Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Misi Dunia / Chad Tahun 2013

Chad Tahun 2013


Republik Chad terletak di Afrika Tengah. Negara seluas 1.284.000 Km2 ini dihuni oleh 11.506.130 jiwa. Bahasa yang digunakan di negara ini adalah Prancis, Arab, serta sekitar 100 bahasa dan logat lainnya. Persentase penduduk yang menganut agama Islam di negara ini adalah sebesar 55 persen, 10 persen masih menganut animisme, dan sisanya 35 persen penganut agama Kristen dan Katolik.

Sebagian dari negara ini sudah dihuni sejak abad ke-6 sM. Pada abad pertengahan, kerajaan-kerajaan Islam mulai memerintah di wilayah ini. Pada tahun 1908, Chad dijajah oleh Prancis, dan 52 tahun sesudahnya, yaitu tahun 1960, negara ini baru merdeka. Sejak tahun 1966, di negara ini sering terjadi perang saudara, antara bagian Utara yang beragama Islam dan Chad di bagian Selatan, yang mayoritas beragama Kristen. Sewaktu-waktu, Libya, Prancis, dan negara-negara lain dapat mengintervensi konflik ini. Akan tetapi, itu juga tidak dapat mewujudkan perdamaian di negara ini. Sejak 1998, pemerintah dan pasukan pemberontak juga tidak pernah berhenti berselisih, dan sampai sekarang perdamaian masih sulit diwujudkan di antara keduanya.

Republik Chad adalah negara yang termasuk dalam kategori negara termiskin di dunia. Hal ini dikarenakan terjadinya perang saudara yang berkepanjangan, korupsi di jajaran pemerintahan, dan kekeringan. Negara ini hanya memiliki 200 km jalan yang diaspal dengan baik dan tidak memiliki pelabuhan. Sumber daya alam mereka sangat sedikit, kecuali minyak yang baru ditemukan pada tahun 2003.

Pada abad yang yang lalu, Injil mulai diberitakan di daerah Chad bagian Selatan. Para misionaris melayani masyarakat di sana secara holistis, baik di bidang agama maupun di bidang pendidikan dan medis. Pelayanan mahasiswa adalah salah satu bidang pelayanan yang paling penting di negara ini. Di negara ini, orang Kristen diberi kebebasan beragama dan mengabarkan Injil. Meski begitu, pemerintah tetap mengutamakan agama Islam. Meski mendapat banyak tantangan, banyak suku terabaikan di negara ini telah mendengar Injil sejak negara ini merdeka.

Pokok Doa:

  1. Naikkanlah syukur kepada Tuhan Yesus atas kemajuan penginjilan dan kebebasan beragama di Republik Chad.
  2. Berdoalah agar Tuhan membuka jalan untuk mewujudkan perdamaian yang sangat dirindukan oleh rakyat Chad.
  3. Doakanlah para pelayan yang melayani masyarakat Chad agar mereka diberi perlindungan oleh Tuhan Yesus dalam menjalani tugas mereka di sana.
  4. Berdoalah kepada Tuhan Yesus bagi para pemuda Chad yang telah disentuh oleh Injil agar mereka membuka hati untuk dimuridkan.

Diambil dan disunting dari:

Judul buletin : Terang Lintas Budaya edisi 94, tahun 2013.
Judul asli artikel : Negara Chad Miskin, namun Penginjilan Bisa Berjalan
Penulis : Tidak dicantumkan
Halaman : 4 -- 5