Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereRomania Tahun 2005

Romania Tahun 2005


Rumania -- Keinginan Rumania untuk bergabung dengan Uni Eropa mungkin tidak akan berdampak baik bagi radio Kristen di sana. Beberapa organisasi telah menyampaikan surat keberatan pada pemerintah mengenai masalah frekuensi. Hal ini mungkin akan berubah, kata anggota Little Samaritan Mission, Florin Pindicblaj. Little Samaritan mengelola beberapa stasiun radio Kristen di negara itu, namun Uni Eropa tidak begitu senang akan hal itu. "Uni Eropa memperingatkan Rumania. Mereka mengatakan bahwa Rumania memiliki jumlah stasiun radio terbanyak dibanding negara Eropa lainnya -- jika digabungkan. Mereka berpikir bahwa stasiun radio itu telah digunakan untuk alasan politis." Frekuensi yang lebih banyak sudah tidak ada. Namun, Little Samaritan telah memiliki 2 frekuensi baru, hanya saja masih dibutuhkan sejumlah dana untuk biaya perlengkapan. Pindicblaj mengatakan bantuan Anda sangat diperlukan sekarang karena pesan-pesan anti-Kristen sedang merajarela. Little Samaritan berjuang melawannya. "Dengan mengetahui firman Tuhan, mereka akan mengetahui kebenaran dan mereka tidak akan ditipu. Ini adalah tujuan kami. Kami tidak kesana untuk berperang atau berdebat. Kami ada untuk membagikan Injil.
[Sumber: Mission Network News, Mei 2006]

Pokok Doa:

  • Doakan dana yang diperlukan oleh Little Samaritan untuk pelayan radio mereka di Rumania. Berdoa agar ada yang terbuka pintu hatinya untuk membantu dalam penyediaan dana.

  • Doakan juga agar radio-radio Kristen di sana dapat terus mengudara dan menjangkau dengan Injil.

e-JEMMi 24/2006


Telepon terus berdering di stasiun radio Little Samaritan di Moldova dan sekarang juga di Rumania, ketika Injil menjangkau jutaan orang lewat 12 stasiun radio di Moldova dan 23 lainnya di Rumania. Antena mereka yang terbaru sekarang dipasang di atas sebuah gedung yang dulunya mengumandangkan propaganda pemerintah komunis Rumania. Anggota Little Samaritan, Florin Pindicblaj mengatakan bahwa komentar seorang pendeta di Moldova berikut ini telah membuktikan bahwa pelayanan Little Samaritan Radio (LSR) memang efektif. "Sekitar 90% dari mereka yang datang kepada Kristus untuk dibaptis adalah orang-orang yang menerima Kristus melalui pelayanan radio Little Samaritan. Dan kemudian, kami mendorong mereka untuk mencari gereja dimana mereka dapat terlibat dan bertumbuh." LSR mempunyai 3 izin tambahan untuk menjangkau ratusan ribu orang lagi, namun dana mereka belum mencukupi untuk menutup kebutuhan tiap-tiap stasiun. Ada kemungkinan izin tersebut bisa dicabut jika mereka tidak segera mendapatkan tambahan dana."

Sumber: Mission Network News February 6th 2006


  • Bersyukur atas pelayanan Radio Little Samaritan. Berdoa untuk petobat-petobat baru yang mengenal kebenaran sejati lewat pelayanan radio ini agar mendapatkan bimbingan dari gereja lokal di mana mereka berada.

  • Berdoa untuk sumber dana yang dibutuhkan oleh LSR saat ini untuk mengembangkan pelayanan mereka. Berdoa agar ada orang-orang yang tergerak untuk membantu mencukupi kebutuhan dana yang diperlukan.


e-JEMMi 07/2006



Stasiun radio Little Samaritan Mission sedang bergumul dalam masalah keuangan. Namun, wakil dari Little Samaritan, Florin Pindicblaj, mengatakan bahwa jemaat Kristen di Rumania menolong agar siaran radio Kristen yang juga beroperasi di wilayah tersebut tetap mengudara. Merekapun mengadakan penggalangan dana yang disebut Sharathon. Dia mengatakan bahwa para jemaat rela memangkas biaya penghangat ruangan di rumah mereka untuk disumbangkan dan bahkan sebuah panti asuhan juga berpartisipasi. "Direktur memanggil anak- anak yang diasuh di panti itu dan berkata, `Kalian juga bisa memberikan persembahan. Tidak perlu banyak-banyak, semampu kalian saja.` Namun anak-anak itu menjawab, `Kami tidak akan makan daging sampai 1 Januari nanti. Uang untuk membeli daging akan kami tabung dan kami berikan bagi pelayanan misi.`" Alhasil, dana yang terkumpul akhirnya bisa menutup biaya operasional sampai Desember. Pindicblaj mengatakan bahwa hal tersebut memungkinkan Injil diberitakan ke lebih banyak tempat lagi. "Wilayah-wilayah di Yunani, Italia, Spanyol, Swedia mempunyai kesempatan mendengarkan Injil 24 jam sehari dengan menggunakan fasilitas satelit."

Sumber: Mission Network News, November 25th 2005


  • Bersyukur kepada Tuhan karena telah menggerakkan hati jemaat Kristen di Rumania untuk ikut ambil bagian dalam menyokong dana bagi pekerjaan Tuhan. Tetap berdoa untuk dana yang dibutuhkan untuk tahun 2006 nanti supaya siaran radio Kristen ini bisa terpancar ke lebih banyak wilayah di Yunani, Italia, Spanyol, dan Swedia.

  • Berdoa minta Roh Kudus untuk turut bekerja di antara mereka yang mendengarkan siaran radio ini agar hati mereka dibukakan untuk menerima Injil.


e-JEMMi 49/2005



Ada banyak penduduk Romania yang berkeinginan besar untuk mendaki gunung dan memberitakan Injil dengan orang-orang di pegunungan. Perwakilan dari Evangelical Baptist Mission mengatakan bahwa mereka berusaha untuk mengembangkan gereja dan kepemimpinan rohani guna memperlancar penyebaran Injil. Organisasi ini bekerja sama dengan gereja-gereja yang ada dan para pendeta untuk menyediakan pelatihan bagi komunitas dan wilayah yang belum dijangkau Injil. Pelayanan ini dilakukan di Romania -- memampukan semua orang yang terlibat dan memperlengkapi mereka agar dapat membangun gereja Yesus Kristus di Romania. Perwakilan dari Evangelical Baptist Mission mengatakan bahwa mereka senantiasa berdoa agar orang-orang Romania mendapatkan visi tentang bagaimana menginjili dan menjangkau komunitas yang belum memiliki gereja. Perubahan nyata yang diharapkan dari pelayanan ini adalah menemukan cara untuk memotivasi orang-orang Romania agar bersedia diutus pergi ke wilayah-wilayah lain di Romania. Dengan demikian tim ini dapat membangun dan memuridkan mereka yang ingin terlibat dalam pelayanan ini serta mempersiapkan mereka untuk diutus ke wilayah-wilayah Romania yang belum terjangkau.

Sumber: Mission Network News, November 24th, 2003


  • Naikkan syukur atas kerinduan yang telah Allah tempatkan di hati umat Kristen Romania untuk memberitakan Injil di wilayah Romania yang belum terjangkau.

  • Doakan agar program pelatihan untuk memperlengkapi dan memuridkan umat Kristen Romania dapat berjalan lancar dan banyak orang dapat diutus untuk melayani ke wilayah-wilayah tersebut.


e-JEMMi 51/2003



Ribuan jemaat Romania merupakan potensi yang sangat besar untuk menolong banyak penduduk lainnya agar mengenal Kristus dan memotivasi mereka untuk merintis berdirinya gereja-gereja baru di kota/desa di Romania yang belum terjangkau. Demikian laporan dari seorang perwakilan Misiunea Mondiala Unita (MMU) -- salah satu gerakan pelayanan misi yang strategis di Romania. Gerakan ini bertujuan untuk menolong para pemimpin dari tiga denominasi gereja -- Baptis, Brethren, dan Pentakosta -- mengembangkan rencana- rencana misi yang sesuai. Penelitian nasional dan konferensi- konferensi strategis telah menghasilkan target lintas denominasi: 3.650 gereja baru berdiri dalam jangka waktu 4 tahun ke depan, dan 10.000 gereja baru dalam jangka panjang.

Lebih dari 1.500 gereja baru telah didirikan dalam beberapa tahun terakhir sebagai hasil dari pelatihan dan dukungan dari 150 tim perintisan gereja Romania. Namun, negara yang hampir sepertiga presentase penduduknya adalah orang-orang Kristen Injili tidak hanya memikirkan dirinya sendiri: MMU -- suatu aliansi yang terdiri atas 20 lebih gereja dan organisasi-organisasi misi -- juga melatih para misionaris Romania untuk pelayanan lintas budaya. Sekitar 25 misionaris saat ini sedang menjalani pelatihan dan sejumlah misionaris telah siap untuk diutus untuk melayani ke Turki.

Sumber: JOEL-NEWS-INTERNATIONAL-449, JULY 29, 2003

  • Bersyukur atas pengembangan gereja dan jemaat di Romania. Doakan agar gereja-gereja ini bisa menjadi sebagai saksi-saksi efektif untuk memberitakan Injil bagi penduduk Romania yang belum mengenal Yesus.

  • Berdoa untuk pelayanan MMU, baik untuk program internal maupun program eksternal mereka. Doakan pelatihan dan perintisan misionaris yang dilakukan MMU. Juga persiapan para misionaris yang akan melayani di Turki.

e-JEMMi 32/2003


"Selama masa pemerintahan Ceaucescu, saya ada di sebuah penjara di Romania dengan 30 tahanan lainnya," tulis Richard Wumbrand, pendiri Hilfsaktion Maertyrerkirche (Voice of the Martyrs) dan penulis 'Tortured for Christ'.

"Suatu sore, ada seorang pria didorong masuk ke sel penjara kami. Dia telah dipukuli dan memakai baju abu-abu sama seperti tahanan lainnya. Keesokan paginya, kami dengan penuh keheranan mengenali pria itu -- seorang pegawai Komunis yang telah menginterogasi banyak tahanan secara pribadi dan dia telah memerintahkan penyiksaan atas diri para tahanan. Sel penjara yang kami tempati itu khusus diperuntukkan bagi tahanan Kristen, jadi dengan keheranan kami bertanya, 'Mengapa kamu ada di sini bersama kami, para tahanan Kristen?'. 'Karena saya sekarang telah menjadi Kristen!' jawabnya. 'Suatu hari ada seorang anak berumur 12 tahun masuk ke kantorku dengan membawa bunga. 'Hari ini ibuku berulang tahun. Setiap tahun aku memberinya bunga karena dia sangat menyukai bunga. Namun sekarang dia telah meninggal demikian juga ayah saya, karena Anda telah menjatuhkan hukuman mati bagi mereka. Sekarang saya tidak punya seorang pun untuk menerima hadiah saya. Karena itu, tolong terima bunga dari saya ini dan berikan kepada wanita yang menjadi ibu dari anak-anak Anda.' Hati saya sungguh tersentuh mendengar hal itu. Oleh karena itu, saya mengambil keputusan untuk memberikan hidup saya kepada Yesus Kristus, yang telah mengajarkan kasih-Nya kepada banyak orang!"

Sumber: FridayFax, April 4, 2003


  • Bersyukur karena Allah telah mengubahkan hati seorang Komunis sehingga dia punya kesempatan untuk mengenal kasih Allah dalam hidupnya.

  • Doakan agar setiap persoalan terutama penganiayaan tidak menghambat pertumbuhan iman dari anak-anak Tuhan yang ada di Romania.

  • Berdoa untuk orang-orang Kristen di Romania yang saat ini sedang ada dalam penjara, kiranya Tuhan memberikan kekuatan kepada mereka untuk tetap setia mengikut Tuhan dan memberitakan Injil, bahkan ketika mereka ada di penjara.

e-JEMMi 15/2003



"The Bridge International" membutuhkan bantuan Anda untuk suatu proyek Natal tahun ini. Organisasi ini sedang meningkatkan dukungan bagi suatu program penginjilan khusus di beberapa panti asuhan di Romania. Pekerja dari "The Bridge International" mengatakan bahwa satu dari teman-teman mereka akan memutar film Yesus, sementara yang lain akan mendistribusikan paket-paket makanan dan jaket-jaket musim dingin. Rencana "The Bridge International" adalah meluangkan waktu selama tiga hari di setiap lokasi dengan tujuan untuk menunjukkan kasih mereka kepada anak-anak itu. Dengan cara itu diharapkan dapat membuka jalan untuk mengenalkan kasih Kristus kepada anak-anak yatim piatu tersebut.


Sumber: Mission Network News, November 20th, 2002



  • Berdoa supaya "The Bridge International" mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak saat melakukan aksi sosial ke beberapa panti asuhan di Romania.

  • Doakan respon anak-anak yatim piatu tersebut saat mendengar Injil diberitakan sehingga mereka bisa mengenal dan menerima kasih Yesus dalam hidup mereka.

e-JEMMi 49/2002


Pertemuan dengan para pemimpin pendidikan di Rumania telah memberikan hasil yang menggembirakan karena pendidikan Kristen diterima menjadi salah satu bagian dalam kurikulum negara. Perwakilan dari Association of Christian Schools International (ACSI) mengatakan bahwa mereka bertemu dengan anggota parlemen untuk membahas usulan untuk mengubah hukum yang selama ini telah memberikan pengaruh yang merusak bagi masa depan sekolah Kristen di negara ini. Perwakilan ini mengatakan bahwa diskusi ini juga dilakukan bersama seorang profesor sebuah universitas yang akan bertanggung jawab untuk pembuatan peraturan yang baru nanti. "Dalam pertemuan yang diadakan tersebut ia meminta manual yang kami buat dan setelah kami memberikannya ia mengatakan akan menyusunnya ke dalam dokumen Rumania." Tidak hanya itu, profesor ini juga ingin memulai program baru dengan tiga sekolah Kristen unggulan dari ACSI. Menurut perwakilan Association of Christian Schools International sebenarnya ada tujuan penting dibalik usaha yang mereka lakukan ini. "Generasi mendatang pasti akan mulai berpikir dan mengetahui bahwa cara-cara lama tidak akan dapat diterapkan lagi. Mereka mencari kebenaran dan jawaban. Jadi jika kami dapat membantu untuk membentuk hati dan pikiran mereka dengan kebenaran Injil, maka sekaranglah waktu yang tepat."
Sumber: Mission Network News, May 25th 2004


  • Naikkan syukur karena pendidikan Kristen dapat menjadi salah satu bagian dalam kurikulum negara Rumania.

  • Berdoa untuk bahan-bahan yang telah disusun oleh Association of Christian Schools agar betul-betul bisa membentuk hati dan pikiran generasi muda Rumania dengan kebenaran Injil.

e-JEMMi 15/2003



Sebuah agen misi memberikan harapan bagi gereja masa depan di Romania. Baru-baru ini, Global Missions Fellowship melakukan kampanye perintisan gereja dengan sangat getol di kota-kota kunci yang belum pernah menerima penginjilan. Dave Bunnell dari GMF mengatakan dari Romania, bahwa orang-orang di sana sangat terbuka bagi penginjilan. "Mereka melakukan penginjilan dari rumah ke rumah dan bekerja dengan para pemimpin gereja di sini. Kami telah mendengar ratusan orang menyatakan imannya kepada Kristus dan mereka juga melihat gereja-gereja mulai dirintis di empat kota." Kampanye perintisan gereja terus dilanjutkan dan Bunnel mengatakan bahwa bulan depan pekerjaan perintisan akan dimulai. "Doakan kampanye- kampanye perintisan gereja yang dilakukan pada musim panas ini. Sekitar 120 warga Romania dan Amerika akan bekerja bersama di masing-masing kota yang menjadi tujuan utama penginjilan, baik yang saat ini memiliki sedikit gereja ataupun yang belum memiliki gereja sama sekali."
Sumber: Mission Network News, July 1st 2004


  • Berdoa untuk kampanya perintisan gereja di Romania dan kerjasama dari berbagai pihak sehingga banyak warga Romania yang bisa dimenangkan.

  • Berdoa supaya penginjilan menjadi tujuan utama bagi setiap gereja yang telah berdiri di Romania.

e-JEMMi 27/2004





World Bible Translation Center (WBTC) menyediakan suatu alat yang sangat bagus untuk pelayanan penginjilan bagi orang-orang Rumania. Para staf WBTC bersukacita atas banyak hal yang terjadi di wilayah Eropa Timur. Mereka baru-baru ini menyelesaikan Alkitab paralel (bahasa Rumania dan bahasa Inggris). Saat orang-orang mempelajari Firman Tuhan tersebut, hidup mereka diubahkan. Perwakilan dari WBTC, Mclemore, mengatakan, "Hal menarik dari kondisi itu adalah kami terpacu untuk melayani kaum muda -- kelompok yang berkeinginan besar untuk belajar bahasa Inggris. Dengan Alkitab dwi bahasa ini, kami bisa membuka kesempatan bagi beragam pendengar yang berpotensi untuk belajar Firman Tuhan." Masih dibutuhkan dana untuk menerjemahkan Alkitab dalam bahasa-bahasa lain yang ada di Eropa Timur dan membuat edisi paralelnya. Mclemore juga mengatakan bahwa mereka berdoa dengan sepenuh hati untuk melihat hal itu bisa terjadi, dan juga bahwa "Allah dapat menggunakan 20.000 Alkitab paralel (bahasa Rumania dan bahasa Inggris) ini dengan cara-Nya yang berkuasa sehingga bisa lebih mendekatkan relasi umat Kristen Rumania dengan Tuhan Yesus dan dengan komunitas seiman di Rumania."
[Sumber: Mission Network News, March 2nd, 2005]

Pokok doa:



  1. Mengucap syukur karena WBTC dapat menyelesaikan Alkitab paralel (bahasa Rumania dan bahasa Inggris) sehingga bisa membantu umat Kristen di Rumania untuk mempelajari Firman Tuhan dengan lebih bergairah.


  2. Doakan proyek penerjemahan Alkitab paralel dalam bahasa-bahasa lain di Eropa Timur supaya tersedia SDM yang ahli dan dana yang diperlukan.


e-JEMMi 13/2005