Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Utara & Pasifik

Asia Utara & Pasifik


Ada gerakan doa syafaat dari “Gerakan Ethnê ke Ethnê” buat suku-suku terabaikan di China pada bulan July 2010. Info: asianrd@sr21.com - www.ethne.net

Korea Utara

Korea Utara (23 juta), Ibukota Pyongyang (2.7 juta). Agama: Non-agama 64.3%, yang lain 18%, Animisme 16%, Kristen (secara diam-diam) 1.7% (?). Berseru kepada TUHAN! Masyarakat dan orang Kristen yang menderita dalam rezim yang buas dan tidak ada belas-kasihan perlu didoakan.

Jepang

Jepang (128 juta). Orang Jepang diikat, dibelenggu oleh agamanya dan penyembahan leluhur. Berdoa agar Roh Kudus melunakkan hati mereka, agar mereka mau membuang penyembahan arwah, semua ikatan dengan dewata yang palsu, dan menggantikannya dengan percaya akan Kristus.

Mongolia

Mongolia (2.6 juta), Ibukota Ulaanbaatar (0.8 juta), agama: 90% Aliran Bon dalam Buddha-Lamaisme dan Shamaisme l.k. 50%, Ateis 40%, Kristen 0.7%, (20 000+ orang). Satu team sedang dibentuk untuk memberitakan Injil di bagian utara karena di situ masih sedikit orang Kristen.

RRC

RRC, (1,3 milyard), Ibukota Beijing (12 juta), Shanghai (13.4 juta), agama: ateis 59.1%, agama-agama tradisional 17%, Buddha 8% (bertambah terus), Animisme 2.4%, Islam 2.4%, Katolik 1%, Kristen 9+% (kira-kira 120 juta?). Ada berita bahwa jemaat-jemaat Kristen mulai tahun depan diwajibkan mempekerjakan tata usaha dan melaporkan keuangan jemaat kepada pemerintahan. Dikuatirkan dengan cara ini pengaruh pemerintah di antara Kristen akan ditingkatkan lagi. Meskipun tekanan terhadap orang Kristen sudah berkurang dan orang Kristen sering dibiarkan berkembang, tetapi ini tidak berarti bahwa tidak ada kesulitan lagi untuk orang Kristen. Sampai kini, ada yang ditahan dengan tuduhan yang tidak-tidak. Literatur dan Alkitab masih kurang karena sangat terbatas yang dicetak dalam negeri. Kegiatan orang Kristen diawasi dan sekali-kali dilarang oleh polisi rahasia. Sangat diperlukan pendidikan teologia buat para pemimpin gereja, sulit mendirikan pendidikan teologia. Ada tegangan antara generasi baru dan tua karena berbeda pandangan. Jumlah orang Kristen sangat tinggi dan jumlah ini makin menambah dan produksi Alkitab dalam negeri sangat terbatas. Sebenarnya juga diperlukan Alkitab untuk orang luas agar mereka bisa mempelajari Firman TUHAN untuk mereka sendiri. Syukurlah bahwa Alkitab, buku-buku, juga buku nyanyian bisa dimasukkan secara iligal. Semua usaha ini tidak pernah cukup. Yang menolong adalah adanya Alkitab dalam bahasa mereka di INTERNET dan juga di atas DVD. Sangat diperlukan buku-buku Kristen, buku-buku nyanyian, dan bahan-bahan lain untuk mempelajari Firman lebih dalam.

Suku Uighur

Suku Uighur (8-9 juta) hampir semua beragama Islam, yang beragama Kristen mengalami banyak kesusahan dan tekanan baik dari keluarga sendiri maupun dari pemerintahan setempat. Mungkin di daerah mereka tidak bisa lagi diadakan kebaktian. Orang Kristen dari luar tidak bisa mengunjungi orang Kristen Uighur. Orang yang dikunjungi mengalami banyak kesulitan karena dikunjungi.

Suku Hui

Suku Hui beragama Islam (11 juta orang), memunyai toko-toko, restauran, dan tukang daging sendiri agar orang Hui dapat membeli makanan halal. Mereka tidak boleh makan daging babi. Hanya sedikit di antara mereka sudah menjadi Kristen. Ada pelayanan perintisan antara mereka.

Tibet

Tibet (2.7 juta), Ibukota Lhasa (0.2 juta), Agama: Buddha-Lamaisme, 80%, Kristen 0.2%, Ateis. Di antara suku-suku Tibet, Injil diberitakan dari orang ke orang. Selama musim panas lebih mudah untuk mengunjungi orang Tibet daerah pegunungan. Mereka perlu dilepaskan dari kuasa gelap.

Hong Kong

Hong Kong (6.9 juta), Agama: agama China 67%, tanpa agama 18%, Kristen 10%, Moslem 1.5%. Kel. Pdt. A.I, YPPII, pelayanan perintisan, penggembalaan, dan penginjilan di GMKIH. Doakan pelayanan perintisan untuk mencapai jiwa-jiwa baru baik di Hong Kong dan di Macau. Kel. Pdt. Johan K. dan Kel. Murdianto, CTN, melayani Gereja Misi Indonesia Hong Kong (GMIH). Jemaat bertumbuh dan berkembang dengan baik. IMC Internet Radio dalam bahasa Indonesia: www.gmih.org

Taiwan

Taiwan (23 juta), Ibukota Taipei (2.6 juta), agama China 68%, tanpa agama 25%, Kristen 3%, Katolik 1%. Sampai kini belum ada kemajuan dalam pembentukan jemaat-jemaat baru di antara orang China. Di antara orang asli Taiwan, ada cukup banyak orang Kristen dan jemaat-jemaat. Sdr. R.C, OM Indonesia, melayani dengan OM Taiwan dan memberitakan Injil di situ.