Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Tengah

Asia Tengah


Azerbaijan

Azerbaijan (8,7 juta), Ibu kota Baku (2 juta). Agama Islam (sebagian besar Syiah) 80%, Kristen 0,1%. 80% dari gereja-gereja belum sempat mendaftarkan diri kembali, karena lamaran dengan berbagai alasan tidak diterima oleh instansi yang berwajib. Yang belum terdaftar kembali menjadi ilegal dan boleh dibubarkan. Alkitab dalam bahasa Azerbaijan sudah dicetak, berdoa, bahwa Alkitab ini akan bisa disebarluaskan seluas-luasnya. Berita Injil selama tiga menit lewat telepon dipakai orang untuk mendengarkan berita ini, yang setiap minggu diganti dengan berita baru. Tetap ada penelpon yang tinggalkan alamat rumah dan minta dikirimi kursus Alkitab Tertulis. Website dalam bahasa Azari dengan banyak informasi dan bahan dari Alkitab sering dikunjungi oleh masyarakat umum. Ada orang percaya Azari yang menjawab pertanyaan yang dikirim dari penelpon dan pembaca Website.

Kirghizstan

Kirghizstan (5,4 juta), Ibu kota Bishkek (0,9 juta), agama Islam 78%, Ortodoks 5%, tanpa agama 13%, Kristen 1%, orang Kirghiz asli yang Kristen sudah menjadi 10.000 orang. Doakan pertumbuhan rohani di antara anggota jemaat yang Kel. PH (YPPII) layani. Doakan perpanjangan visa Ibu Pdt. HT (YPPII) agar mendapat visa pertahun. Ia bekerja sebagai pekerja sosial dalam organisasi "Bahtera Anak-Anak Pengharapan". Ia minta, agar ada kesempatan untuk kunjungan ber-PI dan pelayanan pribadi menolong anggota-anggota jemaat Logos dan Antiokia yang membutuhkan penghiburan dan pertolongan Tuhan agar bangkit dan kembali melayani Tuhan. N, melayani di Jemaat Logos, TS, sedang belajar bahasa.

Uzbekistan

Uzbekistan (27,3 juta), Ibu kota Tashkent (2,2 juta), agama: Islam Sunni 88%, Ortodoks 8%, Kristen 0,3%, yang suku Uzbeki, 10 ribu. Selama tahun 2009 rumah-rumah orang Kristen banyak dijarah dan buku-buku rohani disita. Sebuah program di TV menyebarkan publikasi negatif yang menyudutkan umat Kristen, misalnya diberitakan bahwa orang Kristen adalah pengikut Setan, lalu mereka memakai obat bius, agar orang Islam menjadi Kristen. Program ini ditayangkan terus-menerus. Di tengah tekanan ini, banyak orang Kristen terus bertumbuh. Orang Kristen memerlukan ketabahan.

Tajikistan

Tajikistan (6,8 juta), Ibu kota Dushambe (0,6 juta). Agama Islam 89%, tanpa agama 9%, Ortodoks 1,2%. Kristen 0,03%. Pertemuan Kristen, apa lagi kebaktian, dilarang keras, kalau tidak ada izin dari pemerintahan, tetapi sulit untuk mendapat izin. Jemaat Baptis dilarang berbakti, karena berkumpul di rumah. Meskipun ada larangan mereka tetap berbakti di rumah.

Kazakhstan

Kazakhstan (16 juta), Ibukota Astana (0,7 juta), kota Almaty (1,2 juta), Agama Ortodoks 39 %, Islam 56%, Kristen 2% di antara mereka 15.000 orang asli Kazakhi. Puji TUHAN, majalah Kristen anak-anak SCHARAPAT sudah terdaftar dan boleh dicetak, serta diedarkan di antara anak-anak dan orang dewasa. Majalah sangat menolong anak-anak yang tinggal di tempat, di mana tidak ada anak lain yang percaya akan Kristus. Dua halaman website juga memberitakan Injil, yang satu di dalamnya hanya ada berita secara audio dan video. Satu badan PI mengirim tiga sekali seminggu SMS-SMS dengan ayat-ayat Firman TUHAN, khusus kepada mahasiswa yang sendirian di uni sebagai orang percaya. Banyak orang lewat ini dikuatkan dalam iman mereka. Badan PI "Terang di Timur" mencetak berbagai majalah dan buku-buku dalam bahasa Kazakhi. Literatur dalam bahasa mereka sendiri efektif dalam penginjilan dan pembinaan.

Turkmenistan

Turkmenistan (4.9 juta), Ibukota Ashkhabad (0,4 juta), Agama: Islam 92%, Ortodoks 2%, non-agama 5%, Kristen 700 orang. Suku-suku terabaikan: Turmen, Uzbeki, Kazakhi, Tatar, Azari dll. Pemerintah berusaha meniadakan semua agama selain Islam dan Ortodoks. Sering tempat ibadah disita atau dirusakkan dan orang Kristen harus berbakti secara diam-diam.