Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Indonesia / Indonesia Tahun 2012

Indonesia Tahun 2012


Persiapan Natal di Indonesia

Pokok Doa:

  1. Bukan hanya panitia Natal yang bekerja di belakang layar, para pengisi acara dan petugas kebaktian pun semakin sibuk dalam mempersiapkan Natal. Petugas pujian, musik, paduan suara, dan pemain drama harus berlatih dengan lebih intensif, untuk melayani Tuhan sesuai dengan talenta mereka. Doakan untuk persiapan Natal supaya para pelayan kebaktian menjaga kemurnian hati mereka. Doakan juga supaya Tuhan Yesus memberkati kesehatan mereka dan memberi hikmat, agar dapat membagi waktu dengan baik.

  2. Kadang, seiring mendekatnya penyelenggaraan acara Natal, ada ketegangan yang dialami oleh mereka yang menjadi panitia acara Natal. Wajar jika ada perbedaan pendapat di antara panitia karena semua ingin acara bisa berjalan sebaik mungkin. Namun, jika tidak membentengi diri dengan pertolongan Tuhan, hal ini bisa menjadi celah bagi Iblis untuk mengobarkan konflik yang lebih besar. Mari berdoa kepada Tuhan Yesus agar setiap rekan yang menjadi panitia Natal memiliki kesatuan hati untuk melayani, dan senantiasa mengandalkan Tuhan dalam kepanitiaan.

  3. Sinterklas, pohon terang, tukar kado, pesta diskon, dan sederet kemeriahan Natal lainnya, berpotensi membelokkan fokus kita pada makna Natal. Begitu juga dengan kesibukan rapat, latihan, dan persiapan Natal yang terkadang melelahkan. Mari berdoa agar Tuhan Yesus menolong kita untuk tetap fokus pada Dia. Kelahiran-Nya di dunia menjadi awal penggenapan janji Allah kepada umat manusia, mari bersyukur atas hal itu.

  4. Setiap hari besar keagamaan, pemerintah RI secara rutin memberikan remisi atau pengurangan masa hukuman bagi para narapidana yang berkelakuan baik. Tak terkecuali pada Natal tahun ini, para narapidana yang beragama Kristen/Katolik menerima remisi hari raya, bahkan beberapa orang akan mengalami kebebasan. Mari berdoa kepada Tuhan Yesus agar setiap narapidana yang mendapatkan remisi hukuman, mengucap syukur kepada Tuhan. Kiranya, mereka dapat melanjutkan hidup yang lebih baik dan meninggalkan hidup lama mereka. Doakan juga agar Tuhan menolong mereka menangkap makna Natal, yaitu bahwa Allah turun ke dunia untuk menggantikan tempat kita, yang seharusnya menerima hukuman dosa.

  5. Setiap bulan Desember, kita sering mendengar berita tentang rekan-rekan dari ormas keagamaan lain yang rutin menawarkan diri, untuk membantu menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas selama pelaksanaan misa/ibadah Natal di kota-kota besar. Sementara itu di daerah lain, walaupun tidak terekspos media, tetangga dekat dan masyarakat sekitar gereja juga menunjukkan sikap toleransi kepada jemaat yang merayakan Natal. Mengucap syukurlah atas toleransi dari umat beragama lain yang kita alami dalam kehidupan bergereja di Indonesia.

  6. Walaupun panitia Natal nasional telah menetapkan tema untuk tahun ini, beberapa gereja/persekutuan memilih untuk menetapkan tema sendiri. Biasanya, tema itu menjadi tema setahun bagi anggota gereja/persekutuan tersebut. Doakan agar Tuhan Yesus campur tangan dalam penentuan tema Natal sehingga melalui tema itu, Tuhan menyatakan kehendak-Nya secara khusus bagi setiap gereja/persekutuan. Kiranya tema itu bukan sekadar pajangan, melainkan benar-benar menjadi pedoman yang harus diterapkan dengan iman.

  7. Yayasan Lembaga SABDA akan mengadakan Natal bagi seluruh staf. Panitia sudah dibentuk dan segala persiapan sedang dilakukan. Kami mohon dukungan doa dari seluruh Sahabat dan Rekan YLSA, agar perayaan Natal YLSA kali ini berjalan dengan lancar. Doakan juga kiranya Natal ini semakin mempererat jalinan persekutuan di antara staf, dan semakin mengingatkan betapa besar kasih penyertaan Tuhan yang telah dinyatakan dalam pelayanan YLSA.

Sumber: http://www.sabda.org/publikasi/kados/129/

e-JEMMi 50/2012


Banjir Melanda Ibu Kota

Seiring meningkatnya curah hujan pada musim-musim penghujan ini, warga ibu kota di daerah rawan banjir harus selalu waspada dengan kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Menurut Dirjen Sumber Daya Air (27/11/2012), Mohammad Hasan, saat ini terdapat 78 wilayah di Jakarta yang rawan banjir. Ia mengatakan, pihaknya saat ini telah membuat rencana dan program-program terkait masalah ini. Selain pemerintah, warga juga telah berkomitmen untuk ikut berpartisipasi menghindari banjir, dengan cara tidak membuang sampah ke sungai. Beberapa warga di kawasan Sungai Ciliwung bahkan berinisiatif mengangkut sampah rumah tangga ke truk sampah setiap pagi. Namun, menurut berita terbaru (28/11/2012), Dinas Pekerjaan Umum Pemprov DKI menghentikan proyek pemeliharaan sungai sejak terjadi pergantian gubernur.

Hal ini dikarenakan adanya Permendagri No. 21/2011 dan Permendagri No. 13/2006 yang menyebutkan bahwa jangka waktu penganggaran kegiatan tahun jamak (multiyears) tidak boleh melampaui akhir tahun masa jabatan kepala daerah. Masalah ini harus segera diselesaikan lewat kesepakatan dengan DPRD.

Dirangkum dari: http://lipsus.kompas.com/topikpilihanlist/1584/1/Banjir.2012

Pokok Doa:

  1. Program pemeliharaan sungai dihentikan karena adanya UU Permendagri. Hal ini buruk karena dapat memicu banjir. Berdoalah kepada Tuhan Yesus supaya masalah ini dapat segera terselesaikan oleh pihak terkait, sehingga program dapat terus berlanjut.

  2. Ada 78 wilayah di Jakarta yang rawan banjir, khususnya daerah-daerah yang berada dekat dengan bantaran sungai. Mari kita berdoa supaya pemerintah sigap dalam memberikan tindakan pencegahan banjir di daerah-daerah tersebut, dengan rencana dan program yang telah mereka siapkan. Berdoa juga supaya setiap rencana dan program tersebut dapat rampung dalam waktu yang telah ditentukan, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

  3. Mengucap syukur atas kesadaran para warga terhadap lingkungan dalam rangka menanggulangi bencana banjir. Doakan supaya melalui partisipasi mereka, kerja pemerintah semakin terasa ringan. Berdoa pula supaya tindakan mereka dapat menjadi contoh yang baik dan menularkan energi positif kepada warga di daerah lain.

e-JEMMi 49/2012


Masyarakat Dhao Akhirnya Menerima Alkitab

Timor merupakan tempat dari 4000 penduduk Dhao. Sekarang mereka dapat memperdalam langkah mereka bersama Tuhan. Pada tahun 1998, terjemahan Injil dan kitab Kejadian dimulai dalam bahasa Dhao. Saat ini, setelah 14 tahun, proses penerjemahan pun selesai dan masyarakat Dhao akhirnya menerima Injil. Proses penerjemahan ini berjalan lama dan menjemukan.

Bahan tersebut diterjemahkan oleh Tim dari The Seed Company yang misinya adalah: "mempercepat penerjemahan firman Tuhan serta dampaknya pada masyarakat yang belum mengenal firman Tuhan, melalui kerja sama untuk menggenapi Amanat Agung". Dalam tahap awal penerjemahan Alkitab tersebut, tim penerjemah harus menyiapkan alfabet bagi bahasa Dhao yang rumit. Mereka pun bergantung pada bantuan para petani dan penduduk lokal lainnya yang terpanggil oleh Tuhan untuk membantu proyek ini.

MS, koordinator penerjemah, telah diberkati melalui proses tersebut. "Ketika kami membaca firman Tuhan di Dhao, hal tersebut membawa kami lebih dekat pada masyarakat, gereja, serta denominasi yang berbeda. Kami menjadi satu di dalam Tuhan ketika kami dan masyarakat Dhao pun bisa menggunakan bahasa yang sama." (t/Yudo)

Sumber: http://mnnonline.org/article/17797

Pokok Doa:

  1. Mari kita berdoa bagi masyarakat Dhao, agar melalui firman Tuhan yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Dhao, iman mereka kepada Kristus semakin bertumbuh dan berakar di dalam Dia.

  2. Mohonlah agar Tuhan menjamah hati orang-orang di Dhao yang belum percaya Kristus.

  3. Mengucap syukur kepada Tuhan atas ketekunan dan kesetiaan tim penerjemah, yang telah mengerjakan proyek ini sampai akhir. Kiranya Tuhan terus memakai mereka lebih lagi dalam pelayanan-pelayanan selanjutnya.

e-JEMMi 46/2012


Pergolakan di Beberapa Wilayah Indonesia

Voice of the Martyrs Canada dan Open Doors melaporkan tindakan supresif dilakukan secara tiba-tiba dengan menutup sejumlah gereja, pada bulan Mei di sebuah wilayah di Indonesia yang menganut hukum agama. Sejak itu, kekerasan terhadap umat Kristen meningkat di beberapa wilayah Nusantara. Gerakan ini menimbulkan kekhawatiran di antara orang-orang percaya, sebagai tanda dari ketiadaan toleransi beragama yang semakin meningkat. Di samping penutupan gereja, para ekstremis juga meledakkan bom di rumah seorang umat Kristen, serta sebuah gedung gereja di salah satu wilayah di Indonesia. Serangan itu menyebabkan umat Kristen di seluruh daerah itu menjadi waspada. Walaupun UUD Indonesia secara terbuka menjamin kebebasan beragama, pemerhati penganiayaan terhadap gereja serta kelompok-kelompok hak asasi menyatakan bahwa dalam dekade terakhir ini, pemerintah Indonesia seolah-olah tidak peduli terhadap serangan-serangan tersebut. (t/Okti)

Sumber: http://mnnonline.org/article/17821

Pokok Doa:

  1. Mari kita berdoa kepada Tuhan Yesus, khususnya untuk keberlangsungan pertumbuhan jemaat Tuhan di Indonesia, di tengah penolakan dan penganiayaan yang semakin meningkat.

  2. Berdoa juga bagi orang-orang percaya, agar Tuhan Yesus menolong mereka tetap teguh dalam iman dan bersaksi kepada yang belum percaya.

  3. Doakan juga agar Tuhan Yesus membuka kesempatan bagi para kelompok militan di Indonesia, supaya mereka mengalami perkenalan dengan-Nya.

e-JEMMi 45/2012


Musim Pancaroba di Indonesia

Beberapa hari yang lalu, masih begitu hangat pemberitaan tentang kekeringan yang melanda beberapa wilayah di Indonesia. Yang berdampak pada menyusutnya volume air puluhan waduk di wilayah Indonesia dan keringnya lebih dari 127.788 hektar lahan sawah. Namun, masa-masa tersebut telah berakhir karena saat ini, Indonesia memasuki musim pancaroba. Datangnya musim pancaroba bukan berarti tanpa risiko, justru penduduk Indonesia harus waspada terhadap perubahan musim ini karena biasanya banyak orang akan terserang penyakit. Mengetahui hal ini, kami mengajak Anda untuk menaikkan doa-doa kita kepada Tuhan Yesus Kristus.

Pokok Doa:

  1. Berdoa supaya masyarakat Indonesia dapat mengaplikasikan pola hidup bersih menjelang musim pancaroba, agar sejak dini mengantisipasi kemungkinan terjadinya berbagai penyakit yang muncul dalam masa-masa tersebut.

  2. Berdoa bagi perlindungan dan kesehatan hamba-hamba-Nya yang melayani di daerah-daerah yang minim dengan akses kesehatan.

e-JEMMi 42/2012


Kekeringan di Beberapa Wilayah di Indonesia

Akhir-akhir ini, santer diberitakan bahwa beberapa wilayah di Indonesia mengalami krisis air. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa dalam periode ini cuaca dalam keadaan normal. Namun kenyataannya, setidaknya ada 127.788 hektar lahan sawah yang mengalami puso. Wilayah yang mengalami kekeringan di antaranya Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan beberapa wilayah lain di Indonesia. Selain berdampak pada ratusan hektar lahan persawahan, kekeringan tahun ini juga menjadi dalang atas menyusutnya persediaan air waduk beberapa wilayah di Indonesia. Meski kekeringan tahun ini tidak mengakibatkan krisis pangan, namun sebagian masyarakat mengalami kesulitan dalam memenuhi persediaan air bersih, terutama untuk memasak dan minum.

Pokok Doa:

  1. Berdoa bagi orang-orang percaya yang saat ini menjadi korban kekeringan, berdoa supaya Tuhan Yesus memberikan kekuatan bagi mereka.

  2. Berdoa untuk lahan-lahan yang mengalami kekeringan, supaya Tuhan memulihkan keadaannya, sehingga dapat ditanami kembali. Berdoa juga bagi para petani supaya mereka dapat mengusahakan lahan sawahnya dengan baik, sehingga Indonesia tidak mengalami krisis pangan.

  3. Berdoa bagi waduk-waduk yang mengalami penyusutan, supaya Tuhan memulihkan keadaan air waduk, sehingga masyarakat dapat kembali memanfaatkan air waduk.

e-JEMMi 41/2012


Tawuran Antarpelajar

Maraknya tindakan kekerasan seperti tawuran pelajar, akhir-akhir ini menimbulkan kekhawatiran banyak pihak. Fenomena memprihatinkan ini sudah semestinya menjadi cambuk, terutama bagi para orang tua untuk mencegah anak-anak mereka terjerumus ke dalam kekerasan.

Sumber: http://news.detik.com/read/2012/09/29/064615/2045072/10/cegah-tawuran-dengan-membangun-cinta-dalam-keluarga

Pokok Doa:

  1. Berdasarkan data dari Komisi Nasional Perlindungan Anak, sepanjang enam bulan pertama tahun 2012 ada 139 kasus tawuran pelajar, 12 di antaranya menyebabkan kematian. Doakan kepada Tuhan Yesus agar peristiwa tawuran antarpelajar tidak terus meningkat di Indonesia.

  2. Doakan agar para remaja dapat mengendalikan diri dan tidak mudah terprovokasi oleh aksi-aksi yang memancing emosi/mengobarkan api permusuhan antarpelajar.

  3. Doakan agar para orang tua di Indonesia dapat lebih memerhatikan anak remaja mereka, dan diharapkan melalui kasih dan perhatian orang tua, para remaja ini akan memiliki emosi yang lebih matang, sehingga tak mudah terjebak dalam tawuran yang sia-sia.

e-JEMMi 40/2012


Utusan Injil di Sumatera

Ratusan pekerja lokal dari organisasi Kristen yang tersebar di 10 provinsi di Sumatera Tengah membagikan firman Tuhan kepada 50 umat agama lain. Kebanyakan dari mereka tidak saling mengenal karena wilayah yang berjauhan dan sering merasa kesepian dengan dukungan yang terbatas. Karena kondisi ini, beberapa pekerja menyelenggarakan sebuah persekutuan doa yang mewadahi para pekerja Kristen di Sumatera.

Sumber: Buletine Frontline Faith, September-Oktober 2012, Halaman 10

Pokok doa:

  1. Berdoa bagi para utusan Injil lokal di Sumatera, agar Tuhan Yesus memberi sukacita dan damai sejahtera ketika melayani di ladang-Nya. Doakan juga agar Tuhan memberikan perlindungan dan kesehatan kepada mereka.

  2. Doakan agar Tuhan Yesus memberi hikmat kepada utusan Injil lokal di Sumatera ketika mereka membagikan Kabar Baik kepada orang yang belum percaya, sehingga melalui pelayanan mereka semakin banyak jiwa dimenangkan bagi Kristus.

  3. Berdoa untuk jiwa-jiwa yang telah mereka jangkau, agar setiap jiwa semakin bertumbuh di dalam pengenalan akan Tuhan.

  4. Doakan juga untuk setiap kebutuhan hidup yang diperlukan oleh utusan Injil lokal di Sumatera, agar Tuhan Yesus mencukupkannya.

  5. Mengucap syukur kepada Tuhan Yesus atas setiap dukungan, baik doa maupun dana yang telah diberikan kepada utusan Injil lokal di Sumatera. Tuhan Yesus memberkati benih yang sudah Anda tabur.

e-JEMMi 37/2012


Teror di Solo

Kota Solo yang terkenal dengan keanggunan dan ketenangannya, baru-baru ini dicemari oleh aksi teror. Peristiwa yang dimulai dengan ledakan bom itu, berlanjut pada aksi penembakan terhadap oknum polisi serta serentetan peristiwa lainnya. Insiden ini mengakibatkan jatuhnya korban jiwa -- meninggal dan terluka. Peristiwa ini cukup meresahkan warga Solo dan sekitarnya.

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk situasi di kota Solo, kiranya Tuhan Yesus Kristus campur tangan untuk keamanan kota. Doakan juga warga kota Solo dan sekitarnya supaya mereka tidak dihantui rasa takut yang berlebihan.

  2. Doakan untuk anggota keluarga oknum polisi yang menjadi korban penembakan, supaya Tuhan Yesus memberi kekuatan dan penghiburan.

  3. Doakan untuk proses penyelidikan yang dilakukan oleh pihak terkait, agar Tuhan memberi hikmat dan ketelitian kepada mereka.

  4. Doakan agar Tuhan Yesus menjamah hati para pelaku teror, sehingga mereka menyesali segala perbuatan mereka, dan kejadian serupa tidak terulang kembali.

e-JEMMi 36/2012


Masa Liburan Idul Fitri

Masa-masa liburan peringatan hari raya Idul Fitri biasanya digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berkumpul dengan keluarga besarnya. Saling mengunjungi antarkeluarga, meski berbeda keyakinan, merupakan satu hal yang tidak boleh dilewatkan dalam masa-masa ini, terutama bagi anak-anak Tuhan. Ketika berkumpul bersama keluarga besar, saat itulah anak-anak Tuhan dapat menyaksikan pemeliharaan dan penyertaan Tuhan dalam hidupnya.

Pokok Doa:

  1. Berdoalah agar ketika berkumpul dan berjumpa dengan keluarga besar, setiap anak Tuhan dapat menjadi saksi Kristus yang hidup melalui perkataan, perbuatan, dan pemikirannya. Kiranya, sanak saudara yang belum mengenal Tuhan, bisa merasakan kasih Kristus melalui diri kita.

  2. Mohonlah kepada Tuhan agar semua anggota keluarga diberikan kesehatan dan perlindungan, sehingga pertemuan demi pertemuan berjalan dengan lancar.

  3. Tidak semua masyarakat Indonesia dapat menghabiskan masa liburan Lebaran dengan berkumpul bersama keluarga. Salah satunya adalah para aparat yang berwajib mengamankan dan melancarkan lalu lintas, sehingga para pemudik terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berdoalah untuk mereka agar bersemangat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

e-JEMMi 33/2012


Banjir di Ambon

Belum rampung dengan bencana banjir bandang (galodo) yang melanda kota Padang, kita sudah diramaikan lagi dengan bencana yang sama. Kali ini di Kota "manise" Ambon. Tepatnya Rabu, 1 Agustus 2012, salah satu wilayah di kota Ambon yaitu Batu Merah diporakporandakan oleh banjir bandang dan tanah longsor. Banjir tersebut disebabkan oleh hujan deras yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut di wilayah tersebut. Akibatnya, beberapa sungai meluap hingga merendam pemukiman penduduk serta mengakibatkan tanah longsor. Badan Penanggulangan Bencana Banjir daerah Maluku melaporkan korban tewas hingga tanggal 1 Agustus 2012 berjumlah 10 orang dan sekitar 1.412 unit rumah hancur. Diduga, jumlah korban tewas dan rumah yang rusak akan semakin bertambah. Hal ini tentu saja menjadi pukulan berat baik bagi pemerintah kota Ambon, maupun bagi para korban bencana tersebut. Sebagai anak Tuhan, kita tentu merasa miris mendengar saudara-saudara kita yang tertimpa bencana. Kami mengajak Anda berdoa untuk saudara-saudara kita di Ambon.

Pokok Doa:

  1. Ada sekitar 1.412 unit rumah penduduk yang rusak akibat banjir bandang. Itu artinya ada ribuan orang yang harus kehilangan tempat tinggal. Mari kita berdoa supaya mereka mendapatkan bantuan secepatnya dari pemerintah untuk membangun tempat tinggal yang baru. Berdoa juga bagi korban yang mungkin belum mendapatkan tempat pengungsian, supaya mereka segera mendapatkan tempat perlindungan/pengungsian yang telah disediakan.

  2. Kita juga berdoa bagi mereka yang keluarganya tewas dalam bencana ini. Kiranya mereka tidak terpuruk dalam kesedihan dan dapat merelakan kepergian keluarga mereka. Berdoa juga bagi korban tewas yang belum ditemukan, supaya secepatnya dapat ditemukan oleh tim penyelamat.

  3. Proses evakuasi korban melibatkan beberapa tim penyelamat. Mari kita berdoa bagi seluruh tim yang bergabung dalam proses evakuasi, supaya mereka diberi kemampuan oleh Tuhan dan dijauhkan dari segala sesuatu yang tidak diinginkan. Doakan agar mereka dapat bekerja secara maksimal dalam melakukan evakuasi.

  4. Diperlukan banyak waktu, tenaga, dan biaya untuk memulihkan keadaan di wilayah bencana. Kita berdoa supaya pemerintah Ambon dapat dengan cepat mengatasi permasalahan yang ada.

  5. Bencana ini, tidak menutup kemungkinan, dapat menimbulkan bencana susulan mengingat curah hujan yang cukup tinggi di daerah tersebut. Kita berdoa supaya tidak terjadi banjir susulan dan masyarakat bisa lebih tenang.

  6. Sembako, obat-obatan, dan peralatan MCK adalah kebutuhan vital bagi setiap korban bencana. Mari kita berdoa untuk seluruh kebutuhan dasar di tempat-tempat pengungsian sehingga setiap tempat pengungsian tidak mengalami kekurangan peralatan tersebut.

  7. Pasca bencana banjir, wabah sakit penyakit seperti diare, malaria, dan beberapa penyakit lain dapat berkembang karena kuman yang terdapat pada air kotor maupun udara. Kita berdoa bagi para korban bencana banjir Ambon, supaya mereka tidak terserang penyakit. Selain itu, mari kita doakan juga para korban yang sudah terserang penyakit, supaya mereka segera mendapatkan perawatan yang tepat.

  8. Mengucap syukur untuk setiap bantuan yang diberikan kepada masyarakat Ambon. Doakan agar setiap bantuan yang diberikan tepat sasaran dan dapat meringankan beban yang harus ditanggung oleh para korban.

e-JEMMi 32/2012


Lonjakan Harga Kebutuhan Pokok

Lonjakan harga bahan-bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadan memberikan dampak yang cukup meresahkan bagi masyarakat Indonesia. Tidak sedikit kita jumpai masyarakat, khususnya para ibu, mulai mengeluhkan mahalnya harga bahan pokok akhir-akhir ini. Hal ini tentunya juga berdampak pada masyarakat Indonesia yang hidup di bawah standar, yang dalam hari-hari biasa mereka sudah cukup kesulitan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pokok Doa:

  1. Mari berdoa agar masyarakat Indonesia dapat lebih bijaksana dalam membelanjakan uang mereka selama bulan Ramadan.

  2. Doakan agar para pedagang tidak mempermainkan harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadan.

  3. Doakan agar tercipta kondisi yang aman dan toleransi selama bulan Ramadan.

e-JEMMi 29/2012


Sebuah Bom Meledak di Ambon

Open Doors mendapatkan informasi adanya ledakan bom di Ambon pada tanggal 15 Mei 2012. Insiden ini terjadi saat orang banyak sedang mengikuti perayaan Hari Pattimura, di mana masyarakat mempersembahkan Obor dari Pulau Saparua menuju Kota Ambon, untuk memperingati pahlawan nasional, Kapitan Pattimura. Insiden ini mengakibatkan 55 warga terluka, yang sebagian besar adalah umat Kristen. Pada awalnya, ada spekulasi yang mengatakan bahwa pemerintah lokallah yang menjadi dalang pengeboman ini. Menurut warga setempat, situasi di Ambon sangat terkontrol dan relasi antar umat beragama tidak terpicu oleh insiden ini.

Sumber: Buletin Frontline Faith, Edisi Juli-Agustus 2012, Hal.11

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk perlindungan Tuhan kepada warga Ambon yang menghadiri perayaan Hari Pattimura. Semua karena kemurahan-Nya.

  2. Mengucap syukur juga untuk situasi yang kondusif pasca terjadinya insiden pengeboman ini di Ambon.

  3. Berdoa untuk pemulihan luka fisik dari para korban pengeboman. Doakan agar mereka tidak menaruh dendam kepada oknum yang telah membuat ketidaknyamanan pada perayaan Hari Pattimura tersebut.

  4. Doakan juga agar melalui peristiwa ini, umat Kristen di Ambon semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dan memacu mereka untuk lebih lagi menyatakan kasih Kristus di lingkungan mereka.

e-JEMMi 28/2012


Kekerasan di Papua

Kekerasan bersenjata lagi-lagi terjadi di Papua. Minggu (1/7) terjadi penembakan di Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom. Akibat insiden ini, seorang warga tewas.

Sumber: Kompas, Senin, 2 Juli 2012, Hal.1

Pokok Doa:

  1. Mari berdoa untuk Papua, agar peristiwa kekerasan bersenjata tidak terus terjadi.

  2. Doakan untuk aparat keamanan yang bertugas di Papua, agar Tuhan melindungi mereka dalam menjaga keamanan di Papua.

  3. Doakan masyarakat Kristen Papua, agar mereka terus berdoa dan mengandalkan Tuhan untuk kedamaian di Papua.

e-JEMMi 27/2012



Meningkatnya Penganiayaan Terselubung

Diringkas oleh: Novita Yuniarti

Menurut Compass Direct News, tahun lalu terjadi 64 kasus pelanggaran terhadap orang Kristen di Indonesia. Tahun ini jumlah pelanggaran itu telah mencapai dua pertiga dari jumlah tahun lalu. 22 gereja telah ditutup paksa, 18 di antaranya terjadi dalam sebulan terakhir. Kekerasan fisik juga meningkat. Pada 17 Mei, massa yang berjumlah 600 orang melemparkan air seni dan air selokan kepada 100 anggota jemaat salah satu gereja. Meskipun semua ini terjadi, gereja di Indonesia tetap mengalami pertumbuhan.

Diringkas dari: http://mnnonline.org/article/17315

Pokok doa:

  1. Mengucap syukur, meskipun di tengah kondisi yang tidak "mendukung" gereja tetap kuat dan semakin bertumbuh.

  2. Doakan untuk kesatuan gereja Tuhan di Indonesia, agar tetap terpelihara dengan baik.

  3. >Mari berdoa bagi umat Kristen di Indonesia, agar tetap menjadi teladan di mana pun mereka berada.

e-JEMMi 24/2012



Kebebasan Beragama

Setelah mendapat banyak pertanyaan tentang kebebasan beragama dalam Universal Periodic Review Human Rights Council, ada dua agenda yang harus diselesaikan oleh bangsa Indonesia, salah satunya penyelesaian masalah GKI Yasmin.

Sumber: Kompas, Jumat, 1 Juni 2012, Halaman 4

Pokok Doa:

  1. Mari berdoa untuk pihak-pihak yang terlibat dalam penyelesaian masalah GKI Yasmin, agar Tuhan memberi hikmat dan hati yang bijaksana, sehingga didapat hasil keputusan yang bertanggung jawab.

  2. Doakan juga agar Tuhan senantiasa memberi perlindungan kepada semua pihak, sehingga mereka bisa bekerja dengan lebih baik dalam menangani masalah GKI Yasmin.

  3. Mengucap syukur untuk pihak-pihak yang memberi dukungan dan perhatian terhadap masalah GKI Yasmin. Kiranya Tuhan memberkati pekerjaan dan pelayanan mereka.

  4. Berdoa agar masyarakat Indonesia tidak terpancing dengan isu-isu provokasi yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu, yang bertujuan untuk memecah belah umat Kristen.

e-JEMMi 23/2012



Ledakan Bom di Masohi, Maluku Tengah

Setelah diguncang tiga buah ledakan bom, warga kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), kembali dibuat panik dengan penemuan sebuah bom aktif di Kawasan Letuaru, kota Masohi, Kamis (17/5/2012) malam. Bom tersebut ditemukan oleh seorang anak, RM (11), saat dirinya tengah mencari besi tua di kawasan tersebut. Bom rakitan yang terbuat dari pipa besi tersebut diduga diletakkan oleh orang tak dikenal (OTK) untuk kembali mengacaukan situasi kota Masohi. Kapolres Malteng Ajun dan Komisaris Besar Udi Juswanto menduga motif dari teror bom tersebut tak lain untuk mengacaukan Pilkada Malteng putaran kedua yang akan segera digelar 23 Mei mendatang.

Sumber: Kompas.com

Pokok Doa:

  1. Berdoalah agar Tuhan memberi keamanan di kota Masohi sehingga keadaan terkendali menjelang Pilkada tanggal 23 Mei nanti.

  2. Berdoalah agar Tuhan menolong aparat yang berwenang supaya mereka senantiasa waspada dan sigap menjaga keamanan kota Masohi.

  3. Doakan agar Pilkada putaran kedua ini berlangsung secara jujur, aman dan tertib.

  4. Berdoalah untuk para calon pemimpin kepala daerah yang bersaing agar tidak menggunakan cara-cara kotor untuk memenangkan Pilkada ini, terutama cara-cara yang merusak stabilitas keamanan di kota Masohi.

  5. Berdoalah agar Tuhan memakai umat-Nya di kota Masohi untuk menjadi garam dan terang bagi kota ini, sehingga kasih dan kemuliaan Kristus terpancar di kota Masohi.

e-JEMMi 20/2012



Tragedi Sukhoi Superjet

Musibah jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 yang sedang promosi di Indonesia sungguh sangat mengejutkan. Hingga Kamis petang, evakuasi terhadap 50 korban di tebing Gunung Salak di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat belum dapat dilanjutkan mengingat medan yang sulit dan cuaca yang kurang mendukung. Tim gabungan yang dikirim untuk memeriksa lokasi temuan serpihan pesawat masih belum bisa mencapai lokasi pesawat.

Sumber: Kompas, Jumat, 11 Mei 2012, Hal. 1

Pokok Doa:

  1. Mari kita berdoa untuk tim yang melakukan evakuasi, agar Tuhan menolong, memberi kesehatan, dan kekuatan kepada setiap anggota tim. Doakan juga agar tim bisa bekerja sama dengan baik.

  2. Doakan agar Tuhan memberi cuaca yang baik selama evakuasi, sehingga proses evakuasi bisa segera dilakukan.

  3. Berdoa untuk para keluarga korban, agar Tuhan memberi penghiburan kepada mereka.

  4. Berdoa agar Tuhan memberi kejujuran kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proses penyelidikan jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100, agar segera bisa mengetahui penyebab pasti jatuhnya pesawat.

e-JEMMi 19/2012



GKI Yasmin

Dalam proses hukum yang berkaitan dengan GKI Yasmin, Presiden RI menolak memberlakukan putusan MA, yang memutuskan agar pemerintah daerah mengizinkan jemaat GKI Yasmin, Bogor beribadah di gedung gereja. Pemerintah kota Bogor mencabut izin pembangunan GKI Yasmin pada Februari 2008. MA memerintahkan agar hak itu diaktifkan kembali pada bulan Desember 2010. Namun, walikota Bogor menolaknya. Pada tanggal 13 Februari 2012, presiden RI menyerahkan sengketa tersebut kepada pemerintah kota Bogor dan Departemen Agama, sesuai dengan undang-undang otonomi regional Indonesia. Jemaat GKI Yasmin bersama simpatisan dari agama-agama lain telah mengadakan paling tidak tiga kali kebaktian di depan Istana Negara.

Sumber: Buletin Frontline Faith, Mei-Juni 2012, Halaman 3

Pokok Doa:

  1. Mari kita berdoa agar Tuhan ikut campur dalam sengketa yang sedang dihadapi oleh GKI Yasmin, agar masalah ini segera ada penyelesaian yang adil dan bijaksana.

  2. Doakan agar jemaat GKI Yasmin tetap tenang dan mengandalkan Tuhan sehingga tidak terpancing dengan provokasi yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

  3. Doakan agar Tuhan memberi hati yang takut akan Tuhan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam memutuskan kasus ini.

  4. Mengucap syukur untuk jemaat GKI Yasmin. Mari berdoa agar Tuhan terus memberkati setiap usaha/pekerjaan, studi, keluarga, dan kegiatan yang mereka lakukan.

e-JEMMi 18/2012



Kasus Pesawat di Papua

Serangan terhadap pesawat sipil pada Minggu, 8 April 2012, menimbulkan efek demonstratif sangat tinggi tentang bahaya kekerasan yang mengancam Papua. Berbagai kalangan dibuat terperangah atas peristiwa penembakan terhadap pesawat Twin Otter sesaat hendak mendarat di Bandara Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, dari Nabire. Serangan tiba-tiba di luar dugaan itu menewaskan seorang penumpang dan mencederai empat orang lainnya. Belum diketahui persis siapa pelaku dan apa motif serangan yang tidak memilih-milih sasaran itu.

Sumber: Kompas, Selasa, 10 April 2012, Hal. 6

Pokok Doa:

  1. Mari kita berdoa untuk para korban insiden penembakan di Bandara Mulia beberapa waktu yang lalu, agar Tuhan memberi kesehatan dan pemulihan dari luka fisik maupun psikis yang mereka alami.

  2. Doakan agar pihak yang berwajib dapat segera mengusut kasus ini dan menemukan pelaku serta motif dibalik penyerangan ini, sehingga tidak menimbulkan berbagai prasangka di masyarakat.

  3. Berdoa agar tercipta rasa aman di wilayah Papua, mengingat wilayah ini sering sekali terjadi insiden penyerangan terhadap warga sipil maupun pihak berwajib.

e-JEMMi 15/2012



Umat Kristen di Jawa Barat

Pada Maret yang lalu, Jawa Barat kembali menjadi saksi mata atas dua kasus kekerasan yang berlandaskan pada perbedaan agama sehingga mengusik suasana ibadah umat Kristen yang diadakan di sebuah hotel di Bandung. Kasus ini melaporkan adanya tuduhan kegiatan pembaptisan terhadap warga non Kristen. Kelompok ini bersikeras dan mengaku melindungi agama mereka, serta menentang siapa pun yang berniat untuk berpindah kepercayaan.

Keesokan harinya, dua tersangka berpakaian putih datang dan menembakkan senapan angin di salah satu gereja di Indramayu. Pihak kepolisian berhasil mengidentifikasi pelaku dan langsung menahan para pelaku. Keduanya baru saja selesai menunaikan ibadah sebelum menerobos masuk ke bangunan gereja. Tidak ada korban luka dalam insiden ini.

Indonesia menempati peringkat ke-43 dalam World Watch List. Menurut Institusi Setara, terdapat 99 kasus penganiayaan yang menentang etnis dan kelompok minoritas agama sejak Januari sampai Juni 2011, dan 30 di antaranya terjadi di Jawa Barat. Kasus-kasus tersebut termasuk penutupan gereja, kekerasan fisik, diskriminasi, dan gangguan terhadap ibadah.

Sumber: DetikCom, Republika Online, Kompas Online

Pokok Doa:

  1. Berdoa agar Tuhan menolong umat Kristen di Jawa Barat untuk dapat menyikapi penganiayaan ini dengan hikmat dan terus bertekun di dalam doa.

  2. Doakan agar Tuhan membantu pihak kepolisian dan pemerintah menuntaskan kekerasan dan diskriminasi terhadap umat Kristen di Jawa Barat.

  3. Berdoa untuk gereja-gereja Tuhan di Jawa Barat, agar dapat menjadi terang dan garam di lingkungan mereka.

  4. Berdoa supaya Tuhan memberikan kesatuan hati di antara gereja-gereja di Jawa Barat.

  5. Biarlah kasih dan terang Kristus terus bercahaya di Jawa Barat melalui anak-anak Tuhan yang setia memancarkan kasih dan terang-Nya.

e-JEMMi 14/2012



Roadshow ke Jakarta

Pada tanggal 1-4 Maret 2012, Tim SABDA melakukan perjalanan ke Jakarta untuk mengadakan pelatihan SABDA. Tujuan utamanya adalah memberikan pelatihan SABDA_Care untuk tim multimedia gereja-gereja di Jakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 140 peserta (mewakili 80 gereja dan organisasi Kristen). Selain itu, Tim SABDA juga memberikan pelatihan software Alkitab SABDA kepada hamba-hamba Tuhan GMII, STT IKSM dan PGLII Depok. Puji Tuhan semua kegiatan ini berjalan dengan baik.

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk perlindungan yang Tuhan berikan kepada Tim SABDA selama perjalanan dari Solo ke Jakarta dan kembali lagi ke Solo. Penyertaan Tuhan sungguh luar biasa.

  2. Mengucap syukur untuk pelayanan Yasti dan Yasuma yang telah membantu pelaksanaan pelatihan ini. Tuhan memberkati pelayanan Anda.

  3. Mengucap syukur karena melalui pelatihan ini banyak produk pelayanan SABDA boleh disebarkan, dan berharap bisa menjadi berkat bagi kemajuan pelayanan para peserta yang mengikuti pelatihan ini.

  4. Doakan agar Tuhan menolong setiap peserta, baik dari tim Multimedia gereja atau para hamba Tuhan, agar pelayanan mereka dipakai Tuhan untuk menumbuhkan jemaatnya sehingga mereka mengenal Firman Tuhan dengan benar.

e-JEMMi 11/2012



Geng Motor Tasik

Geng motor kembali melakukan penganiayaan dan kekerasan yang mengakibatkan kematian di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, minggu (4/3) dini hari. Geng motor yang beranggotakan pengguna sepeda motor, berusia 16-19 tahun kerap meresahkan masyarakat -- sering melakukan tindak kekerasan jalanan, meraung-raungkan motor, serta melukai pejalan kaki dan pengendara motor lain.

Sumber: Kompas, Senin, 5 Maret 2012, Hal 23

Pokok Doa:

  1. Doakan keluarga korban kekerasan yang dilakukan oleh geng motor di Tasikmalaya, agar Tuhan memberi kekuatan dan penghiburan.

  2. Doakan juga upaya pihak berwajib yang menangani kasus ini, agar Tuhan memberi hikmat sehingga dapat menangani kasus ini dengan baik.

  3. Doakan untuk para anggota geng motor di Tasikmalaya, agar mereka sadar dan tidak mengulangi perbuatan mereka yang merugikan pihak lain.

  4. Berdoa untuk pihak berwenang untuk turut campur sehingga masalah ini tidak berlarut-larut dan keadaan menjadi terkendali.

e-JEMMi 10/2012



KKR Siswa

Stephen Tong Evangelistic Ministries International (STEMI), kembali mengadakan KKR Regional Siswa di beberapa tempat di wilayah Surakarta dan sekitarnya, dari jenjang TK sampai SMU. Biarlah Roh Tuhan mengurapi setiap kebaktian kebangunan rohani yang diadakan.

Pokok Doa:

  1. Doakan agar acara KKR dapat berlangsung dengan tertib dan damai. Doakan juga agar Tuhan menolong semua siswa untuk bisa konsentrasi mendengarkan firman Tuhan.

  2. Doakan agar Tuhan mengurapi setiap pembicara dengan kebenaran firman Tuhan, biarlah semua panitia bisa bekerja sama dengan baik.

  3. Doakan agar melalui KKR ini, setiap siswa yang mengikuti mendapatkan berkat rohani dan pemulihan bagi jiwa mereka.

  4. Doakan agar Tuhan mengatur cuaca sehingga tidak menjadi halangan bagi firman Tuhan diberitakan. Doakan juga agar setiap perlengkapan yang dipakai supaya bermanfaat untuk melancarkan pelaksanaan KKR.

e-JEMMi 07/2012



Penutupan Gereja

Sebuah gereja -- R, yang terletak di salah satu Kabupaten di Jawa Barat telah ditutup paksa oleh massa. Gereja yang mulai dirintis sejak 1987 itu, dimulai dengan melayani 4 jemaat saja. Pada tahun 2002, jumlah jemaat bertambah menjadi 300 jemaat. Oleh kerena itu, gembala di gereja tersebut, berkeinginan mengurus perizinan gereja melalui sekretaris desa. Dua tahun berlalu, namun izin belum juga keluar. Pada tahun 2010, jumlah jemaat yang digembalakan meningkat menjadi 500 jemaat. Karena jumlah jemaat semakin banyak, pada awal tahun 2011, bapak gembala ini dipanggil oleh Polsek, Dandim, dan Camat, agar segera mengurus izin gereja.

Pada suatu hari Minggu, saat sedang berlangsung ibadah Pemuda/Remaja, yang dihadiri sekitar 70 anak muda, tiba-tiba dihentikan secara paksa oleh sekelompok massa. Sekelompok massa ini datang dengan membawa senjata tajam. Pada September 2011, Satpol PP mengeluarkan beberapa peralatan musik, kursi-kursi, lalu mengunci dan menyegel gedung gereja.

Pada Oktober 2011, salah satu penyidik, mengajukan bapak gembala ke persidangan, dan hakim menyatakan bahwa gembala bersalah atas tuduhan penyalahgunaan rumah yang dijadikan tempat ibadah tanpa dilengkapi IMB, atau melanggar Perda No. 4, Thn 2000. Hakim memvonis dengan denda Rp. 25.000.000 yang harus dibayar dalam jangka waktu 1 tahun, atau diganti dengan hukuman penjara selama 3 bulan.

Saat ini, jemaat gereja tersebut banyak yang tercerai-berai di gereja lain, karena gedung gereja tidak dapat lagi digunakan untuk kegiatan ibadah.

Sumber: KDP, Edisi Januari-Februari 2012, Hal. 3

Pokok doa:

  1. Dukung dalam doa perjuangan jemaat gereja ini untuk memperoleh izin melakukan kegiatan ibadah.

  2. Doakan untuk bapak gembala, agar Tuhan memberi hikmat dan kesabaran dalam menghadapi masalah yang sedang dihadapi gereja yang digembalakannya ini.

  3. Doakan juga agar iman setiap jemaat gereja ini dapat tetap terpelihara, meskipun saat ini mereka tidak beribadah di tempat yang sama. Doakan agar Tuhan melindungi dan memelihara hidup mereka.

  4. Doakan untuk pemerintah setempat, agar mereka melakukan tugasnya dengan Tuhan akan Tuhan sehingga dengan setia menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran.

e-JEMMi 06/2012



Raker YLSA 2012

Pada tanggal 9 dan 10 Januari 2011, YLSA telah mengadakan rapat kerja (RAKER), guna mengevaluasi pelayanan YLSA sepanjang tahun 2011 dan menetapkan rencana untuk tahun 2012. Puji Tuhan, RAKER ini dapat berlangsung dengan baik.

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk perlindungan dan penyertaan Tuhan selama RAKER, sehingga dapat berjalan dengan baik.

  2. Doakan untuk setiap rencana yang telah disusun pada RAKER 2012, agar rencana tersebut bisa terealisasi sepanjang tahun ini.

  3. Doakan juga untuk setiap staf YLSA yang akan mengerjakan setiap rencana yang telah disepakati, agar Tuhan memberi hikmat dan kesatuan di antara staf.

e-JEMMi 03/2012



Wajib Belajar

Program wajib belajar 9 tahun belum sesuai harapan, karena saat ini rata-rata lama belajar baru 7,9 tahun. Karena itu pada tahun 2012, wajib belajar 9 tahun ditargetkan bisa mencapai 100 persen. Tahun ini pemerintah juga mulai merintis wajib belajar 12 tahun.

Sumber: Kompas, Jumat, 6 Januari 2012, Halaman 13

Pokok Doa:

  1. Doakan agar Tuhan menolong usaha pemerintah untuk menyukseskan program wajib belajar 9 tahun, bahkan 12 tahun agar bangsa Indonesia bisa mengejar ketinggalannya dalam pendidikan.

  2. Doakan agar Tuhan memberkati pemerintah sehingga bantuan dana operasional bagi para siswa, dapat dikelola pemerintah dengan sebaik-baiknya.

  3. Berdoa untuk setiap kemajuan kecil yang telah dicapai. Kiranya Tuhan terus membuka kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melihat berkat dan kasih-Nya.

e-JEMMi 02/2012



Tahun Baru 2012

Puji Tuhan, saat ini kita telah memasuki tahun yang baru. Kita patut bersyukur untuk penyertaan yang Tuhan berikan sepanjang tahun 2011. Mari kita isi tahun 2012 dengan menceritakan Kabar Baik kepada lebih banyak orang, sehingga mereka juga bisa beroleh anugerah keselamatan.

Pokok Doa:

  1. Bersyukurlah untuk semua peristiwa yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita di tahun 2011. Kiranya iman kita semakin bertumbuh melalui perenungan akan kasih setia Tuhan dalam hidup kita.

  2. Doakan untuk jemaat yang mulai undur dari pelayanan, agar Allah menangkap mereka kembali dalam kasih-Nya. Kiranya tahun baru ini membawa kerinduan dan semangat baru bagi mereka untuk kembali melayani-Nya.

  3. Doakan orang-orang Kristen yang masih percaya ramalan, supaya mereka segera bertobat. Kiranya Roh Kudus menyadarkan mereka bahwa harapan sejati hanya ada dalam Yesus Kristus saja.

  4. Mari kita berdoa agar di tahun baru ini, situasi politik dan keamanan Indonesia semakin kondusif. Kiranya Tuhan memberi hikmat kepada para politisi untuk saling bekerja sama membangun negeri tercinta Indonesia.

e-JEMMi 01/2012