Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMI No.39 Vol.06/2003 / Republik Rakyat China (RRC)

Republik Rakyat China (RRC)


Luas 9.573.000 km2. RRC merupakan negara terbesar ketiga di dunia, dan memunyai gunung-gunung dan dataran tertinggi di dunia. Taiwan, Hongkong, dan Makao memunyai pemerintahan tersendiri dan tidak termasuk di sini, meskipun RRC menganggap mereka bagian dari China.

Bebas buta huruf 81,5 persen.

Bahasa resmi: Putonghua (Mandarin China); bahasa lokal dipakai dalam 5 daerah otonomi. Jumlah bahasa 470.

Ibukota: Beijing (Peking) dengan penduduk 12,033 juta.

Jawaban Doa

  1. Perjuangan hidup dan revival Gereja di China merupakan salah satu peristiwa besar yang terjadi di abad 20 ini.

  2. Jutaan pendoa syafaat yang terus mendoakan China dalam jangka waktu yang lama. Dampak komulatif dari 150 tahun berdoa secara global bagi China telah menunjukkan hasil yang luar biasa. Doa telah mengubah China.

  3. Para penguasa Atheis tidak menyadari bahwa mereka dapat dipakai sebagai sarana di tangan Allah untuk mempersiapkan jalan bagi pertumbuhan orang-orang Kristen. Mao Zedong berniat untuk menghancurkan semua "lembaga" keagamaanh namun proses tersebut membantu dalam menghilangkan penghalang rohani bagi pertumbuhan kekristenan. Deng berkebalikan dengan Mao dan dalam membangkitkan kembali perekonomian, Deng memberikan kebebasan bagi orang-orang Kristen.

  4. Iman dan komitmen dari orang-orang Kristen di China menjadi bukti dari buah penganiayaan terbesar yang pernah terjadi di sepanjang sejarah Gereja.

  5. Banyak orang Kristen awam yang bersaksi karena mendapatkan tuntunan dari Roh Kudus. Kuasa-Nya seringkali dimanifestasikan melalui mukjizat, penyembuhan, dan pengusiran setan. Mayoritas dari para penginjil dan perintis gereja adalah kaum wanita -- kebanyakan dari mereka masih berusia remaja. Di banyak wilayah, 70-80 persen orang Kristen di China adalah para wanita.

  6. Semakin berkembangnya radio Kristen dan iman dari mereka yang bergerak dalam pelayanan tersebut untuk menyiarkan siaran-siaran rohani ke China selama bertahun-tahun. Meskipun mereka jarang menerima respon dari pelayanan yang mereka lakukan, namun bukti-bukti nyatanya kini dapat terlihat jelas.

  7. Internet menjadi sarana luar biasa yang dapat membuka jalan, baik untuk kejahatan ataupun kebaikan -- menyediakan materi pengembangan kepemimpinan dan pemuridan.

Pelayanan Pendukung

Pertumbuhan Gereja yang pesat dan pengaruhnya terhadap gerakan demokrasi telah meningkatkan benturan ideologi sejak tahun 1989. Partai komunis dan oknum-oknum yang menjalankannya merasa terancam oleh daya tarik kekristenan yang besar. Mereka melihat bahwa penyebab-penyebab utamanya ialah pengaruh dari orang-orang asing, baik para turis, para mahasiswa, maupun para ahli, serta dampak yang luas dari acara-acara Kristen lewat radio dan video, literatur Kristen, dan Alkitab. Oposisi dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan orang asing bertambah sejak tahun 1989. Doakan agar keinginan akan perkembangan ekonomi dapat mengalahkan ketakutan pemerintah akan jalan pikiran yang baru, sehingga mereka tetap memberi izin masuk kepada orang-orang Kristen.

  1. Para utusan Injil dan orang-orang yang berkaitan dengan kekristenan tidak diterima di China. Namun, keinginan China untuk memajukan hubungan perdagangan dengan dunia luar, memungkinkan banyak orang Kristen China dan orang Kristen asing masuk ke China sebagai wisatawan, mahasiswa, tenaga Ahli, dan juga pengusaha asing.

  2. Penyediaan Alkitab sangat tidak memadai, walaupun jumlahnya terus meningkat. Pada tahun 1999, diperkirakan bahwa ada sekitar 36 juta Alkitab sudah tersebar di China. Kekurangan Alkitab banyak dijumpai di propinsi-propinsi yang letaknya jauh dari 60 pusat pendistribusian legal. Juga diperkirakan bahwa 12 juta Alkitab dan kitab Perjanjian Baru telah dibawa masuk oleh para pengunjung. Berdoa agar penambahan ini terus meningkat dan agar setiap orang Kristen bisa mendapatkan 1 Alkitab. Mengimpor Alkitab memang bukan hal yang ilegal, namun yang menjadi penghalang adalah alasan-alasan ideologis.

  3. Penyediaan tape recorder yang dapat memutar kembali (tidak merekam) kaset-kaset video dan audio makin meningkat dan telah menyebabkan kaset-kaset yang diproduksi di luar negeri, yang berisi firman Tuhan, lagu-lagu rohani, khotbah penginjilan serta pengajaran menjadi sarana yang sangat berguna dalam menyebarkan kebenaran. Doakan semua pihak yang terlibat dalam menyediakan dan menyebarkan kaset-kaset ini.

  4. Ada suatu kebutuhan yang belum terpenuhi yaitu penyediaan buku-buku pujian, pemahaman Alkitab, dan materi pengajaran, biografi, serta materi apologetik untuk menerangkan Injil kepada kaum mahasiswa dan intelektual.

  5. Radio Kristen telah dan masih tetap merupakan satu media yang paling kuat untuk pra-penginjilan dan penyampaian pengajaran Kristen di China pada masa kini. Hampir setiap rumah memunyai pesawat radio dan TV, bahkan di daerah-daerah terpencil. Doakan ratusan jam siaran yang ditayangkan dalam bahasa Putonghua dan dialek-dialek China lainnya oleh stasiun-stasiun pemancar Kristen. Berdoa agar dampak yang disebabkan oleh siaran tersebut bisa bertahan lama. Doakan Far East Broadcasting Company (FEBC) yang menggunakan 4 jaringan di Guam untuk melayani secara simultan para pemuda China, pemuda Kristen, para pemimpin gereja, dan kaum minoritas.

Bahan diringkas dari sumber:

Judul buku : Doakanlah Asia!
Penulis : Patrick Johnstone
Penerbit : Yakin dan WEC, 1995; WEC International, 2001
Alamat URL : http://www.operationworld.org/

CD-ROM SABDA [Nomor Topik: 18851]

e-JEMMi 39/2003