Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Tengah

Asia Tengah


Azerbaijan

Azerbaijan (8,5 juta), Ibukota Baku (2 juta). Agama Islam (sebagian besar aliran Shia) 80%, Kristen 0,1% (termasuk 7-8000 orang Azari). Berita Injil selama tiga minet lewat telepon dipakai orang untuk mendengarkan berita ini yang setiap minggu diganti dengan berita baru. Jumlah yang tinggalkan alamat atau nomor telepon sudah berkurang. Ada satu masalah yang tim ini menghadapi, telepon ini dipasang di tempat yang dirahasiakan. Yang mengurus telepon ini harus pergi ke rumah ini. Sekarang ini seorang tetangga mengamati bahwa ke rumah tersebut terus-menerus ada orang tertentu datang dan ia bertanya, mereka mempunyai urusan apa di rumah? Perlu perlindungan terhadap orang yang melawan pemberitaan Injil. Web site mereka dengan Alkitab online dan banyak bahan lain sering dikunjungi orang, sekarang ini juga ada masalah, webmasternya tidak bisa meneruskan tugasnya, sekarang ini seorang lain belajar menjadi webmaster untuk web site ini.

Kirghizstan

Kirghizstan (5,2 juta), Ibukota Bishkek (0,9 juta), agama Islam 78%, Ortodoks 5%, tanpa agama 13%, Kristen 1%, orang Kirghiz asli yang Kristen 5 000 orang. Badan P.I. Suar Harapan merencanakan selama musim panas (Juni s/d Agustus) mengadakan berbagai kamp anak-anak dan pemuda/i dengan 6,000 peserta. Mereka menghadapi berbagai halangan. Sulit sewa tempat-tempat kamp, karena para pemilik tidak mau menyewa kepada orang Kristen atau minta harga kelewat tinggi. Doakan bahwa akan ada cukup banyak pelayan di kamp-kamp. Semua harga makanan makin tinggi. Kel. Pdt. Mex & Josina Gaspersz, WEC: Bapak Mex tetap mengajar komputer dan bahasa Inggris di salah satu sekolah. Persekutuan tetap diadakan secara rutin, tetapi dengan perorangan saja. Acara ini tidak bisa diadakan secara bersama, karena akan dapat perhatian dari masyarakat, yang akan menekan orang yang ikut persekutuan. Mereka sedang mengurus visa buat anak mereka, Moureen, agar ia bisa meneruskan sekolah di Kanada, tolong doakan semua urusan yang menghadapi berbagai kesulitan. Kel. P. Hengkesa, YPPII, memelihara 6 anak asuh dan melayani dalam jemaat Logos. Ibu Pdt. Heidy Tangkere, YPPII, melayani di jemaat Antiokhia di kota Bishkek. Tetap ada masalah visa.

Uzbekistan

Uzbekistan (25,3 juta), Ibukota Tashkent (2,2 juta), agama: Islam Sunni 88%, Ortodoks 8%, Kristen 0,3%, yang suku Uzbeki, 10 ribu. Ada penduduk membuat satu surat permintaan dan dikirim kepada pemerintah untuk minta dari pemerintahan kebebasan agama. Tetapi ada serangan kembali: Yang ikut menandatangani surat permintaan ini, diberhentikan dari tempat pekerjaan. Pihak asing yang bertanya pemerintah tentang kebebasan agama, mendapat jawaban; "Jangan mengganggu kami dengan pertanyaan yang bodoh tentang kebebasan agama!"

Tajikistan

Tajikistan (6,3 juta), Ibukota Dushambe (0,6 juta). Agama Islam 89%, tanpa agama 9%, Ortodoks 1,2%. Kristen 0,03%. Gereja kecil yang bertumbuh. Satu-satunya toko buku Kristen di negara dicabut izin operasionalnya. Berdoa, agar pintu toko buku ini dapat dibuka kembali. Sedang disiapkan satu UU baru, kalau ini disahkan, akan tidak boleh lagi mengajar anak-anak di bawah 7 tahun, pertemuan agama di rumah dilarang, mendaftarkan jemaat akan menjadi sangat sulit. Ini berarti khusus di desa-desa orang Kristen tidak bisa berkumpul untuk berbakti. Berdoalah bahwa UU tidak diundangkan dan orang Kristen tetap memiliki sedikit kebebasan seperti sekarang, meskipun terbatas.

Kazakhstan

Kazakhstan (15,1 juta), Ibukota Astana (0,7 juta), kota Almaty (1,2 juta), Agama Ortodoks 39 %, Islam 56%, Kristen 2%. 10 000 orang percaya dari suku Kazakhi dalam 40 jemaat, tahun 1991 masih nol. "Almaty Bible Institute" berperanan yang penting untuk menyiapkan tenaga secukupnya buat jemaat-jemaat yang sudah ada dan untuk perintisan jemaat baru. Perlu jauh lebih banyak orang Kazakhi siap menjadi perintis jemaat di daerah yang masih kosong. Satu badan P.I. mengirim tiga sekali seminggu SMS-SMS dengan ayat-ayat Firman TUHAN, khusus kepada mahasiswa yang sendirian di uni sebagai orang percaya. Banyak orang lewat ini dikuatkan dalam iman mereka. Pelayanan mahasiswa lewat Perkantas setempat tetap ditingkatkan, meskipun menghadapi berbagai kesulitan.

Turkmenistan

Turkmenistan (4,9 juta), Ibukota Ashkhabad (0,4 juta), Agama: Islam 92%, Ortodoks 2%, non-agama 5%, dalam sepuluh tahun jumlah orang Kristen Turkmen mulai dari nol menjadi l.k. 500. Tetap ada banyak tekanan dan kesusahan buat orang Kristen. Mereka perlu ketabahan.