Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Indonesia / Indonesia Tahun 2013

Indonesia Tahun 2013


Banjir di Manado

Bencana banjir kembali terjadi di Nusantara. Kali ini, bencana itu melanda Kota Manado, Sulawesi Utara. Menurut laporan, banjir yang terjadi pada hari Minggu, 17 Februari 2013 ini, telah memakan korban jiwa sebanyak 15 orang dan memaksa ribuan penduduk lainnya mengungsi. Pos-pos penanggulangan bencana memang telah didirikan di lokasi-lokasi yang paling parah, seperti Kelurahan Dendengan Luar, Dendengan Dalam, Tikala Baru, Paal 2, Komo Luar, Ternate Tanjung, Mahawu, Bailang, Karame, dan Banjer. Akan tetapi, pos-pos itu masih belum dapat memenuhi kebutuhan para pengungsi secara maksimal.

Pokok Doa:

  1. Doakanlah agar Tuhan memberi penghiburan kepada keluarga korban yang tewas akibat bencana ini, serta terus menjaga iman mereka dalam menghadapi situasi yang sangat sulit ini.

  2. Berdoalah supaya Tuhan membuka jalan untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi, terutama kebutuhan pokok seperti makanan dan fasilitas di tempat pengungsian.

e-JEMMi 08/2013


Indonesia: Tempat Tuhan Melakukan Banyak Mukjizat

Indonesia memiliki 13.500 pulau. Kalau kita mau mengunjungi setiap pulau selama 1 hari, maka perlu 37 tahun untuk semua pulau dapat dikunjungi. Hanya separuh dari pulau-pulau itu yang ada penduduknya. Pulau-pulau yang utama ialah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Kepulauan Maluku, NTT, dan NTB. Indonesia memiliki lebih dari 600 bahasa suku, tetapi di sekolah-sekolah diharuskan memakai Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Indonesia kaya akan sumber alam; gas, minyak, mineral, kayu, dll..

Pada tahun 1965, komunis mencoba mengambil alih seluruh negeri dengan paksa, tetapi gagal. Kebanyakan orang Indonesia beragama Islam dan membenci komunis yang tidak percaya kepada Allah. Maka, peperangan berkobar di antara mereka. Indonesia menjadi kacau balau dan tidak tenteram. Setelah pemerintah berhasil menaklukkan komunis, maka komunis dihapuskan dan dibuat peraturan agar setiap orang memilih agama tertentu yang diakui: Islam, Kristen, Katolik, Hindu, atau Buddha. Ribuan orang memilih menjadi Kristen.

Peristiwa ini diikuti dengan terjadinya kebangunan rohani yang luar biasa. Antara tahun 1965 -- 1971, terjadi banyak mukjizat karena Injil Tuhan Yesus Kristus diberitakan. Ada dua juta orang dibaptis. Memang tidak semua orang mengerti tentang kekristenan secara dalam, tetapi para penginjil bebas memberitakan firman Tuhan di negara ini.

Jakarta, ibu kota Indonesia, terletak di pulau Jawa, pulau yang paling padat penduduknya. Pulau Jawa sangat indah dengan gunung-gunung berapi, tanah yang subur, dan ladang yang ditumbuhi padi. Di pulau Jawa terdapat tiga kelompok suku utama: Sunda, Madura yang hampir semuanya beragama Islam, serta Jawa yang di antaranya banyak yang memeluk agama Kristen. Banyak orang yang belum percaya menghadiri kebaktian-kebaktian dan percaya kepada Tuhan Yesus, serta dibimbing untuk mengenal-Nya lebih dalam.

Banyak orang Indonesia yang menganut agama Islam, Katolik, Buddha, atau Hindu, tetapi ada yang masih animis. Di pulau Jawa, masih ada penduduk yang menyembah Nyai Roro Kidul (Ratu Laut Selatan) dan bila ada orang mati tenggelam di Laut Selatan Pulau Jawa, orang-orang ini percaya bahwa Nyai Roro Kidul memerlukan mereka. Banyak juga yang menyembah roh-roh, menggunakan ilmu hitam yang keras (santet), dan bahkan ada orang yang melemparkan uang dan hewan yang hidup ke dalam kawah gunung berapi yang masih aktif sebagai korban. Ada beberapa pulau dan suku yang belum pernah diinjili. Siapa yang akan pergi untuk mengajar tentang Tuhan Yesus kepada mereka, dan membawa mereka untuk mengenal dan mengasihi Dia?

Tidak mudah bagi seseorang untuk menjadi Kristen. Seorang anak muda yang bernama Enjang mempelajari agamanya setiap hari sejak berusia 6 tahun, namun hal itu tidak membuatnya takut akan akhir zaman. Pamannya menasihati dia untuk membaca tentang anak Maria yang disebut nabi Isa, yang akan datang untuk menghakimi dunia. Enjang membaca tentang nabi Isa dan mengalami damai dalam hatinya.

Suatu hari, ia menyadari bahwa nabi Isa adalah nama untuk Tuhan Yesus dan dia mulai mengasihi-Nya. Akhirnya, Enjang menjadi Kristen dan sangat berani bersaksi kepada anak-anak lain tentang Tuhan Yesus. Beberapa orang telah menjadi Kristen karena pengajaran Enjang. Hal ini membuat orang tuanya sangat marah dan ia diusir dari rumah oleh orang tuanya.

Kamu dapat mendoakan Indonesia.

  1. Tuhan Yesus tolonglah orang-orang yang mengalami nasib seperti Enjang, yang menderita karena menjadi Kristen.

  2. Tolonglah orang-orang Kristen di Indonesia agar mereka memperlihatkan kasih-Mu kepada orang lain. Sadarkanlah orang-orang agar berhenti menyembah berhala.

  3. Tolonglah orang-orang yang menulis dan mengirimkan kursus Alkitab tertulis untuk membuat orang-orang berpikir tentang Engkau.

  4. Utuslah pemberita-pemberita Injil ke setiap pulau yang berpenduduk di Indonesia.

  5. Pakailah sekolah-sekolah Alkitab untuk melatih para penginjil, pendeta, misionaris, dan penuhilah mereka dengan Roh Kudus-Mu.

  6. Utuslah orang-orang untuk bersaksi kepada mereka yang belum mengenal Engkau, dalam damai dan sukacita, agar mereka dapat bertemu dengan Engkau.

  7. Tolonglah agar banyak anak di Indonesia percaya, lalu mengikut Engkau.

Diambil dari:

Judul buku : Doamu Mengubah Dunia
Penulis : Jill Johnstone
Penerjemah : Dep. PAP-YPPII
Penerbit : Departemen Pembinaan Anak dan Pemuda (YPPII), Batu 1996
Halaman : 40 -- 41

e-JEMMi 05/2013


Raker YLSA 2013

Pada tanggal 10 -- 12 Januari 2013, Yayasan Lembaga SABDA telah mengadakan rapat kerja yang bertujuan untuk mengevaluasi segala pelayanan yang dilakukan sepanjang tahun 2012, sekaligus merencanakan kegiatan pelayanan untuk tahun 2013.

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur kepada Tuhan Yesus untuk gedung baru (Griya SABDA) yang sudah hampir selesai direnovasi sehingga bisa dipakai untuk raker tahun ini.

  2. Mengucap syukur untuk penyertaan Tuhan selama raker tahun ini, dan campur tangan-Nya dalam setiap evaluasi dan perencanaan pelayanan.

  3. Doakan pemimpin beserta segenap divisi pelayanan YLSA agar dapat melaksanakan rencana pelayanan tahun 2013 ini dengan baik, dengan hikmat dari Tuhan.

e-JEMMi 03/2013