Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereArtikel Misi / Gerakan Penginjilan Melalui Internet

Gerakan Penginjilan Melalui Internet


Dalam bukunya yang berjudul "Operation World", Patrick Johnstone dan Jason Mandryk mengulas tentang beberapa pelayanan khusus dan salah satu yang dibahasnya adalah tentang pelayanan melalui internet.

"Internet sedang mengubah cara dunia berkomunikasi. Sarana yang sungguh hebat ini memiliki arti yang sangat besar bagi dunia penginjilan. Pertumbuhan web di India dan China sangatlah menakjubkan -- internet tidak hanya dimiliki oleh negara-negara Barat. Pengguna internet di China yang diperkirakan berjumlah 10 juta orang (di tahun 2000) akan berkembang menjadi 100 juta orang (di tahun 2003). Sebagian besar wilayah di Amerika Selatan dan Asia berkembang dengan pesat sebagai "wired community" ('komunitas' yang terhubung secara on-line).

Penginjilan dengan menggunakan media internet mencakup beberapa hal utama:

  • Halaman-halaman Situs PI yang dapat diakses oleh semua penduduk dunia.

  • interaksi pribadi melalui email maupun chat room.

  • "Streamed' instant audio atau video -- semakin efektif bila kecepatan aksesnya meningkat.

"Situs Web juga menolong para pekerja dan organisasi Kristen untuk menjalin hubungan dan saling berbagi informasi melalui cara-cara dan kecepatan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Permohonan dukungan doa untuk sesuatu hal yang sangat mendesak kini dapat disebarkan ke seluruh dunia dalam semenit dan dapat diduplikasi ribuan kali." Luar biasa, bukan?

Berikut ini adalah ajakan berdoa untuk mendukung pelayanan elektronik/internet yang disampaikan melalui buku "Operation World".

Pokok-pokok Doa:

  1. Tersedianya Situs-situs Penginjilan yang lebih banyak.

    Meskipun banyak organisasi Kristen dan gereja-gereja menggunakan Situs Web sebagai sarana komunikasi antar anggota/bagiannya, hanya ada sedikit Situs Web yang dirancang khusus untuk para pengunjung non-Kristen. Doakan agar banyak orang Kristen menyadari akan potensi Situs Web untuk menjangkau para pengunjung non-Kristen tersebut.

  2. Penggunaan bahasa-bahasa lain (selain bhs. Inggris) di internet.

    Namun ada banyak bahasa yang mulai dipakai di internet. Ada ratusan juta orang di dunia yang dapat memahami bahasa Inggris sehingga mereka dapat mengakses halaman Web berbahasa Inggris. Namun ada milyaran orang yang tidak memahami bahasa Inggris, dan ironisnya hanya sedikit Situs PI yang menggunakan bahasa-bahasa yang dapat dimengerti oleh mereka. Karena itu jangan lupa untuk terus berdoa agar tersedia Situs-situs PI yang dibuat dengan bahasa-bahasa yang dimengerti oleh mereka yang belum terjangkau Injil, terutama dalam bahasa China, Jepang, dan Arab.

  3. Peningkatan potensi orang Kristen ketika ada di rumah.

    Penginjilan online tidak hanya dapat dilakukan oleh organisasi- organisasi Kristen. Pribadi-pribadi (seorang yang pemalu, atau penderita cacat, atau pensiunan) dapat menjangkau dunia dari rumahnya. Doakan agar potensi mereka tergali dan menjadi berkat.

  4. Pengguna internet di Timur Tengah.

    Ada akses internet gratis di seluruh wilayah Timur Tengah (kecuali Saudi Arabia). Cara ini memungkinkan orang Muslim untuk mengetahui pemberitaan tentang Kristus melalui sarana yang "terselubung". Doakan agar tersedia lebih banyak pelayanan melalui Web yang lebih mengena untuk menjangkau mereka.

  5. Pencegahan dan penghentian pornografi.

    Tidaklah mungkin untuk menghentikan sepenuhnya Situs-situs pronografi; namun doakan orang-orang Kristen dan mereka (baik secara organisasi maupun individu) yang sedang memperjuangkan hal tersebut.

  6. Dukungan keuangan.

    Satu alasan mengapa hanya sedikit organisasi Kristen yang membuat Situs Web adalah karena tidak adanya "produk" yang dapat dijual sehingga dibutuhkan dana untuk menutup biaya-biaya produksi yang harus dikeluarkan. Doakan agar banyak orang Kristen menyadari pentingnya potensi pelayanan elektronik melalui internet dan mereka dapat mendukung pelayanan-pelayanan PI melalui internet ini dengan memberikan persembahan uang.

  7. Strategi untuk melakukan penginjilan secara online.

    WEC telah membuat secara terperinci " Web Evangelism Guide" untuk memberikan penjelasan mengenai strategi-strategi dalam melakukan penginjilan secara online: http://www.web-evangelism.com Dibutuhkan orang untuk menerjemahkannya ke dalam berbagai bahasa.

  8. Pelayanan Pemuridan sebagai follow-up.

    Sama seperti pelayanan radio, follow-up untuk para petobat baru menjadi satu masalah baru. Namun hal yang menggembirakan, Situs Web menyediakan cara komunikasi dua arah yang mudah digunakan, yaitu email pemuuridan dan konseling. Tersedia terlalu banyak materi online bagi petobat baru. Ada komunitas cyberspace dari orang-orang percaya, dalam skala internasional, yang sedang bertumbuh. Komunitas ini bisa menolong mereka yang tinggal di wilayah-wilayah yang terisolasi.

  9. Akses ke Web melalui telepon genggam.

    Satu milyar orang diperkirakan akan memiliki akses ke Web melalui telepon genggam pada tahun 2003 nanti. Doakan strategi baru yang dibutuhkan untuk memanfaatkan media tersebut sebagai sarana PI.

  10. Chat rooms.

    Diperkirakan jutaan orang mengakses online 'chat' setiap harinya. Kesaksian-kesaksian yang disampaikan oleh orang-orang Kristen dalam chat rooms akan menjadi cara untuk mengenalkan Kasih Kristus kepada banyak orang. Dua Situs Web yang memiliki fokus untuk melakukan pelayanan tersebut adalah

    http://www.web-evangelism.com/chat dan
    http://www.e-vangelism.org.uk
    Doakan agar banyak orang Kristen yang memakai chat rooms untuk menjadi sarana berPI."

Diambil dan diterjemahkan dari:

Judul buku : Operation World
Judul asli artikel : The Internet
Penulis : Patrick Johnstone dan Jason Mandryk
Penerbit : Paternoster Lifestyle, UK; dan WEC International, 2001
Alamat URL : http://www.operationworld.org

e-JEMMi 05/2002