Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereArtikel Misi / Pelayanan Menggunakan Kaset Audio

Pelayanan Menggunakan Kaset Audio


Munculnya tape recorder yang harganya terjangkau telah membuka peluang untuk mendistribusikan kaset-kaset Kristiani ke banyak tempat, baik untuk orang-orang yang telah percaya maupun bagi mereka yang belum percaya. Kaset-kaset audio ini telah menjadi suatu alat berharga untuk melakukan penginjilan, pengajaran, dan pemberi semangat bagi orang-orang percaya. Sejumlah organisasi Kristen lokal dan internasional telah didirikan untuk memproduksi dan mendistribusi kaset audio rohani.

Anda juga bisa terlibat dalam pelayanan ini. Salah satu caranya adalah dengan mendoakan beberapa pokok doa berikut ini:

  1. Pekerja Profesional

    Dibutuhkan banyak pekerja profesional yang dapat:

    • menangani peralatan untuk merekam -- alat-alat tersebut cukup mahal

    • mendistribusikan secara efektif kaset dan tape recordernya

    Doakan agar lebih banyak lagi lembaga misi yang bisa melihat kepentingan dari pelayanan audio ini dan bisa memanfaatkan potensi yang dimilikinya.

  2. Penginjilan Melalui Kaset

    Global Recordings Network (GRN) adalah organisasi perintis pertama yang merekam ayat-ayat Alkitab sederhana dalam kaset gramofon untuk melakukan penginjilan bagi suku-suku minoritas dan kelompok-kelompok masyarakat yang terpencil. Ayat-ayat ini sekarang diproduksi dalam bentuk kaset (untuk tape recorder) yang seringkali menjadi satu-satunya alat yang tersedia untuk mengkomunikasikan Injil. Kaset audio merupakan alat vital untuk memberitakan Injil bagi suku-suku terabaikan.

    Doakan:

    1. Meningkatnya jumlah dan persediaan rekaman-rekaman ayat. Tahun 1999 GRN telah merekam Injil dalam 5.000 bahasa. Masih ada ribuan dialek -- kebanyakan di Afrika, Asia Selatan, China, dan Pasifik Selatan -- yang belum memiliki rekaman Injil dalam bahasa yang mereka mengerti.

    2. Ahli rekam di lapangan -- baik kantor pusat GRN dan juga para pekerja gereja -- yang berkomitmen untuk melipatgandakan pelayanan ini dalam memproduksi rekaman penginjilan maupun pengajaran Kristen. Pekerjaan ini bukanlah hal yang mudah karena banyak tantangannya -- perjalanan jauh yang harus ditempuh para pekerja dan mereka hidup dalam kondisi-kondisi yang penuh tantangan. Doakan agar Allah menyediakan penduduk setempat yang menolong mereka dalam penggunaan bahasa yang tepat, persiapan teks yang harus dilakukan, dan juga proses perekaman dan produksi. Berdoa supaya alat-alat yang digunakan dapat bertahan saat dipakai dalam situasi geografis dan iklim yang berubah-ubah.

    3. Global Recording Networks (GRN) -- asosiasi dari lembaga- lembaga misi nasional di 30 negara. Doakan pengembangan strategis dari visi untuk menjangkau segala suku bangsa dengan Injil melalui rekaman-rekaman ayat Alkitab.

    4. Pemutar kaset tanpa listrik. Ribuan desa di Afrika dan Asia belum mendapat aliran listrik. Doakan bertambahnya jumlah produksi dan pembagian pemutar kaset yang tidak menggunakan listrik atau batere.

    5. Distributor lapangan. Para distributor lapangan ini memegang peran kunci terutama dalam:

      • membagikan secara strategis kaset-kaset rekaman Injil ini

      • mengajar penduduk bagaimana menggunakan dan merawat pemutar kaset

      • memberikan follow-up pengajaran

      Masih dibutuhkan lebih banyak lagi distributor lapangan.

  3. Pengajaran dan Pertumbuhan Gereja Melalui Rekaman Injil

    Di banyak wilayah yang tertutup bagi Injil, beberapa penduduknya yang Kristen hidupnya terisolasi. Mereka hanya mempunyai sedikit kesempatan guna memperdalam pemahaman mereka untuk meningkatkan iman. Rekaman Alkitab dan pengajaran-pengajaran Kristen dalam kaset dapat menjawab kesempatan tersebut. Doakan untuk banyaknya persediaan peralatan, batere, alat-alat lain yang diperlukan. Banyak materi berguna telah diperbanyak dalam bentuk kaset yang disiapkan bagi program-program siaran Kristen.

  4. Rekaman Alkitab

    Banyak terjemahan baru dari Alkitab pertama kali didistribusikan melalui kaset dan mendatangkan banyak berkat (Audio Scripture Ministry, Hosanna, IMB, Lutheran Bible Translators, UBS, WBT). Rekaman Alkitab ini sangat berguna bagi 2 milyar penduduk dunia yang tidak bisa membaca, belum memiliki Alkitab tertulis, dan untuk wilayah dimana kebijakan politiknya melarang pencetakan dan pendistribusian Alkitab versi cetak.

  5. Penggunaan Teknologi Baru secara Efektif

    Beragam lembaga Kristen sedang mengembangkan inovasi teknologi- teknologi baru untuk mengkomunikasikan Injil, misalnya Galcom di Kanada yang saat ini sedang membuat miniatur solar-panel radio dan pemutar kaset. Doakan agar inovasi-inovasi baru ini dapat memultiplikasi kesempatan-kesempatan bagi suku-suku terabaikan untuk memberikan respon terhadap Injil.

Bahan diambil dan diterjemahkan dari:

Judul Buku : Operation World
Judul Artikel: Audio Cassette Tape Ministries
Penulis : Patrick Johnstone dan Jason Mandryk
Penerbit : Paternoster Lifestyle, UK; dan WEC International, 2001
Halaman : 693
Situs Web : http://www.operationworld.org/

e-JEMMi 36/2003