Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Tengah

Asia Tengah


Azerbaijan

Azerbaijan (8,7 juta), Ibu kota Baku (2 juta). Agama Islam (sebagian besar Syiah) 80%, Kristen 0,1%. Kelompok kecil umat Kristen yang berkumpul di desa-desa perlu perlindungan khusus. Mereka sering ditakut-takuti dan diancam oleh petugas keamanan.

Kirghizia

Kirghizia (5,4 juta), Ibu kota Bishkek (0,9 juta), agama Islam 78%, Ortodoks 5%, tanpa agama 13%, Kristen 1%, orang Kirghiz asli yang Kristen sudah menjadi 10.000 orang. Musim dingin sudah mulai, perlu alat pemanas. Berdasarkan UU baru: Badan keagamaan harus memunyai paling sedikit dua ratus anggota jemaat dewasa, baru bisa didaftarkan. Kepada anak-anak tidak boleh diajari agama, orang asing tidak boleh berkhotbah, literatur tidak boleh dibagikan. Yang tidak didaftarkan dianggap semua kegiatan keagamaan ilegal. Satu stasiun radio Kristen sudah kehilangan izin operasional. Meskipun ada banyak halangan dan hambatan orang Kristen meneruskan dengan berbagai pelayanan dan penginjilan dan terus-menerus ada orang yang bertobat dan terima Yesus Kristus. Orang Kristen sudah memajukan satu gugatan di pengadilan konstitusi dengan permintaan, supaya dari pengadilan diperiksa, apakah UU yang baru ini sesuai UUD. Kehidupan dalam negara merosot, karena sering listrik mati, harga barang naik, lowongan kerja makin berkurang. Badan PI. Suar Pengharapan menyiapkan literatur buat masyarakat berasal dari Asia Tengah. Orang Kristen dalam negara ini sudah mendirikan satu badan misi. Mereka sudah mengutus para misionaris ke Cina, mereka melayani di antara suku sendiri di situ. Yang lain dalam persiapan untuk pergi ke Afghanistan dan Turki. Keluarga P. Hengkesa (YPPII), sudah kembali dari cuti. Mereka berterima kasih, bahwa selama di Indonesia anak-anak mereka sudah lancar berbahasa Indonesia. Doakan untuk izin tinggal Ibu Pdt. HT (YPPII) dan pelayanan dalam jemaat.

Uzbekistan

Uzbekistan (27,3 juta), Ibu kota Tashkent (2,2 juta), agama: Islam Sunni 88%, Ortodoks 8%, Kristen 0,3%, yang suku Uzbeki, 10 ribu. Orang Kristen menghadapi berbagai masalah, misalnya literatur Kristen dirampas dan Alkitab dan buku Kristen tidak boleh diimpor. Seorang pendeta divonis empat tahun penjara karena kegiatan agama. Seorang wanita ditahan polisi dan disiksa, karena tidak mau kembali ke agama lamanya. Pamannya tidak membantunya, tetapi sebaliknya meludahinya, karena sesuai pendapat pamannya ia merupakan pengkhianat.

Tajikistan

Tajikistan (6,8 juta), Ibu kota Dushambe (0,6 juta). Agama Islam 89%, tanpa agama 9%, Ortodoks 1,2%. Kristen 0,03%. Tolong doakan musim dingin, tahun yang lalu banyak orang sudah kedinginan, karena kekurangan alat pemanas, listrik sering mati. Dikuatirkan, bahwa tahun ini lebih buruk lagi, karena banyak anggota masyarakat tidak memunyai cukup uang untuk membeli bahan bakar.

Kazakhstan

Kazakhstan (16 juta), Ibukota Astana (0,7 juta), kota Almaty (1,2 juta), Agama Ortodoks 39 %, Islam 56%, Kristen 2%. Di antara Protestan (70.000) ada 15.000 orang asli Kazakh. Meskipun ada kebebasan agama orang Injili dirugikan secara diam-diam, misalnya: seorang Injili tidak diterima sebagai pegawai negeri, pendeta orang Injili tidak diakui oleh pemerintah sebagai pelayan agama. Semua literatur mereka disensor, meskipun demikian orang Kristen menciptakan literatur Kristen yang baru. Satu badan PI. dapat mengedarkan satu majalah Kristen yang secara resmi didaftarkan sebagai majalah dengan izin terbit. Meskipun anggota badan PI. ini sering dipanggil oleh yang berwajib karena membagikan Firman TUHAN, tetapi sesudah mereka bisa tunjukkan sertifakat resmi, mereka lolos. Mereka berdoa, agar izin terbit tidak dicabut. Bulan Oktober majalah Kristen buat anak-anak, Scharapat, dilarang diterbit, meskipun ada izin resmi. Sesudah penerbit menghadapi yang berwajib dan membicarakan masalah ini cukup lama, larangan ini dicabut lagi. Puji TUHAN! Meskipun demikian, penerbit harus mendaftarkan majalah ini kembali, baru boleh terbit lagi.

Turkimenistan

Turkimenistan (4,9 juta), Ibu kota Ashkhabad (0,4 juta), Agama: Islam 92%, Ortodoks 2%, non-agama 5%, Kristen 700 orang. Meskipun ada berbagai pembatasan, Tuhan membangun gereja-Nya. Tujuh belas umat Kristen baru saja dibaptis di sana. Sebelumnya, anggota jemaat ditangkap dan diperintahkan untuk tidak lagi berkumpul dan beribadah, tetapi mereka menemukan tempat rahasia.