Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Indonesia / Indonesia Tahun 2011

Indonesia Tahun 2011


Persiapan Natal di Indonesia

Kurang beberapa hari lagi kita akan merayakan Natal. Tentunya ada banyak hal yang telah kita persiapkan untuk menyambut hari kelahiran Tuhan Yesus. Kami mengajak Anda untuk berdoa secara khusus untuk persiapan menyambut perayaan Natal 2011.

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk anak-anak Tuhan yang siap merayakan Natal, biarlah Tuhan menyiapkan hati mereka untuk melihat Terang-Nya yang besar.

  2. Doakan untuk keamanan menjelang dan selama Natal, agar Tuhan berkenan melakukan kehendak-Nya sehingga anak-anak Tuhan dapat menyambut Natal dengan baik.

  3. Doakan untuk kesempatan memberitakan Kabar Baik selama Natal, sehingga banyak orang dapat disentuh oleh kasih Kristus.

e-JEMMi 49/2011



Cyber Day di Solo

Pada tanggal 4 Desember 2011, YLSA ikut memeriahkan acara "Cyber Day" di Solo. Keterlibatan YLSA dalam acara ini adalah dengan membuka stan yang bertujuan membagikan secara cuma-cuma Alkitab Audio, Alkitab untuk diinstal dalam HP, software SABDA dan bahan-bahan Kekristenan lainnya untuk memperlengkapi anak-anak Tuhan bagi pelayanan mereka <http://blog.sabda.org/2011/10/31/flashdisk-usb-sabda/>.

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk kesempatan yang Tuhan berikan agar YLSA terlibat dalam acara Cyber Day di Solo.

  2. Doakan untuk anak-anak Tuhan yang telah mendapatkan produk-produk dari YLSA, agar dapat memanfaatkan produk-produk tersebut secara bertanggung jawab.

  3. Doakan agar produk-produk pelayanan YLSA yang telah dibagikan dapat disebarkan kepada teman-teman mereka yang lainnya.

e-JEMMi 48/2011



Pelayanan Pembinaan Mental TNI di Solo

Pada tanggal 4 November 2011, telah diadakan pelayanan pembinaan mental untuk TNI yang beragama Nasrani di Solo. Puji Tuhan acara ini dapat berlangsung dengan baik.

Pokok Doa:

  1. Doakan tindak lanjut dari pelayanan pembinaan mental ini. Kiranya para TNI Kristen dan Katolik yang telah mengikuti kegiatan ini dapat bersinar bagi kemuliaan nama Tuhan di tengah-tengah pengabdian mereka kepada negara.

  2. Doakan juga agar acara serupa bisa diadakan di tempat-tempat lainnya di Indonesia.

  3. Berdoa agar kegiatan ini semakin mempererat persaudaraan para TNI Nasrani di tempat dinas mereka dan mendorong mereka untuk saling mendorong dan menguatkan.

e-JEMMi 45/2011



Pelatihan Penulis Kristen

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) rindu untuk membangkitkan kecintaan pada dunia penulisan (khususnya kristiani), dan meningkatkan sumbangsih suara kristiani di media publikasi, baik media cetak, penerbitan internal, maupun online. Untuk itu, YLSA sebagai yayasan yang bergerak dalam bidang pelayanan elektronik literatur Kristen menyelenggarakan Pelatihan Penulis Kristen. Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah membangkitkan kecintaan pada dunia penulisan, khususnya kristiani, menyadari pentingnya menulis sebagai bentuk pelayanan, dan menjadi berkat untuk orang lain melalui tulisan. Seminar ini diselenggarakan pada tanggal 9 dan 10 November 2011.

Pokok Doa:

  1. Doakan agar pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar, dan melalui seminar ini akan muncul penulis-penulis Kristen yang dapat berkarya dan menjadi berkat bagi sesama.

  2. Doakan agar setiap peserta bisa menerima materi yang diberikan dengan baik, dan mau mengembangkan diri lebih lagi.

  3. Berdoa untuk tim pembicara untuk pelatihan ini, agar Tuhan memberi hikmat, bijaksana, dan kemampuan kepada mereka dalam menyampaikan materi pelatihan. Kiranya mereka membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka dengan baik, sehingga peserta yang hadir semakin terdorong dan rindu melayani Tuhan melalui tulisan.

e-JEMMi 44/2011



Insiden di Papua

Kekerasan di Papua terus terjadi. Mobil patroli Route Patrol 15, ditembaki orang tak dikenal saat melewati Mil 35 (Kilometer 56) di areal PT Freeport Indonesia, Timika, Kabupaten Mimika, Rabu (26/10). Tidak ada korban jiwa dalam aksi penembakan tersebut.

Sumber: Kompas, Kamis, 27 Oktober 2011, Halaman 1

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk perlindungan Tuhan terhadap 3 personel polisi dan 2 petugas keamanan PT Freeport Indonesia yang ditembaki di Mil 35.

  2. Doakan agar Tuhan memberi perlindungan kepada aparat keamanan yang bertugas di areal PT Freeport Indonesia.

  3. Doakan agar Tuhan memberi hikmat kepada pemerintah pusat dan daerah, dalam upaya menghentikan dan mencari jalan keluar terhadap situasi yang saat ini sedang terjadi di Papua.

  4. Doakan agar Tuhan memberikan kesatuan hati di antara anak-anak- Nya yang ada di Papua, untuk setia berdoa bagi pemulihan Papua.

  5. Doakan agar Tuhan menggerakkan lebih banyak anak-anak-Nya untuk mendoakan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia. Satu hal kita percaya, Tuhan mengasihi Indonesia.

e-JEMMi 43/2011



KKR Siswa di Solo, Sragen, dan Klaten

Puji Tuhan, pada tanggal 15 -- 17 September 2011 yang lalu, telah diadakan KKR siswa oleh STEMI di sejumlah wilayah sekitar Solo, Klaten, dan Sragen. KKR ini dihadiri oleh sekitar 9.000 siswa, baik dari jenjang TK, SD, SMP, SMK, dan SMU. Puji Tuhan, KKR ini berjalan dengan baik dan firman Tuhan telah diberitakan dengan jelas dan setia. Melalui KKR ini, tidak hanya para siswa yang di jamah oleh Tuhan, melainkan guru-guru yang mendampingi siswanya pun juga mengalami hal yang sama.

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk campur tangan Tuhan dalam KKR siswa di beberapa tempat di Jawa Tengah, yang berlangsung dengan lancar dan baik. Mengucap syukur juga atas kesempatan sehingga firman Tuhan diberitakan dengan aman.

  2. Doakan agar setiap siswa yang telah menghadiri KKR tersebut, dapat terus menjaga "kasih mula-mula" dari Kristus, sehingga mereka terus bertumbuh di dalam pengenalan yang benar akan Dia.

  3. Doakan agar para siswa dapat menjaga hati mereka dan menjadi berkat bagi teman-teman mereka yang belum percaya. Berdoa juga agar Tuhan memberi mereka semangat untuk rajin belajar, sehingga bisa mendapat nilai yang baik dan nama Tuhan dipermuliakan.

  4. Doakan para guru yang mengikuti KKR tersebut, agar merekapun dapat bertumbuh dalam pengenalan yang dalam kepada Kristus. Biarlah mereka juga dapat menjadi teladan bagi murid-murid mereka dan sesama rekan guru lain.

e-JEMMi 40/2011



Kejahatan Jalanan Kembali Marak

Pasca-Lebaran, kejahatan jalanan kembali marak. Perampokan, pencurian, dan perampasan terjadi dengan menggunakan senjata. Bahkan pada beberapa kasus, pelaku kejahatan nekat melukai korbannya.

Sumber: Kompas, 30 September 2011, Halaman 26

Pokok doa:

  1. Doakan agar Tuhan menggerakkan orang-orang percaya untuk ikut ambil bagian dalam menjaga keamanan atas aksi kejahatan yang terjadi di masyarakat pada pasca-Lebaran.

  2. Doakan juga agar anak-anak-Nya dapat bersikap waspada dan bijaksana agar tidak mengundang pihak lain melakukan aksi-aksi/hal-hal yang dapat membahayakan dan merugikan diri sendiri dan orang lain.

  3. Doakan para aparat keamanan, agar Tuhan melindungi, memberi kekuatan, dan kesehatan dalam bertugas, sehingga mereka bisa melakukan tugasnya dengan baik.

e-JEMMi 39/2011



Indonesian Cross Cultural Conference VII (ICCC)

International Conference Ministry (ICCM) akan menyelenggarakan Indonesian Cross Cultural Conference VII (ICCC) pada tanggal 18 ­ 21 Oktober 2011, di Solo, Jawa Tengah, Indonesia.

Adapun tujuan diadakannya Konferensi ini adalah untuk menyemangati gereja-gereja, khususnya gereja-gereja di Indonesia, untuk selalu menjadikan panggilan Amanat Agung Yesus Kristus sebagai tugas utama gereja di dunia. Konferensi ICCC tahun ini akan mengambil tema "Catch the Vision do the Mission".

Pokok doa:

  1. Doakan persiapan yang saat ini sedang dilakukan oleh panitia Indonesian Cross Cultural Conference VII (ICCC), agar Tuhan memampukan dan memberi kesehatan kepada panitia dalam mempersiapkan setiap keperluan yang dibutuhkan untuk konferensi ini.

  2. Berdoa agar Tuhan mencukupkan dana untuk penyelenggaraan seminar ini. Kiranya Tuhan memberi hikmat kepada mereka yang mengatur keuangan ini, agar dapat menggunakan uang ini dengan bijaksana.

  3. Doakan untuk para peserta yang akan mengikuti konferensi ini, agar Tuhan melindungi dan memberi kesehatan, sehingga mereka bisa datang tepat pada waktunya dan mengikuti konferensi dengan baik.

  4. Berdoa untuk para pembicara konferensi ini, agar Tuhan memberikan hikmat kepada mereka, sehingga apa yang akan disampaikan adalah apa yang menjadi isi hati Tuhan.

  5. Doakan untuk para peserta konferensi, agar Tuhan menjamah hati mereka dan memampukan mereka untuk bisa menangkap apa yang Tuhan inginkan/visi untuk setiap anak-anak-Nya maupun gereja Tuhan lakukan di Indonesia.

  6. Berdoa juga untuk keamanan sebelum dan selama konferensi berlangsung, agar tercipta suasana yang kondusif, sehingga baik panitia, peserta, maupun pembicara dapat mengikuti konferensi dengan baik.

e-JEMMi 36/2011



Jebolnya Pintu Air di Kalimalang, Jakarta

Jebolnya pintu air di Kalimalang, Jakarta, Rabu hingga Minggu mengakibatkan proses produksi air bersih di instansi pengolahan air tak bisa sempurna. Tak kurang dari 250.000 pelanggan air minum di sebagian wilayah Jakarta tak menerima pasokan air bersih. Meski perbaikan dilakukan dengan memasang turap baja, pasokan air hingga Minggu pagi masih terganggu. Sejauh ini belum ada yang menyatakan bertanggung jawab atas jebolnya pintu air tersebut. Perkiraan terbesar dari jebolnya pintu air tersebut adalah disebabkan karena tindakan manusia atau karena tidak berjalannya fungsi pengawas oleh manusia. Pencarian siapa yang bertanggung jawab perlu agar kita tidak terus dibiasakan membiarkan "kecelakaan" berlalu tanpa ada orang yang bertanggung jawab.

Sumber: Kompas, Senin, 5 September 2011, Halaman 6

Pokok Doa:

  1. Doakan agar perbaikan pintu air Kalimalang, Jakarta bisa segera dilaksanakan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan air bersih untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

  2. Berdoa agar pemerintah bisa segera menemukan orang yang bertanggung jawab atas jebolnya pintu air Kalimalang, sehingga masalah ini bisa segera ditangani dengan bijaksana.

  3. Doakan juga agar Tuhan memelihara warga Jakarta yang mengalami krisis air bersih serta mencukupkan biaya yang diperlukan guna mendapatkan pasokan air bersih.

e-JEMMi 35/2011



Pelayanan di Daerah P dan C

Shalom, saya dan beberapa rekan melakukan pelayanan misi di daerah P sampai C. Selama ini banyak kendala yang kami hadapi di lapangan, di antaranya:

  1. Kekristenan dianggap sebagai agama yang dibawa oleh bangsa penjajah.

  2. Apabila ada anggota keluarga dari suku setempat yang menjadi Kristen, maka mereka dianggap telah mencoreng nama baik keluarga, dan sebagai hukumannya mereka diusir dari keluarga bahkan dianiaya.

  3. Banyak organisasi dari Saudara Sepupu yang melakukan tindakan anarkis kepada kami, baik melalui pengusiran dan pembakaran rumah suku setempat yang menjadi pengikut Kristus, sehingga kami tidak dapat/sulit sekali melakukan persekutuan doa pada satu tempat, dan harus berpindah-pindah demi keamanan.

  4. Saat ini ada 200 jiwa lebih yang telah menerima Yesus sebagai Juru Selamat.

Untuk hal tersebut, kami mohon dukungan doa dari saudara-saudara seiman, agar kendala yang kami hadapi ini bisa kami atasi. Terima kasih.

Sumber: Kiriman T

Pokok Doa:

  1. Doakan pelayanan T dan rekan-rekan, agar Tuhan memberi perlindungan dan kesehatan kepada mereka.

  2. Doakan juga agar Tuhan memampukan dan memberi hikmat kepada mereka ketika sedang melayani yang belum percaya.

  3. Berdoa agar T dan rekan-rekan dimampukan untuk memuridkan para petobat baru, agar iman mereka terus bertumbuh dewasa di dalam Kristus.

  4. Doakan agar Tuhan memberi kekuatan kepada para petobat baru di daerah P dan C, agar mereka tetap setia mengikut Tuhan meskipun banyak tantangan yang harus mereka hadapi.

  5. Berdoa agar melalui kesaksian dan teladan hidup orang percaya di daerah P dan C, dapat menarik mereka yang belum percaya untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.

e-JEMMi 33/2011



Harga Pangan

Pemerintah memastikan tidak akan ada kenaikan harga sayur dan buah secara berlebihan selama Ramadan ataupun saat Idul Fitri. Stabilitas harga sayur dan buah terjaga karena produksi tahun ini bagus dan pasokan lancar.

Sumber: Kompas, Kamis, 4 Agustus 2011

Pokok Doa:

  1. Pemeliharaan Tuhan untuk Indonesia sungguh patut disyukuri oleh rakyat Indonesia. Doakan agar kondisi harga bahan makanan selama Ramadan tetap terjaga sehingga masyarakat bisa mengonsumsi makanan dengan cukup.

  2. Doakan agar Tuhan menjaga hati para pedagang dan pemerintah, sehingga mereka tidak melakukan spekulasi harga yang merugikan konsumen. Doakan juga agar Tuhan memberkati perekonomian Indonesia.

e-JEMMi 32/2011



Penutupan Gereja di Jawa Timur

Beberapa waktu ini di Jawa Timur nyaris tidak terdengar berita penutupan dan perusakan gereja. Namun, pada Desember 2010 ada beberapa gereja yang ditutup di wilayah Jawa Timur. Salah satunya adalah gereja A. Gereja ini telah berdiri sejak tahun 1986 dan memiliki sekitar 60 KK. Pendeta D, selaku pemimpin gereja tersebut telah berkoordinasi dengan warga sekitar gereja, dan warga menyatakan tidak mempermasalahkan adanya tempat ibadah. Namun, guna menjaga upaya-upaya anarkis dari pihak-pihak yang tidak menghendaki adanya ibadah di gereja A, maka untuk sementara ibadah diadakan dengan berpindah-pindah tempat.

Sumber: Buletin Kasih Dalam Perbuatan, Edisi Juli -- Agustus 2011, Halaman 3

Pokok Doa:

  1. Saat ini, gereja A sedang mengurus persyaratan perizinan sesuai peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Doakan agar proses ini berjalan lancar.

  2. Doakan agar iman jemaat gereja A tetap teguh, bahkan semakin kuat di tengah tekanan yang ada.

  3. Doakan agar ibadah yang saat ini dilakukan dapat menjadi berkat bagi orang-orang di sekitar mereka.

  4. Doakan pihak pemerintah agar Tuhan menolong mereka untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik tanpa dipengaruhi pihak-pihak lain yang ingin menghalangi pekerjaan Tuhan.

e-JEMMi 31/2011



Pendidikan di Indonesia

Kalangan orang tua, terutama yang lemah ekonomi, dipusingkan oleh sulitnya mencari sekolah berkualitas yang tidak mahal. Kenyataan itu sungguh menjadi ironi besar karena walaupun alokasi anggaran pendidikan tergolong sangat tinggi, tetapi biaya sekolah justru semakin tinggi pula. Sebagai dampaknya, prinsip "pendidikan untuk semua" sesuai dengan amanat konstitusi menjadi kedodoran. Hanya sekelompok kecil warga masyarakat menengah ke atas yang mampu mengirim anak-anaknya ke sekolah yang tergolong berkualitas. Bagaimana dengan kalangan masyarakat ekonomi lemah yang kesulitan mengirimkan anak-anaknya ke sekolah yang baik, apalagi yang berkualitas?

Sumber: Kompas, Kamis, 7 Juli 2011, Halaman 6

Pokok Doa:

  1. Doakan agar Tuhan membuka hati pemerintah Indonesia agar memikirkan jalan bagi masyarakat Indonesia, khususnya kalangan ekonomi lemah, untuk mendapatkan sekolah yang baik bagi anak-anaknya dengan biaya yang terjangkau.

  2. Doakan juga agar yayasan sekolah, khususnya yayasan pendidikan Kristen, untuk lebih mengusahakan mutu pendidikan daripada fasilitas sekolah yang mewah.

  3. Berdoalah agar Tuhan menggerakkan para tokoh masyarakat Kristen untuk mendorong para pengusaha dan pendidik Indonesia untuk mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan pemerataan pendidikan, sehingga setiap anak-anak Indonesia bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan baik.

e-JEMMi 28/2011



Narkotika

Keganasan narkotika tak pernah surut, seperti dirasakan oleh masyarakat Indonesia belakangan ini. Dampak kejahatan narkotika tergolong luar biasa karena dapat merusak generasi muda, merusak karakter dan fisik, serta pada jangka panjang mengganggu daya saing bangsa. Berbagai upaya dilakukan, tetapi ancaman narkotika seperti tak surut. Prevelensi pengguna narkotika tahun 2008 mencapai 1,99 persen penduduk Indonesia berumur 10-59 tahun. Jumlah itu setara dengan 3,6 juta penduduk. Prevelensi tahun 2010 naik menjadi 2,21 persen atau setara dengan 3,8 juta jiwa. Jika tidak dilakukan upaya serius untuk memberantasnya, prevelensi pengguna narkotika pada 2015 diperkirakan naik menjadi 2,8 persen atau setara dengan 5,1 juta jiwa.

Sumber: Kompas, Selasa, 28 Juni 2011, Halaman 6

Pokok Doa:

  1. Doakan upaya pemberantasan pemakai dan pengedar narkotika di Indonesia yang dilakukan oleh pihak-pihak yang berwajib, dapat berjalan dengan baik.

  2. Doakan agar para generasi muda Indonesia tidak mudah terpengaruh dengan pergaulan yang tidak benar dan ikut-ikutan mengonsumsi narkoba.

  3. Doakan juga agar Tuhan memampukan gereja-Nya dalam membimbing setiap generasi muda di gereja, sehingga mereka memiliki iman yang teguh dan mengandalkan Tuhan dalam setiap persoalan yang mereka hadapi.

e-JEMMi 27/2011



Kekerasan Meneror Warga

Kekerasan semakin meneror masyarakat. Hari Rabu (8/6), di Jakarta, Bekasi, dan Yogyakarta terjadi perampokan di tengah ramainya lalu lintas, pembobolan bank, pembakaran, dan perkelahian berdarah yang membuat rasa aman masyarakat tercabik.

Sumber: Kompas, Kamis, 9 Juni 2011, Halaman. 1

Pokok Doa:

  1. Doakan agar setiap masyarakat Indonesia bersikap waspada, ketika melakukan aktivitas di luar rumah.

  2. Doakan aparat keamanan, agar Tuhan memberi kekuatan dan memampukan mereka dalam menjalankan tugas, serta memberi perlindungan kepada mereka.

  3. Berdoa agar kemitraan antara pihak berwajib dan masyarakat Indonesia yang telah terbentuk melalui lembaga Kelompok Sadar Kamtibmas, bisa lebih efektif lagi.

  4. Doakan agar di tengah keadaan ini, orang-orang Kristen bisa memberikan sumbangsih sehingga ikut ambil bagian membantu aparat dan masyarakat untuk menjaga keamaan di kota masing-masing.

e-JEMMi 24/2011



Kawah Dieng

Aktivitas Gunung Dieng menunjukkan penurunan jika dibanding kemarin (8 Juni 2011). Kadar karbondioksida (CO2) menurun meski masih dalam kadar membahayakan. Berdasarkan data dari Pos Pengamatan Gunung Dieng di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara, kadar CO2 yang terpantau pada 9 Juni 2011 sebesar 0,93 persen volume. Batas kadar yang membahayakan yakni 0,5 persen. Sementara tidak ada aktivitas gempa selama 24 jam terakhir. Meski demikian, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan status "Siaga" untuk Gunung Dieng, mengingat aktivitas Kawah Timbang masih fluktuatif.

Kondisi Dieng yang berangsur menurun dimanfaatkan warga untuk kembali beraktivitas di ladang atau kembali ke rumah, namun pada malam hari mereka tetap berada di pos pengungsian. Padahal ladang dan permukiman mereka masih berada di dalam zona bahaya atau di bawah radius 1.000 meter dari Kawah Timbang. Aktivitas warga sangat berisiko jika sewaktu-waktu aktivitas gas beracun meningkat. Pada siang hari suhu panas dan udara renggang. Jika terjadi letusan, maka penyebaran gas akan sangat luas.

Sumber:

Nama situs : Okezone.com
Alamat URL : http://news.okezone.com/read/2011/06/09/340/466198/aktivitas-gunung-dieng-cenderung-menurun
Tanggal akses : 9 Juni 2011

Pokok Doa:

  1. Doakan agar konsentrasi gas beracun yang mengandung karbon monoksida, karbon dioksida, dan hidrogen sulfida yang dikeluarkan oleh gunung api Dieng segera normal kembali.

  2. Doakan untuk masyarakat yang sampai hari ini masih menempati posko-posko pengungsian, agar Tuhan melindungi mereka dari sakit penyakit.

  3. Berdoa bagi masyarakat yang harus bolak-balik dari posko pengungsian ke rumah mereka untuk melakukan kegiatan sehari-hari, agar mereka bisa bersikap waspada dan bijaksana.

  4. Doakan agar orang percaya yang masih menempati posko pengungsian saat ini, dapat menjadi teladan bagi sesama pengungsi. Doakan juga, agar mereka dapat memanfaatkan kesempatan ini, untuk memberitakan Kabar Baik kepada sesama pengungsi.

e-JEMMi 23/2011



Karyawan Kristen yang Bekerja di Perkebunan

Pemilik sebuah perkebunan di salah satu daerah di Sumatera, menetapkan bahwa hari Minggu adalah hari kerja dan hari Jumat sebagai hari libur. Akibatnya, karyawan Kristen yang ada di perkebunan tersebut tidak bisa melakukan ibadah pada hari Minggu.

Sumber: Kiriman R

Pokok Doa:

  1. Doakan agar umat percaya yang bekerja pada perusahaan ini, tetap memiliki iman yang teguh di dalam Kristus.

  2. Doakan agar dalam bekerja, umat percaya bisa melakukan dan memberikan yang terbaik, serta menjadi berkat bagi teman sekerja mereka.

  3. Dukunglah dalam doa agar anak-anak Tuhan yang bekerja di perkebunan tersebut diberikan hikmat oleh Tuhan untuk tetap menjaga hati dan bijaksana menghadapi peraturan tersebut.

  4. Doakan agar pemerintah segera menindaklanjuti masalah ini, mengingat hal ini menyebabkan anak-anak Tuhan yang bekerja di perusahaan tersebut, tidak bisa beribadah pada hari Minggu.

e-JEMMi 20/2011



Jatuhnya Pesawat Merpati MA 60

Peristiwa pesawat jatuh terjadi lagi di Indonesia. Kali ini, pesawat Merpati jenis MA 60 jatuh di sekitar Kabupaten Kaimana, Papua Barat, sekitar pukul 15.15 WIT. Pesawat rute Sorong-Kaimana-Nabire tersebut membawa penumpang yang terdiri dari 18 orang dewasa, 2 anak, dan 1 bayi. Ketika hendak mendarat di lapangan udara Kaimana, cuaca mendadak menjadi buruk hingga pesawat tersebut jatuh ke laut sebelum sampai di landasan.

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2011/05/07/134502/1634546/10/

Pokok Doa:

  1. Doakan keluarga korban yang berduka karena kehilangan saudara yang mereka kasihi. Biarlah Tuhan memberikan penghiburan sejati dalam hati dan memelihara kelangsungan hidup mereka.

  2. Biarlah kejadian ini semakin memecut pemerintah untuk mengambil langkah-langkah strategis demi mengurangi kecelakaan pesawat terbang pada masa mendatang. Doakanlah agar Tuhan memberikan hikmat dan bijaksana kepada pemerintah kita.

  3. Jatuhnya pesawat Merpati MA 60, menimbulkan polemik pula. Doakan agar setiap pihak yang terkait di dalamnya, dapat menyikapi permasalahan ini dengan bijaksana dan tidak saling menyalahkan.

e-JEMMi 19/2011



Pelayanan H dan J di Asia

4 April 2011, H bertemu J, yang merupakan rekan sepelayanan sejak dulu. H dan J adalah seorang yang setia dan semangat dalam melayani di ladang Tuhan. Saat ini, J sudah pindah ke desa T dan sedang memuridkan para petobat baru di desa T.

Sumber: Kiriman H -- seorang utusan Injil asal Indonesia yang melayani di salah satu negara di Asia.

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk H dan J yang tetap setia melayani di ladang-Nya. Doakan agar Tuhan memberi kekuatan kepada H dan J dalam melayani jemaat yang Tuhan percayakan pada mereka.

  2. Berdoa untuk jemaat Tuhan di desa T, agar terus bertumbuh dan menjadi kuat. Berdoa juga bagi para petobat baru, agar iman dan pengenalan mereka akan Tuhan semakin bertumbuh.

  3. Doakan untuk keluarga H dan J, agar Tuhan melindungi. Doakan juga untuk setiap keperluan hidup yang mereka butuhkan, agar Tuhan mencukupkan dan memberkati.

  4. Doakan untuk pertumbuhan iman H dan J, supaya mereka semakin mengerti pimpinan Tuhan untuk hidup mereka.

e-JEMMi 18/2011



Perbankan di Indonesia

Berita pembobolan bank yang mencuat beberapa waktu terakhir, sungguh mengejutkan masyarakat Indonesia. Mengejutkan sebab selama ini promosi yang dilakukan oleh pihak perbankan mengenai keandalan teknologi, begitu juga sistem dan standar prosedurnya sudah relatif lebih baik dalam hal keamanan. Kriminalitas seperti ini dapat dilakukan siapa saja dan kapan pun asal ada peluang. Oleh sebab itu, agar kasus ini tidak terulang kembali diperlukan orang-orang yang berintegritas tinggi, keandalan sistem dan prosedur, pengawasan yang ketat dan hukum yang tegas.

Sumber: Kompas, 1 April 2011, Halaman 6

Pokok Doa:

  1. Doakan agar kasus-kasus pembobolan bank bisa ditangani dengan tuntas, dan para pelaku yang terlibat di dalamnya, bisa segera ditindak dengan hukum yang tegas.

  2. Doakan para nasabah yang menjadi korban, agar Tuhan menjaga hati dan memampukan mereka untuk melihat kasus ini dalam perspektif yang tepat sehingga dapat menyerahkan penanganannya pada yang berwajib.

  3. Doakan juga agar Tuhan memberi hikmat kepada para nasabah bank ketika menerima bantuan "Customer Service" bank supaya mereka bertindak dengan hati-hati dan bijaksana.

  4. Berdoa agar Tuhan bekerja dalam hati nurani mereka-mereka yang bekerja di perbankan, supaya mereka tidak jatuh dalam pencobaan dan melakukan tindakan yang merusak integritas diri.

e-JEMMi 15/2011



Infrastruktur di Indonesia

Laporan soal hancurnya kondisi infrastruktur jalan di sejumlah wilayah di Indonesia, santer terdengar beberapa hari terakhir. Masalah ini bukanlah masalah baru. Tidak hanya rakyat Indonesia, silih berganti, tamu negara dari negara-negara investor penting juga menyampaikan keluhan yang sama, setiap kali bertemu dengan pemimpin negara Indonesia. Berbagai skema kebijakan dan gagasan mempercepat pembangunan infrastruktur, baik jalan raya, rel kereta api, pelabuhan, dan bandara yang diluncurkan beberapa tahun terakhir belum terasa jejaknya, padahal infrastuktur yang baik penting bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan.

Sumber: Kompas, Rabu, 30 Maret 2011, Halaman 6

Pokok Doa:

  1. Doakan agar pemerintah segera mengambil tindakan untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang rusak, mengingat pentingnya jalan yang baik untuk keselamatan dan pertumbuhan ekonomi rakyat.
  2. Doakan agar anggaran yang telah dialokasikan pemerintah untuk perbaikan dan pengembangan infrastruktur di Indonesia, dapat digunakan sebaik-baiknya. Doakan juga agar Tuhan menjaga hati mereka-mereka yang dipercaya untuk mengelola anggaran ini.

  3. Doakan para pengguna jalan raya, agar bersikap hati-hati, mengingat banyaknya jalan yang rusak. Doakan juga, agar Tuhan melindungi para pengguna jalan raya selama mereka dalam perjalanan dan berkendaraan.

e-JEMMi 14/2011



Musim Pancaroba Tiba

Cuaca terik yang cepat berubah menjadi hujan lebat disertai angin kencang beberapa hari terakhir menunjukkan tanda-tanda musim pancaroba dari hujan ke kemarau. Datangnya musim pancaroba yang diikuti perubahan suhu udara membuat daya tahan tubuh menurun. Hangatnya suhu udara membuat mikroba, bakteri, virus, dan hewan penyebar penyakit berkembang biak dengan baik. Untuk menghindari berbagai macam penyakit selama pancaroba, masyarakat disarankan menjaga kebersihan diri, rumah, dan lingkungan. Daya tahan tubuh perlu dijaga dengan asupan makanan seimbang dan bergizi serta olah raga rutin.

Sumber: Kompas, Senin 28 Februari 2011, Halaman 13

Pokok Doa:

  1. Doakan masyarakat Indonesia, agar bersikap waspada dan wawas diri dalam menghadapi musim pancaroba.

  2. Doakan agar Tuhan memberi kekuatan kepada masyarakat yang ditimpa bencana banjir akibat hujan lebat yang terjadi. Biarlah mereka terus mewaspadai akibat-akibat yang ditimbulkan dari bencana banjir ini.

  3. Doakan juga agar Tuhan menjaga dan melindungi umatnya ketika sedang beraktivitas di luar rumah, di tengah cuaca yang tidak menentu saat ini.

  4. Berdoa juga untuk masyarakat yang hidup di daerah kumuh, karena cuaca yang buruk ini membuat keadaan sulit menjadi semakin sulit. Kiranya Tuhan mencurahkan belas kasihan-Nya.

e-JEMMi 10/2011



Tuberkulosis -- Ada 61.000 Kematian Per Tahun

Masih ada kematian 61.000 orang per tahun akibat tuberkulosis, meski peringkat Indonesia sudah turun dari nomor tiga ke nomor lima sebagai negara dengan jumlah kasus Tuberkulosis (TB) terbanyak di dunia. Salah satu kendala dalam pemberantasan TB adalah kuman TB kebal terhadap segala macam obat (multidrug resistance). Di Indonesia sebanyak 1.8 persen dari kasus TB disebabkan kuman bersifat kebal obat. Salah satu penyebab kuman TB kebal obat adalah perilaku penderita TB sendiri, seperti tidak disiplin minum obat, minum obat tidak sesuai ketentuan, atau putus obat. TB bisa disembuhkan bila pasien rutin berobat selama enam bulan tanpa putus. Pemerintah berkomitmen memberantas TB dengan meningkatkan anggaran penanganan TB sampai 300 persen.

Sumber: Kompas, Jumat, 25 Februari 2011, Halaman 12

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur atas keberhasilan pemerintah dalam menurunkan kasus Tuberkulosis di Indonesia. Doakan agar tahun-tahun ke depan kasus Tuberkulosis bisa lebih diminimalkan lagi.

  2. Doakan para penderita Tuberkulosis di Indonesia, agar lebih memerhatikan dan peduli terhadap pemakaian obat TB, sehingga proses penyembuhan bisa berjalan dengan lebih baik.

  3. Doakan juga agar upaya pemerintah untuk peningkatan anggaran bagi penanganan TB bisa terlaksana dengan baik. Doakan juga agar dana yang ada, dimanfaatkan dengan baik, sehingga masyarakat Indonesia yang terjangkit Tuberkulosis -- terkhusus mereka yang kurang mampu bisa dilayani dengan baik.

  4. Dengan populasi penduduk Indonesia yang besar, tantangan yang dihadapi pemerintah Indonesia dalam mengatasi Tuberkulosis cukup berat. Doakan agar Tuhan memampukan dan memberi hikmat kepada pemerintah dalam menetapkan strategi dalam menangani kasus ini.

e-JEMMi 09/2011



Pelayanan YH di Sumatera Barat

Terima kasih buat kesempatan yang diberikan kepada saya untuk membagikan beban doa. Nama saya YH, dan saya adalah seorang lulusan salah satu sekolah teologi di Jawa Tengah. Saat ini saya melayani di salah satu daerah di Sumatera Barat. Hampir satu tahun belakangan ini sebagian orang Kristen di sini tidak dapat lagi beribadah bersama-sama. Ada beberapa gereja yang melayani mereka, tetapi sekarang gereja-gereja tersebut hanya dapat mengadakan persekutuan doa di rumah-rumah. Tetapi persekutuan rumah ini juga menjadi masalah, karena ketika mengadakan persekutuan doa, mereka didatangi oleh Ketua RT setempat dan warga, sehingga persekutuan doa tersebut ditutup, bahkan ada jemaat yang terpaksa pindah dari tempat tersebut. Ada juga gereja yang didemo karena menggunakan ruko sebagai tempat ibadah. Bahkan ada aturan Pemkot yang melarang menggunakan hotel sebagai tempat ibadah. Sebenarnya ada satu solusi, tapi solusi tersebut sangat berat, yakni harus mencari tempat permanen, tetapi tempat tersebut sangat mahal. Saat ini banyak orang-orang yang bekerja di perkebunan-perkebunan belum terlayani. Banyak juga di antara mereka yang akhirnya menjual iman mereka karena kebutuhan hidup, pernikahan, dsb.. Pada kesempatan ini, kami mengharap ada dukungan doa dari para pendoa sekalian.

Sumber: Kiriman YH

Pokok Doa:

  1. Doakan pelayanan YH dan tim, agar tetap kuat, tabah, dan mensyukuri segala sesuatu yang terjadi.

  2. Berdoa untuk umat Kristen yang dilayani YH dan tim, agar tetap setia kepada Tuhan, dan tidak mudah tergoda atau terhasut untuk meninggalkan iman kepada Kristus.

  3. Doakan untuk orang-orang yang bekerja di perkebunan-perkebunan yang belum terlayani, agar ada orang Kristen yang terpanggil dan terbeban melayani mereka.

  4. Berdoa untuk kebutuhan tempat ibadah, agar Tuhan memberikan tempat yang dapat dipakai oleh umat-Nya untuk beribadah dengan tenang.

  5. Doakan juga untuk persekutuan gereja-gereja rumah, agar Tuhan melunakkan hari orang-orang setempat sehingga mereka dapat diterima dengan baik.

  6. Doakan untuk benih Injil yang sudah ditaburkan oleh YH dan rekan-rekan pelayanannya, kiranya Tuhan menumbuhkan agar mereka menghasilkan banyak buah.

e-JEMMi 06/2011



Cuaca Ekstrem di Indonesia

Perubahan cuaca ekstrem, secara khusus telah berdampak pada kehidupan nelayan di Tanah Air. Ratusan ribu nelayan tidak bisa melaut dan puluhan nelayan hilang terseret ombak. Berdasarkan data Kiara, pada Januari 2010 sampai September 2010 tercatat ada 68 nelayan meninggal di laut, sebagian besar disebabkan oleh karena cuaca ekstrem. Pemerintah mengklaim bahwa jumlah nelayan yang tidak bisa melaut ada 473.983 orang di 41 kabupaten/kota di 20 provinsi. Mari kita berdoa untuk keadaan yang kurang menguntungkan nelayan ini.

Sumber: Kompas, Jumat, 28 Januari 2011, Halaman 19

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk para nelayan di Indonesia, yang tidak bisa melaut karena cuaca ektrem yang terjadi belakangan ini, agar Tuhan memberi kesabaran dan kekuatan.

  2. Doakan agar Tuhan memampukan setiap nelayan untuk mencari pekerjaan sampingan, guna mencukupi keperluan hidup sehari-hari.

  3. Doakan agar Tuhan menjaga hati setiap nelayan, sehingga tidak melakukan tindakan kriminal dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

  4. Doakan juga untuk para keluarga nelayan yang kehilangan anggota keluarga mereka karena terseret ombak atau kecelakaan di laut, agar Tuhan memberi penghiburan dan kekuatan.

  5. Berdoa juga untuk pemerintah agar Tuhan memberi hikmat sehingga dapat dengan cepat mencari jalan keluar bagi kesulitan para nelayan dalam mencukupi kehidupan sehari-hari.

e-JEMMi 05/2011



Inflasi di Indonesia Tahun 2011

Inflasi pasti menekan daya beli masyarakat, terutama bagi mereka yang berpenghasilan pas-pasan, orang yang miskin dan hampir. Sebagaimana biasanya pendorong inflasi tinggi adalah kenaikan harga bahan makanan. Namun kali ini lonjakannya sangat tinggi, sampai 15,64 persen. Kondisi ini memprihatinkan sebab bahan makanan adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa ditunda untuk dibeli. Bagi kelas bawah, mereka yang berpenghasilan rendah dan pas-pasan, apa lagi yang mencari uang hari ini untuk hidup hari ini juga, lonjakan harga bahan makanan merupakan pukulan yang pasti berat. Lonjakan harga pada ujungnya dapat menurunkan kualitas hidup masyarakat, terutama dalam hal pemenuhan standar minimum asupan gizi.

Sumber: Kompas, Rabu, 5 Januari 2011, Halaman 6

Pokok doa:

  1. Doakan masyarakat Indonesia, terkhusus mereka yang kurang mampu, agar melalui kesulitan hidup ini mereka berseru kepada Tuhan yang memelihara hidup mereka.

  2. Doakan juga agar Tuhan memampukan pemerintah untuk segera menindaklanjuti penanganan masalah melonjaknya harga kebutuhan pokok di Indonesia, sehingga masalah ini tidak berlarut-larut dan membuat resah masyarakat Indonesia.

  3. Berdoa agar masyarakat Indonesia dapat mengatur dan mengelola keuangan mereka dengan bijaksana, sehingga kebutuhan hidup sehari-hari tetap bisa dipenuhi.

  4. Doakan juga agar Tuhan menolong masyarakat untuk menjaga hidup sehat, sehingga terhindar dari sakit penyakit.

  5. Doakan juga agar Tuhan menjaga hati masyarakat Indonesia untuk tidak melakukan tindakan kriminal dengan mengatasnamakan kebutuhan ekonomi.

  6. Berdoa untuk gereja-gereja Tuhan agar ikut ambil bagian berpartisipasi memberi bantuan kepada warga yang membutuhkan bantuan.

  7. Doakan untuk kaum yang mampu agar Tuhan mengetuk hati mereka sehingga mereka mau berbagi dengan mereka yang kurang mampu.

e-JEMMi 02/2011



Indonesia di Tahun 2011

Tahun 2011 telah tiba di hadapan kita! Kita patut bersyukur karena kita dapat meninggalkan tahun 2010 dengan hal-hal yang Tuhan izinkan terjadi atas Indonesia. Mari kita terus menaruh pandangan kita kepada Kristus di tahun 2011, dengan tetap setia melayani-Nya, bahkan dengan semakin giat menabur Firman-Nya supaya tuaian semakin berlimpah bagi kemuliaan-Nya di tahun ini.

Pokok doa:

  1. Mengucap syukur untuk penyertaan Tuhan di tahun 2010. Doakan agar di tahun 2011, Tuhan terus berkarya dan melakukan perkara besar bagi Indonesia.

  2. Doakan untuk pemeliharaan dan perlindungan Tuhan bagi Indonesia. Biarlah damai sukacita Kristus menyertai setiap warga negara Indonesia yang takut akan Tuhan.

  3. Doakan para pemimpin bangsa Indonesia, agar Tuhan menolong mereka untuk memiliki kesadaran akan tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang dipercayakan kepada mereka.

  4. Doakan juga agar Tuhan memberi hikmat kepada para pemimpin pemerintahan sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang tepat bagi kepentingan bangsa dan negara.

  5. Berdoa agar di tahun 2011, setiap umat percaya lebih giat lagi dalam melayani Tuhan, dan iman mereka semakin dewasa di dalam Tuhan.

e-JEMMi 01/2012