Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereMongolia Tahun 2002

Mongolia Tahun 2002


Tentang Negara (Umum)

Luas 1.565.000 km2. Terdiri dari padang rumput, hutan di utara, 3 barisan pegunungan utama dan padang pasir Gobi yang besar di timur. Dikenal sebagai Mongolia Sebelah Luar sebelum th. 1911.

 ------------------------------------------------
 Penduduk Jumlah Pertumbuhan/th. Kepadatan
 ------------------------------------------------
 1990 2.227.000 3.1% 1.4/km2
 1995 2.596.000 3.1% 1.9/km2
 2000 2.662.020 1.66% 2.0/km2
 ------------------------------------------------

Suku bangsa:

Orang Mongolia 91,3%. Orang Halh (Khalkha) 1.614.000, ada 7 dialek lain yang berbeda, tetapi semua orang Mongolia dapat berbahasa Halh. Orang Buriat 48.000. Sejumlah 4.800.000 orang Mongolia lainnya tinggal di Cina.

Bebas buta huruf 90%. Bahasa nasional: Bhs. Halh Mongolia. Diharapkan pada th. 1995 perubahan dari tulisan Rusia (Cyrillic) menjadi tulisan tegak Mongolia dengan sistem ejaan tradisional akan berjalan dengan baik.

Ibu kota: Ulaan Baatar 650.000. Penduduk perkotaan 58%.

Ekonomi: Terutama pertanian, dengan sumber mineral dan minyak yang sangat besar. Negara ini belum berkembang karena jaraknya yang jauh dari laut, pengasingannya secara politik dan ekonomi serta ketergantungannya pada Uni Soviet pada masa yang lalu. Keruntuhan Uni Soviet dan kekacauan di Rusia telah melumpuhkan ekonomi Mongolia yang ditandai dengan berbagai kekurangan, inflasi yang sangat besar serta peningkatan pengangguran. Tingkat pengangguran 14-30%. Hutang per orang US$8.100. Pendapatan per orang US$100-200 (0,5-1% dibanding USA).

Politik: Kekaisaran Mongolia pada abad ke-13 membentang dari Cina ke Eropa Tengah. Mejadi daerah otonomi dari penguasaan Manchu dan Cina pada th. 1911. Revolusi didukung oleh pasukan Uni Soviet pada th. 1921 menempatkan pemerintahan komunis yang menindas rakyat. Komunisme ditolak pada th. 1990 dan demokrasi multi-partai didirikan melalui undang-undang pada th. 1992. Dalam pemilihan yang berikutnya, partai komunis yang telah diperbaharui mendapat kemenangan yang besar.



STATISTIK AGAMA

Agama: Budha aliran Dalai Lama ditindas dengan keras oleh para komunis. Ideologi Marxisme sekarang telah ditinggalkan. Telah terjadi kebangkitan agama Budha aliran Dalai Lama, kebebasan beragama dijamin oleh undang-undang. Semua angka penganut agama di bawah ini hanya perkiraan.

  • Shamanisme/Animisme diperkirakan 31.20%. Mayoritas orang Mongolia adalah penganut Animisme yang hidup dalam ketakutan terhadap roh- roh yang mereka puja.
  • Budha aliran Dalai Lama diperkirakan 22.50%.
  • Tidak beragama/lainnya diperkirakan 41.59%.
  • Islam 4%. Hampir seluruhnya orang Kazakh dan Uighur. Baha'i sedang berusaha untuk masuk.
  • Kristen 0,71%
    [Sumber: Operation World 21st Century Edition, 2001]



    POKOK-POKOK DOA
    • Kebebasan demokrasi dan agama adalah kemewahan baru bagi orang Mongolia. Doakanlah agar hal itu dapat dipertahankan dan pemerintah akan terus mendukungnya.
    • Gereja muda Mongolia adalah suatu kenyataan yang pertama kali dalam sejarah. Orang percaya menyebarkan agama Kristen dengan penuh semangat, dan petobat-petobat baru dimenangkan bagi Kristus setiap minggu. Sebelum th. 1993 telah ada 7 jemaat yang berdiri sendiri dan kumpulan-kumpulan yang muncul di beberapa kota kecil di luar ibu kota. Doakanlah:
      1. Pemeliharaan Tuhan dalam menghadapi pertentangan.
      2. Pertumbuhan dalam rahmat Tuhan dan kedewasaan rohani.
      3. Kesatuan dan kemurnian cinta kasih di antara saudara-saudara seiman. Hal ini telah terancam.
      4. Ketajaman untuk menilai apa yang salah dari sekte-sekte dan agama-agama baru yang telah masuk dan membawa kebingungan.
      5. Munculnya pemimpin-pemimpin yang bijaksana dan rendah hati dari antara orang-orang Kristen. Beberapa pemimpin telah ditugaskan untuk pelayanan full-time. Beberapa proyek sekolah Alkitab untuk menyiapkan pemimpin-pemimpin telah dimulai; lebih dari 50 orang Mongolia dan semuanya orang Kristen muda terdaftar dalam proyek tersebut pada th. 1993.
    • Keterbukaan Mongolia bagi pelayanan Kristen merupakan suatu jawaban doa. Doakan agar hal ini berlangsung terus. Jumlah pelayan-pelayan Kristen meningkat dengan cepat. Doakan agar mereka dapat menyesuaikan diri dengan kebudayaan dan keadaan lingkungan yang serba sulit, dan agar mereka tetap menghasilkan buah-buah rohani. Kesatuan rohani dan pembagian tanggung jawab pelayanan yang tepat guna, merupakan dua kebutuhan pokok, karena kerjasama yang baik telah terganggu. Berdoa agar Tuhan memanggil misionaris-misionaris baru dari negara-negara Asia dan Barat yang mempunyai bakat dan watak yang dibutuhkan pada saat ini yang penuh kesempatan.

    Bahan diringkas dari sumber:








    Judul Buku : Doakanlah Asia! [Buku Asli "OPERATION WORLD"]
    Judul Artikel: Mongolia
    Penulis : Patrick Johnstone
    Penerbit : Yakin dan WEC, 1995; WEC International, 2001
    Update/Web : http://www.operationworld.org/
    CD-ROM SABDA : [Nomor Topik: 18945] < order-cd@in-christ.net >

    e-JEMMi 31/2002