Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

You are herePenginjilan / Mengapa Misi Medis Begitu Efektif

Mengapa Misi Medis Begitu Efektif


Charles Woodrow adalah seorang dokter dan misionaris yang telah menghabiskan beberapa dekade melayani di Nampula, Mozambik. Dalam laporan baru-baru ini, dia memberi tahu nilai dari misi di bidang medis dan saya meminta izin darinya untuk membagikannya kepada Anda. Saya harap Anda akan terdorong saat membacanya. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Charles dan karyanya di sini.

Pada hari-hari yang lalu, saya senang melakukan operasi. Saya merasa sangat puas untuk melakukan prosedur satu jam yang membebaskan seseorang dari masalah yang membuatnya lumpuh, kadang-kadang dalam waktu beberapa dekade, karena perawatan bedah tidak tersedia bagi sebagian besar orang Mozambik. Namun, bahkan kemudian, motif yang luar biasa dalam membantu pasien yang membutuhkan selalu adalah penginjilan.

Gambar: Operasi Medis

Marrere adalah rumah sakit pemerintah dengan 150 tempat tidur yang dikelola oleh rezim komunis pada tahun-tahun pertama pelayanan kami. Namun demikian, saya, bersama dengan rekan-rekan saya dalam tim bedah, berdoa dengan setiap pasien di OR (operation room -- ruang operasi - Red.), melakukan penginjilan di bangsal, membagikan Injil Yohanes di klinik, membagikan traktat Injil gratis kepada semua orang yang kami khotbahkan, menjual Alkitab dari bagian pembedahan, dan setiap hari Minggu di aula utama rumah sakit mengadakan layanan penginjilan yang dihadiri oleh pasien, anggota keluarga, dan staf. Selama bertahun-tahun di bawah paham komunisme, satu-satunya tempat di Mozambik utara di mana orang-orang bisa mendapatkan Alkitab adalah dari ruang operasi kami, pendahulu dari toko buku yang kami buka 13 tahun kemudian. Tidak seorang pun orang dari pemerintah atau rumah sakit pernah mengeluh tentang semua pekerjaan penginjilan tersebut — mereka hanya merasa senang karena ada seorang ahli bedah terlatih dalam masyarakat.

Rumah Sakit

Misi (dari bidang) bedah di daerah yang kurang terlayani menghadirkan keuntungan mencolok bagi penginjilan:

1. Pasien berusaha dengan tekun untuk datang kepada Anda. Anda tidak harus pergi ke mereka, meminta maaf karena melanggar privasi mereka atau melanggar batas waktu mereka.

2. Anda dapat memproklamirkan Injil pada suatu waktu dalam hidup ketika pendengar Anda sangat sadar bahwa ada masalah serius yang tidak dapat mereka perbaiki dengan kekuatan mereka sendiri, dan ada risiko yang mengkhawatirkan yang harus mereka terima. Mereka tahu mereka membutuhkan pertolongan Allah, dan mereka menginginkannya.

3. Anda dapat menginjili daerah geografis yang luas -- saat bepergian hanya beberapa mil dari rumah. Di Marrere, orang-orang berdatangan dari seluruh provinsi dan dari empat negara bagian tambahan juga. Kelima provinsi itu mewakili separuh bangsa.

4. Penginjilan medis memberi kesempatan untuk memberi tahu orang-orang tentang Kristus dalam konteks membantu mereka tanpa mengharapkan keuntungan pribadi. Itu menegaskan bahwa kesejahteraan mereka menjadi motivasi Anda dalam menceritakan Injil kepada mereka.

"Penginjilan medis memberi kesempatan untuk memberi tahu orang-orang tentang Kristus dalam konteks membantu mereka tanpa mengharapkan keuntungan pribadi. (Tim Challies)"

Facebook Telegram Twitter WhatsApp

5. Pekerjaan medis memberi kredibilitas kepada penginjil. Itu menunjukkan bahwa dia tidak hanya ingin membantu pendengarnya, tetapi bahwa dia dapat membantu mereka. Jika masalah fisik dapat diperbaiki, maka apa yang dikatakan dokter tentang masalah spiritual juga patut untuk didengarkan.

6. Rumah sakit misi memberikan kesaksian yang mencolok di hadapan seluruh komunitas mengenai pekerjaan transformasi yang dilakukan Kristus dalam diri orang Kristen. Dalam budaya primitif, kebaikan dari perawatan medis orang Kristen menyediakan sikap yang sangat kontras dengan kecerobohan dan kurangnya kasih sayang yang sering menjadi ciri perawatan dari pihak lainnya.

7. Pekerjaan medis membuka banyak pintu bagi tim misionaris, memenangkan teman bagi mereka pada semua tingkatan dalam komunitas, membuat mereka bersemangat untuk membantu usaha misionaris. Meskipun Allah dapat bekerja dengan cara apa pun yang Dia inginkan untuk membuka pintu, pengalaman kami adalah bahwa Dia menggunakan kartu medis berulang kali untuk mengalahkan upaya terbaik dari si jahat ketika dia berusaha untuk menghalangi firman pelayanan Allah.

Pada puncak pelayanan medis di Marrere, lebih dari 4.000 orang setiap tahun mendengar presentasi lengkap dari Injil, hanya pada kebaktian penginjilan hari Minggu. Itu merupakan rata-rata kehadiran 80 orang per layanan. Saya terus melacak totalnya dengan menghitung traktat Injil yang kami berikan setiap Minggu. Kesempatan untuk berbicara tentang Kristus kepada orang-orang yang tidak akan pernah mendatangi pintu sebuah gereja tetapi akan datang ke rumah sakit untuk memohon bantuan bukan sesuatu yang dapat diremehkan. Kami berharap dapat segera memanfaatkan peluang itu sekali lagi.

Hanya sekaranglah saat kami akan memiliki gereja lokal yang kuat, di mana orang-orang yang menanggapi penginjilan dari rumah sakit dapat kembali dipelihara dalam doktrin-doktrin keselamatan oleh kasih karunia melalui iman, satu-satunya Injil yang benar-benar menyelamatkan. Bagi mereka yang tinggal lebih jauh, kami memiliki daftar dari 2.000 pemimpin gereja di seluruh wilayah utara yang mengenal kami melalui partisipasi mereka dalam konferensi dan seminar Fiel selama kurun waktu 18 tahun terakhir.

Dua puluh tujuh tahun yang lalu, saya mendapat hak istimewa mingguan untuk melihat wajah-wajah yang penuh perhatian dari sejumlah orang, yang melalui khotbah penginjilan diyakinkan akan kebutuhan mereka untuk mencari tahu lebih banyak tentang Kristus agar menjadi percaya kepada-Nya. Namun, adalah hal yang sangat membuat frustasi untuk berpikir bahwa hampir setiap orang yang akhirnya masuk dalam gereja-gereja lokal akan diajar untuk percaya, bukannya serangkaian aturan dan pekerjaan religius untuk keselamatan. Saya senang bahwa dewasa ini semakin banyak pengkhotbah yang memberitakan Injil yang benar!

Kami percaya bahwa bertahun-tahun jauh dari ruang operasi, menopang gereja-gereja lokal dengan konferensi, seminar, dan literatur Kristen Portugis terbaik yang tersedia, semuanya ditetapkan oleh Tuhan dengan tujuan untuk membuat penginjilan medis masa depan menjadi lebih efektif dibandingkan pada masa lalu. Sebab, penginjilan akan menjadi pelayanan yang paling utama dan penting yang dilakukan dalam rumah sakit kami. (t/N. Risanti)

Download Audio

Diambil dari:

Nama Situs : www.challies.com
Alamat Situs : https://www.challies.com/articles/why-medical-missions-is-so-effective/
Judul Artikel : Why Medical Missions is So Effective
Penulis Artikel : Tim Challies