Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMI No.31 Vol.05/2002 / Suku Talo Serawai (Sumatera)

Suku Talo Serawai (Sumatera)


Suku Melayu Talo Serawai tinggal di sepanjang pantai di sebelah barat daya Bukit Barisan dan di lereng-lerengnya. Mereka terutama bermukim di dua wilayah kabupaten Bengkulu Selatan: Seluma dan Talo. Di pedalaman, mereka termasuk di antara kelompok-kelompok suku pribumi yang paling miskin di Sumatera. Orang Talo Serawai menggunakan bahasa Serawai yang terdiri dari dua dialek, yaitu dialek Serawai dan dialek Menna. Sebagian besar orang Talo mencari nafkah sebagai petani. Mereka masih sering menggunakan jasa dukun dan takut akan ma'sumai -- harimau ganas yang menjelma menjadi sosok manusia yang memikat dan menewaskan korbannya. Banyak di antara mereka yang putus sekolah. Mereka membutuhkan motivasi, keahlian, dan keterampilan khusus agar menjadi warga masyarakat yang lebih produktif.

Rumpun : Pasemah
Wilayah : Sumatera
Jumlah Penduduk : 180.000
Persentase Kristen : 0
Kristen yang diketahui : 0 Persen
Alkitab : Belum
Film Yesus : Belum

Pokok Doa:

  1. Berdoa agar Tuhan melembutkan hati orang Talo Serawai agar mereka menjadi terbuka dan mau menerima Injil keselamatan.

  2. Berdoa untuk sejumlah murid Kristus (pendatang) yang tinggal di kabupaten Bengkulu Selatan dan sekitarnya, agar dapat menyatakan Kasih Yesus kepada orang Talo Serawai.

  3. Doakanlah pendekatan yang digunakan dalam menjangkau masyarakat suku ini karena keterikatan kuasa gelap.

  4. Doakanlah pemerintah, tokoh masyarakat, tenaga medis, para pendidik, agar dapat bekerja dengan tanggung jawab untuk meningkatkan kehidupan orang Talo Serawai.

  5. Doakanlah supaya Allah membuka pintu bagi gereja untuk mengambil bagian secara nyata dalam pembangunan Kerajaan-Nya dengan mengadopsi suku ini.

Sumber: CD SABDA, Topik: 19036

e-JEMMi 31/2002