Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMI No.39 Vol.09/2006 / Orang Coloured di Namibia

Orang Coloured di Namibia


Orang Coloured (baca: kalet) mempunyai asal-usul yang sama dengan orang kulit berwarna di Afrika Selatan. Adapun populasi orang kulit berwarna kira-kira berjumlah 72.000. Mereka kebanyakan tinggal di pusat-pusat kota. Yang tinggal di wilayah pantai banyak yang menjadi nelayan, sedangkan yang di selatan pedalaman menjadi peternak.

SEJARAH

Karena Namibia pernah menjadi bagian dari negara Afrika Selatan yang merdeka tahun 1990, orang Coloured mempunyai budaya dan pengalaman yang sama dengan mereka.

Penjajahan Belanda di Afrika Selatan yang terjadi pada awal tahun 1600-an memulai periode panjang dengan beragam suku bangsa yang hidup bersama mereka. Kebutuhan akan pekerja membuat mereka mengimpor budak dari Malaysia, Afrika Barat, dan berbagai tempat lain. Tentara dan penduduk banyak yang kawin campur dengan para budak dan orang-orang Afrika. Istilah "Coloured" (kulit berwarna) dipakai untuk menunjuk pada semua bangsa ras campuran itu.

Orang-orang Coloured sungguh-sungguh menjadi sebuah kelompok yang berbeda dengan penduduk lain. Rata-rata mereka berkulit coklat terang, kuning, dengan postur yang tetap khas ras Negroid. Karena pengaruh logat Belanda--disebut logat Afrikaan, selama waktu yang sama, orang-orang Coloured menggunakan bahasa yang sama seperti orang-orang kulit putih. Karena kesamaan bahasa dengan orang kulit putih, selain juga kulitnya yang berwarna lebih terang dan agama yang sama, sering kali mereka diberi tanggung jawab dan kepercayaan lebih daripada penduduk Afrika asli. Namun, hal ini tidak berpengaruh pada kehidupan sosial mereka yang masih sangat dibedakan dengan orang-orang kulit putih. Di bawah politik apartheid tahun 1948-1990, orang Coloured menderita dalam banyak hal dan hak-hak mereka pun dibatasi secara legal.

LOKASI

Orang Coloured di Namibia kebanyakan tinggal di kota utama di pedalaman dan di pantai.

AGAMA

Orang Coloured berkembang sebagai bangsa yang punya ikatan kuat dengan gereja Kristen Belanda. Hanya karena seseorang mengikuti sebuah perkumpulan atau menjadi anggotanya, kebanyakan orang akan melihat hubungan dengan gereja itu otomatis membuat mereka menjadi orang Kristen. Banyak yang mengatakan bahwa mereka akan pergi ke surga karena mereka adalah anggota sebuah gereja. Karena secara tradisi mereka dibedakan dan memiliki derajat berbeda atas hubungan mereka dengan bangsa kulit putih, secara alami mereka pun memilih agama yang sama. Dari satu generasi ke generasi lain, mereka memiliki bahasa, pertalian, tata cara dan agama yang statusnya lebih terhormat. Hal itu menunjukkan derajat dan cara mereka bertahan hidup. Hanya sedikit saja kesempatan bagi mereka untuk datang ke sebuah gereja Injili untuk mendengarkan Injil.

KESIMPULAN

Penginjilan bagi orang Coloured Namibia diperlukan supaya kebenaran Injil dapat diwartakan ke dalam hati mereka dengan jelas. Apalagi dogma kekristenan yang tanpa makna banyak tersebar luas dan membohongi banyak orang. Sementara yang lain begitu menantikan kesempatan mendengarkan Kebenaran. Ini membutuhkan sebuah kegerakan dari Tuhan. Mereka membutuhkan Allah, Sang Penuai untuk mengirimkan pekerja-pekerja-Nya. Mereka tidak memiliki gereja yang Injili dan sangat sedikit pengaruh dari penginjilan. Mereka adalah orang-orang terabaikan. Maukah Anda menolong mereka mengenal Kristus?

Suara Anda mungkin adalah satu-satunya suara yang Allah dengar atas nama orang Namibia kulit berwarna.

Di dalam Alkitab, kita tahu bahwa doa sangat efektif. Kita percaya dan tahu bahwa doa adalah langkah pertama dan yang terpenting dalam proses menaburkan benih Injil.

MARI BERGABUNG LEWAT DOA!


"Tetapi demi Kristus, Tuhan kita, dan demi kasih Roh, aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, untuk bergumul bersama-sama dengan aku dalam doa kepada Allah untuk aku, supaya aku terpelihara dari orang-orang yang tidak taat di Yudea, dan supaya pelayananku untuk Yerusalem disambut dengan baik oleh orang-orang kudus di sana, agar aku yang dengan sukacita datang kepadamu oleh kehendak Allah, beroleh kesegaran bersama-sama dengan kamu" (Roma 15:30-32).

POKOK DOA BAGI ORANG COLOURED

  1. Marilah memohon agar Allah berkenan membangkitkan gereja-gereja dan pribadi-pribadi yang memiliki hati untuk orang Coloured. Doakan para misionaris yang sedang bekerja di antara mereka.

  2. Berdoalah juga agar Allah memberikan sebuah strategi untuk menjangkau mereka dengan Injil.

  3. Doakan setiap orang Coloured agar melihat kebenaran Injil serta mengetahui perbedaan antara agama dan hubungan dengan Yesus.

  4. Doakan agar pemerintah Namibia mengizinkan para misionaris melakukan pelayanan jangka panjang di negara ini. Doakan agar mereka dapat melihat keuntungan yang akan didapatkan oleh negara serta rakyat mereka. (t/Lis)

Sumber diambil dan diterjemahkan dari:

Judul asli: Coloured of Namibia
Alamat situs: http://www.forgottenpeoples.info/n_colred/n_c_o.htm


e-JEMMi 39/2006