Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereSuku Bangsa Yang Mempunyai Tujuan

Suku Bangsa Yang Mempunyai Tujuan


Bacaan: Keluaran 19:1-8; 1Petrus 2:9-12

Banyak orang Kristen yang masih beranggapan bahwa misi baru dimulai dalam Perjanjian Baru. Apakah anda mulai menyadari bahwa pendapat tersebut tidaklah tepat? Kenyataannya misi adalah inti isi hati Allah dan Rencana Allah di dalam sejarah. Alasan Allah memilih Abraham supaya Dia dapat memakai Abraham dan keturunannya untuk membawa segenap manusia di dunia ini kembali kepada-Nya.
Sekarang kita akan melihat bagaimana Allah meneruskan rencana-Nya bagi semua bangsa melalui keturunan Abraham yaitu orang-orang Israel.

  1. Kepada bangsa apakah Yusuf, yaitu cicit Abraham, menjadi pembawa berkat? Dengan cara bagaimanakah ia menolong mereka? Kejadian 41:41,56-57
    Jawab: __

Apakah melalui Yusuf orang-orang Mesir mengetahui tentang Allah?
Jawab: __

Lebih dari 400 tahun berlalu, dan bangsa Israel menjadi sangat banyak jumlahnya. Allah telah memenuhi janji-Nya untuk menjadikan keturunan Abraham sebagai bangsa yang besar. Tetapi apakah yang terjadi kepada bangsa Israel selama bertahun-tahun kemudian ketika mereka hidup di Mesir? Keluaran 1:6-14
Jawab: __

Mengapa Allah membiarkan hal ini terjadi? Keluaran 6:6-8; 7:5; Mazmur 105:42-43; 135:5,8-9
Jawab: __

Ketika Allah menurunkan tulah atas Mesir dan menyelamatkan Israel, Ia mempunyai dua maskud yang penting. Apakah kedua maksud itu?

  1. Keluaran 6:7
    Jawab: __

  2. Keluaran 7:5; 9:14,16; 10:2; 14:18; 15:14-18
    Jawab: __
  • Apakah fungsi Israel sebagai suatu bangsa? Keluaran 19:3-8
    Jawab: __
  • Imam adalah seorang yang menjadi perantara antara manusia dan Allah. Jadi apakah yang dimaksud dengan Kerajaan Para Imam?
    Jawab: __

    Bacalah kesaksian tentang seorang asing (siapakah Yitro?) yang belajar dari hal-hal yang telah dilakukan Allah bagi Israel. Keluaran 18:1, 8-12
    Jawab: __

  • Apakah bangsa Israel menyadari akan perhatian yang juga diberikan Allah kepada bangsa-bangsa di sekitar mereka? Jika anda membaca kitab Mazmur anda akan melihat bahwa kitab tersebut mencerminkan kesadaran penuh akan kasih Allah terhadap dunia ini. Sebagian besar dari kitab Mazmur merupakan nyanyian-nyanyian pujian akan kasih Allah yang sering dinyanyikan orang. Bacalah Mazmur 67 sebagai sebuah contoh nyanyian pujian tersebut.
    Jawab: __
  • Persamaan apakah yang dapat anda lihat antara Mazmur 67:1,2 dengan janji Allah kepada Abraham yang terdapat didalam kitab Kejadian 12:2,3? Sebutkan dua hal yang ditekankan?
    Jawab: __

  • Jelaskan bagaimana orang-orang berikut ini menjadi berkat bagi orang-orang yang bukan Yahudi (asing), sehingga dengan demikian memper-lihatkan pengertian mereka tentang kasih Allah terhadap dunia ini :

    Salomo (1Raja 8:22-23, 41-43, 59-60)
    Jawab: __

    Yunus (Yunus 3; 4:2-3, 10-11)
    Jawab: __

    Elia (1Raja 17; Lukas 4:24-26)
    Jawab: __

    Elisa (2Raja 5; Lukas 4:27)
    Jawab: __

    Daniel (Daniel 2:46-47; 3:28-29; 4:27,34-37; 6:25-27)
    Jawab: __

    Sayangnya, Israel sering berontak melawan Allah. Oleh karena itu Allah terpaksa berhenti memberkati umat pilihan- Nya. Pemberontakan tersebut juga mengakibatkan kegagalan Israel untuk menjadi saksi yang baik dan untuk menjadi sumber berkat kepada bangsa lain. Tetapi rencana Allah belum berakhir. Ia berfirman melalui para nabi bahwa Ia akan melakukan sesuatu yang baru dan bahkan sesuatu yang lebih indah. Tahukah anda apa yang dimaksud?
    Jawab: __

    Pertanyaan:
    Bagaimanakah kita sebagai umat Allah dapat kehilangan kesempatan untuk mendapatkan hal yang terbaik dari Allah?