Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereArtikel Misi / Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam - PESTA

Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam - PESTA


http://www.pesta.org/

Berkembangnya pemakaian jasa internet untuk pelayanan pekerjaan Tuhan menunjukkan adanya suatu lahan dan peluang baru bagi kemajuan pekerjaan Injil. Hal ini merupakan suatu kesempatan yang sangat berharga untuk dipergunakan dengan baik. Selain memberikan kemudahan berkomunikasi, media internet juga menolong masyarakat Kristen untuk melayani pekerjaan Tuhan di ladang yang lebih luas lagi.

Dunia pendidikan teologia Kristen merupakan salah satu ladang pelayanan yang belum digarap secara maksimal. Pendidikan teologia sejauh ini masih menjadi monopoli calon-calon hamba Tuhan purna waktu (full timer). Dengan kemudahan yang didapat dari layanan media internet, maka kemungkinan untuk melayani masyarakat Kristen awam dengan pendidikan teologia menjadi semakin terbuka lebar. Dari latar belakang pemikiran inilah Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mendirikan pendidikan teologia secara tersambung (online), PESTA, singkatan dari Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam.

VISI DAN MISI PESTA

Dengan dasar keyakinan bahwa teologia adalah untuk semua orang Kristen, PESTA memiliki visi untuk memperlengkapi orang Kristen awam dengan pendidikan teologia agar mereka semakin mengerti dan memahami panggilan hidupnya sebagai orang Kristen yang ditempatkan Tuhan dalam dunia pekerjaan (market place) di mana mereka berada.

Dengan melihat visi tersebut, PESTA diharapkan dapat menjadi mitra gereja dalam menjalankan tugas dan panggilannya, yaitu membangun jemaat yang dewasa dan misioner di dalam Tuhan. Oleh karena itu, misi PESTA dapat dijabarkan sebagai berikut.

  1. Menyajikan pelajaran-pelajaran teologia alkitabiah kepada masyarakat Kristen awam untuk tujuan pendewasaan iman.

  2. Menolong masyarakat Kristen awam untuk dapat memberikan pertanggungjawaban akan iman kepercayaannya sebagai saksi Kristus di mana mereka dipanggil dan ditempatkan.

  3. Menciptakan situasi yang kondusif untuk belajar dalam kehangatan persekutuan dengan saudara-saudara seiman dari berbagai tempat dan latar belakang.

  4. Mendorong masyarakat Kristen awam untuk membangun atau mempertajam pengaruh nilai-nilai Kristen dalam setiap aspek budaya di mana mereka melibatkan diri sehingga nama Tuhan dimuliakan.

MACAM-MACAM KURSUS PESTA DAN METODE BELAJAR PESTA

Saat ini PESTA menyediakan sembilan modul kursus.

  1. Dasar-dasar Iman Kristen (DIK)
  2. Dasar Pengajaran Alkitab (DPA)
  3. Siapakah Yesus Kristus? (SYK)
  4. Pengantar Perjanjian Lama (PPL)
  5. Pengantar Perjanjian Baru (PPB)
  6. Kehidupan Rasul Paulus (KRP)
  7. Sepuluh Hukum Allah (SHA)
  8. Orang Kristen yang Bertanggung Jawab (OKB)
  9. Guru Sekolah Minggu (GSM)

Modul-modul tersebut akan terus ditambah setiap tahunnya.

Setiap modul ini bisa dipelajari bersama-sama dengan peserta lain (dua puluh peserta) dari berbagai tempat dan denominasi dalam satu kelas virtual (suatu kelas jarak jauh dengan memakai sistem mailing list). Untuk bergabung, peserta harus terlebih dahulu mendaftar (sesuai dengan jadwal yang telah tersedia). Mereka ini baru akan dinyatakan lulus untuk bergabung dalam kelas diskusi jika telah menyelesaikan tugas-tugas tertulis yang diberikan.

PESTA menerapkan sistem belajar yang menekankan pada keaktifan peserta. Dengan bahan dan alat-alat bantu yang cukup, PESTA diharapkan dapat mengembangkan kemandirian belajar peserta (independent study). Untuk mematangkan proses belajar ini, disediakan juga sarana tambahan kelas virtual (milis diskusi) sehingga peserta dapat berdiskusi bersama dengan peserta-peserta lain untuk dapat saling membagikan pengetahuan dan mempertajam pemikiran sehingga tercipta pemahaman iman Kristen yang kokoh berdasarkan Alkitab. Pembimbing/moderator disediakan untuk menjadi fasilitator dan membimbing jika peserta mengalami kesulitan dalam mempelajari bahan atau dalam berdiskusi.

Jika peserta lebih senang mempelajari bahan-bahan kursus PESTA secara pribadi, modul-modul disediakan untuk bisa diunduh (download) sehingga dapat dipelajari sendiri atau bersama kelompoknya sendiri. Untuk itu, modul-modul ini juga diizinkan untuk dipakai menjadi bahan diskusi di kelompok-kelompok PA/pemuridan atau sel group.

PERSYARATAN PESERTA KELAS VIRTUAL PESTA

Siapa saja yang bisa menjadi peserta kelas virtual PESTA? Peserta PESTA adalah setiap orang Kristen (interdenominasi) yang rindu untuk belajar firman Tuhan dan rindu bertumbuh menjadi murid Kristus yang setia.

Untuk mendaftar kelas virtual PESTA ini, peserta harus terlebih dahulu mengisi Formulir Pendaftaran dan berjanji untuk sungguh-sungguh mengikuti semua peraturan yang diberikan dengan disiplin.

Untuk mendaftar menjadi peserta kelas virtual PESTA, silakan kirim email ke:

==> < kusuma(at)in-christ.net >

BIAYA

Untuk mengikuti program PESTA ini, peserta tidak dipungut biaya apa pun (gratis).

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih banyak tentang PESTA, silakan berkunjung ke alamat:

==> http://www.pesta.org/

atau menulis surat ke:

==> Staf Admin PESTA <kusuma(at)in-christ.net>

Diringkas dari:

Nama situs : PESTA Online
Judul artikel : Tentang PESTA
Penulis : Tidak dicantumkan
Alamat URL : http://www.pesta.org/tentang

e-JEMMi 39/2007