Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereArtikel Misi / Yayasan Sumber Sejahtera

Yayasan Sumber Sejahtera


Proyek Filipus, Cara Baru Penginjilan

Yayasan Sumber Sejahtera adalah sebuah yayasan Kristen interdenominasi yang didirikan dengan tujuan utama memberitakan Injil Yesus Kristus kepada siapa saja dari segala tingkat usia. Tujuan ini dilaksanakan dan didukung melalui program kerja Proyek Filipus yang menunjang misi gereja lokal. Nama Proyek Filipus dikutip dari Kisah Para Rasul 8:30-31, percakapan Filipus dengan seorang sida-sida Etiopia. Filipus berkata, "Mengertikah tuan apa yang tuan baca itu?" Jawab sida-sida itu, "Bagaimanakah aku dapat mengerti, kalau tidak ada yang mengajarku?"

Tujuan Proyek Filipus adalah membantu gereja lokal mengemban misinya secara berkesinambungan. Sasaran Proyek Filipus adalah membina umat Kristen untuk menyebarluaskan pelajaran-pelajaran Proyek Filipus dan mengajarkannya kepada banyak orang.

Target utama Proyek Filipus adalah memersiapkan orang yang bersedia menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya, serta untuk memersiapkan mereka belajar firman Allah. Dengan demikian, mereka mengenal Tuhan secara pribadi.

Cara pelaksanaan Proyek Filipus adalah dengan mengikuti paket kursus tertulis Alkitab yang diberi nama: "JAWABAN", "SIAPA TUHAN ITU?", dan seri "TEMUAN BARU".

KURSUS PROYEK FILIPUS

"JAWABAN" adalah kursus tertulis singkat dan padat tentang keadaan manusia yang berdosa, hukuman akibat dosa yang harus ditanggung manusia, Kristus melunasi hutang dosa manusia, dan kebenaran tentang adanya jaminan pengharapan bagi setiap orang percaya.

Kursus tertulis "SIAPA TUHAN ITU?" mencakup sebelas pelajaran singkat tentang diri Allah, ciptaan Allah, dosa manusia, karya Kristus, kematian, kebangkitan, dan kedatangan-Nya yang kedua kali. Bahan kursus penginjilan ini juga dapat digunakan sebagai pelajaran sekolah minggu dan atau sebagai tindak lanjut penginjilan.

Peserta yang menyelesaikan kursus tertulis "JAWABAN" atau "SIAPA TUHAN ITU" akan menerima sertifikat dan sebuah Alkitab Perjanjian Baru.

Kursus lanjutan dari proyek Filipus adalah seri "TEMUAN BARU", yang merupakan panduan pemahaman Alkitab untuk kelompok kecil maupun perseorangan. Topik-topik dalam kursus ini antara lain, manusia di mata Tuhan, ketidaktaatan manusia, karya penyelamatan Tuhan untuk manusia, menjadi ciptaan baru dalam Kristus, kehidupan Kristen, dan topik-topik lainnya yang bermanfaat bagi pertumbuhan iman orang yang baru percaya kepada Tuhan Yesus.

Peserta yang menyelesaikan salah satu buku dari kursus ini akan menerima sertifikat dan Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

Proyek Filipus mendukung pertumbuhan gereja lokal karena proyek ini:

  • Berpusat pada Alkitab.
    Alkitab adalah sarana mutlak dalam penginjilan. Program ini mengajarkan tugas gereja lokal dalam misi penginjilannya, yakni mengajarkan firman Tuhan kepada semua orang.

  • Berpusat pada gereja.
    Program ini menggerakkan gereja melakukan/mengemban misi penginjilannya.

  • Berpusat kepada manusia.
    Membina setiap anggota jemaat gereja untuk aktif bersaksi dan dilatih menjadi pembimbing.

Langkah-langkah sederhana di bawah ini hanyalah pedoman saja. Anda bebas menyesuaikan salah satu metode ini sebagai sarana yang efektif dalam pelayanan gereja Anda.

  1. Perkenalkan proyek penginjilan ini, cara kerja, dan manfaatnya kepada anggota gereja. Ajaklah mereka mendoakan teman dan kerabatnya yang mungkin tertarik belajar Alkitab di rumah/gereja mereka.

  2. Siapa saja dalam gereja Anda boleh mendaftarkan teman, tetangga, rekan kerja, dan sanak saudaranya untuk mengikuti kursus ini. Kemudian dia sendiri mendalami setiap pelajaran terkait.

  3. Sekali seminggu, orang yang bersangkutan memantau mereka dalam pelajarannya dan mengumpulkan pelajaran-pelajaran kursus untuk diperiksa/dinilai. Orang yang bersangkutan mungkin perlu duduk bersama peserta kursus untuk membahas pelajaran dan menjawab beberapa pertanyaan. Bila ada kesulitan, ia dapat minta bantuan pekerja gereja atau pendeta.

  4. Menentukan waktu untuk acara wisuda.

  5. Para peserta yang tinggal di daerah boleh mulai menyediakan sejumlah Alkitab (pesanan Alkitab dapat dikirimkan ketika kursus sedang berjalan), kemudian menyerahkan laporan setelah acara wisuda.

  6. Paling sedikit satu minggu sekali, pendeta atau pekerja gereja bertemu dengan anggotanya untuk berdoa bersama dan membahas perkembangan proyek ini.

  7. Orang bersangkutan atau salah satu anggota jemaat boleh ditunjuk untuk menilai atau memeriksa pelajaran kursus. Bahan-bahan pelajaran dapat dikirim langsung ke kantor pusat Yayasan Sumber Sejahtera.

  8. Alkitab dan sertifikat diserahkan pada acara wisuda (opsional), jika memungkinkan untuk diadakan.

  9. Pendeta atau pekerja gereja yang terlibat dalam Proyek Filipus wajib hadir dalam acara wisuda untuk menyerahkan Alkitab dan sertifikat kepada para wisudawan.

  10. Setelah kursus pertama selesai, anggota jemaat bersangkutan boleh mendaftarkan beberapa temannya yang tertarik mengikuti kursus Alkitab tertulis ini. Setiap wisudawan yang menjadi Kristen melalui kursus ini dapat mendaftarkan teman-teman lainnya yang belum percaya, dan demikian seterusnya.

  11. Wisudawan dari kursus tertulis "JAWABAN" atau "SIAPA TUHAN ITU?" dapat melanjutkan kursus seri "TEMUAN BARU".

  12. Selesai semua kursus, setiap wisudawan akan menerima sebuah sertifikat dan Alkitab (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru). Kirimkanlah daftar nama wisudawan ke kantor pusat atau perwakilan Yayasan Sumber Sejahtera sebelum sertifikat, Alkitab Perjanjian Baru, atau Alkitab Perjanjian Lama diserahkan.

CARA MENGGUNAKAN KURSUS DARI PROYEK FILIPUS

Setiap anggota gereja dapat bersaksi dengan cara menggunakan program Proyek Filipus. Cara-cara yang praktis adalah sebagai berikut.

Yang paling efektif ialah dari pribadi ke pribadi. Perkenalkanlah kursus ini bila Anda berjumpa dengan teman atau kerabat, rekan kerja, atau teman sekolah.

Proyek Filipus cocok digunakan sebagai bahan kelompok pemahaman Alkitab di gereja atau bahan pelajaran sekolah minggu dan kursus tertulis Alkitab di rumah. Ada gereja yang menggunakannya di sekolah-sekolah. Bahkan, Proyek Filipus juga cocok untuk digunakan dalam pelayanan di penjara.

Proyek Filipus ini adalah untuk Anda! Gereja Anda bebas memakainya untuk kemuliaan Tuhan kita Yesus Kristus. Manfaatkanlah sarana pengembangan gereja yang luar biasa ini. Banyak gereja memakai Proyek Filipus ini sebagai alat mengemban Amanat Agung Kristus. Gereja Anda pun dapat berbuat demikian.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul Brosur : Proyek Filipus, Cara Baru Penginjilan
Penulis : Tidak dicantumkan
Penerbit : Yayasan Sumber Sejahtera
Halaman : Tidak dicantumkan

e-JEMMi 17/2008