun mereka berada.

    4. Satukan hati kita untuk berdoa bagi kelancaran pelayanan gereja/organisasi Kristen yang secara khusus melayani di laut. Kiranya mereka terus taat akan panggilan yang Tuhan berikan bagi mereka dan melakukan apa yang mendatangkan kemuliaan bagi nama Tuhan.

    5. Kebutuhan para pelayan misi laut di Indonesia sampai saat ini belum mendapat banyak perhatian. Doakan agar kebutuhan mereka dapat tercukupi. Kiranya Allah terus memanggil orang-orang yang siap melayani di ladang misi ini dan juga orang-orang yang mau memberi dukungan secara finansial.

    e-JEMMi 34/2007



    BENCANA KEKERINGAN DI BEBERAPA WILAYAH INDONESIA

    Musim kemarau tahun ini telah mulai menampakkan pengaruhnya, yaitu kekeringan di beberapa wilayah di Indonesia. Akibat kekeringan memang akan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, seperti pemenuhan kebutuhan air sehari-hari sampai ke beberapa lahan pertanian yang terpaksa tidak mengeluarkan hasil karena kurangnya pasokan air. Di beberapa tempat di wilayah Indonesia, tempat tandon air terlihat menurun cukup drastis. Beberapa media melangsir usulan agar pemerintah mulai mengantisipasi hal ini, di antaranya dengan mempersiapkan hujan buatan.

    Pokok Doa

    1. Beberapa tempat di Indonesia saat ini tengah mengalami kekeringan. Doakan agar masyarakat setempat bisa bersikap sabar dan bijak, khususnya dalam menggunakan dan memanfaatkan air yang ada saat ini.

    2. Doakan agar pemerintah dapat mengambil langkah proaktif dalam menanggulangi masalah ini. Biarlah Tuhan memberi hikmat sehingga setiap langkah yang diambil dapat menjadi solusi yang terbaik bagi banyak orang.

    3. Doakan setiap pihak yang terlibat, baik pemerintah maupun masyarakat setempat, dalam menanggulangi masalah kekeringan ini. Kiranya terjalin kerjasama yang serasi dan saling membantu.

    4. Berdoa agar tersedia dana sesuai dengan yang dibutuhkan. Doakan pula agar dana yang ada dipergunakan secara benar dan tidak ada penyelewengan yang justru akan memperbesar masalah yang ada.

    5. Berdoalah pula agar masyarakat dapat berpartisipasi dan saling membahu menanggung beban dan saling memberikan pertolongan untuk menanggulangi masalah ini.

    6. Doakan pula pemerintah dalam menetapkan langkah-langkah ke depan, biarlah pemerintah bisa lebih tegas dalam memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat, khususnya untuk mengikutsertaan masyarakat dalam melakukan tindakan pencegahan kekeringan, seperti himbauan melakukan penghijauan, pembuatan tempat tandon air, pelarangan penebangan pohon secara liar, pembuangan sampah yang sesuai dengan aturan, dan lain-lain.

    e-JEMMi 33/2007



    PENERBANGAN MISI DI INDONESIA

    Pelayanan penerbangan bagi dunia misi memberikan kontribusi yang sangat besar, khususnya daerah-daerah pedalaman di Indonesia yang sulit dijangkau dengan sarana transportasi darat. Sebab pelayanan penerbangan sedikit banyak membuka keterisoliran masyarakat pedalaman di Indonesia. Mengingat pelayanan ini sangat berarti, tidak hanya bagi perkembangan dunia misi, tidak salah bila kali ini fokus doa kita ditujukan bagi organisasi-organisasi yang menghadirkan pelayanan penerbangan ini.

    Pokok Doa

    1. Berdoa bagi penyedia layanan penerbangan yang saat ini masih beroperasi dalam mendukung pelayanan para misionaris di daerah pedalaman di Indonesia. Mohonkan pula kepada Allah agar mencukupkan kekurangan penerbangan di Indonesia, terlebih dalam menjangkau daerah terisolir dan primitif di beberapa wilayah di Indonesia.

    2. Doakan agar semakin banyak penerbangan di Indonesia yang tidak hanya mendukung pelayanan para misionaris dalam mengabarkan firman Tuhan bagi jiwa-jiwa di daerah pedalaman Indonesia, namun juga dapat membantu masyarakat setempat dalam hal pengembangan kesehatan, pendidikan, dan perkembangan sosial-ekonomi.

    3. Mari kita mohonkan pula keselamatan bagi para misionaris yang menggunakan fasilitas penerbangan sebagai sarana pelayanannya. Doakan pula para penerbang, mohonkan kemampuan dan stamina yang prima dari Allah agar mereka bisa menerbangkan pesawat dengan baik. Doakan pula para teknisi yang mempersiapkan pesawat agar dapat terbang dengan layak.

    4. Masih banyak daerah yang belum terjangkau oleh firman Allah. Oleh karena itu, marilah memohon kepada Allah agar membangkitkan orang-orang pilihan yang terbeban dalam pelayanan penerbangan bagi misionaris sehingga semakin banyak pula orang yang menikmati firman Tuhan.

    e-JEMMi 32/2007



    KEAMANAN PENGGUNAAN FASILITAS TRANSPORTASI DI JALAN RAYA

    Keadaan transportasi di Indonesia dari segi keamanan memang perlu diawasi dengan cermat. Sebagai contoh, kelayakan bagi transportasi darat, khususnya kendaraan umum sudah sempat luput dari pengawasan petugas. Hal ini dikarenakan belum adanya standardisasi bagi pemakaian kendaraan umum yang diberlakukan. Tercatat bahwa jumlah kasus korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas di jalan raya sangat tinggi, bahkan angka korban tewas dari tahun ke tahun terus meningkat. Menurut data asuransi, jumlah korban akibat kecelakaan di jalan raya rata-rata per tahun mencapai 30.000 orang atau 82 orang per hari (Kompas, Selasa 10 Juli 2007).

    Pokok Doa

    1. Mari kita berdoa bagi pemerintah Indonesia agar segera memberikan perhatian yang lebih cermat terhadap kelayakan maupun standardisasi fasilitas penggunaan transportasi di jalan raya, baik kendaraan umum maupun pribadi.

    2. Doakan juga para pemilik jasa transportasi darat dan stafnya agar senantiasa memerhatikan kelayakan keadaan kendaraan yang diterjunkan ke jalan. Kiranya diberikan kesadaran untuk selalu mengedepankan keselamatan di jalan raya.

    3. Doakan juga para pengemudi, terlebih para pengemudi kendaraan umum, agar mereka boleh meningkatkan kedisiplinan dalam menaati peraturan lalu lintas dan rasa tanggung terhadap keselamatan para penumpang yang ada dalam kendaraannya.

    4. Doakan juga masyarakat luas yang menggunakan jalan raya. Biarlah rasa memiliki dan saling menghargai bisa ditingkatkan sehingga bisa mewujudkan kesadaran untuk lebih bertanggung jawab di antara pemakai fasilitas jalan.

    5. Berikan dukungan dalam doa bagi keluarga para korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi, khususnya tahun ini. Biarlah Allah yang senantiasa memberikan penghiburan dan kekuatan kepada keluarga yang ditinggalkan.

    e-JEMMi 31/2007



    PARA PENERJEMAH ALKITAB

    Tugas yang diemban seorang penerjemah Alkitab tidaklah ringan. Selain tuntutan keahlian, baik dalam penguasaan bahasa, pengenalan budaya, maupun ketepatan dan keakuratan pemilihan kata, seorang penerjemah Alkitab juga dituntut untuk terus peka mengikuti pimpinan Roh Kudus dalam melakukan tugasnya. Saat ini ada banyak utusan Tuhan yang sedang menjalankan tugas menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa-bahasa suku di Indonesia yang belum memiliki Alkitab dalam bahasa mereka. Mari kita dukung mereka dalam doa.

    Pokok Doa

    1. Doakan para penerjemah Alkitab di berbagai pelosok Indonesia yang sedang melakukan tugas panggilannya. Kiranya Roh Kudus senantiasa menerangi hati dan pikiran mereka sehingga dapat melakukan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

    2. Berikan dukungan doa dan juga dana bagi para penerjemah Alkitab agar mereka dapat melakukan tugasnya tanpa diganggu oleh beban-beban finansial.

    3. Doakan juga agar Allah memberikan hikmat agar mereka bisa teliti, cermat, dan tajam dalam menerjemahkan setiap bagian firman Tuhan. Biarlah mereka taat menerima tuntunan Roh Kudus.

    4. Tenaga penerjemah Alkitab di Indonesia masihlah kurang. Kiranya panggilan Tuhan kepada anak-anak-Nya yang memiliki kemampuan dalam bidang penerjemahan Alkitab ini dapat ditaati sehingga lebih banyak orang bekerja di ladang Tuhan yang sangat kekurangan pekerja ini.

    5. Berdoalah untuk Anda sendiri. Adakah Tuhan memanggil Anda untuk terjun dan terlibat dalam ladang pelayanan-Nya ini?

    e-JEMMi 30/2007



    DOA BAGI KEADILAN DI TANAH PAPUA

    Hari Kamis (5/7) yang lalu, puluhan warga Papua diberitakan mengadakan aksi di depan Istana Negara, Jakarta (Solo Pos, Jumat 6 Juli 2007, hlm. 1). Mereka yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Papua meminta agar pemerintah menindaklanjuti segala masalah pelanggaran HAM, seperti ketidakadilan, diskriminasi, dan segala bentuk kekerasan yang berlangsung cukup lama di tanah Papua. Mari kita berdoa agar keadilan dan penyelesaian masalah HAM di Papua dapat segera terwujud.

    Pokok Doa

    1. Berikan dukungan dalam doa bagi segenap masyarakat Papua yang sampai saat ini masih belum mendapatkan perlindungan dan masih berada dalam tekanan perihal tindak pelanggaran HAM yang masih terjadi. Biarlah kasih setia Allah yang akan menjaga mereka dan tetap memberikan kekuatan untuk bertahan ditengah keadaan yang sulit ini.

    2. Berdoalah juga bagi para pemimpin bangsa ini, agar hati mereka boleh tertuju kepada tanah Papua terlebih lagi dalam menindaklanjuti masalah pelanggaran HAM yang sampai saat ini masih belum teratasi secara tuntas.

    3. Doakan masyarakat Kristen di Papua agar terus diterangi dengan Roh Kudus dan berserah penuh pada otoritas Allah guna menghadapi segala permasalahan tersebut. Berdoalah agar mereka tidak mudah dipicu oleh hal-hal yang tidak sesuai dengan kehendak Allah.

    4. Mari doakan juga para aparat keamanan yang berada di tanah Papua, kiranya mereka dapat menjaga stabilitas keamanan dan dapat memberikan perlindungan bagi segenap masyarakat Papua.

    e-JEMMi 29/2007



    PASCA-SPMB DAN PSB

    Bulan Juli ini menjadi bulan yang sibuk, baik bagi lembaga pendidikan, maupun bagi para siswa dan calon mahasiswa, tentu termasuk orang tua. Setelah penyelenggaraan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), sejumlah ujian saringan masuk lokal yang diadakan oleh lembaga pendidikan negeri maupun swasta segera menyusul. Sementara banyak siswa dan orang tua yang mencari sekolah bagi anak-anaknya untuk melanjut ke jenjang lebih tinggi. Bagi mereka, saat ini pun menjadi masa-masa penantian pengumuman penerimaan.

    Pokok Doa

    1. Mari bersatu hati berdoa bagi para calon pelajar dan calon mahasiswa di seluruh Indonesia yang saat ini sedang menanti hasil Penerimaan Siswa Baru (PSB) dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Kiranya Tuhan memberikan kesabaran dan kesiapan hati untuk menerima setiap hasilnya nanti.

    2. Berdoalah pula agar mereka dapat memanfaatkan masa-masa penantian pengumuman ini dengan bijaksana, khususnya dalam mempersiapkan diri mereka untuk mengikuti serangkaian ujian lokal yang segera dilaksanakan.

    3. Doakan juga para orang tua dan guru agar senantiasa memberikan dukungan, didikan yang bijaksana, serta pengarahan pada anak-anak mereka ini supaya mereka turut memelajari dan mengejar hal yang penting dan mulia untuk diperjuangkan dalam hidup ini.

    4. Berdoa juga bagi para orang tua yang mengalami kesulitan dalam menanggung beban biaya pendidikan. Kiranya Tuhan menolong mereka untuk bisa mendapatkan dana yang cukup guna menyekolahkan anak-anak mereka. Berdoalah agar Tuhan menggerakkan para dermawan dan lembaga-lembaga yang memberi beasiswa untuk menopang mereka yang kekurangan.

    5. Mari kita doakan juga semua institusi pendidikan, dari tingkat terendah sampai perguruan tinggi agar mereka selalu menjadi lembaga yang dapat menjaga kemurnian dan kejujuran berkenaan dengan PSB, SPMB, maupun ujian-ujian lokal yang menyusul penyelenggaraannya.

    6. Sebagian siswa telah diterima di perguruan tingi yang mereka rindukan melalui jalur Pemanduan Minat dan Prestasi (PMP). Doakan agar mereka bersyukur untuk hal ini dan agar mereka dapat terus melihat kehendak Tuhan dalam hidup mereka. Doakan pula calon pelajar dan calon mahasiswa yang ternyata tidak diterima dan belum mendapatkan sekolah yang mereka inginkan, kiranya Tuhan memberi kekuatan sehingga mereka tidak putus asa dan terus berusaha untuk mencari sekolah lain.

    e-JEMMi 28/2007



    BERDOA BAGI PENERJEMAHAN ALKITAB DI PEDALAMAN-PEDALAMAN INDONESIA

    Bahasa terkadang menjadi kendala para misionaris dalam menyampaikan kabar sukacita dari Allah bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat di daerah pedalaman karena firman Tuhan belum diterjemahkan ke banyak bahasa daerah. Peran para misionaris dan pekerja Tuhan lainnya dalam upaya penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa setempat merupakan kontribusi yang besar bagi proses pelaksanaan Amanat Agung Allah tersebut.

    Pokok Doa

    1. Mari berdoa bagi masyarakat di Indonesia yang belum terjangkau oleh firman Tuhan. Biarlah Roh Allah saja yang menggerakkan dan menuntun mereka kepada kebenaran pengenalan akan Allah.

    2. Berdoalah bagi setiap orang dan yayasan/lembaga yang mengupayakan penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa-bahasa di Indonesia. Biarlah Tuhan memberi hikmat, ketelitian, dan semangat yang menyala-nyala dalam proses pengerjaannya.

    3. Doakan pula agar Allah mencukupkan kebutuhan dana yang diperlukan untuk proses penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa-bahasa di Indonesia ini.

    4. Satukan hati untuk berdoa bagi para misionaris yang juga berupaya memberikan kontribusi bagi penerjemahan Alkitab di beberapa wilayah pedalaman di Indonesia. Biarlah Roh Allah yang memberikan hikmat dan kesabaran dalam upaya penerjemahan tersebut.

    5. Berdoalah agar segala usaha penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa-bahasa di pedalaman Indonesia semakin banyak yang terealisasi. Dengan demikian, semakin banyak pula jiwa-jiwa yang akan mengenal kebenaran firman Allah dalam bahasanya.

    e-JEMMi 27/2007



    PENDIDIKAN DI INDONESIA

    Pendidikan adalah hak asasi setiap warga negara Indonesia. Lembaga pendidikan adalah tempat peserta didik untuk belajar berpikir, mendengarkan, dan mengasah nurani. Namun demikian, cita-cita luhur ini kadang tidak terjadi sesuai dengan prinsip pendidikan yang dirindukan. Contohnya, kekerasan yang terjadi di STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri), yang kemudian berganti nama menjadi IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), menambah daftar panjang permasalahan mendasar dalam pendidikan di Indonesia. Lembaga pendidikan justru diwarnai dengan kekerasan dan merendahkan martabat manusia.

    1. Mari berdoa bagi institusi pendidikan di Indonesia tercinta ini, baik dari pemerintah yang berperan di bidang pendidikan, pengurus institusi pendidikan, guru dan murid, masyarakat secara luas, serta keluarga sebagai tempat pendidikan pertama bagi anak. Biarlah Tuhan menaruh hikmat kepada mereka untuk menentukan arah pendidikan yang berorientasi pada ketajaman nurani dan akal budi.

    2. Berdoa bagi semua guru dan khususnya guru Kristen agar mereka dapat menjadi salah satu motor dalam pendidikan di negara ini. Kiranya Tuhan memperjelas panggilan dan motivasi mereka sehingga mereka dapat dengan sepenuh hati mendedikasikan diri demi kemajuan bangsa Indonesia dan terutama bagi kemuliaan nama Tuhan.

    3. Berdoa bagi para siswa dan mahasiswa Kristen agar mereka diberikan kemampuan dari Allah untuk lebih bertanggung jawab mengembangkan talenta dan menggali potensi yang ada melalui pendidikan mereka dengan sebaik-baiknya.

    4. Berdoa juga bagi para pengurus sekolah-sekolah maupun yayasan Kristen, kiranya pelayanan yang mereka berikan hanya bagi kemuliaan Tuhan dan kemajuan bangsa Indonesia.

    5. Berdoa bagi keluarga-keluarga Kristen yang memiliki anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Kiranya Tuhan memberikan kemampuan untuk bersabar dalam mengasuh dan memberikan perhatian akan pendidikan anak-anaknya.

    e-JEMMi 26/2007



    BERDOA BAGI ANAK KORBAN HIV/AIDS

    Kasus AIDS pertama kali dilaporkan di Indonesia pada 1987, yang menimpa seorang warga negara asing di Bali. Tahun berikutnya mulai dilaporkan adanya kasus di beberapa provinsi. Sampai akhir September 2003, ada 1.239 kasus AIDS dan 2.685 kasus HIV yang telah dilaporkan. Para ahli memperkirakan bahwa hingga saat ini terdapat antara 90.000-130.000 orang Indonesia yang hidup dengan HIV. Sehingga dengan menggunakan perhitungan angka kelahiran sebesar 2,5%, diperkirakan terdapat 2.250 hingga 3.250 bayi yang mempunyai risiko terlahir dengan infeksi HIV. Pola penyebaran infeksi yang umum terjadi adalah melalui hubungan seksual, kemudian diikuti dengan penularan melalui penggunaan napza suntik.

    Sumber : Situs BAPPENAS
    Alamat URL : http://www.bappenas.go.id/index.php?module=Filemanager&
    func=download&pathext=ContentExpress/&view=8/IndonesiaMDG_BI_Goal6.pdf
    1. Satukan hati kita dalam doa bagi anak-anak korban HIV/AIDS di Indonesia, termasuk anak-anak yang menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal akibat AIDS. Kiranya kasih setia Allah selalu menyertai dan membesarkan hati mereka sehingga mereka tetap berjuang dalam hidupnya.

    2. Berdoa juga bagi keluarga atau orang tua anak-anak pengidap HIV/AIDS agar mereka bergantung hanya kepada Tuhan di sisa hidup mereka. Doakan juga agar para orang tua ini diberi keteguhan dalam membesarkan anak-anak mereka yang juga tertular HIV/AIDS.

    3. Berdoa bagi masyarakat di sekitar anak-anak korban HIV/AIDS dan anak-anak yatim piatu korban HIV/AIDS agar mereka tidak melakukan diskriminiasi dan mengucilkan anak-anak tersebut. Kiranya masyarakat juga semakin sadar dan memahami penyakit ini dengan benar.

    4. Mohonkan pula hikmat dan pengetahuan dari Allah bagi pemerintah dan praktisi kesehatan di Indonesia, kiranya dengan hikmat dan pengetahuan tersebut, mereka dapat terus melakukan penelitian dan mengupayakan obat antipenyakit HIV/AIDS ini.

    e-JEMMi 25/2007



    BERDOA BAGI ANAK YATIM (PIATU) KORBAN GEMPA BUMI
    DI YOGYAKARTA DAN JAWA TENGAH

    Setahun lebih sudah berlalu sejak terjadinya bencana gempa bumi yang meluluhlantakkan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sedikit demi sedikit, pembangunan mulai terlaksana di beberapa tempat. Akan tetapi, kehilangan orang tua, anak, atau sanak saudara masih menyisakan luka tersendiri. Terlebih lagi, anak yatim (piatu) yang masih harus berjuang sendiri hingga saat ini. Mari kita bersatu hati berdoa bagi anak-anak yatim korban gempa bumi di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

    1. Berdoalah bagi setiap orang yang berbagian dalam merawat anak-anak yang menjadi yatim (piatu) pasca gempa Yogya dan Jawa Tengah agar dengan tekun dan sabar melayani anak-anak tersebut. Doakan pula agar anak-anak tersebut dapat sepenuhnya pulih dari trauma yang mereka alami.

    2. Doakan agar anak-anak ini juga dapat kembali melanjutkan kehidupan mereka dengan layak, termasuk kesempatan melanjutkan pendidikan.

    3. Mari kita berdoa bagi pemerintah Indonesia agar diberi hikmat bijaksana dari Allah untuk memperhatikan anak-anak yatim (piatu) korban bencana alam, baik di Yogyakarta dan Jawa Tengah maupun tempat-tempat lain di Indonesia yang mengalami bencana akhir-akhir ini.

    4. Doakan agar anak-anak yatim (piatu) korban bencana dihindarkan dari pihak-pihak tertentu yang ingin memanfaatkan keberadaan mereka untuk maksud yang tidak baik -- beberapa hal yang mengkhawatirkan belakangan ini adalah perdagangan anak, prostitusi, dan pelanggaran lainnya.

    5. Berdoa juga bagi masyarakat Kristen Indonesia di mana pun mereka berada, termasuk kita, agar peka terhadap penderitaan yang terjadi dan digerakkan oleh kasih Tuhan untuk tanpa pamrih membantu sesama yang membutuhkan bantuan.

    e-JEMMi 24/2007



    DOA UNTUK ANAK-ANAK KORBAN PERANG AMBON

    Konflik sosial yang terjadi Ambon dan beberapa tempat di Indonesia telah menyebabkan penderitaan bagi rakyat, tak terkecuali anak-anak. Sering kali anak-anak korban konflik harus melihat, bahkan mengalami secara langsung segala macam bentuk kekerasan akibat perang. Tidak sedikit dari mereka yang menjadi anak yatim piatu. Mari satukan hati dan berdoa bagi mereka.

    1. Berdoa bagi anak yatim korban perang Ambon yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, di beberapa panti asuhan, dan beberapa tempat perlindungan anak. Kiranya kasih setia Allah saja yang akan menjaga mereka. Biarlah mereka tetap kuat dalam Tuhan dan mengandalkan-Nya dalam segala perkara atas hidup mereka.

    2. Doakan pula panti-panti asuhan dan tempat-tempat perlindungan anak yang sampai saat ini menampung anak-anak yatim korban perang Ambon, kiranya Allah memberikan hati yang bijaksana dan penuh kesabaran kepada mereka dalam menjaga dan merawat anak-anak tersebut.

    3. Mari satukan hati kita untuk berdoa bagi kehidupan rohani anak-anak Kristen yang menjadi korban perang di Ambon. Kiranya, Roh Kudus selalu menerangi hati dan pikiran mereka untuk senantiasa melihat kasih Allah yang luar biasa atas pemeliharaan dalam hidup mereka.

    4. Berdoalah juga bagi anak-anak yang sampai saat ini masih mengalami trauma. Mohonkanlah pemulihan dari Tuhan melalui orang-orang yang ada di sekitar anak-anak tersebut.

    5. Berdoa juga bagi pemerintah Indonesia agar segera mengambil langkah yang bijaksana dalam menyelesaikan berbagai konflik di wilayah Indonesia, yang sampai saat ini masih bermunculan. Kiranya, hikmat agung dari Allah senantiasa bekerja atas pemimpin di negara kita.

    e-JEMMi 23/2007



    PELAYANAN RUMAH SAKIT KRISTEN

    Pelayanan publik adalah sebuah pelayanan paling primer bagi kebanyakan masyarakat. Salah satu pelayanan publik yang sangat penting dan utama adalah pelayanan jasa kesehatan, yaitu rumah sakit. Keberadaan pelayanan rumah sakit paling banyak menyentuh semua ranah lapisan masyarakat. Mari kita mengucap syukur kepada Tuhan untuk orang-orang Kristen yang telah terlibat dalam penyediaan pelayanan rumah sakit.

    1. Mengucap syukur kepada Tuhan atas penyertaan yang telah diberikan kepada berbagai rumah sakit Kristen yang telah bersedia membuka jasa kesehatan bagi banyak jiwa yang membutuhkan.

    2. Berdoa agar rumah sakit Kristen di Indonesia menjadi tempat penyaluran berkat bagi banyak orang di Indonesia. Dengan demikian, Kristus semakin dimuliakan dengan keberadaan setiap rumah sakit Kristen tersebut.

    3. Mari kita berdoa bagi orang-orang yang bersangkutan, baik pemimpin yayasan, para dokter, perawat, dan para pegawai, sehingga mereka dapat menjadi perpanjangan tangan Allah. Biarlah kasih setia Allah terpancar melalui pelayanan yang mereka lakukan kepada masyarakat.

    4. Dukunglah dalam doa segenap kelangsungan kebutuhan, baik dana, maupun daya. Kiranya, Tuhan selalu mencukupkan.

    5. Berdoa bagi pelayanan rumah sakit, baik di daerah pelosok di seluruh Indonesia, maupun yang ada di kota. Kiranya, mereka bahu-membahu dalam melaksanakan misi Allah di dunia ini.

    e-JEMMi 22/2007



    KEGERAKAN INDONESIA BERDOA 2007

    Jaringan Doa Sekota, bersama dengan gereja-gereja di lima ratus kota di Indonesia, akan menyelenggarakan Kegerakan Indonesia Berdoa dalam rangka Hari Doa Sedunia (Global Day of Prayer) yang jatuh pada bulan Mei 2007. Mari berdoa dan terlibat dalam acara ini.

    "Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu."
    (Yeremia 29:7)

    Pokok Doa

    1. Bersama seluruh umat Kristen di Indonesia, mari kita ikut terlibat mendukung acara ini dengan mengadakan persekutuan doa khusus di gereja masing-masing. Doakanlah agar seluruh anggota jemaat juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan doa ini.

    2. Berdoa agar kegerakan ini dapat menjadi awal kebangunan rohani di kota dan gereja masing-masing. Doakan juga agar semangat melayani, kesungguhan memenangkan jiwa, dan ketekunan belajar firman Tuhan dibangunkan.

    3. Doakan pendoa-pendoa syafaat di gereja-gereja, kiranya, dapat menjadi motor bagi kegerakan doa di kota-kota di Indonesia.

    4. Ada banyak pertemuan doa yang akan diadakan di berbagai kota. Berdoalah agar tercipta kesatuan hati di antara umat yang berdoa bagi kota masing-masing.

    5. Mari memohon agar Tuhan memakai aparat keamanan untuk mengamankan berbagai pertemuan doa yang diadakan. Mohonkan perlindungan Tuhan agar pelaksanaan pertemuan-pertemuan tersebut berjalan dengan baik.

    6. Berdoalah juga bagi tindak lanjut dari Kegerakan Doa Indonesia ini. Biarlah kegiatan ini tidak hanya berlangsung sesaat, lalu dilupakan. Doakan agar semangat untuk terus berdoa bagi pekerjaan Tuhan di berbagai tempat, tetap menyala.

    e-JEMMi 21/2007



    BERDOA BAGI PARA DOKTER KRISTEN

    Zaman semakin maju, ilmu pengetahuan semakin meningkat pesat. Kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang baik dan memadai semakin menjadi tuntutan tersendiri. Kredibilitas seorang dokter semakin dipertaruhkan dalam kinerja pelayanannya bagi masyarakat banyak. Mari kita berdoa bagi dokter-dokter Kristen di Indonesia, agar mereka tetap bersemangat di dalam Tuhan sebagai rekan sekerja Allah dalam misi penyelamatan-Nya bagi manusia.

    1. Mengucap syukur atas panggilan yang telah diberikan Tuhan kepada para dokter Kristen. Kiranya, mereka dapat mengabdikan diri sepenuhnya bagi masyarakat luas, sehingga kemuliaan dan kasih Tuhan terpancar melalui mereka.

    2. Doakan pelayanan para dokter Kristen baik yang di kota maupun daerah pedalaman. Kiranya, Tuhan selalu memberikan perlindungan kepada mereka. Kiranya, tangan-tangan hangat mereka akan menolong banyak orang yang sakit di mana pun mereka berada.

    3. Doakan supaya Tuhan juga selalu memberkati keluarga para dokter Kristen, sehingga mereka mempunyai hati yang mau memahami tugas dan panggilannya untuk melayani banyak jiwa bagi Kristus.

    4. Berikan dukungan dalam doa, bagi dokter-dokter Kristen dalam menyaksikan kabar keselamatan kepada jiwa-jiwa yang belum mengenal Yesus, sang Juru Selamat sejati. Biarlah tidak hanya jasmani pasien saja yang diperhatikan, tapi juga kerohaniannya.

    5. Doakan juga agar Tuhan terus membuka kesempatan dan memberikan keberanian kepada para dokter Kristen untuk bisa menyaksikan kuasa Tuhan, Tabib dari segala tabib. Berdoalah agar bukan kesombongan pribadi yang bertahta atas mereka.

    6. Mintakan kepada Tuhan agar para dokter Kristen ini selalu terdorong untuk terus mempelajari pengetahuan terbaru dalam bidangnya, sehingga mampu meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, supaya semakin baik.

    e-JEMMi 20/2007



    BERDOA BAGI PERAWAT KRISTEN

    Keberadaan perawat merupakan salah satu tulang punggung dari sebuah pelayanan kesehatan masyarakat (rumah sakit). Mereka mengabdikan hidupnya untuk dipakai menjadi berkat bagi orang lain yang membutuhkan. Mari berdoa bagi para perawat Kristen yang telah memberikan sepenuh hidupnya untuk melayani orang lain.

    1. Berdoa bagi para perawat Kristen yang telah memberikan diri sepenuhnya untuk merawat, membimbing, dan mengobati para pasien dengan penuh kesabaran. Kiranya mereka beroleh hikmat dari Allah dalam setiap pelayanan yang mereka lakukan.

    2. Para perawat yang berada di daerah terpencil sering bergumul dan gelisah karena stok obat-obatan yang habis, padahal mereka harus menolong pasien-pasien yang sangat membutuhkannya. Doakanlah mereka agar terus berharap pada Tuhan. Berdoalah juga agar Tuhan mengirimkan obat-obatan yang dibutuhkan.

    3. Berdoa bagi para perawat Kristen. Semoga dalam setiap pelayanannya, mereka selalu meneladani Kristus yang mengajarkan mereka untuk melayani dengan tulus dan tanpa pamrih.

    4. Mohonkanlah keberanian dari Tuhan bagi para perawat Kristen untuk menyaksikan imannya kepada orang-orang yang dilayani. Biarlah keselamatan Tuhan juga boleh diterima oleh mereka.

    5. Doakan para perawat Kristen di Indonesia yang sampai saat ini masih belum mendapatkan tempat pelayanan, kiranya sembari menanti penempatan, mereka dapat mengaplikasikan keterampilan mereka di tengah keluarga dan masyarakat, sejauh dibutuhkan.

    6. Doakan setiap anggota keluarga dari para perawat, agar mereka dapat berbagi beban dan merelakan anggota keluarganya yang melayani sepenuh waktu sebagai perawat.

    e-JEMMi 19/2007



    DOAKAN PELAYANAN RUMAH SAKIT KRISTEN DI INDONESIA

    Pada tanggal 21 September 2006, Persekutuan Pelayanan Kristen untuk Kesehatan di Indonesia (Pelkesi) menyelenggarakan Konferensi Rumah Sakit Kristen se-Indonesia yang dilaksanakan di Yogyakarta. Dihadiri oleh Menteri Kesehatan Dr. dr. Siti Fadilah Supari, Sp. JP (K), konferensi ini menjawab segala persoalan Rumah Sakit anggota Pelkesi dalam mengantisipasi tuntutan masyarakat, yaitu pelayanan yang berkualitas yang mampu memuaskan keinginan masyarakat banyak. Pada kesempatan ini dirumuskan juga tentang Rumah Sakit Kristen yang senantiasa menjalankan misi sosial, yakni melayani semua orang yang membutuhkan penyembuhan dan perawatan tanpa membedakan yang kaya maupun yang miskin.

    Sumber: http://www.depkes.go.id/index.php?option=news&task=viewarticle&sid=2234&Itemid=2

    1. Doakan Persekutuan Pelayanan Kristen untuk Kesehatan di Indonesia (Pelkesi) dalam melaksanakan misinya kepada masyaraka Indonesia secara luas. Biarlah semua rumah sakit Kristen di seluruh Indonesia dipakai Allah sebagai perpanjangan tangan Tuhan dalam menjangkau banyak jiwa yang ingin mengenal kasih yang sesungguhnya.

    2. Berdoa agar beberapa tujuan konferensi rumah sakit Kristen tersebut dapat tercapai, di antaranya upaya-upaya pengembangan kebersamaan dalam pengembangan pelayanan rumah sakit bagi masyarakat luas.

    3. Doakan seluruh pelayan rumah sakit Kristen dan rumah sakit umum di seluruh Indonesia, baik dokter, perawat, maupun seluruh karyawan. Biarlah mereka mampu melayani dengan tulus dan senantiasa memberikan penghiburan bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan dan bisa menjadi berkat bagi banyak orang.

    4. Berdoalah agar Tuhan mencukupi kebutuhan peralatan medis yang diperlukan oleh setiap rumah sakit Kristen Indonesia, terlebih lagi rumah sakit kecil yang masih minim peralatan dan tenaga medis.

    5. Doakan juga yayasan-yayasan yang bertanggung jawab atas perkembangan seluruh rumah sakit Kristen di Indonesia. Biarlah hikmat dari Tuhan saja yang memimpin mereka dalam mengelola rumah sakit yang dikelola yayasan tersebut. Kiranya yayasan-yayasan tersebut lebih menekankan pada kasih yang menjangkau setiap pasiennya daripada materi.

    e-JEMMi 18/2007



    PROSES PERADILAN DI INDONESIA

    Akhir-akhir ini, dunia pengadilan di Indonesia bak benang kusut yang makin lama makin meresahkan. Banyak kasus yang tidak terselesaikan dan dibiarkan berlarut-larut tanpa ada keputusan yang berarti. Banyak undang-undang baru disusun, namun konsistensi dalam menjalankan keputusan tidak berlaku transparan. Pengadilan yang seharusnya menjadi tempat yang bersih dari praktik-praktik manipulasi, kolusi, dan korupsi ternyata malah jadi ladang emas bagi pihak-pihak tertentu. Mari kita berdoa bagi proses peradilan seutuhnya di negara Indonesia tercinta ini.

    1. Berdoalah bagi proses demokratisasi di Indonesia. Kiranya undang-undang yang telah disusun dapat ditegakkan dan dijalankan secara konsisten oleh institusi pengadilan Indonesia.

    2. Doakan agar dunia persidangan tidak menjadi ajang legalisasi dari jargon "salah dibenarkan" atau "benar disalahkan". Berdoa agar pengadilan di Indonesia sungguh-sungguh menjadi tempat yang tepat untuk memperjuangkan keadilan yang sebenarnya.

    3. Doakan pula para hakim, jaksa, pengacara, terdakwa sampai ke saksi agar diberikan hikmat dari Allah dalam segala persidangan, terlebih kepada anak-anak Tuhan yang berbagian di dalamnya. Berdoalah agar setiap kasus yang sedang disidangkan dapat terlaksana dengan jujur dan tanpa praktik-praktik KKN. Hikmat Allah, Hakim yang paling adil sajalah kiranya yang bekerja atas mereka.

    4. Berdoa bagi beberapa kasus peradilan yang sedang berjalan, seperti kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir, kasus IPDN, perjuangan para masyarakat Sidoarjo dalam kasus lumpur Lapindo, beberapa kasus korupsi para pejabat seperti kasus penyelewengan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), dan beberapa kasus peradilan lainnya di Indonesia. Biarlah kebenaran boleh dinyatakan atas kasus-kasus pengadilan tersebut.

    5. Berdoa bagi keluarga yang anggota keluarganya terlibat dalam kasus-kasus peradilan di Indonesia. Kiranya selain diberi kesabaran dalam mendampingi keluarganya yang terlibat dalam proses peradilan tersebut, mereka pun bisa menerima keadilan yang dinyatakan dengan besar hati.

    6. Doakan pula keluarga para pejabat pengadilan, agar senantiasa mendorong penegakan keadilan, serta mengingatkan kalau para pejabat tersebut mulai menyimpang.

    e-JEMMi 17/2007



    YAYASAN LEMBAGA SABDA (YLSA)

    Walaupun Anda mungkin tidak merasa mengenal YLSA YLSA, namun sebenarnya Anda cukup akrab dengan yayasan ini. Karena YLSA adalah yayasan yang menaungi penerbitan Publikasi Elektronik e-JEMMi ini. Untuk mengenal lebih jauh silakan simak informasi berikut ini.

    YLSA adalah yayasan Kristen nonprofit terbesar di Indonesia yang bergerak dalam bidang pelayanan elektronik (komputer dan internet). Sesuai dengan visinya, yaitu untuk menjadi "hamba elektronik" yang menyediakan pusat sumber bahan, khususnya bahan biblika, Alkitab dan bahan-bahan kekristenan lain dalam bentuk digital, maka dalam melaksanakan pelayanannya YLSA melakukan misi:

    • membuat dan membagikan CD SABDA (Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat),
    • membangun situs-situs sumber bahan kekristenan yang terlengkap,
    • menerbitkan publikasi-publikasi elektronik Kristen, dan
    • membangun komunitas pembelajaran tersambung (online) Kristen.

    Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang yayasan ini, silakan berkunjung ke situs YLSA. Di sana Anda bisa melihat dengan lebih lengkap visi misi, sejarah, produk pelayanan, rencana masa depan, berita terbaru, dan lain-lain. Dan bagi Anda yang tergerak untuk berpartisipasi dalam pelayanan ini, silakan berdoa untuk kebutuhan-kebutuhan mereka ini.

    Pokok Doa:

    1. Bersyukur untuk produk-produk pelayanan YLSA yang telah tersebar di kalangan masyarakat Kristen Indonesia, kiranya terus menjadi berkat. Misalnya, software Alkitab SABDA, situs-situs, publikasi, pendidikan teologia jarak jauh, dan komunitas milis.

    2. Ada banyak proyek yang sedang dan akan dikerjakan. Berdoalah agar proyek-proyek, seperti peningkatan (upgrade) situs SABDAweb, proyek interlinier, proyek e-library, dan proyek-proyek lain dapat terlaksana.

    3. Doakan agar Tuhan mengirimkan sumber daya manusia yang dibutuhkan. Kiranya Tuhan menggerakkan mereka yang memiliki kemampuan "programming", menerjemahkan, serta menulis untuk terlibat dalam pelayanan ini.

    4. Berdoa untuk para mitra pelayanan YLSA yang bergandeng tangan terlibat melayani masyarakat Kristen Indonesia lewat media internet. Biarlah kerja sama ini bisa membuahkan kelebaran bagi Kerajaan Allah.

    5. Berdoalah juga bagi setiap orang yang mendukung dalam doa dan dana, kiranya Tuhan mencukupi kebutuhan mereka. Bersama merekalah pelayanan YLSA bisa semakin maksimal dan berkembang.

    6. Soli Deo gloria. Terpujilah Tuhan untuk setiap penyertaan-Nya.

    e-JEMMi 16/2007



    STASIUN RADIO KRISTEN DI INDONESIA

    Di bawah ini ada daftar stasiun radio Kristen yang kami ketahui. Mereka adalah ujung tombak pelayanan bagi tempat-tempat yang belum terjangkau oleh Injil, termasuk mereka yang hidup di kota-kota besar yang belum pernah mendengar tentang kasih Kristus. Bawalah mereka satu-persatu dalam doa supaya melalui acara mereka dan oleh anugerah Tuhan, banyak orang yang belum percaya bisa dimenangkan, sedangkan bagi yang sudah percaya, iman mereka semakin dikuatkan.

    Apabila Anda yang mengetahui nama-nama stasiun radio Kristen yang lain yang belum tercantum di sini, silakan memberitahukan ke: < staf-misi(at)sabda.org > dan menambahkannya di daftar doa Anda. Terima kasih.

    Nama Radio (dan kota tempat stasiun radio ini berada)

    Bahtera Hayat AM (Kuala Kapuas)

    Cristy FM (Makassar - Sulsel)

    El Shaddai FM (Surakarta)

    Heartline FM (Pulau Bali)

    Heartline FM (Lampung)

    Heartline FM (Samarinda)

    Harmoni FM (Blitar)

    Immanuel FM (Surakarta)

    Langgadopi FM (Tentena)

    Lizbeth AM (Kupang)

    Maestro FM (Bandung)

    Madah Arta Swarga (MARS) FM (Palu)

    Mensana FM (Batu)

    Nafiri FM (Tasikmalaya)

    Petra FM (Sleman - Yogya)

    Sahabat Kehidupan FM (Madiun)

    Solagracia FM (Malang)

    Suara Gratia FM (Cirebon)

    Sumber Kasih FM (Manado - Sulut)

    Suara Pengharapan FM (Waingapu - NTT)

    Swaranusa Bahagia AM (Jayapura - Papua)

    Swara Kemenangan FM (Manokwari - Papua)

    Swara Lembah Baliem AM (Wamena - Papua)

    Swara Malole FM (Pulau Rote)

    Syallom FM (Tobelo)

    1. Doakan agar fokus utama pelayanan mereka adalah untuk memberitakan Kabar Sukacita Yesus Kristus sehingga dalam setiap kesempatan mereka boleh dipakai Tuhan untuk menjangkau jiwa-jiwa.

    2. Berdoa juga agar mereka memiliki kreativitas guna mengembangkan program-program siaran yang ada, supaya melalui pilihan acara mereka banyak orang tertarik untuk mendengarkan siaran mereka.

    3. Radio-radio tersebut juga membutuhkan dana untuk menjaga kelangsungan siaran mereka. Oleh karena itu, berdoalah agar Tuhan dapat mencukupi kebutuhan dana tersebut. Biarlah jemaat Tuhan juga ikut berpartisipasi mendukung pelayanan mereka secara finansial.

    4. Doakan pula para staf yang memiliki panggilan pelayanan radio ini, supaya hati mereka sungguh-sungguh bertekad untuk menjangkau jiwa-jiwa yang merindukan kasih Tuhan.

    e-JEMMi 15/2007



    PERSIAPAN PASKAH

    Menjelang persiapan Paskah tahun ini, mari kita berdoa untuk beberapa pokok doa berikut.

    1. Berdoa agar berita Paskah dari Injil Yesus Kristus bisa didengungkan di gereja-gereja atau tempat-tempat pertemuan yang merayakan Paskah.

    2. Berdoalah bagi setiap orang yang mendapat kesempatan untuk mendengarkan berita Injil. Berdoalah juga agar Roh Kudus berkenan memelihara benih Injil yang ditaburkan itu.

    3. Doakan agar setiap media yang ada, seperti televisi, radio, dan media lainnya dapat menjadi media yang efektif untuk memberitakan berita Paskah Yesus Kristus. Berdoalah agar Tuhan memberkati penjangkauan jiwa-jiwa melalui media ini.

    4. Doakan agar ada kesempatan untuk menaburkan kasih Kristus, baik melalui aksi sosial, maupun bantuan-bantuan pelayanan kemasyarakatan lain selama Paskah. Biarlah kegiatan tersebut menjadi perpanjangan tangan Allah untuk membantu kebutuhan mereka yang sedang kekurangan.

    5. Berdoa juga untuk keamanan selama perayaan Paskah minggu ini. Kiranya Tuhan memberikan kepekaan kepada pemerintah setempat peka agar dapat bertindak bijaksana dalam mencegah tindakan-tindakan yang tidak diinginkan dari orang-orang yang ingin mengacaukan perayaan Paskah di Indonesia atau di negara-negara lain di dunia.

    e-JEMMi 14/2007



    PELAYANAN ORGANISASI MISI

    Pekerjaan misi yang Tuhan percayakan kepada umat-Nya di Indonesia sangat besar, karena itu tidak mungkin dikerjakan hanya oleh segelintir orang. Perlu ada kelompok-kelompok anak Tuhan yang dimobilisasi untuk misi sehingga memiliki komitmen untuk mengerjakan bagian-bagian yang bisa mereka kerjakan. Melalui bagian-bagian itu, lambat atau cepat, keseluruhan pekerjaan misi bisa dicapai dengan pasti.

    1. Berdoa untuk kesatuan hati para pemimpin organisasi misi sehingga kerja sama yang harmonis bisa terjalin dan mereka bisa mengerjakan tugas sesuai dengan panggilan yang Tuhan percayakan pada mereka masing-masing.

    2. Doakan pula agar masing-masing organisasi misi memiliki kejelasan visi pelayanan. Dengan demikian, tidak terjadi tumpang-tindih pelayanan yang membuatnya menjadi tidak efektif.

    3. Pekerjaan misi sangat besar, tapi jumlah organisasi misi yang ada masih belum memadai. Oleh karena itu, doakan agar Tuhan membangkitkan lebih banyak anak-anak-Nya untuk membuka ladang pelayanan yang strategis di berbagai tempat di bumi nusantara ini.

    4. Berdoa agar Tuhan memberikan hikmat bijaksana kepada para pemimpin organisasi misi sehingga mereka bisa mengerjakan pelayanan, bukan hanya dengan hati yang tulus, melainkan juga dengan pikiran yang cerdik.

    5. Banyak gereja dan orang Kristen yang belum memberikan perhatian kepada kebutuhan organisasi misi sehingga belum banyak dukungan yang mereka berikan. Doakan kiranya ada lebih banyak kesempatan membagikan visi tentang pelayanan organisasi misi di gereja-gereja sehingga umat Tuhan bisa lebih terbuka wawasannya untuk memberikan bantuan kepada mereka.

    6. Mohonkanlah kecukupan sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh setiap organisasi misi. Kiranya Tuhan membangkitkan anak-anak-Nya dari berbagai profesi untuk mau memberikan hidup dan talenta mereka bagi pelebaran pekerjaan Tuhan di ladang misi.

    e-JEMMi 13/2007



    KKR SISWA DI SOLO

    Pada tanggal 16 Maret 2007 lalu, STEMI bekerja sama dengan guru-guru Agama Kristen Solo mengadakan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Paskah untuk siswa-siswa SD dan juga SMP, SMU serta SMK. Sambutan terhadap acara ini sangat menggembirakan sehingga sekitar 8.000 siswa dan lebih dari seratus guru turut menghadirinya.

    1. Doakan untuk siswa-siswa yang telah mengisi kartu keputusan untuk menerima Kristus. Kiranya iman mereka terus dipelihara oleh Tuhan sehingga dapat bertumbuh terus.

    2. Berdoalah agar kerja sama yang telah terbina di antara para guru Agama Kristen dari berbagai sekolah dapat terus berlanjut di masa mendatang.

    3. Doakan pula tindak lanjut yang akan diadakan dengan merintis pendirian persekutuan-persekutuan siswa bagi sekolah-sekolah yang belum memiliki persekutuan siswa di sekolah mereka.

    4. Mohonkanlah kepada Tuhan kebangkitan kerohanian angkatan muda di kota Solo. Biarlah Tuhan mempersiapkan mereka untuk menjadi generasi penerus gereja yang setia dan taat kepada kebenaran Tuhan.

    e-JEMMi 12/2007


    MISI DI GEREJA-GEREJA

    Walaupun belum banyak gereja di Indonesia yang menyadari pentingnya pelayanan misi, bukan alasan bagi kita untuk berhenti berdoa bagi pelayanan misi di Indonesia. Sebaliknya, hal ini seharusnya memacu kita agar semakin sungguh-sungguh berdoa memohon pertolongan Tuhan.

    Pokok doa :

    1. Sering kali pelayanan misi dianggap bukan sebagai pelayanan utama yang menjadi prioritas gereja. Hal ini disebabkan karena wawasan misi belum dibukakan bagi hamba Tuhan dan jemaat. Doakan agar Roh Kudus mengerakkan hamba Tuhan dan jemaat sehingga gereja memiliki kesadaran untuk terlibat dalam pekerjaan Amanat Agung.

    2. Mengucap syukurlah untuk gereja-gereja yang sudah memiliki persekutuan doa misi sebagai bagian dari pelayanan gereja mereka. Berdoalah agar lebih banyak lagi gereja-gereja yang terlibat, baik dalam pelayanan doa misi maupun terjun langsung dalam pelayanan di ladang misi dengan mengirimkan misionaris.

    3. Berdoa bagi setiap gereja yang sudah terlibat dalam pelayanan misi ini agar mereka terus membagikan visi ini kepada gereja-gereja yang belum terlibat. Dengan demikian, semakin banyak jiwa yang terjangkau oleh kebenaran Injil Kristus.

    4. Berdoa bagi gereja-gereja yang saat ini telah memiliki utusan-utusan misi di berbagai tempat. Kiranya mereka terus setia mendukung utusan-utusan misi ini dengan doa dan dana sehingga pekerjaan Tuhan dapat terus terlaksana dengan baik.

    5. Bagi anak-anak Tuhan dari berbagai gereja yang saat ini sedang bergumul untuk terlibat dalam pekerjaan misi. Doakan agar gereja-gereja dapat mendukung mereka dan mengarahkan mereka untuk menemukan ladang misi yang tepat.

    e-JEMMi 11/2007



    PARA UTUSAN

    Pokok Doa:
    1. Mari mengucap syukur untuk anak-anak Tuhan yang terpanggil untuk melayani di ladang misi sebagai utusan. Berdoalah agar Bapa yang mempunyai tuaian mengirimkan lebih banyak lagi pekerja.

    2. Ketakutan akan tempat baru, suasana baru, lingkungan baru, dan segala sesuatu yang baru mungkin dirasakan oleh saudara-saudara kita yang hendak terjun ke ladang misi. Dukunglah mereka dalam doa agar dikuatkan dan diteguhkan selalu.

    3. Doakan agar mereka (yang akan menjadi utusan) tidak gentar dan merasa kecut karena Tuhanlah yang akan berjalan di depan mereka.

    4. Berdoalah agar janji-janji Tuhan yang tersemat di dalam hati mereka bisa menjadi semangat bagi mereka untuk melangkah.

    5. Doakan agar Roh Kudus senantiasa menolong mereka dalam bekerja sama dengan orang-orang yang akan terlibat dengan mereka.

    6. Umumnya para utusan ini akan mengikuti sejumlah pelatihan guna memperlengkapi pelayanan mereka di ladang misi. Doakan agar Tuhan memberikan kemampuan, kesehatan, dan kekuatan untuk setiap pelatihan yang mereka ikuti.

    e-JEMMi 10/2007



    PASCABANJIR

    Pokok Doa:

    1. Mari mengucap syukur atas bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh banyak pihak untuk para korban banjir di Jakarta. Bersyukurlah juga karena setiap masyarakat bahu-membahu dalam menghadapi bencana ini.

    2. Banjir membawa tumpukan sampah-sampah yang akhirnya menjadi gunungan sampah. Doakan agar pemerintah daerah Jakarta dapat mencari solusi dengan keberadaan sampah yang menggunung agar tidak menjadi sumber bibit penyakit baru.

    3. Berdoalah bagi para korban banjir yang sampai saat ini masih tinggal di tenda-tenda. Berdoalah agar Tuhan juga menganugerahkan kesehatan kepada mereka selama berada di tenda-tenda darurat. Berdoa pula agar Tuhan memberi kecukupan bahan-bahan kebutuhan dasar, seperti makanan, pakaian, air bersih, dan sarana MCK.

    4. Banjir juga menyebabkan kerusakan pada sarana dan prasana umum serta pada rumah-rumah penduduk. Berdoalah agar semuanya bisa kembali normal, sarana dan prasarana umum dapat segera diperbaiki, serta ada bantuan dana bagi rumah-rumah penduduk yang rusak.

    5. Berdoa juga agar masyarakat dapat bekerja-sama/bergotong royong memperbaiki yang rusak bersama-sama pemerintah.

    6. Berdoalah agar kegiatan ekonomi dapat kembali pulih dan berjalan normal lagi.

    e-JEMMi 09/2007



    PERSEKUTUAN-PERSEKUTUAN DOA

    Pokok Doa:

    1. Mari menaikkan syukur atas persekutuan-persekutuan doa yang kini ada. Berdoalah agar persekutuan-persekutuan doa ini sungguh-sungguh dapat menjadi corong untuk mendoakan pekerjaan Tuhan di seluruh dunia.

    2. Sebelum menanami ladangnya, para petani terlebih dahulu harus membersihkan ladang itu dari tanaman liar. Begitu juga dengan pekerjaan di ladang misi. Sebelum para pekerja datang ke ladang pelayanan, hendaknya para pendoa berdoa untuk "membuka jalan", "membersihkannya" dari kekuatan jahat yang mencoba merintangi para pekerja Allah. Doakan agar setiap persekutuan doa memberi porsi yang cukup untuk selalu berdoa bagi para pekerja.

    3. Mohonkan kepada Tuhan agar jauh lebih banyak persekutuan doa misi bisa didirikan yang khusus mendoakan pelayanan di luar negeri di antara suku-suku terabaikan.

    4. Doakanlah setiap individu yang berbagian dalam persekutuan-persekutuan doa tersebut agar mereka pun "mempersenjatai" diri sendiri untuk menjadi pribadi-pribadi pendoa.

    e-JEMMi 08/2007



    PEMIMPIN BANGSA

    Pokok Doa:

    1. Berdoalah bagi para pemimpin kita dari jajaran yang terendah sampai yang tertinggi agar mereka mampu menjalankan tugas-tugas yang mereka emban dengan penuh tanggung jawab.

    2. Pemimpin yang tidak korup yang sungguh memerhatikan rakyat merupakan pemimpin idaman setiap warga negara kita. Berdoalah agar muncul pemimpin-pemimpin yang mau meletakkan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi atau golongan.

    3. Ada banyak anak Tuhan yang duduk di pemerintahan. Berdoalah agar mereka memiliki keberanian untuk menyampaikan aspirasi rakyat yang berkenan kepada Tuhan. Berserulah kepada Tuhan agar mereka juga dikaruniakan hikmat dan kebijaksanaan sehingga tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain.

    4. Mintalah kepada Tuhan agar Ia membangkitkan lebih banyak anak-anak-Nya yang akan memimpin dan duduk dalam pemerintahan.

    5. Berdoalah agar kesatuan dan kerja sama yang solid dalam pemerintahan dapat tercipta. Doakan pula para pemimpin kita agar bisa bersikap dewasa dan menjadi teladan bagi generasi mendatang.

    e-JEMMi 07/2007



    BANJIR DI JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG, BEKASI (JABODETABEK)

    Ibukota dalam kondisi darurat. Banjir yang semakin meluas pada hari Minggu telah menggenangi sekitar 70% wilayah Jakarta. Warga yang mengungsi dari lima wilayah Jabodetabek pun terus bertambah hingga mencapai sekitar 150.000 jiwa. Sebagian dari mereka meninggalkan rumah sejak empat hari lalu. Presiden sendiri telah meminta aparat pemerintah untuk terus memantau perkembangan ramalan cuaca dan menyampaikannya kepada masyarakat agar masyarakat waspada dan siap menghadapi banjir yang datang tiba-tiba.

    Sumber: Kompas dan Solo Pos, Senin, 5 Februari 2007

    Pokok Doa:

    1. Naikkanlah doa bagi para korban banjir agar Tuhan memberikan ketabahan kepada mereka dalam menghadapi bencana ini. Mohonkan juga kekuatan dan kesehatan bagi para korban banjir selama di pengungsian.

    2. Kebutuhan akan makanan dan air bersih menjadi penting bagi mereka. Berdoalah agar Tuhan berkenan mencukupi kehidupan mereka akan kebutuhan mendasar ini.

    3. Berdoalah agar melalui bencana ini, penduduk kita makin sadar lingkungan serta sadar bahwa Allah telah memberi tugas kepada kita untuk memelihara alamnya.

    4. Berdoalah agar lewat peristiwa ini pemerintah dapat bersikap bijak dan tegas terhadap segala bentuk perusakan lingkungan. Berdoalah juga agar pemerintah dapat membangun dan memperbaiki berbagai sarana yang lebih baik agar banjir seperti ini tidak terjadi lagi.

    5. Pemerintah akan membutuhkan dana yang besar untuk memulihkan kondisi daerah-daerah yang terkena bencana alam. Doakan agar tersedia dana yang cukup, tidak hanya untuk memulihkan kondisi wilayah yang terkena dampak banjir, tapi juga untuk membantu para korban.

    e-JEMMi 06/2007



    MEMUTUS RANTAI PENULARAN FLU BURUNG

    Guna memutus rantai penularan flu burung dari unggas ke manusia, restrukturisasi perunggasan harus segera diterapkan. Berkaitan dengan itu, pemerintah segera mengeluarkan larangan memelihara unggas nonkomersial di pemukiman. Dalam rapat koordinasi lintas departemen, Menko Kesra menyatakan bahwa pemerintah segera memetakan daerah berisiko tinggi dan rendah terkena flu burung di empat belas provinsi yang belum bebas flu burung.

    Sumber: berbagai media

    Pokok Doa:

    1. Berdoalah untuk pemerintah Indonesia agar dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat, khususnya dalam melakukan tindakan-tindakan pencegahan yang efektif sehingga tidak menimbulkan kepanikan yang tidak perlu.

    2. Berdoa agar keputusan pemerintah untuk memusnahkan unggas-unggas di daerah-daerah yang terjangkit flu burung mendapat dukungan masyarakat setempat khususnya para pemilik unggas tersebut.

    3. Doakan supaya pemerintah melalui Departemen Kesehatan bisa bekerja sama dengan masyarakat untuk menanggulangi penyebaran virus flu burung.

    4. Berdoalah untuk keluarga dari warga yang terserang atau diduga terjangkit virus flu burung. Kiranya mereka dimampukan untuk merawat anggota keluarganya yang sakit dan melakukan tindakan-tindakan pencegahan yang efektif.

    5. WHO mengkhawatirkan mutasi virus flu burung H5N1 sehingga bisa menular antarmanusia. Jika ini terjadi maka akan menimbulkan pandemi flu burung yang bisa menimbulkan korban jiwa dalam jumlah besar. Berdoalah agar para ahli medis dapat melakukan berbagai langkah penangkalan terhadap kemungkinan ini.

    6. Berdoa supaya penduduk Indonesia dapat tetap tenang menghadapi masalah nasional ini dan bersama dengan pemerintah bekerja sama menjaga kebersihan dan menjalankan cara hidup yang sehat.

    e-JEMMi 05/2007



    INJIL DAN BUDAYA

    Pokok Doa:

    1. Di beberapa tempat, khususnya di pedalaman, kekristenan ditolak karena dianggap sebagai ancaman terhadap budaya mereka. Mari doakan para pekerja yang melayani suku-suku tersebut agar dapat dengan bijak membawa Injil masuk dalam budaya mereka, diberikan hikmat juga untuk mengenalkan keselamatan kepada bangsa- bangsa.

    2. Untuk menanam di ladang, terlebih dahulu harus ada orang yang membersihkannya dari tanaman liar. Demikianlah pelayanan di ladang misi. Sebelum seorang misionaris masuk ke ladang misi, para pendoa syafaat harus lebih dahulu berdoa untuk daerah-daerah yang belum diinjili, membersihkannya dari kuasa kegelapan. Berdoalah agar semakin banyak orang yang terbeban menjadi pendoa syafaat yang berdoa bagi para penginjil.

    3. Mohonkan Roh Kudus untuk membuka hati dan pikiran suku-suku yang ada di negara kita agar mereka siap ketika mendengarkan Injil yang disampaikan.

    4. Adat yang dianut oleh sebagian besar masyarakat kita sudah melekat erat dalam tatanan kehidupan mereka. Sebagian orang Kristen ada yang bijak menyikapi masalah adat dari perspektif Injil sehingga dapat melihat bagian yang sesuai dan yang tidak. Namun, ada juga yang memiliki konotasi negatif terhadap adat (menganggap tidak baik). Berdoalah agar orang-orang Kristen memiliki hikmat dan kebijaksanaan dalam memandang adat dan hubungannya dengan kekristenan.

    e-JEMMi 04/2007



    BANJIR DAN TANAH LONGSOR

    Hujan deras disertai angin kencang telah menyebabkan banjir dan tanah longsor di berbagai wilayah di Indonesia. Bencana itu tidak hanya merusak lahan pertanian dan merusak rumah penduduk, tapi juga menelan korban jiwa. Pemerintah dan para sukarelawan turun tangan untuk menangani para korban.

    (Dari berbagai sumber)

    Pokok Doa:

    1. Doakan agar penduduk wilayah setempat yang saat ini mengungsi ke daerah aman dapat diberi kekuatan oleh Tuhan dengan kesehatan yang baik (secara fisik dan mental).

    2. Mohonkanlah kesediaan Allah untuk membalut luka dan kepedihan hati mereka, terutama bagi orang-orang yang belum mengenal Kristus. Berdoalah agar peristiwa ini membuka pintu bagi pemberitaan Injil di hati mereka.

    3. Saat ini dibutuhkan aksi yang nyata untuk menyalurkan bantuan berupa: perahu karet (sifatnya mendesak) untuk distribusi makanan dan melakukan proses evakuasi; makanan jadi (nasi bungkus), air mineral, untuk mereka yang terjebak di rumah; makanan bagi anak-anak balita (biskuit, roti, susu, dll.); baju-baju bekas dan terutama selimut; Obat-obatan -- banjir menyebabkan banyak penduduk terjangkit diare dan gatal-gatal. Doakan agar orang-orang Kristen tergerak untuk mengulurkan tangan dan memberikan bantuan kepada para korban banjir ini.

    4. Doakan pula pemerintah kita yang sedang memikirkan penyelesaian masalah ini. Doakan pula para aparat yang terjun langsung di lapangan untuk membantu para korban.

    5. Berdoa kiranya masalah banjir ini tidak menimbulkan polemik baru; pihak-pihak terkait bisa bersatu hati dan bekerja sama dalam mengatasi bencana banjir ini dan tidak saling melemparkan tanggung jawab dan kesalahan.

    6. Berdoalah agar peristiwa-peristiwa bencana, seperti banjir ini, dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak, terutama penata hukum lingkungan untuk menjaga ketertiban penggunaan lingkungan sehingga dapat mencegah bencana seperti ini di masa yang akan datang.

    e-JEMMi 03/2007


    TRANSPORTASI DARAT, LAUT, DAN UDARA

    Pokok Doa:

    1. Doakan agar pemerintah konsisten terhadap peraturan mengenai standarisasi setiap sarana transportasi yang digunakan oleh masyarakat. Berdoalah agar ada tindakan tegas terhadap pihak-pihak penyedia sarana tranportasi yang tidak mengikuti peraturan.

    2. Doakan juga para pengusaha/lembaga yang bergerak di bidang transportasi agar patuh dan taat pada peraturan standarisasi tiap sarana yang diberlakukan oleh pemerintah maupun yang berlaku secara internasional.

    3. Keuntungan dalam setiap bidang usaha memang penting, tapi sungguh disayangkan jika keselamatan jiwa manusia dinomorduakan. Oleh karena itu, mari berdoa agar para pengusaha transportasi tidak hanya mengejar keuntungan, namun juga menomorsatukan keselamatan dan kenyamanan penumpang/pengguna transportasi.

    4. Sifat disiplin dan patuh pada peraturan yang ada juga harus dimiliki oleh para pengguna transportasi. Doakanlah agar semua pengguna sarana transportasi, termasuk kita, memiliki sikap patuh pada setiap peraturan yang berlaku.

    e-JEMMi 02/2007


    ETNOMUSIKOLOGI

    Pokok Doa:

    1. Bersyukurlah kepada Bapa karena sampai saat ini sudah banyak suku yang dapat menaikkan pujian dengan menggunakan bahasa dan alat musik mereka sendiri dalam memuji Tuhan.

    2. Berdoalah agar Roh Kudus bekerja di hati orang yang sedang mendengarkan puji-pujian dalam bahasa mereka.

    3. Musik merupakan salah satu alat komunikasi yang dapat mengomunikasikan pemikiran dan ide. Musik juga dapat mengungkapkan hal-hal yang tak dapat dikatakan secara langsung. Doakanlah para pembuat syair puji-pujian agar diberikan hikmat untuk menyusun lirik pujian.

    4. Tenaga ke lapangan untuk bidang ini masih terus dibutuhkan. Mintalah kepada Bapa agar mengirimkan pekerja-pekerja-Nya ke ladang misi.

    5. Doakan mereka yang sudah tergerak dan punya beban untuk terjun ke ladang misi dalam bidang ini agar semakin diteguhkan dan dikuatkan. Adakalanya mereka juga jatuh bangun dengan panggilan mereka, mari berdoa agar mereka dapat melihat dengan jelas apa yang Bapa inginkan dalam hidup mereka.

    e-JEMMi 01/2007