Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereArtikel Misi / Tokoh-Tokoh di Sekitar Salib

Tokoh-Tokoh di Sekitar Salib


Artikel berikut ini diambil dari bahan yang ditulis oleh Rev. Keith Garner di situs Wesley Mission. Di dalamnya Anda akan mendapatkan serangkaian pesan melalui pengungkapan tokoh-tokoh yang mendominasi kisah Paskah. Kerumunan massa, Pilatus, Yudas, Petrus, Maria, seorang komandan prajurit Romawi, dan Yesus Kristus. Nah, mari kita lihat apa yang bisa kita pelajari dari keadaan tokoh-tokoh ini.

TOKOH-TOKOH DI SEKITAR SALIB

Masing-masing tokoh yang akan disebutkan di bawah ini memainkan peran penting pada saat Kristus akan disalib. Namun kalau kita mau melihat lebih jauh, ternyata tokoh-tokoh tersebut tidak hanya berperan pada saat itu saja, tapi bahkan juga sampai sekarang ini.

Emosi dan karakteristik masing-masing tokoh memberi pengertian tentang apa yang mendorong, mengilhami, dan membuat orang berbuat baik atau jahat.

  • Kekuatan Angka/Jumlah -- Kerumunan massa
  • Politik Kebenaran -- Pilatus
  • Harga dari Materialisme -- Yudas
  • Kepedihan Sebuah Penyangkalan -- Petrus
  • Ucapan Syukur yang Besar atas Pengampunan -- Maria Magdalena
  • Pujian yang Tidak Terduga -- Seorang Komandan Prajurit Romawi
  • Inti dari Paskah -- Yesus Kristus

Kekuatan Angka/Jumlah -- Kerumunan Massa

Kerumunan massa berpengaruh dalam segala zaman dan mereka memainkan peran yang sangat penting saat kita mengamati drama penyaliban Yesus. Bagaimana Anda bisa menonjol dalam kerumunan massa? Bagaimana Anda bisa menghindari ketidakpastian yang begitu mudah menarik tanggapan banyak orang? Sulit dibayangkan ketika kerumunan massa bisa berubah dengan begitu cepat, dari sambutan terhadap Yesus saat Dia memasuki kota sampai menjadi teriakan pilihan untuk pembebasan Barabas daripada Yesus. Sekarang, bagaimanakah kita dipengaruhi oleh kerumunan massa yang meminta perhatian dan kesetiaan kita?

Politik Kebenaran -- Pilatus

Peran yang Pilatus mainkan dalam penyaliban Yesus tidak bisa disangkal. Bagi Pilatus, wewenang berarti kekuasaan untuk melaksanakan kehendaknya -- yang berkebalikan dengan penggunaan kekuasaan yang benar, yang sebenarnya adalah untuk melatih rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap sesama. Pilatus berdiri di tengah politik Paskah dan bertanya bagaimana kita bisa memengaruhi sesama dan menghadapi tantangan yang ada. Siapa yang berkuasa pada peristiwa Minggu Suci: Pilatus atau Yesus? Frasa "menderita di bawah pemerintahan Pontius Pilatus" dinyatakan di seluruh dunia dalam Pengakuan Iman Kristen dan Gubernur Romawi dari Yudea yang tak dikenal itu, akan selalu diingat.

Harga dari Materialisme -- Yudas

Yudas menjadi terkenal selama beberapa tahun terakhir ini. Orang akan melakukan semua yang mereka bisa untuk membenarkan apa yang sudah dia lakukan. Ada banyak teori mengenai Yudas Iskariot: apakah dia seorang pengikut setia yang nasionalis dan kecewa yang benar-benar mencoba memberikan yang terbaik bagi Yesus? Kita tidak bisa menghindar dari cerita Perjanjian Baru dan satu alasan yang secara terus-menerus melatarbelakangi apa yang dilakukan Yudas -- uang dan materialisme. Saat ini, bagaimanakah kita termotivasi secara material -- dan dalam pengertian apa hal ini mengkhianati mereka yang sungguh-sungguh mengikuti jalan Kristus?

Kepedihan Sebuah Penyangkalan -- Petrus

Tak seorang pun bisa mengingkari peran penting Petrus sebagai pemimpin dari murid-murid Yesus, tapi juga sebagai seseorang yang merasakan sakitnya menyangkali Yesus. Bagaimana kita mengenali penyangkalannya? Apa sajakah godaan yang harus kita hadapi dalam kesetiaan kita terhadap Yesus Kristus? Sudah pernahkah kita berada pada situasi yang Petrus alami, mengingkari Yesus supaya kita bisa mempertahankan posisi, kepopuleran, dan tempat kita di antara sesama? Melalui Petrus, kita melihat seseorang yang tidak hanya tahu seperti apakah menyangkal Yesus, tapi juga seseorang yang kemudian mengakui-Nya, saat Petrus menjadi pemimpin gereja yang pertama.

Ucapan Syukur yang Besar atas Pengampunan -- Maria Magdalena

Ketika tonggak drama Kebangkitan dibuka, tidak ada tanda-tanda penting bahwa orang yang pertama kali bertemu dengan Yesus Kristus sebagai Allah yang telah bangkit adalah seorang wanita -- dan wanita itu adalah Maria Magdalena. Hal ini sangat bertentangan dengan cerita-cerita dongeng, kita mengenal sedikit tentang Maria Magdalena, namun yang kita ketahui adalah bahwa dia merupakan seorang wanita yang mengalami kuasa Allah karena pengampunan yang telah diberikan kepadanya dalam Yesus Kristus. Kita tidak bisa melewati Minggu Paskah tanpa menggali kekuatan pengampunan Kristus. Seperti yang kita lakukan, kita menanyakan perbedaan apa yang dapat dan akan dibuat oleh kekuatan itu?

Pujian yang Tidak Terduga -- Seorang Komandan Prajurit Romawi

Pengakuan yang paling kuat dan tidak terduga pada saat penyaliban berasal dari mulut seorang komandan tentara Romawi. Orang yang sudah melihat penderitaan yang amat sangat ini -- peran yang dia mainkan adalah peran yang penting dalam penyaliban -- mengetahui bahwa yang berada di kayu salib itu bukanlah orang yang harus dimusuhi; bukan pula orang yang sedang membayar harga atas apa yang sudah dilakukannya. Pengakuan terhadap Kristus sering kali terjadi di tempat-tempat yang tidak disangka. Saat ini apakah hal ini benar?

Inti dari Paskah -- Yesus Kristus

Ada banyak orang yang berkumpul di sekitar kayu salib, tapi hanya Seorang di antaranya yang menjadi perhatian dunia. Saat ini, pada hari Paskah, ratusan dari jutaan orang di seluruh dunia akan merayakan kuasa kebangkitan-Nya. Bagaimana kita bisa benar-benar tahu bahwa Dia hidup? Dan jika Dia benar-benar hidup, perbedaan apa yang Dia lakukan untuk kita dan saat ini dapatkah Dia melakukan sesuatu untuk dunia? Karena kita telah mengetahui harapan dan ketakutan mereka yang berada pada peristiwa Minggu Suci pada hari Paskah, kita melihat perbedaannya, yaitu bahwa Allah membawa kemenangan atas Salib. (t/Dian)

Bahan diterjemahkan dari:

Nama situs : Wesley Mission
Judul asli artikel : The Characters Around The Cross
Penulis : Rev. Keith Garner
URL : http://www.wesleymission.org.au/Christian_Life/Sermons/?ct_from=c

e-JEMMi 14/2007