Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereArtikel Misi / Penjala Manusia

Penjala Manusia


Bagi guru-guru Sekolah Minggu yang membutuhkan bahan pelajaran yang dapat digunakan untuk menerangkan pada anak bagaimana menjala jiwa dan bersaksi, maka bahan berikut ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Persiapan

Sediakanlah sebuah jala dan sejumlah ikan yang dibuat dari kertas yang agak tebal. Nanti ikan-ikan itu akan ditangkap dalam jala. Gantungkan jala di tempat yang menarik perhatian anak. Untuk jala, Anda bisa membuatnya dari kain kelambu, atau kain gorden atau bisa juga dari tali rafia. Untuk ikan, buatlah ikan dari kertas dalam berbagai macam bentuk dan warna yang menyolok.

Pembacaan Alkitab: Lukas 5:1-11

Cerita

(Sebagai pendahuluan berbicaralah dengan anak-anak tentang jala yang tergantung dalam ruangan tersebut. Ceritakanlah bagaimana jala itu digunakan oleh para nelayan. Bangkitkanlah perhatian mereka terhadap alasan adanya jala di ruangan itu.)

Dalam pembacaan Alkitab pagi ini, kita mendengar Yesus memberitahu kepada Petrus bahwa ia tidak akan menjadi nelayan lagi, tapi ia akan menjadi penjala manusia. Yesus menginginkan agar sekarang kita juga menjadi penjaga manusia.

Di sini ada sebuah jala. Marilah kita mengumpamakan jala ini sebagai Kasih dan pengampunan Allah. Allah menarik jala ini makin lama makin dekat ke surga. Tetapi hanya mereka yang ada dalam jala itulah yang akan masuk surga. Hanya orang-orang yang sudah menerima Yesus sebagai Juru Selamat yang akan ada di dalam jala itu. (Taruhlah beberapa ekor ikan di dalam jala.)

Yesus ingin sekali agar sebanyak mungkin manusia di dunia masuk ke dalam jala itu. Ketika Yesus mati di kayu salib, Ia memberi kesempatan bagi semua orang untuk mau masuk ke surga. Tetapi sayang sekali, tidak semua orang akan masuk ke surga.

Yesus mempunyai pekerjaan bagi kita, Ia mau agar kita menceritakan kepada orang lain tentang KasihNya yang besar. Kalian harus memberitahukan hal ini kepada teman-teman kalian, kalau tidak mereka tidak akan tertangkap dalam jala itu. (Tambahkan lebih banyak ikan dalam jala.)

Kita mengumpamakan ikan-ikan ini sebagai kalian dan saya. Jika kita sudah meminta Yesus masuk dalam hati kita, kita sudah ada dalam jala itu. Jika masing-masing dapat memenangkan satu orang saja untuk Yesus, jumlah ikan dalam jala akan menjadi dua kali lipat. (Tambahkanlah sejumlah besar ikan)

Sejauh ini, kita hanya berbicara tentang teman-teman kalian yang tidak kenal Tuhan Yesus. Tetapi pikirkanlah tentang ribuan, bahkan jutaan anak-anak di dunia yang tidak pernah mempunyai kesempatan untuk mendengar tentang kasih Yesus. Kita bisa berdoa untuk mereka. Pada waktu kita memberi persembahan Dana Misi Sekolah Minggu hari ini, kita akan menolong orang lain untuk menceritakan kepada mereka tentang Yesus dan menarik mereka ke dalam jala bersama dengan kita.

Doa

Berdoalah untuk anak-anak di seluruh dunia yang tidak tahu tentang Yesus. Berdoalah agar anak-anak Sekolah Minggu akan menjadi penjala manusia.

Diambil dari:

Judul Buku : Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 1
Penerbit : Yayasan Penerbit Gandum Mas, Malang 1997
Halaman : 118

Dipublikasikan di: http://pepak.sabda.org/10/mar/2001/anak_penjala_manusia