Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereArtikel Misi / Bagaimana Mendorong Gereja-Gereja Lain Supaya Terlibat Dalam Misi

Bagaimana Mendorong Gereja-Gereja Lain Supaya Terlibat Dalam Misi


Ada dua alasan kunci kenapa gereja-gereja harus mendorong gereja-gereja lain untuk terlibat dalam misi. Yang pertama adalah bahwa hal itu adalah sumbangsih paling baik yang bisa gereja lakukan untuk membantu mewujudkan Amanat Agung.

Dalam 2 Timotius 2:2, Paulus memberi kita prinsip pokok dalam pemuridan. Dengan kata lain, orang Kristen yang efektif tidak boleh hanya bisa menjala manusia, tapi juga harus bisa membuat orang-orang menjadi penjala manusia. Hasilnya adalah pelipatan jiwa-jiwa, tidak hanya penambahan jiwa.

Dalam 2 Timotius 2:2, Paulus memberi kita prinsip pokok dalam pemuridan. Dengan kata lain, orang Kristen yang efektif tidak boleh hanya bisa menjala manusia, tapi juga harus bisa membuat orang-orang menjadi penjala manusia. Hasilnya adalah pelipatan jiwa-jiwa, tidak hanya penambahan jiwa.

Seorang ayah memutuskan untuk memberi upah pada dua anak laki-lakinya. Dia memberi mereka pilihan: seratus peso seminggu selama setahun atau satu sen yang berlipat setiap minggunya selama setahun. Anak yang lebih muda memilih pilihan yang pertama. Pada akhir tahun dia mendapat 5.200 peso -- jumlah yang cukup banyak untuk seorang anak kecil.

Tapi, anak yang lebih tua memilih pilihan yang kedua: satu sen. berlipat setiap minggu selama setahun. Minggu pertama dia mendapat satu sen; minggu kedua, dua sen; minggu ketiga, empat sen, dan seterusnya. Pada minggu ke-52, dia bukan mendapat 25 Peso, bukan 25 ribu Peso, bukan 25 juta Peso, bukan juga 25 miliar Peso, tetapi 22.518.000.000.000 Peso.

Sulit dipercaya bukan! Dan jumlah itu bahkan tidak termasuk upah yang dia terima selama 51 minggu yang pertama. Jumlah uang yang diterima anak yang lebih tua selama setahun lebih dari 45 triliun Peso. Bagaimana bisa? Itulah kekuatan dari perlipatan. Dan begitu halnya dengan program misi Anda.

Jika Anda hanya mempunyai tujuan yang bisa dicapai oleh gereja Anda sendiri, Anda hanya akan berkutat dalam penambahan. Tetapi, jika Anda mendorong gereja-gereja lain untuk terlibat dalam misi, keefektifan Anda akan berlipat ganda.

Alasan kedua kenapa gereja harus mendorong gereja lain untuk terlibat dalam misi adalah, dalam kebanyakan kasus, kita berutang kepada pihak yang sudah membantu kita aktif dalam misi. Cara paling baik dalam membayar utang itu adalah dengan membagikan apa yang sudah kita pelajari. Lalu langkah-langkah apa yang bisa Anda lakukan untuk mendorong gereja-gereja agar telibat dalam misi?

MENDORONG GEREJA-GEREJA LAIN UNTUK TERLIBAT DALAM MISI

  1. Kenali Gereja yang akan Didorong

    Sudahkah Anda mendirikan gereja-gereja cabang? Itu adalah tempat yang baik untuk memulai. Kemungkinan besar mereka akan bersedia menerima bantuan Anda dalam hal pergerakan misi.

    Kemungkinan lain adalah mengundang gereja-gereja yang sealiran atau gereja-gereja lain di sekitar Anda ke konferensi misi tahunan. Termasuk seminar khusus dalam mendorong gereja-gereja lokal untuk terlibat dalam misi. Ceritakan apa yang Tuhan sudah lakukan dalam gereja Anda dan tawarkanlah bantuan kepada gereja-gereja lain yang bersedia terlibat dalam misi.

  2. Sediakan Kesempatan untuk Mengamati

    Sebisa mungkin doronglah gereja-gereja yang berpotensi terlibat dalam misi untuk mengamati beragam aspek dalam program misi Anda. Undang mereka untuk hadir dalam kelompok doa misi Anda, atau untuk melihat bahwa Anda sudah mengintegrasikan doa Amanat Agung dalam kehidupan gereja Anda. Undang mereka untuk menghadiri konferensi misi dan tinjau langkah-langkah yang ada dalam rencana.

    Apakah Anda mempunyai pertemuan khusus bagi mereka yang serius menganggap misi sebagai karier? Apakah Anda mempunyai program pelatihan misionaris? Apakah Anda sekarang terlibat dalam lawatan lintas budaya? Hal-hal seperti itu adalah kesempatan emas untuk menunjukkan seperti apa Amanat Agung itu.

    Apakah Anda mengirim orang-orang dalam lawatan jangka pendek pada masyarakat minoritas atau kelompok masyarakat yang tak terjangkau lainnya secara berkala? Bagaimana jika menyarankan pada gereja yang Anda bantu untuk mengirimkan satu atau dua orang di gerejanya sebagai anggota tim Anda.

  3. Mendorong untuk Berdoa

    Hal itu mungkin satu-satunya langkah penting yang bisa Anda lakukan. Jika Anda bisa membuat daftar doa Amanat Agung dan berdoa bagi gereja-gereja lain, itu akan menjadi sumbangsih paling besar bagi dunia penginjilan.

    Doronglah mereka untuk mengikuti gerakan doa Amanat Agung. Tantang mereka untuk membuat komitmen doa Amanat Agung dan mengintegrasikan doa tersebut ke dalam kehidupan gereja mereka. Perlihatkan kepada mereka cara menggunakan Operation World (buku yang berisi negara-negara di seluruh dunia beserta data dan pokok doa -- red) dan Global Prayer Digest. Anda mungkin bisa memberi mereka salinan sumber-sumber itu sebagai hadiah. Mungkin Anda bisa menemui mereka beberapa kali untuk membantu mereka bagaimana menggunakannya.

  4. Bantu Mereka untuk Berorganisasi

    Mulailah dengan menyalurkan visi Anda dalam mendirikan Gereja Amanat Agung. Ceritakan bagaimana Tuhan sudah berkarya dalam gereja Anda sehingga Anda terlibat dalam misi. Ceritakan tujuan dan sasaran gereja Anda dan bantu mereka membuat rencana dalam jangka lima tahun (jangka pendek -- red). Beri mereka salinan dari kebijakan misi Anda, jika Anda punya.

    Undang mereka untuk menghadiri beberapa pertemuan yang diadakan misi Anda dan bantu mereka untuk mengadakan pertemuan yang sejenis. Luangkan waktu Anda untuk menghadiri pertemuan pertama yang mereka adakan dan jadilah pembicara jika mereka menginginkannya. Pinjami mereka salinan buku tentang misi atau belikan mereka buku tentang misi sebagai hadiah.

    Yang paling penting, ingatlah bahwa tidak harus majelis atau panitia misi dari gereja Anda yang membantu gereja-gereja lain yang akan terlibat dalam misi. Apakah Anda mempunyai jemaat yang ikut dalam program pelatihan misionaris? Mungkin Anda bisa mengirim mereka untuk melayani di gereja lain selama beberapa bulan dan membantu gereja itu bergerak dalam misi.

    Saat misionaris Anda sedang pulang karena cuti, biarkan dia memberi kesaksian kepada gereja lain. Adakan pembicaraan dengan misionaris Anda dan agen misinya untuk merencanakan jadwal cuti yang memasukkan kegiatan pelayanan ke gereja lain didalam jadwal tersebut.

PERLIPATAN MISI

Apakah Anda mulai melihat potensi Anda dalam mendorong gereja lain terlibat dalam misi? Saat Anda mengembangkan program misi dalam gereja Anda, maka Anda berada dalam posisi yang bagus untuk mendorong gereja lain terlibat dalam misi. Anda akan mampu mengajar lewat pengalaman, menunjukkan melalui contoh, dan menyediakan bantuan dan dorongan jangka panjang. (t/Dian)

Bahan diterjemahkan dari sumber:

Judul buku : The World Beyond Your Walls; A Manual For Mobilizing Your Church in Missions
Judul artikel asli : Sharing What You`ve Learned; How to Mobilize Other Churces in Missions
Penulis : Dean Wiebracht
Penerbit : Philippine Crusades
Halaman : 219 -- 222

e-JEMMi 11/2007