Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMI No.36 Vol.06/2003 / Penginjilan di Kepulauan Miskitos, Nikaragua

Penginjilan di Kepulauan Miskitos, Nikaragua


EHC (Every Home for Christ) yang terdiri atas para misionaris pioner dari Nikaragua telah memulai suatu pelayanan outreach di pulau-pulau kecil yang ada di sepanjang pantai Karibia. Lebih dari 20 pulau yang dikenal dengan nama "Kepulauan Miskitos" merupakan suatu tantangan bagi pelayanan, namun juga menjadi suatu kesempatan berharga untuk memberitakan kebenaran sejati. Sangat sulit untuk mengunjungi kepulauan itu dan hanya dapat dijangkau dengan menggunakan perahu-perahu kecil.

Kepulauan ini berada sekitar 50 mil dari pantai dan membutuhkan misionaris pioner yang berdedikasi untuk bisa melakukan navigasi dalam mengarungi Laut Karibia. "Kami menemukan kepulauan kecil ini di peta," demikian penjelasan Direktur EHC, "kami mengira kepulauan ini berpenduduk padat, namun ternyata kepulauan ini didiami oleh Suku Creole Miskitos. Setiap pulau kecil seperti sebuah kerajaan yang berdiri sendiri. Mereka memenuhi kebutuhan hidup dengan memancing. Mayoritas penduduknya tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis. Beberapa orang Kolombia datang ke kepulauan ini untuk membeli udang, dan kadang-kadang ada perdagangan obat sebagai pengganti ikan dan udang. Injil belum didengar oleh para penduduk di kepulauan ini. Hal ini menjadi suatu tantangan bagi kami."

Karena sebagian besar penduduk kepulauan ini buta huruf, para pekerja EHC mensharingkan Injil dengan menyediakan kaset audio rekaman Injil dalam bahasa Miskito. "Sangat mendesak sekali untuk memberitakan Injil kepada mereka. Banyak penduduk yang meninggal setiap harinya karena mengkosumsi obat-obat terlarang dan menderita sakit penyakit."

Bagi para penduduk yang dapat membaca, literatur Injil telah dicetak dalam bahasa Miskito, meskipun semula sangat susah mencari seseorang yang bisa menangani penerjemahan tertulis dalam bahasa Miskito. "Kami dapat membagikan literatur Injil yang disediakan oleh Bible Society dari rumah ke rumah. Kami bersyukur pada Tuhan atas segala karya-Nya di kepulauan Miskitos ini. Pemberitaan Injil secara sistematis terus dilakukan di kepulauan ini."

Di beberapa wilayah lain di Nikaragua, dimana para pekerja EHC menjulukinya sebagai "Pagan Cities", ada 174 orang yang baru-baru ini menerima Kristus dan ada dua persekutuan Kristen yang dibentuk. Sebagai tambahan, dalam pelayanan outreach selama tiga bulan ini, EHC telah mengunjungi 44.000 rumah dan sebanyak 3.000 penduduk memutuskan untuk beriman kepada Kristus.

Sumber: Fax of the Apostles, February 2002

e-JEMMi 36/2003