You are hereArtikel Misi / Injil di Asia

Injil di Asia


By admin - Posted on 29 July 2019

Kemajuan Injil di Asia selama abad terakhir ini luar biasa. Gereja-gereja Kristen bertumbuh dan berkembang di negara-negara, seperti: Singapura, Malaysia, Taiwan, dan tentu saja Korea Selatan, yang menyombongkan diri memiliki beberapa gereja terbesar di seluruh dunia. Namun, Injil juga berakar di negara-negara yang mungkin tidak kita duga. Misalnya, sebuah gerakan gereja Reformed berkembang di Indonesia, negara muslim terbesar di dunia. Selain itu, pertumbuhan gerakan gereja secara eksponensial di Cina sangat luar biasa mengingat bahwa pemerintah Komunis menempatkan pembatasan ketat pada kegiatan gereja-gereja Kristen. Jelas, karya Injil di Asia adalah sesuatu yang kita sungguh syukuri, terus doakan, dan cari kesempatan untuk mendukungnya.



Injil di Asia

Menabur Benih

Gereja di Indonesia

Akar gerakan evangelis modern sering kali ditelusuri kembali ke Kebangkitan Besar Pertama dan Kedua di Amerika Utara. Kebangunan rohani ini memiliki warisan campuran, tetapi kita dapat bersyukur atas penekanan mereka pada pertobatan dan penginjilan, yang memicu gerakan misionaris global yang pada akhirnya menandai abad kesembilan belas sebagai abad besar karya misi Protestan. Misionaris Protestan pergi ke Afrika, Amerika Selatan, dan Asia menyebarkan kabar baik keselamatan dalam Yesus Kristus. Meskipun kita tidak dapat mengabaikan atau sepenuhnya menguraikan gerakan misi Protestan dari konteks historis imperialisme Barat yang sering kali brutal, yang menyebabkan banyak wilayah pelarangan negara-negara Eropa di seluruh dunia dan penundukan kelompok masyarakat adat, misionaris menabur benih Injil di seluruh dunia -- termasuk Asia.

Contoh yang baik tentang menabur benih adalah pekerjaan misionaris Robert Morrison, yang dikirim oleh London Mission Society ke Cina pada tahun 1807. Dia adalah salah satu orang pertama yang menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa Cina dan membawa Injil ke Cina selatan. James Hudson Taylor mengikuti Morrison, tiba di Cina pada tahun 1853. Taylor mendirikan Cina Inland Mission, dengan fokus menjangkau bagian dalam Cina, jauh dari kota pelabuhan yang lebih populer dan menguntungkan. Yang unik pada zamannya, Taylor dan rekan-rekannya memilih untuk berpakaian dan makan seperti orang Tionghoa setempat sebagai cara untuk mengidentifikasi lebih dekat dengan orang-orang yang mereka layani. Karya Morrison dan Taylor memperkenalkan Injil ke Cina, dan warisan mereka terus ada hingga hari ini.

Contoh benih Injil lainnya yang ditabur di Asia dan menghasilkan buah yang menakjubkan terjadi di Korea, tempat misionaris Protestan pertama tiba pada abad kesembilan belas. Protestan tumbuh pada awal abad kedua puluh dengan kebangkitan yang terkenal (1907-10) di kota utara Pyongyang. Sebagai hasil kebangkitan, kekristenan telah mapan dan akan memainkan peran penting selama masa pemerintahan kolonial Jepang. Kekristenan menjadi titik perlawanan terhadap pendudukan Jepang, dan terutama melawan gangguan Shintoisme. Setelah Korea memperoleh kemerdekaan, kekristenan Protestan terus berkembang, dan saat ini populasi Korea Selatan memiliki persentase tertinggi orang Kristen di Asia Timur.

Penginjlan di Asia Hari Ini

Asia adalah wilayah yang luas, dan masing-masing negara memiliki cerita yang berbeda tentang penyebaran Injil. Tidak ada negara yang sama, tetapi Roh Kudus bekerja untuk membawa Injil yang sama ke setiap negara. Berikut adalah tiga contoh yang akan memberi kita gambaran sekilas tentang karya Injil di Asia saat ini.

Penginjilan di Korea

Wanita Asia berdoa

Setelah Perang Korea, di Korea Selatan terus terjadi pertumbuhan gereja dan pelayanan yang luar biasa. Kegembiraan untuk penginjilan dan pemuridan mencengkeram orang-orang Kristen Korea, menghasilkan pertumbuhan yang luar biasa bagi gereja di Korea. Jumlahnya hari ini sangat mencengangkan. Gereja terbesar di dunia adalah Gereja Yoido Full Gospel, dengan lebih dari tiga ratus ribu jemaat. Gereja Yoido adalah gereja Pentakosta, tetapi banyak gereja Presbyterian di Korea memiliki jumlah puluhan ribu anggota. Denominasi Hapdong yang merupakan denominasi Protestan Presbiterian konservatif yang serupa dengan Gereja Presbyterian di Amerika, memiliki keanggotaan lebih dari tiga juta orang. Sebagai perbandingan, pada tahun 2015, PCA melaporkan jumlah keanggotaan sedikit lebih dari 370.000. Gereja Presbyterian terbesar di denominasi Hapdong memiliki keanggotaan lebih dari 75.000 orang.

Pertumbuhan gereja yang luar biasa di Korea Selatan telah menyebabkan perkiraan bahwa orang Kristen menghasilkan hampir 29 persen dari populasi. Ini adalah salah satu persentase tertinggi orang Kristen di negara mana pun selain di Amerika Serikat. Akan tetapi, gereja Korea tidak puas melihat Injil hanya berdampak pada negara mereka. Misionaris Korea sekarang pergi ke seluruh dunia dengan cara yang sama, seperti pendahulu Barat abad kesembilan belas mereka. Korea sering terdaftar sebagai negara yang mengirim misionaris tertinggi kedua, dengan Amerika Serikat masih mengirim misionaris paling banyak ke negara mana pun di dunia.

Penginjilan di Cina

Sangat sulit untuk menilai pertumbuhan dan keadaan gereja di Cina. Pada tahun 1949, ketika Komunis mengalahkan Nasionalis untuk menguasai negara, diperkirakan ada lima ratus ribu orang Kristen. Dengan pembatasan agama Komunis terhadap agama, banyak orang Kristen berkumpul di gereja-gereja yang tidak terdaftar, menghindari kegiatan dan pertemuan di depan umum yang akan mendapat sorotan dari para pejabat. Namun, semua catatan menunjukkan fakta bahwa gereja di Cina, bahkan di bawah keadaan yang dimusuhi ini, tumbuh dan terus berkembang. Orang-orang Kristen Tionghoa tidak terhalangi keinginan mereka untuk menyebarkan Injil, bahkan dalam menghadapi oposisi pemerintah yang keras. Banyak ilmuwan memperkirakan bahwa ada hampir enam puluh juta orang Kristen di Cina. Seorang ilmuwan memproyeksikan pertumbuhannya mencapai dua ratus juta pada tahun 2035. Sebagai perbandingan, ada 159 juta orang Kristen di Amerika Serikat, dan jumlah tersebut telah menurun setiap tahun dalam beberapa dekade terakhir. Akibatnya, Cina bisa mengguncang Amerika Serikat dalam jumlah total orang Kristen dalam dua dekade ke depan. Jika pertumbuhan di Cina berlanjut, Komunis Cina akan memiliki satu populasi Kristen terbesar di seluruh dunia. Potensi gereja Tionghoa sangat bagus. Tidak hanya ada kesempatan besar untuk penginjilan dan perintisan gereja di Cina, tetapi juga bagi misionaris untuk dikirim dari Cina, terutama ke daerah-daerah seperti Timur Tengah yang mungkin lebih sulit bagi orang Barat untuk masuk.

Penginjilan di Indonesia

Jelas, karya Injil di Asia adalah sesuatu yang kita sungguh syukuri, terus doakan, dan cari kesempatan untuk mendukungnya.

FacebookTwitterWhatsAppTelegram

Salah satu contoh terakhir ditemukan di Indonesia. Negara ini terdiri dari serangkaian pulau dan merupakan negara muslim terbesar di dunia. Di tengah benteng Islam ini, penginjil Stephen Tong memulai gerakan gereja evangelis Reformed yang berkembang. Gereja Tong di ibu kota Jakarta rata-rata mengumpulkan empat ribu orang setiap minggu. Dia juga mendirikan sebuah sekolah seminari dan sekolah Kristen, dan dia telah mendirikan banyak gereja di seluruh Indonesia. Tong mengadakan demonstrasi Injil di seluruh Indonesia, di mana dia berkhotbah kepada ribuan orang di stadion dan pengaturan udara terbuka lainnya.

Seiring perkembangannya, dampak Tong telah melampaui Indonesia ke negara-negara Asia lainnya. Dia telah mengadakan tur khotbah reguler setiap minggu ke Singapura, Kuala Lumpur-Malaysia, Hongkong, dan Taipei-Taiwan, selain khotbahnya pada hari Minggu di Jakarta. Rekaman dari banyak khotbah dan ceramahnya telah beredar di seluruh komunitas berbahasa Tionghoa, menjadikan dia memiliki reputasi sebagai salah satu pengkhotbah paling berpengaruh di Asia. Tong juga berkomitmen pada teologi Reformed dan telah mengenalkan banyak orang di Asia pada tradisi alkitabiah yang kaya ini.

Penginjilan Terus Maju

Injil bergerak maju di Asia dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Meminjam kata-kata Jonathan Edwards, yang melayani selama Kebangkitan Besar Pertama, ini juga adalah "pekerjaan Allah yang mengejutkan". Benih Injil yang ditabur lebih dari dua abad yang lalu telah menghasilkan buah spiritual yang hebat. Apa yang bisa kita lakukan sebagai orang Kristen di Barat untuk mendukung gerakan Injil ini? Saya ingin menutup dengan memberi beberapa saran.

1. Berdoalah untuk pekerjaan Injil di Asia.

Banyak saudara laki-laki dan perempuan sedang melayani di negara-negara yang ada banyak tantangan dan bahaya yang signifikan.

2. Berpartisipasi dengan menjangkau dan membagikan Injil kepada siswa asing dan pekerja di komunitas Anda dari Asia

Pada era globalisasi ini, ada banyak siswa dan pekerja dari Asia yang datang ke Amerika Serikat untuk jangka waktu yang singkat. Sewaktu mereka mendengar dan menerima Injil di Amerika, mereka akan kembali ke negara asal mereka dengan kabar baik tentang keselamatan di dalam Yesus Kristus.

3. Yang terakhir, jika Anda memiliki kesempatan, pergi dan lakukan perjalanan ke Asia dan lihat sendiri apa yang Tuhan lakukan.

Hubungi misionaris dan gereja, dan tanyakan apa kebutuhan mereka dan bagaimana Anda bisa pergi dan membantu. Saya yakin ini akan menjadi pengalaman yang mengubah hidup. (t/Jing-Jing)

Download Audio

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Ligonier.org
URL : https://www.ligonier.org/learn/articles/gospel-asia/
Judul asli artikel : The Gospel in Asia
Penulis artikel : Jeffrey Jue
Tanggal akses : 14 Juli 2017