Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereTimur Tengah dan Afrika Utara

Timur Tengah dan Afrika Utara


Pada bulan Januari 2009, akan diadakan gerakan doa syafaat dari "Gerakan Ethnê ke Ethnê" untuk suku-suku terabaikan di Afrika Timur dan Selatan. Informasi selengkapnya hubungi atau .

Kaset-kaset dengan cerita Injil diedarkan oleh Rekaman Injil di Afrika Utara, berdoalah bahwa mereka yang mendengarkan, agar dijamah oleh Berita Hidup dari Surga.

Mauritania

Mauritania (2,6 juta), Penduduk: Suku Maur Hitam dan Putih 65%, orang Afrika Hitam 30%, Berber 5%. Agama hampir 100% Islam. Hanya terdapat sedikit orang Kristen dan mereka memerlukan perlindungan. Umat Kristen sering diancam oleh kelompok-kelompok radikal. Bulan Agustus 2008, kelompok pemberontak mengacaukan keamanan negara ini. Berdoalah agar Tuhan ikut campur tangan menghentikan kerusuhan yang terjadi secara sporadik di negara ini.

Maroko

Maroko (31 juta), Ibu kota Rabat (1,4 juta), agama 99% Islam, Katolik 0,3%. Meskipun dalam UUD ada jaminan kebebasan beragama, tetapi secara praktis tidak ada kebebasan beragama dan pendapat. Tidak ada satu jemaat pun yang memunyai izin secara resmi untuk berkumpul dan berbakti. Hanya gereja-gereja yang diperuntukkan bagi orang asing saja yang mendapat izin melaksanakan ibadah. Perkembangan kekristen hanya secara pelan-pelan saja, dalam 30 tahun pelayanan perintisan hanya ada 1.000 orang yang bertobat.

Aljazair

Aljazair (33,7 juta), Ibu kota Algiers (3 juta, ratusan orang Kristen tinggal di Ibu kota), penduduk orang Arab 70%, orang Berber 25%, Touareg 3%, agama Islam 99,6%, orang Kristen kurang lebih 70.000 orang. Para petobat baru yang berasal dari agama mayoritas dianggap sebagai ancaman bagi negara. Karena itu keberadaan orang Kristen dipersoalkan. Namun sesudah ada keberatan dari pihak luar negeri, akhir-akhirnya tekanan berkurang. Puji Tuhan, doa kita dikabulkan.

Mesir

Mesir (75 juta), Ibukota Kairo (16 juta), agama: Islam 86%, Koptik 10%, Kristen 0,8%. Lembaga Alkitab Mesir memberitakan dari pameran-pameran buku umum di berbagai tempat mereka bisa menjual Alkitab 44.463 buah, PB 326.773 buah, CD dan video Kristen 117.590 buah. Doakan semua yang sudah ditaburkan, agar tumbuh dengan baik. Seorang imam Koptik divonis lima tahun penjara, karena "memalsukan dokumen". Ia menikahkan seorang wanita Kristen yang sebelumnya beragama Islam dengan seorang Koptik, tetapi dokumen si wanita dipalsukan yang tidak diketahui oleh imam itu. Di Mesir seorang beragama Islam tidak boleh menikah dengan orang dari agama lain. Juga seorang yang pindah agama dari Islam ke agama lain, tetap dianggap seorang Islam. Karena wanita ini mau nikah dengan orang Kristen, ia memalsukan dokumen pribadi. Pasangan ini sedang hidup dalam persembunyi, karena polisi mau tangkap mereka.

Sudan

Sudan (38,5 juta), Ibu kota Khartoum (4,8 juta), agama: Islam 70%, Katolik 5%, Kristen 10%, Animis 15%. Sayang, penderitaan penduduk di daerah Dafur, Sudan Barat, karena perang antara pemberontak dan gerombolan Arab belum berakhir. Lebih dari 300.000 orang sudah menjadi korban. Di negara ini ada lebih dari 200 bahasa yang berlainan. Rekaman Injil sudah merekam cerita Injil ke dalam 129 bahasa, dan perlu pengedaran di antara masyarakat yang sudah lama menderita karena perang saudara dan pemberontakan, agar mereka mendapat damai sejahtera. Di bagian Selatan ada lima kelompok petani yang pindah dengan membawa keluarga dan alat-alat pertanian mereka dari desa Kristen ke lima desa lain dengan penduduk beragama Mayorits. Mereka mau bersaksi lewat kehidupan sebagai seorang Kristen dan menceritakan Injil. Mereka sudah dilatih untuk memulai jemaat rumah.

Israel

Israel (6 juta), agama: Yahudi 81,4%, Islam 14,5%, Druze 1,6%, Katolik 1,3%, Ortodoks 0,8%, Kristen 0,2%, suku: Yahudi 79%, Arab 20%. Jalur Gaza (1,3 juta), Palestina (3 juta, Islam 95%, Kristen berbagai aliran 1-2%), di Jalur Gaza hidup tertinggal 2.000 orang Kristen (hampir semua orang Ortodoks, sedikit orang Injili), mereka takut, karena mereka tidak mengetahui kapan mereka menjadi sasaran. Polisi tidak pernah menemukan orang yang membunuh orang Kristen atau meledakkan bom. Doakan agar kasih dan terang Kristus bersinar dalam hidup mereka, meskipun di tengah situasi sulit.

Suriah

Suriah (19,5 juta), Ibukota Damaskus (2,5 juta): Agama: Islam 90,3% (termasuk 7% aliran Alawi), Ortodoks 5,1%, orang Injili sedikit. Aliran Alawi dianggap dari pihak Islam sebagai bidat atau aliran tidak sesuai Islam. Berdasarkan UUD ada kebebasan agama, tetapi kegiatan Kristen dibatasi. Meskipun Suriah bukan negara Islam, tetapi semua hukum dalam negara harus berdasarkan Islam.

Irak

Irak (24,5 juta), Ibukota Baghdad (4,8 juta), orang Arab 75-80%, orang Kurdi 15-20%, orang Asyur dll 5%, agama Islam 97% (aliran Syiah 62%, aliran Sunni 35%), Katolik 1%, Ortodoks 0,5%, Kristen 0,05%. Orang Kristen dalam aliran apa pun dibunuh, dirampasi, diancam, dan diusir. Ratusan ribu Kristen sudah melarikan diri ke luar negeri. Golongan lain juga ditekan. Di seluruh negara, 4,5 juta orang melarikan diri dari satu tempat ke tempat lain. Khusus di kota Mossul penganiayaan terhadap orang Kristen bukan main berat. Sering orang Kristen ditembak di jalan begitu saja. Berseru kepada Yesus, bahwa semua orang yang menderita akan bertemu Yesus sebagai Juru Selamat pribadi. Sayang, sampai kini tidak ada tanda bahwa kekerasan berdarah akan berhenti. Semua penduduk di Irak berhadapan dengan ketakutan setiap hari, namun mereka ingin bisa hidup normal di tengah konflik yang tidak kunjung selesai.

Orang Kurdi

Orang Kurdi (4 juta) hidup di bagian Utara di Irak, agama utama: Islam dalam berbagai aliran, Kristen 200 orang. Aliran Sufi memiliki pengaruh yang besar. Program radio Kristen dalam bahasa Sorani disiarkan tiga kali seminggu.

Yaman

Yaman, (20 juta), Ibu kota Sana'a (1,3 juta), agama Islam (62% Sunni, 37% Syiah), 200 orang Kristen, sebagian masih bersembunyi. Masalah besar: 80% dari laki-laki dan 60% dari wanita mengunyah daun "qat". Obat bius ini diambil dari satu tanaman yang tumbuh dalam negara itu. 40% dari ladang dipakai untuk menanam "qat", para pekerja sering hanya bekerja empat jam untuk memunyai lebih banyak waktu untuk menikmati "qat", tetapi ladang "qat" memerlukan banyak air, ini dipompa dari bawah tanah. Karena banyak air dipompa dari bawah tanah, persediaan air dari bawah tanah menjadi makin berkurang. Keamanan negara memburuk, di bagian Utara ada satu kota yang sudah dikuasai oleh kawanan pemberontak.

Arab Saudi

Arab Saudi (27,6 juta, termasuk 5,6 juta orang asing), Ibu kota Riyadh (2,8 juta), agama Islam, sedikit orang Kristen secara diam-diam. Berdoalah bagi mereka yang di penjara karena Kristus.

Kuwait

Kuwait (dari 2,7 juta orang 1,7 juta orang asing), agama Islam, Ibukota Al-Kuwait (0,2 juta), Kristen Kuwaiti hanya 200 orang. Ada enam suku asli di Kuwait. Ketakutan terhadap perkara magis di sekitar mereka membuat mereka terikat pada tradisi dan berbagai ritual agar selamat dari kuasa gelap.

Iran

Iran (69 juta), Ibukota Teheran (8 juta), agama Islam 98%, Ortodoks Armenia 0,2% (150,000), Kristen lebih dari 250 ribu orang, jumlah ini meningkat terus. Tekanan di Iran semakin tinggi, banyak umat Kristen ditangkap untuk diinterogasi, bahkan banyak yang akhirnya ditahan. Mereka yang ada di penjara berhadapan dengan situasi yang sulit dan penganiayaan. Puji TUHAN, akhir September 2008 dua pendeta yang dituduh sudah meninggalkan Islam dibebaskan dari penjara.

Turki

Turki (74 juta), Ibukota Ankara (3 juta), kota besar Istambul (10 juta), agama: Islam 99,8% berbagai aliran dan dicampuri dengan berbagai kepercayaan kebatinan, okultisme, dan takhayul. Orang Injili 3.500 orang Turki, di antara orang Armenia 7.000 orang Injili. Meskipun UUD memberikan kebebasan beragama dan semua agama memiliki hak yang sama, tetapi realitasnya lain. Peraturan tentang kebebasan beragama sering kurang jelas, karena itu yang berwewang sering menafsirkan peraturan sedemikian rupa, sehingga hak orang Kristen dirugikan. Negara ini tidak mengenal toleransi terhadap kekristenan. Ancaman terhadap orang Kristen, pemberitaan fitnah, dan cerita dusta tentang gereja di media meningkat lagi. Di media cetak dan elektronik orang Kristen dilukiskan sebagai orang yang amoral dan mereka mau menghancurkan kebudayaan Islam. Seseorang yang pindah menjadi orang Kristen dianggap sebagai pengkhianat negara. Ini merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang menjadi musuh Injil. Di bagian Timur pertikaian berdarah terjadi antara pemerintah Turki dengan orang Kurdi yang telah menelan banyak korban jiwa.

Afghanistan

Afghanistan (30 juta), Ibukota Kabul (3 juta). Agama Islam secara radikal, tidak ada satu agama lain yang diizinkan. Sayang, kekerasan terjadi terus-menerus dan banyak orang telah menjadi korban.

Tunisia

Doakan Tunisia (10,3 juta), Libia (5,7 juta), Lebanon, (4,5 juta), Qatar (0,7 juta), Bahrain (1 juta), Uni Emirat Arab (3 juta), Oman (3 juta), agar masyarakat di negara-negara ini mendapat kesempatan hidup tenteram dan Injil bisa diberitakan di antara mereka dengan jelas, sehingga mereka bisa memperoleh pengetahuan akan kebenaran dan keselamatan (1 Timotius 2:1-8).