Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMI No.01 Vol.04/2001 / Mendengar Injil Melalui Radio (Bolivia)

Mendengar Injil Melalui Radio (Bolivia)


Sebuah syair lagu Kristen mengatakan "Go tell it on the mountain, over the hills and everywhere; Go tell it on the mountain, that Jesus Christ is born ..." ["Pergilah dan ceritakanlah ke seluruh gunung, bukit dan dimanapun; Pergilah dan ceritakanlah ke seluruh gunung, bahwa Yesus telah lahir. ] Inilah yang dilakukan oleh Radio Mosoj Chaski yang siarannya ditujukan terutama untuk orang-orang Quechua yang berdiam di daerah pegunungan Andes dan dataran rendah di Bolivia. Orang-orang Quechua jarang mendapat perhatian dan mereka sangat tidak tertarik akan berita Injil. 70% dari kelompok suku ini berada di lokasi-lokasi yang sangat sulit dijangkau.

Namun Tuhan telah memberi jalan bagi orang-orang Quechua untuk mendengar Kabar Baik melalui gelombang radio. Sebelum radio Mosoj Chaski mulai mengudara untuk pertama kalinya, persiapan telah dilakukan tiga tahun sebelumnya. Mereka merekam lebih dari 1.400 program yang ditujukan khusus untuk membahas masalah sehari-hari yang dihadapi orang Quechua, dalam hal jasmani maupun rohani. Acara-acara yang disiapkan mencakup: pelajaran Alkitab, kehidupan keluarga, dan masalah wanita, kesehatan, pendidikan dan pengembangan masyarakat, serta perawatan hewan dan ketrampilan bercocok tanam, juga penerapan teknologi dan masalah hukum.

Radio Mosoj Chaski mendapat sambutan sangat baik dari masyarakat setelah sembilan bulan mengudara. Hampir setiap hari staff mereka menerima kesaksian dari para pendengar yang hidupnya telah diubahkan melalui siaran-siaran dari radio Mosoj Chaski. Berikut ini adalah contoh beberapa kesaksian yang diterima:

  • Orang-orang dari daerah yang terpencil menyatakan kerinduan mereka untuk mengenal lebih jauh ajaran Kekristenan.

  • Orang-orang Kristen di empat daerah yang berbeda mengabarkan bahwa pengunjung gereja meningkat setelah radio Mosoj Chaski mulai mengudara.

  • Beberapa orang Kristen yang telah undur mendapat dorongan kembali untuk kembali kepada Tuhan dan gerejanya.

  • Wakil pemerintah dari empat daerah yang berbeda datang ke stasiun radio untuk menyatakan rasa terima kasih mereka atas peranan radio dalam membina masyarakat.

  • Misionaris-misionaris menceritakan bagaimana orang-orang Quechua menyambut baik berita Injil yang disampaikan karena mereka telah mendengar sebelumnya melalui radio.

  • Staff Radio Mosoj Chaski mendapati dalam kunjungan mereka ke daerah dataran rendah bahwa beberapa bar di sana memasang siaran radio ini karena siaran ini adalah yang terbaik di seluruh negri.

Radio Mosoj Chaski sedang mempersiapkan program-program baru untuk disiarkan dan terutama sedang mengerjakan "follow-up" untuk ajaran Kristen dan penginjilan yang dilakukan bersama dengan gereja-gereja lokal di sana. Ini semua adalah tugas yang sangat berat dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Mohon dukungan doa-doa saudara sekalian dalam mengerjakan tugas yang menggembirakan ini: memberitakan kabar Injil "over the hills and everywhere" kepada orang-orang Quechua di Bolivia.

Sumber: SIMNOW Edisi 91 (kiriman dan terjemahan dari Rudy Kurniadi)

e-JEMMi 02/2001