Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereNicaragua Tahun 2005

Nicaragua Tahun 2005


 N I C A R A G U A
Nicaragua
Meski Nicaragua tidak terkena langsung hempasan badai Katrina atau badai Rita, masyarakatnya tetap merasakan mengalami dampaknya -- harga bahan bakar melambung tinggi. Wakil dari Worldwide Christian Schools, Steve Guerink mengatakan bahwa bukan bencana alam yang mereka hadapi namun bencana dalam hal perekonomian. "Sebagian besar sumber listrik dijalankan dengan mesin diesel. Jadi ketika harga bahan bakar menjulang tinggi, mereka memutuskan untuk membatasi pemakaian energi listrik karena mereka tidak dapat mencapai kata sepakat dengan pemerintah dalam pemberian anggaran ekstra untuk menjalankan generator-generator itu." Hal itu juga berarti mengancam sektor pendidikan. Terlebih lagi, lanjut Guerink, kegiatan pelayanan juga sangat terpukul. "Kebanyakan partner kami di Nicaragua diberi jatah pemakaian listrik 2 jam per-hari. Jadi mereka harus siap memanfaatkan kegiatan pelayanan apapun yang dapat mereka lakukan selama itu termasuk memakai komputer dan sejenisnya. Ketika listrik menyala, mereka harus segera siap bekerja. Jadi hal itu sangat mengganggu sebagian besar pekerjaan kami dalam pelayanan pendidikan di negara ini."
[Sumber: Mission Network News, September 27th 2005]

Pokok Doa:



  1. Doakan pemerintah Nicaragua dalam mengatasi pukulan di bidang ekonomi. Kiranya kebijakan-kebijakan dapat dibuat untuk meringankan beban rakyat.


  2. Doakan misionaris-misionaris yang melayani di Nicaragua khususnya dalam pelayanan pendidikan supaya diberi hikmat untuk melanjutkan pelayanan dengan mengoptimalkan jatah listrik yang diterima. Berdoa agar mereka tetap mengucap syukur dalam setiap keadaan.

e-JEMMi 40/2005



Sebuah agen sekolah Kristen mendirikan `Agents of Transformation` di Nicaragua. Setelah dilanda badai Mitch dan mengalami kehancuran, sebuah visi baru untuk pelayanan outreach lahir di Nicaragua. Perwakilan dari Worldwide Christian Schools mengatakan bahwa mereka sedang merealisasikan visi itu dengan tujuan untuk menciptakan dan menyatukan pelayanan pendidikan Amerika Tengah. "Kami memiliki sebuah sekolah pelayanan yang membuat kami bersukacita. Pelayanan ini bekerja melalui organisasi `The Nehemiah Center`. Kami menjangkau kira-kira 200 sekolah di Nicaragua dan membantu untuk membentuk Christian School Association baru dengan nama ACECEN (Nicaragua Association of Christian Schools)." Program yang diadakan berfokus pada seri pengajaran yang berjudul `Agents of Transformation`. Program ini dilakukan dalam 3 pendekatan topik. "Pertama menjabarkan topik seputar kehidupan pribadi -- Pertama topikyaitu sebagai orangtua, pasangan, dan anak. Topik kedua membahas tentang lembaga atau tempat Anda berada. Topik terakhir mengulas tentang komunitas karena Anda semua harus terlibat dalam setiap jalinan komunitas Anda."
[Sumber: Mission Network News, March 13rd, 2005]

Pokok Doa:



  1. Doakan supaya visi Worldwide Christian Schools untuk menyatukan pendidikan pelayanan di Amerika Tengah dapat segera terealisasi.


  2. Berdoa agar ACECEN bisa dipakai sebagai jembatan untuk memberitakan Kabar Baik kepada orang-orang di Nicaragua.

e-JEMMi 13/2005