Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are herePara Pelopor Dari Perjanjian

Para Pelopor Dari Perjanjian


Bacaan : Kejadian 12:1-5

Pada pelajaran yang lalu kita telah mempelajari bahwa hubungan yang sempurna antara manusia dan Allah telah terputus akibat dosa pemberontakan manusia itu sendiri. Bagaimanapun juga sejak 4000 tahun yang lalu Allah telah bekerja melakukan rencana-rencana yang indah untuk membawa manusia kembali kepada-Nya.

Segera pada suatu hari nanti apabila segala sesuatunya digenapi, sejumlah besar orang banyak yang tak terhitung jumlahnya akan berdiri di hadapan tahta Allah. Mereka adalah orang-orang yang telah diselamatkan. "...dari setiap bangsa, suku, kaum dan bahasa." Wahyu 7:9.

Ketika Allah untuk pertama kali menyatakan rencana-Nya, Ia memulai-Nya dengan yang sangat kecil. Kenyataannya, Ia memulai berbicara hanya kepada satu orang saja, yaitu Abraham.

  1. Apakah yang diperintahkan Allah kepada Abraham? Kejadian 12:1
    Jawab: __
  2. Apakah yang telah dijanjikan Allah kepada Abraham ? Kejadian 12:2,3a
    Jawab: __

    Apakah yang dijanjikan Allah melalui Abraham untuk setiap kaum, dan suku dibumi ini?
    (Suku adalah satu kelompok yang mempunyai kebudayaan yang sama dan menganggap diri sebagai suatu masyarakat yang berbeda dari orang-orang dari kelompok lainnya). Kejadian 12:3b
    Jawab: __

    Apa sajakah yang termasuk didalam berkat tersebut? Kisah 3:25-26; Galatia 3:8,9,14
    Jawab: __

  3. Keuntungan datang disertai dengan tanggung jawab. Misalnya, dengan mendapat keuntungan untuk memiliki surat ijin mengemudi, maka pengemudi disertai juga dengan tanggung jawab supaya mengemudi dengan hati-hati, selamat dan menaati semua peraturan.
    Allah telah berjanji akan memberkati Abraham, sebaliknya apakah yang menjadi tanggung jawab Abraham? Kejadian 12:1-4; 22:16,17
    Jawab: __
  4. Bagaimanakah ketaatan Abraham dapat berpengaruh terhadap orang lain? Kejadian 12:2,3 ; 22:17,18
    Jawab: __

    Bukalah kembali Kejadian pasal 10. Perhatikanlah dalam kelompok-kelompok yang berbeda yang terdapat pada Daftar bangsa-bangsa. Sebenarnya terdapat tidak kurang dari empat puluh nama suku di dalam kitab Kejadian saja! Mengapakah hal ini ditekankan?
    Jawab: __

  5. Apakah Abraham memenuhi tanggung jawabnya untuk menjadi berkat bagi orang lain ketika dia tiba di Mesir? Kejadian 12:18-20
    Jawab: __
  6. Kita dapat melihat bahwa Abraham masih harus belajar lebih banyak lagi. Allah tetap setia dalam mempersiapkan dirinya. Dapatkah anda melihat bahwa Abraham masih belajar untuk menjadi pembawa berkat ketika dia mendoakan kota Sodom dan Gomora? Kejadian 18:16-33
    Jawab: __

Pentingnya arti perjanjian yang diadakan Allah dengan Abraham dalam Kejadian 12:2,3 tidaklah dapat dilebih- lebihkan. Allah mengulangi kembali janji tersebut kepada Abraham sebanyak dua kali lagi dan kemudian kepada Isak dan Yakub. Hal tersebut merupakan. Rencana Kerja Allah untuk segala jaman! Rencana Allah ialah untuk memberi keselamatan kepada umat pilihan-Nya, supaya mereka juga memberitakan Injil keselamatan itu kepada segala bangsa di bumi! (Perhatikanlah : Kejadian 18:18; 22:17,18; 26:3,4; 28:13,14; Baca juga Ibrani 6:13-18; Mazmur 105:6-10)

Tantangan:
Jika anda telah menerima keselamatan itu secara cuma-cuma melalui Yesus Kristus, berarti anda juga telah mendapat keuntungan dari ketaatan Abraham, anda juga telah menerima suatu tanggung jawab seperti halnya Abraham. Apakah tanggung jawab anda kepada Allah? Kepada orang lain ? Kepada segala suku bangsa di bumi?