Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMi No.13 Vol.14/2011 / Bakumpai, Indonesia

Bakumpai, Indonesia


Sejarah

Mayoritas orang Bakumpai tinggal dekat Sungai Barito, yang mengalir melalui provinsi Kalimantan Tengah. Di Kalimantan bagian selatan, orang Bakumpai tinggal di Distrik Bakumpai, kabupaten Barito Kuala; sementara mereka yang di Kalimantan Tengah tinggal di kabupaten Barito Selatan. Tetangga mereka di selatan adalah orang Banjar dan di utara adalah orang-orang Ngaju dan Maayan. Beberapa ahli berspekulasi bahwa orang Bakumpai adalah salah satu sub-kelompok dari kelompok orang Ngaju, meskipun Bakumpai menganggap mereka sebagai suatu kelompok yang terpisah. Orang Bakumpai adalah satu dari kelompok orang dalam kelompok Barito, yang merupakan bagian dari kelompok etno-linguistik Dayak yang lebih luas. Orang-orang Dayak (kadang-kadang dibagi berdasarkan tempat tinggal, orang Dayak Daratan dan orang Dayak Pantai/laut) cenderung tinggal di sepanjang bantaran Sungai bagian dalam Kalimantan. Suku Dayak mungkin berasal dari Asia Barat sebagai orang-orang Mongolia migran, yang memasuki kepulauan melalui sebelah barat kota pesisir, yang saat ini disebut Martapura (di Kalimantan Selatan).

Seperti Apakah Kehidupan Mereka?

Wilayah di mana orang Bakumpai tinggal, dilewati oleh banyak sungai. Oleh karena itu, orang Bakumpai telah mengembangkan teknologi untuk transportasi air. Mereka biasanya menggarap sawah karena naik turunnya air sungai. Pekerjaan lain adalah menggarap lahan-lahan non-irigasi, memancing di sungai, berdagang, dan memproduksi peralatan rumah tangga. Meskipun orang Bakumpai dianggap sebagai bagian dari kelompok suku Dayak yang lebih besar, kehidupan sosial budaya mereka lebih banyak dipengaruhi oleh orang Banjar. Zaman dahulu, ketika wilayah Banjarmasin masih di bawah kekuasaan sebuah kerajaan Hindu, sistem sosialnya dipengaruhi oleh sistem kasta berdasarkan agama Hindu. Sistem kekerabatan Bakumpai juga mirip dengan sistem bilateral orang Banjar. Bersama suami, seorang istri menjalankan peranan penting dalam keluarga utama. Menurut tradisi Bakumpai, pasangan suami istri yang baru menikah, bebas untuk memilih tempat tinggal mereka. Mereka boleh memilih untuk tinggal bersama kerabat suami atau istri, atau terpisah dari rumah mereka sendiri. Sistem pembagian warisan cenderung mengikuti aturan-aturan agama Islam.

Apakah Kepercayaan Mereka?

Pada umumnya, orang Bakumpai adalah pemeluk agama Islam. Pengaruh Islam dapat dilihat hampir di setiap aspek kehidupan mereka. Pengaruh Islam adalah bukti dalam sistem sosial mereka, hubungan-hubungan keluarga yang diperluas, dan bahkan dalam karya-karya seni mereka. Wilayah Marabahan, pusat wilayah di mana orang Bakumpai berdomisili, telah mencetak banyak guru-guru agama Islam terkenal yang telah menyebarkan agama Islam sejauh hulu Sungai Barito.

Apakah Kebutuhan-kebutuhan Mereka?

Saat ini orang Bakumpai membutuhkan pengembangan teknologi dengan metode-metode pertanian untuk memfasilitasi pembangunan daerah mereka yang berawa-rawa. Hingga kini, sistem irigasi mereka untuk pengolahan sawah, sepenuhnya bergantung pada pasang surutnya air, baik dari laut maupun dari cabang-cabang Sungai Barito. Mereka masih belum memunyai suatu sistem irigasi yang cukup untuk semua kebutuhan mereka, dan masih bergantung pada siklus tersebut. Dalam kerangka meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat, Bakumpai juga membutuhkan lebih banyak perhatian di bidang kesehatan, klinik, dan tenaga medis. Di samping itu, pengembangan upaya percepatan transportasi mereka sepanjang sungai, dan peningkatan keterampilan tangan mereka akan sangat membantu dalam meningkatkan pendapatan mereka. (t\Samuel)

Pokok Doa:

  1. Doakan agar pemerintah menaruh perhatian terhadap kehidupan dan kebutuhan orang Bakumpai, sebagai bagian dari warga negara Indonesia.

  2. Doakan agar kebutuhan orang Bakumpai akan sistem irigasi dan transportasi yang efektif dapat segera terpenuhi.

  3. Doakan agar semakin banyak petugas medis yang bersedia ditempatkan di wilayah orang Bakumpai untuk melayani masalah kesehatan mereka.

  4. Doakan setiap pelayanan misi bagi orang Bakumpai, agar dapat menjangkau mereka secara efektif dan mengenalkan mereka kepada kasih Yesus.

  5. Doakan orang Bakumpai agar membuka diri terhadap pemberitaan Kabar Keselamatan Kristus.

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Joshua Project
Alamat URL : http://www.joshuaproject.net
Judul asli artikel : Bakumpai, Indonesia
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 24 Januari 2011

e-JEMMi 13/2011