Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereArtikel Misi / Pelayanan Misi Kesehatan

Pelayanan Misi Kesehatan


Pelayanan misi kesehatan telah menjadi komponen sentral bagi pelayanan Kristen di ladang misi selama bertahun-tahun. Banyaknya penderitaan dan kurangnya fasilitas kesehatan yang tersedia di beberapa negara mendorong para misionaris perintis untuk mengembangkan tenaga dan dana guna membangun klinik, rumah sakit, perawatan bagi penderita kusta, dsb. Pelayanan ini membutuhkan dukungan doa di tahun-tahun yang penuh dengan perubahan saat ini.

  1. Kemampuan untuk Menyesuaikan Diri.
    Pemerintah menginginkan standard yang tinggi dan sedang mengambil alih semua pelayanan kesehatan non-pemerintah di beberapa wilayah. Saat ini rumah sakit-rumah sakit misi semakin sedikit namun memiliki tenaga medis dan peralatan yang lebih lengkap, dan lebih ditekankan pada pelayanan-pelayanan kesehatan berbasis komunikasi dan pemberian obat-obatan untuk mencegah penyakit.

  2. Penyediaan Dana dan Tenaga Medis.
    Dewan Misi dan gereja-gereja nasional bertanggung jawab tentang bagaimana membagi dana secara adil dengan memperhatikan wilayah- wilayah mana yang paling membutuhkan. Doakan agar para tenaga medis lintas budaya mempunyai sensitivitas dalam melayani di wilayah-wilayah dimana mereka melayani dan memberikan pelatihan kepada staf nasional untuk meneruskan pelayanan mereka.

  3. Sarana Memperkenalkan Banyak Orang kepada Allah.
    Tujuan utama dari pelayanan misi kesehatan seringkali dilupakan karena adanya banyak kesibukan yang dilakukan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang bisa dimenangkan melalui pelayanan kesehatan ini. Doakan agar para pekerja memiliki keseimbangan yang benar antara memberikan perawatan kesehatan dan melayani kebutuhan rohaninya.

  4. Terbukanya Pintu bagi Injil.
    Di banyak wilayah, pelayanan misi kesehatan merupakan salah satu cara yang dipakai untuk bersaksi dan menembus wilayah itu -- misalnya di Cina, Yaman, Afghanistan, dan Bhutan. Berdoa supaya kesaksian dari para misionaris kesehatan ini dapat dilakukan secara bijaksana sehingga dapat menolong memenangkan para petobat baru dan merintis berdirinya gereja.

  5. Pelayanan bagi Penderita Kusta.
    Pelayanan ini mungkin merupakan suatu pelayanan dimana orang- orang Kristen memberikan masukan/input yang penting, terutama sesuai dengan perintah Yesus untuk menolong kesembuhan mereka yang menderita kusta. Sekitar 4 juta orang menderita penyakit kusta dan lebih dari 700.000 kasus kusta terdeteksi setiap tahunnya. Doakan pelayanan "The Leprosy Mission", "American Leprosy Mission", dll. ketika melayani dalam nama Yesus Kristus untuk kebutuhan jasmani, mental dan rohani orang-orang dan komunitas yang menderita kusta. Doakan agar pelayanan mereka dapat menguatkan martabat para penderita kusta dan melalui mereka penyakit kusta ini dapat dibrantas. Doakan untuk para petobat baru agar dapat bergabung kembali dengan komunitas mereka sebagai saksi-saksi Kristus, sehingga melalui mereka gereja-gereja baru dapat didirikan.

  6. Penyakit AIDS.

    AIDS telah menjadi ancaman yang mengerikan bagi semua bangsa -- terutama di Afrika Tengah dan Selatan, India, dan Asia Tenggara. AIDS telah menjadi sasaran utama dalam pelayanan misi kesehatan dan sebagai target pelayanan bagi gereja-gereja lokal di masa mendatang. Serangkaian keahlian dan karunia rohani akan dibutuhkan untuk mengatasi stress, terutama karena banyaknya permintaan untuk melayani para penderita AIDS. Di Afrika, benua yang paling banyak penderita AIDS-nya, organisasi-organisasi seperti "Scripture Union", "The Salvation Army", dan "Christian Action Against AIDS (ACCS)" memberikan pendidikan kepada masyarakat, khususnya untuk mencegah AIDS dan bagaimana merawat orang-orang yang menderita AIDS.

  7. Para Pekerja Kesehatan.

    Karena lebih banyak orang di dunia ini yang masuk ke rumah sakit daripada ke gereja, maka "Healthcare Christian Fellowship International" berusaha memenangkan orang-orang yang terlibat dalam pelayanan kesehatan bagi Kristus lalu melatih mereka untuk dapat terlibat dalam menerapkan Amanat Agung Kristus.

    Doakan:

    1. Pertobatan para pekerja kesehatan.

    2. Para pekerja kesehatan Kristen dapat bijaksana dan berani dalam bersaksi bagi para pasien dan teman-teman sejawatnya.

    3. Para pekerja kesehatan Kristen yang melayani di daerah-daerah yang membahayakan. Di negara-negara yang tertutup bagi gereja dan kekristenan, orang-orang Kristennya mengalami berbagai tekanan, namun rumah sakit dan pusat perawatan kesehatan masih terbuka -- inilah nilai strategis untuk pelayanan ini.

    4. Para staf HCFI yang menjangkau lebih dari 100 negara. Berdoa agar staf mereka bertambah. Doakan juga pelayanan pelatihan HCFI yang utama di Afrika Selatan dan Filipina serta pusat-pusat HCFI di Eropa, Afrika, Asia, Amerika Utara dan Selatan.

  8. Pemahaman Mengenai Bentuk "Obat-obatan" Alternatif.

    Dengan bertambahnya infiltrasi New Age, maka ajaran-ajaran sesat dan pengaruh-pengaruh humanistik di bidang kesehatan perlu diungkap dan dihalangi.

Bahan diambil dan diterjemahkan dari:

Judul Buku : Operation World
Judul Artikel : Medical Mission Work
Penulis : Patrick Johnstone dan Jason Mandryk
Penerbit : Paternoster Lifestyle, UK; dan WEC International, 2001
Situs Web : http://www.operationworld.org/

e-JEMMi 46/2002