Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Utara Dan Pasifik

Asia Utara Dan Pasifik


Korea Utara

Korea Utara (23 juta), Ibukota Pyongyang (2.7 juta). Agama: Non-agama 64.3%, yang lain 18%, Animisme 16%, Kristen (secara diam-diam) 1.7%. Pemerintah menganggap orang Kristen sebagai bahaya buat negara, karena mereka yakin bahwa regime Komunis di Eropa Timur jatuh karena kekristenan. Mereka takut nanti terjadi di negara mereka juga. Kira-kira sudah 70.000 orang Kristen masuk ke dalam 30 kamp kerja paksa dan menderita luar biasa, mereka sering disiska oleh para pengawal, sebagian di antara mereka sudah meninggal. Son Jong Nam sudah melarikan diri ke Cina, tetapi di situ ditangkap polisi dan dikirim kembali ke Korea Utara. Ia divonis kerja paksa dan disiksa berat. Karena tekanan dari luar negeri ia dibebaskan, tetapi Januari 2009 ia ditangkap lagi dan divonis hukuman mati. Ia ditahan di penjara utama di Pjongjang, karena disiksa berulang kali ia sudah setengah mati. Doakan dia, bahwa ia dikuatkan oleh TUHAN kita dalam penderitaan yang luar biasa.

Mongolia

Mongolia (2.6 juta), Ibukota Ulaanbaatar (0.8 juta), agama: 90% Aliran Bon dalam Budhis-Lamaisme dan Shamaisme 50%, Ateis 40%, Kristen 0.7%, (20.000 orang). Dalam negara ini permintaan terhadap Alkitab meningkat, tetapi karena krisis ekonomi dan sekaligus ongkos cetakan meningkat permintaan ini tidak bisa dipenuhi lagi. Pemerintah sudah membuat satu daftar badan LSM yang tidak dimiliki oleh pemerintahan, apa lagi berhubungan dengan badan di luar negeri. Kalau dilihat bahwa badan LSM terlibat dalam pelayanan agama, ia akan ditutup.

RRC

RRC, (1,3 milyard), Ibukota Beijing (12 juta), Shanghai (13.4 juta), agama: ateis 59.1%, agama-agama tradisional 17%, Budhis 8% (bertambah terus), Animisme 2.4%, Islam 2.4%, Katolik 1%, Kristen 9% (kira-kira 120 juta). Tolong doakan pengedaran bahan sekolah minggu, agar anak-anak dapat pelajaran sesuai umurnya, ini sangat penting, bahwa anak-anak di jemaat-jemaat dapat pengajaran yang tetap. Percetakan Alkitab Nanjing sudah mencetak Alkitab, PB, bagian-bagian Alkitab, dan selembar-selembar berisi Firman TUHAN, sebagian besar bahan yang dicetak adalah bagian Alkitab saja. Mereka juga mencetak Alkitab dalam bahasa-bahasa Afrika. Alkitab lengkap bahasa Mandarin yang dicetak kurang dari kebutuhan di Cina. 40 juta Kristen di perdesaan biasanya berkekurangan kitab Alkitab, karena itu mereka tidak bisa berakar dalam Firman-Nya semestinya. Syukurlah Alkitab bisa dibaca dalam Internet, juga ada dalam CD atau DVD. Tetapi bagaimanapun tetap ada kekurangan.

Seorang yang memiliki percetakan buku ditahan polisi, karena ia sudah mencetak Alkitab, doakanlah dia dan keluarganya, agar ia dalam waktu dekat dilepaskan lagi.

Karena krisis ekonomi banyak pekerja kehilangan pekerjaan dan pulang ke desa-desanya.

Suku-suku terabaikan yang hidup di propinsi otonom Xinjiang Uyghur (17,5 juta): Uighur 9.12 juta, Kazakhi 1.15 juta, suku-suku ini bagian dari rumpun Turkik. Suku Uighur (agama Islam, Kristen 1.000 orang) karena beragama Islam merasa dianaktirikan oleh pemerintahan, di propinsi mereka juga hidup orang Cina Han, orang Hui, orang Kasakhi dan suku-suku lain. Baru-baru ini banyak pertikaian yang jatuh banyak korban. Dua orang Uyghur Kristen dipenjarakan dengan tuduhan yang tidak-tidak. Orang Kristen Uyghur ditekan oleh yang beragama Islam dan oleh pemerintahan.

Orang Islam di suku Hui memunyai lebih banyak kebebasan agama daripada penduduk lain, misalnya mereka boleh mendidik anak-anak mereka di bawah umur 18 tahun dalam agama Islam.

Gk sedang belajar Bahasa Mandarin demi rencana pelayanan untuk masa depan.

Tibet

Tibet (2.7 juta), Ibukota Lhasa (0.2 juta), Agama: Budhis-Lamaisme, 80%, Kristen 0.2%, Ateis. Golog (130.000) merupakan salah satu suku di antara rumpun Tibet. Karena mereka hidup dalam satu daerah yang susah kehidupan, karena tinggi pegunungan (dingin, angin keras, dan tanah tidak subur). Mereka beragama Budhis-Lamaisme campur dengan banyak kuasa gelap dan penyembahan berhala, hanya sedikit orang yang sudah menjadi Kristen. Bahasa mereka lain dengan bahasa Tibet.

Hong Kong

Hong Kong (6.9 juta), Agama: agama Cina 67%, tanpa agama 18%, Kristen 10%, Muslem 1.5%. Kel. Pdt. Arys Illu (YPPII) (GMKIH), pelayanan perintisan, penggembalaan dan penginjilan di Hong Kong, mereka sudah membuka jemaat baru Indonesian Hong Kong Love Mission Church. Kel. Pdt. Johan K., dan Kel. Murdianto (CTN), melayani Gereja Misi Indonesia Hong Kong (GMIH), Jemaat bertumbuh dan berkembang dengan baik. IMC Internet Radio dalam bahasa Indonesia: www.gmih.org.