Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Selatan dan Tenggara

Asia Selatan dan Tenggara


Pakistan

Pakistan (160 juta), Ibukota Islamabad (0,9 juta), agama: Islam 97%, Hindu 1,5%, Katolik 0,5%, Kristen 1%. Pemberontakan meledakkan bom-bom di berbagai kota. Kantor social Kristen yang membantu korban gempa bumi 2005 diserang dengan bom dan granat, enam anggota badan sosial ini mati dan tujuh orang luka berat. Dua orang lain dengan tuduhan yang tidak-tidak, bahwa mereka menghina agama divonis penjara seumur hidup. Kursus Alkitab tertulis pesertanya berkurang, karena orang sibuk mencari makan, tetapi masih cukup banyak yang ikut untuk mempelajari Firman TUHAN. Setiap tahun para peserta minta Perjanjian Baru 1000 buah untuk mereka sendiri atau untuk kawan yang pinjam yang sudah mereka miliki.

India

India (1,2 milyard), Ibukota Delhi (14 juta), Agama: Hindu 81%, Islam 13%, Budha 0,8%, Sikh 1,1%, Katolik 1%, Kristen 1,5%, dll. Di India tinggal lebih daripada 150 juta orang Islam, hanya di Indonesia tinggal lebih banyak orang Islam. Ada beberapa penginjil dan badan PI yang memberitakan Injil antara mereka, tetapi kurang sekali, karena itu, hanya sebagian kecil dari penduduk yang dapat mendengar berita Injil. Berdoalah bahwa makin banyak penginjil dipanggil untuk memberitakan Injil di antara mereka. Di dalam negara ini 1.600 bahasa dan dialek dipakai oleh penduduk dalam negara ini. Di daerah kumuh sekitar kota-kota tinggal juga banyak yang beragama Islam, ada pelayanan perintisan Kristen, doakanlah para pelayan Kristen di situ. Jangan berhenti berseru kepada Bapak kita, karena setiap minggu ada tiga serangan serius terhadap orang Kristen, mereka diancam, ditahan dengan tuduhan yang dibuat-buat, diserang, dipukuli, kadang-kadang juga dibunuh, kebaktian diganggu, rumah dan toko orang Kristen dibakar, fasilitas Kristen dirusak oleh orang yang fanatik. Berdoalah bagi proyek sosial kemanusiaan yang saat ini tengah berlangsung di Kandhamal/Orissa. Orang Kristen hidup di bawah ancaman, teror, dan ketakutan. Seorang yang ex-imam Hindu menyaksikan tentang kepercayaan akan Kristus ditangkap polisi dan dituduh ia menghina dewata Hindu. Di negara bagian Andhra Pradesh seorang di tengah jalan diculik orang fanatik dan ia dipaksa harus makan daging yang sudah dikorbankan kepada dewa Hindu. Friendship Center India yang dipimpin oleh Bapak dan Ibu Pdt. JPG (YPPII), terlibat dalam perintisan jemaat baru di daerah kumuh di Mumbai dan di Pune < www.friendshipcentre.org >.

Bangladesh

Bangladesh (160 juta), Ibukota Dhaka (11 juta), agama: Islam 87%, Hindu 12%, Animis 0,6%, Budha 0,6%, Kristen 0,3%, Katolik 0,2%. Baru-baru ini pemimpin sekolah latihan penginjilan "Christian Discipleship Centre" (CDC) dipanggil TUHAN. Berdoa buat kepemimpinan seterusnya. Beberapa badan PI memberitakan Injil di antara orang beragama Islam. Betobat baru dibina dalam kursus khusus, orang Kristen dilatih untuk menjadi efetif dalam pemberitaan.

Nepal

Nepal (24 juta), Ibu kota Kathmandu (0,6 juta), agama: Hindu 80%, Budha 10%, Islam 4,5%, Kristen 1,9% (500 ribu). Kel. RJ (Navigator), sempat mengunjungi tiga wanita berulang kali, suami-suami mereka sudah lama percaya, wanita ini baru membuka diri. Bapak bisa membina beberapa orang lewat kelompok diskusi, dan mengunjungi beberapa orang yang sudah terbuka terhadap Injil. Bapak membantu beberapa rekan dalam bahasa Inggris, agar mereka bisa berkomunikasi dengan orang asing.

Sri Langka

Sri Langka (20,5 juta), Ibukota Colombo (1 juta), agama: Budha 71%, Hindu 12%, Islam 8%, Katolik 5,5%, Kristen 1,5%. Suku-suku: Singalese, Tamil, Moor. Setiap minggu jemaat-jemaat dikunjungi dan para pendeta diancam untuk berhenti memberitakan Injil. Sering barang di gedung gereja dirusak dan barang berharga dirampas, di samping ini orang Kristen tidak hanya diancam, tetapi dilukai, dan terpaksa opname. Produksi Ensiklopedia Alkitab dalam bahasa Sinhala dari dalam proses, buku ini nantinya memberkati sekolah-sekolah teologia di Sri Lanka.

Myanmar

Myanmar (50 juta), Ibukota Naypyidaw, kota besar: Yangon (5 juta), agama: Budha 83%, Kristen 7%, Katolik 1%, Islam 3,8%. Militer memerintah dengan tangan besi. Berdoalah bagi umat Kristen agar mereka dapat tetap menerima pengobatan, meskipun para dokter takut mengobati mereka, karena tekanan dari pemerintah yang tidak mau orang Kristen dapat pertolongan.

Kamboja

Kamboja (15 juta), Ibukota Phnom Penh (1,5 juta), agama Budha-Theravada (80,8%), Budha-Mahayana (6,7%), Islam 3,7%, agama China (3%), orang percaya sekitar 1-2%, Katolik (0,7%), dan Animis (1.1%). Diperkirakan dalam negara ini ada 5.000 tempat kebaktian dengan lebih dari 150.000 orang percaya. Kel. H dan S (Navigator), saat ini mereka sedang memulai dua proyek baru, yaitu membuka Second Hand Charity Shop (R bertanggung jawab untuk toko ini) dan Penyusunan Kamus Khmer - Indonesia dalam kerjasama dengan KBRI Phnom Penh. Mohon berdoa agar R dan S (koordinator kamus) dimampukan untuk mengerjakan tugas pelayanan ini dengan baik. Di lembaga bahasa Inggris (LEC) diminta dikirim lebih banyak mahasiswa. Kel. SU (Navigator), terus maju dengan usaha restaurannya, di Waroeng Bengawan Solo, mereka sedang terus membangun hubungan dengan oikosnya di Takhmao dan kelompok biksu. M dan T sudah mulai cukup mapan dalam pelayanan mereka ke orang-orang K di kota maupun di desa-desa. Mohon berdoa agar Tuhan menjagai mereka dalam berhubungan dengan orang K, menjadikan mereka berkat dan menguatkan kesehatan mereka juga.

Laos

Laos (6,2 juta), Ibukota Vientiane (0,7 juta), agama: Budha 58,7%, Animisme 33%, tanpa agama 5,1%, Islam 1%, Katolik 1%, Kristen 1%, hanya agama Budha dan Animisme diperbolehkan, semua agama lain dilarang keras. Pemerintah komunis. Mereka yang bukan komunis dipaksakan untuk menyembah roh-roh jahat, kalau tidak mau ditahan. Sebuah gereja rumah dihancurkan di sebuah desa tahun 2009. Umat Kristen diancam dan dilecehkan oleh pemerintah setempat. Para pendeta yang menggembalakan gereja-gereja rumah memerlukan ketabahan.

Thailand

Thailand (66,2 juta), Ibu kota Bangkok (7 juta). Agama: Budha 92%, Islam 4%, Kristen 1,6%. Rekaman sudah merekam cerita Injil ke dalam bahasa-bahasa Yoy dan Nyaw di daerah timur laut. Di empat propinsi di bagian selatan tinggal suku Melayu Pattani (3,3 juta orang) yang beragama Islam. Keempat propinsi ini kurang aman, sering terjadi tembak-menembak dan peledakan bom. Rekaman Injil merencanakan bulan April pergi ke suku Mpi untuk merekam berita Injil dalam bahasa mereka. Bulan April ini suku ini merayakan satu upacara tradisional.

Vietnam

Vietnam (87 juta), Ibukota Hanoi (2,3 juta), Ho Chi Minh City (7 juta), tetap paham komunis. Agama Budha 55%, Katolik 5%, Kristen 0,8 juta. Anak-anak di Vietnam yang telah menerima Alkitab anak-anak bergambar. Semoga Tuhan terus menyatakan Diri-Nya melalui firman Tuhan yang mereka baca dan akhirnya kehidupan anak-anak itu pun diubahkan. Kel. PM mau menjangkau suku-suku terabaikan, karena itu mereka memperdalam diri dalam bahasa V.

Pilipina

Pilipina (90 juta), Ibukota Manila (1,7 juta), agama: Katolik 83%, Islam 8%, Protestant 7,5%, dll. Suku-suku beragama Islam: Bajau Kagayan; Magindanaw; Maranao; Molbog; Sama, Badjao; Sama, Pangut; Sama Selatan; Sinama, Utara; Tausug; Yakan. Sedang bacaan Kristen dalam tiga bahasa disiapkan. Kel. Pdt. MF (YPPII), memimpin GKI-P di Manila. Ibu RZ (OMF), sedang studi lanjutan selama satu tahun di Singapura. Pelayanan di antara orang Manobo di Upper Langilan/Davao del Norte diteruskan oleh H (orang Pilipina), dibantu oleh pejuang lama B dan A. Bck tetap melayani di antara SS. Pusat kelompok teroris Abu Sajaf di pulau Basilan, di tempat sembunyi mereka mengganggu keamanan di seluruh pulau bagian Selatan negara ini. Akhir berulang kali mereka beraksi dan membunuh orang.

Malaysia

Malaysia (27,5 juta), Ibukota Kuala Lumpur (2,2 juta), agama: Islam 55%, Budha 29%, Hindu 7%, Kristen 4%, Katolik 3,5%. Agama Islam merupakan agama negara. Tidak boleh diberitakan Injil kepada orang Melayu. Suku-suku: Melayu, China, Tamil, Iban, Banjar Melayu, Minangkabau Orang Negeri, Minangkabau, Indonesia, Tausug, orang asli, dan lain-lain. Masih ada banyak kampung di negara bagian Sabah dan Serawak yang belum diinjili, banyak gereja yang tidak memunyai pendeta, karena itu sering orang-orang Kristen cuma nama saja. Doakan Kel. S yang memimpin tiga jemaat di KL, yaitu SIB-Petaling Jaya, SIB-Cheras Awana, dan GIBIN (Gereja Injili Berbahasa Indonesia). SIB-Petaling Jaya memunyai semangat misi yang kuat. Doakan agar gereja ini dipakai Tuhan untuk bermisi di Sabah dan Serawak. Kel. Pdt. SB di Kota Sandakan/Malaysia Timur menjangkau berbagai suku di Kota Sandakan.