Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereArtikel Misi / Strategi untuk Menjangkau Jutaan Orang

Strategi untuk Menjangkau Jutaan Orang


Pengantar

Kini, situs web sudah bukan lagi menjadi mainan orang-orang di negara Barat saja. Pemanfaatannya pun saat ini sudah semakin meluas. Situs web telah menjadi alat untuk menjangkau orang-orang yang belum terjangkau di seluruh dunia, termasuk mereka yang berada di negara-negara berkembang yang sering disebut sebagai negara-negara di Jendela 10/40. Ada kebutuhan yang sangat besar untuk menciptakan situs-situs penginjilan guna menjangkau mereka dengan cara yang efektif dan kontekstual, baik dalam bahasa Inggris, maupun bahasa-bahasa lainnya. Ini menjadi kesempatan luar biasa bagi organisasi penginjilan ataupun pribadi-pribadi, termasuk para pensiunan misionaris atau misionaris yang baru pulang dari ladang misi untuk dapat terus menjalin hubungan dengan orang-orang yang dilayani di lapangan.

Namun, yang terjadi sangatlah mengejutkan. Tidak banyak organisasi misi yang menggunakan internet sebagai alat penginjilan. Hampir semua kegunaan internet hanya untuk berkomunikasi dengan para mitra Kristennya atau dengan staf misinya sendiri. Harapan kami, tulisan di bawah ini dapat membuka wawasan para eksekutif di dunia misi untuk melihat betapa besarnya kesempatan yang tersedia bagi organisasi-organisasi misi, termasuk para misionaris, atau siapa pun, untuk terjun melayani penginjilan lewat dunia internet.

STRATEGI UNTUK MENJANGKAU JUTAAN ORANG

"Jika engkau akan membuat halaman penginjilan di sebuah situs, jangan tulis tentang Injil."

"Anda serius?"

Betul. Coba pikirkan, apa yang biasa dicari orang di internet? Hal-hal inilah yang mereka cari:

  • olah raga,
  • kesehatan,
  • seks dan hubungan,
  • nasihat untuk masalah-masalah pribadi,
  • hobi,
  • berita lokal,
  • informasi pariwisata,
  • humor,
  • film,
  • musik,
  • berita-berita yang terkait,
  • selebritis, dan
  • jutaan hal-hal lain.

Jika Anda menulis sajian tentang jalan keselamatan dan kekristenan, maka tidak mungkin akan mencapai orang-orang yang belum mengenal Kristus, kecuali jika kita "memancing di tempat di mana mereka biasa memancing ...."

Strategi Jembatan: "Jadilah apa yang mereka cari."

"Pasang umpan sesuai dengan apa yang disukai ikan, bukan apa yang disukai si pemancing" (Hemingway).

Tulislah pada halaman-halaman situs Anda topik-topik sekuler seperti yang disebutkan di atas atau tentang kebutuhan-kebutuhan umum, dan Anda akan menemukan target Anda, yaitu orang-orang yang belum mengenal Kristus. Inilah yang disebut "Strategi Jembatan". Ada orang yang mungkin memakai sebutan lain, tapi artinya kurang lebih sama -- mengidentifikasi hal-hal nyata yang menarik orang- orang non-Kristen. Ini bukan berarti kita membuat halaman-halaman jebakan yang ternyata isinya tidak seperti yang seharusnya. Jika kita menulis halaman tentang bagaimana memperbaiki mobil VW, atau bagaimana beternak tikus, atau tentang penyanyi idola, halaman situs Anda harus betul-betul "membicarakan" topik tersebut. Topik tersebut harus berisi tulisan yang bermutu dan seinformatif mungkin, bahkan bisa ditambah dengan banyak tautan (link) menarik ke halaman-halaman lain yang membicarakan topik tersebut.

Bagaimana membangun "jembatan"

Ada banyak cara yang dapat dipakai untuk menarik orang "menyeberangi jembatan" ke halaman situs yang membicarakan tentang Injil.

  1. Kesaksian Hidup Anda

    Situs apa pun yang Anda buat, buatlah tautan untuk "bertemu dengan webmaster" atau untuk datang ke halaman "my story". Halaman ini bisa Anda gunakan untuk membagikan kesaksian Anda. (Tapi jangan sekali-kali menyebut halaman tersebut dengan istilah "kesaksian"; itu adalah jargon Kristen.) Pertama, ceritakan tentang diri Anda sendiri dulu; di mana Anda tinggal, apa yang Anda sukai, dan lain-lain. Lalu ceritakan kejadian-kejadian tertentu yang akhirnya mengubah seluruh pandangan hidup Anda. "Orang tertarik kepada orang." Orang yang membaca surat kabar biasanya selalu membuka halaman kisah-kisah yang berhubungan dengan manusia terlebih dahulu. Membuat rekaman audio singkat atau video klip juga dapat menambah minat mereka untuk berkunjung ke halaman kesaksian ini.

  2. Tautan "Arti Hidup"

    Di situs jenis apa pun, Anda bisa memasang tautan ke halaman "Apakah arti hidup?" atau "Menemukan kepuasan yang sejati". Ini tidak kelihatan seperti mengkhotbahi atau terlalu Kristen, namun dapat menunjukkan isi yang umum dan tidak terlalu "rohani".

  3. Memaknai Perumpamaan

    Yesus memakai cerita-cerita perumpamaan dengan memberikan berita/pesan sebagai cara utama Dia mengkomunikasikan Injil. Yesus tidak selalu menjelaskan apa artinya -- Dia justru membiarkan pendengar-Nya pergi dan berpikir! Apa pun topik situs Anda, Anda mungkin bisa menyisipkan satu halaman yang dapat memberikan suatu perumpamaan atau alegori tentang topik utamanya. Misalnya, situs tentang memperbaiki mobil VW dapat disisipi halaman yang memberikan kisah bahwa sebagaimana mobil tua membutuhkan mesin baru, kita juga membutuhkan sesuatu yang baru dalam hidup kita. Situs tentang bagaimana beternak tikus dapat disisipi halaman tentang bagaimana ibu tikus memelihara anak- anaknya, demikian juga Tuhan yang memerhatikan umat manusia. Anda dapat menciptakan sudut-sudut pandang seperti ini pada topik apa pun. Film, buku, atau musik dapat dengan mudah menerapkan pendekatan ini, karena sering kali film, buku, dan musik berisi makna hidup yang penulisnya sendiri tidak memikirkannya.

Menjelaskan tentang Injil

Sebenarnya, tidak selalu mudah menjelaskan esensi Injil di halaman situs, tapi paling tidak, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini.

  • Gunakan bahasa yang mudah dan tidak "rohani".

  • Jelaskan bahwa Injil betul-betul gratis (kadang orang-orang non-Kristen tidak tahu tentang hal ini). Namun demikian, seimbangkan dengan kebenaran lain bahwa Injil bukan "kepercayaan yang murahan dan asal-asalan".

  • Tunjukkan bahwa Allah ingin mengasihi dan mendukung orang melalui masalah-masalah hidup -- namun tidak ada janji-janji yang otomatis untuk suatu kehidupan yang sehat dan makmur.

Untuk tindak lanjut, akan lebih baik jika Anda menyediakan tautan (link) ke situs lain yang memiliki halaman yang menjelaskan Injil dengan lebih lengkap daripada Anda harus membuat situs sendiri. Ada situs-situs yang pelayanan utamanya menyediakan sajian Injil yang cukup bermutu, yang bahkan disertai dengan sistem tindak lanjut bagi mereka yang betul-betul meresponsnya/ingin dilayani.

Ambillah cukup waktu untuk merencanakan dengan baik dan berdoalah untuk menemukan strategi yang jelas dan berfokus ketika Anda mempersiapkan diri untuk membuat suatu situs penginjilan. Situs yang terbaik adalah situs yang diawali dengan menyediakan banyak waktu untuk berdoa dan melakukan penelitian secara tersambung (online). (t/Yulia dan Dian)

Diterjemahkan dan diedit dari:

Nama situs : Brigada
Judul artikel : Strategy to Reach Millions
Penulis : tidak dicantumkan
Alamat URL : http://www.teamexpansion.org/brigguy/today/articles/web-evangelism.html

Catatan: jika Anda membutuhkan lebih banyak bahan untuk mengerti bagaimana menyiapkan sebuah pelayanan penginjilan tersambung (lewat situs), silakan berkunjung ke alamat situs di atas; ada banyak informasi yang bisa Anda dapatkan di sana.

e-JEMMi 37/2007