Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAfrika

Afrika


Gerakan doa syafaat dari "Gerakan Ethnê ke Ethnê" buat suku-suku terabaikan di

Afrika Timur dan Selatan, pada bulan Januari 08. Info: ethne@ethne.net - www.ethne.net.

Guinea Bissau
Guinea Bissau (1,6 juta), Ibukota Bissau (0,4 juta), agama Islam 48%, Animis 42%, Katolik 7%, Kristen 2,5%. Karena seorang gembala bertanggung jawab untuk beberapa jemaat, ia membutuhkan dukungan doa syafaat, agar ia bisa melayani dengan kuasa penuh dari atas. Bapak Pdt. Titus Dima, WEC, menulis, "Doakan semua tugas mengajar baik di Youth Center, di sekolah umum, di gereja dan juga membina para pemimpin pemuda di propinsi, termasuk pelatihan bagi para pemimpin gereja. Tanggal 20 Desember Bapak Isak Hattu, AME Brazil, datang untuk membantu di Youth Center selama dua bulan, ada satu team medis dan pelatih guru sekolah minggu dari Brazil awal bulan Pebruari di Ingore, mereka akan kembali bersama Bapak Isak Hattu ke Brazil. Saya mengajar pagi dan sore setiap hari Senin hingga Jumat dan Saptu pelayanan pemuda serta Minggu pelayanan jemaat." Ibu Ritha M., WEC, mengajar di Sekolah Alkitab. Di desa perintisan ada beberapa orang yang sedang disiapkan untuk akan dibaptis. Ibu Salomi T., WEC, melayani di daerah Cacine, khusus di antara suku-suku terabaikan di daerah itu, yaitu Nalu & Susu. Tahun ajaran di sekolah Kristen sudah mulai. Satu pemuda Nalu sudah masuk sekolah Alkitab yang satu-satunya di negara ini.

Senegal
Senegal (11 juta), Ibukota Dakar (2 juta), agama Islam 95%, Katolik 4,5 %, Kristen 0,1%. Suku utama Wolof tidak terbuka terhadap Injil. Jemaat Santhiaba di daerah Casamance masih mencari sebidang tanah untuk mendirikan sebuah gedung gereja, karena ruang duduk di rumah pendeta terlalu kecil.

Nigeria
Nigeria (130 juta), Ibukota Abuja (0,4 juta), Agama: Islam 45%, Kristen 28%, Katolik 12%, bidat 11%.Ada satu usaha untuk memberantas agama Kristen dari bagian Utara negara ini. Ada pengumuman dari musuh Kristen, bahwa semua Kristen, khusus yang muda, harus dibunuh, agar negara dimenangkan buat agama mereka. Orang Kristen perlu ketabahan. Alkitab dalam bahasa Igbo, sudah direvisi. 18 juta orang memakai bahasa ini. Jumlah orang Kristen dan jemaat meningkat di antara orang Igbo, tetapi banyak di antara mereka tidak memiliki literatur Kristen dalam bahasa mereka.

Kongo
Kongo (52 juta), Ibukota Kinshasa (5 juta), agama: Katolik 42%, Kristen 25%, bidat 15%, Islam 2%. Ada 450 suku bangsa. Akibat perang saudara negara jatuh keterbelakang. Puji TUHAN, ada tiga dokter baru di RS Nebobongo, doakan mereka, agar mereka bisa menangani semua kasus darurat.

Chad
Chad (10,5 juta), Ibukota N'Djamena (1 juta), agama: Islam 45,5%, Animis 19,1%, Katolik 20,5%, Kristen 14%. Bahasa Ngambai merupakan bahasa utama dalam bagian Selatan. Sudah disiapkan bahan pelajaran Alkitab dalam bahasa Ngambai. Di kota Abeche ada perpustakaan umum dan pengajaran bahasa Inggris untuk mendekati masyarakat, masih diperlukan tambahan tenaga.

Ethiopia
Ethiopia (85 juta), Ibukota Addis Adeba (3 juta), agama: Ortodoks 57%, Islam 31%, Kristen 20%, Animis 3%. Para penginjil mendapat banyak permintaan akan Alkitab yang tidak bisa dipenuhi. Alkitab bahasa Borana sudah ada. Di pedalaman sering ada perang antara suku-suku.

Eritrea
Eritrea (4,5 juta), agama: Islam 51%, Ortodoks 40%, Katolik 4,6%, Kristen 1,5% (Injili 20 000 orang), Animis. Karena belum ada perobahan, jangan berhenti berseru, agar 2000+ tahanan Kristen dikuatkan setiap hari, meskipun mereka disiksa, tahun ini sudah empat orang mati karena siksaan.

Afrika Selatan
Afrika Selatan (47 juta), Ibukota Pretoria (2 juta), Cape Town (2,9 juta). Bible League sudah memulai pelayanan di bahasa-bahasa Xhosa, Sotho, Tsonga. Pada tanggal 11-15 Feb. 2008 di Pretoria ada Partnership Training (Latihan kerja sama) dengan tiga workshops: Forming Partnerships, Operating Partnerships dan Training of Trainers, diundang utusan dari semua negara Afrika. Gereja-gereja di Pretoria menyelenggarakan Mission Fest Pretoria (Pesta Misi) pada tanggal 14-16 Feb. 2008. Lausanne Younger Leaders Gathering (pemimpin muda) di Johannesburg untuk membahas ugensi perintisan di antara suku-suku terabaikan. Regional Orality Consultation membahas bagaimana Injil bisa diberitakan kepada mereka yang tidak tahu membaca pada tanggal 22-23 Feb 2008 di Johannesburg. Bapak & Ibu Pdt. N. Rajagukguk (WEC Indonesia) sudah melihat petobat baru dari orang fokus dan mereka memuridkan mereka, di samping in mereka meneruskan penginjilan pribadi.