Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereKanada Tahun 2002

Kanada Tahun 2002


Apa yang menyebabkan gereja-gereja barat bertumbuh/bermultiplikasi? Telah diketahui bahwa ada gereja-gereja Kristen di "Two-Thirds World" (Asia, Afrika, Amerika Latin,...) yang bisa bertumbuh dengan sangat pesat; bagaimana dengan gereja-gereja di barat? The Victory Churches, sebuah gerakan perintisan gereja yang dimulai di Kanada tahun 1986, telah mengembangkan 11 gereja menjadi 68 gereja hanya dalam jangka waktu 12 tahun. "Pertumbuhan yang menakjubkan sebesar 600%" demikian komentar Jay Weaver, seorang pelatih perintisan gereja bagi Alliance for Saturation Church Planting (ASCP). Sementara itu, John Wilson dari World Team yang juga merupakan seorang pelatih perintisan gereja untuk berbagai denominasi mengatakan bahwa fokus gerakan perintisan adalah sebagai berikut:

  1. Visi:
    Berawal dari tujuan multiplikasi, visinya adalah gereja-gereja akan bermultiplikasi/berlipatganda. Tidaklah realistik jika harus menunggu sampai 'gereja induk' berumur 75 tahun sebelum mulai merintis gereja-gereja baru.
  2. Tim Perintisan Gereja:
    Gerakan The Victory Churches selalu merintis berdirinya gereja-gereja baru dalam satu tim. Paling sedikit dalam tim itu ada seorang anggotanya yang mempunyai karunia apostolik dan visi. Orang tersebut bisa saja seorang pendeta yang hatinya terbeban untuk merintis berdirinya gereja- gereja baru dan tidak hanya memperhatikan kebutuhan satu gereja. Sedangkan tim tersebut dapat dipimpin oleh seorang penatua, pendeta ataupun orang awam.
  3. Pemimpin Apostolik:
    Karunia yang apostolik/rasuli diperlukan bagi perintisan gereja -- tetapi orang/karunia tidak dapat bekerja sendiri -- sebuah kerjasama tim sangat diperlukan. Bahaya dari perintisan gereja yang terlalu cepat atau tanpa tim adalah dangkalnya pemahaman, lemahnya pemuridan dan pelatihan.



Sumber: FridayFax, May 24, 2002

  • Doakan pengembangan perintisan gereja di Kanada supaya menghasilkan gereja-gereja baru yang memiliki dasar yang kuat.
  • Berdoa untuk The Victory Churches agar menemukan inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan pelayanannya.

    e-JEMMi 26/2002