Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMi No. 08 Vol.19/2016 / Manobo, Umayamnon di Filipina

Manobo, Umayamnon di Filipina


Pendahuluan/Sejarah

Kelompok etnis ini telah ada sejak lama. Dalam waktu yang relatif modern, apa yang kita ingat adalah bahwa pemimpin dan pahlawan suku ini adalah Datu Manhurayan, yang cicitnya adalah Datu Sangku-an, Teodoro Lipuhan Perino.

Suku Manobo

Dimana lokasi mereka?

Di hulu Sungai Pulangi di Provinsi Bukidnon dan Sungai Umayam di Agusan del Sur.

Seperti apakah kehidupan mereka?

Mereka hidup dengan sangat bersahaja, sebagian besar tergantung pada pertanian lahan kering yang memiliki hasil rendah, memancing dari sungai, dan mengumpulkan sumber daya alam non-kayu.

Apakah keyakinan mereka?

Beberapa orang masih menjalankan kebiasaan dan kepercayaan tradisional. Mereka percaya pada keberadaan Yang Mahakuasa Super Natural yang menciptakan segala sesuatu dan mengendalikan segala sesuatu. Beberapa orang menjadi Kristen melalui misionaris Amerika dan Filipina.

Apakah kebutuhan mereka?

Keberadaan dan kelangsungan hidup mereka sedang terancam di tanah leluhur mereka oleh para migran dan beberapa subsuku lain di Bukidnon dan Agusan del Sur. Selain itu, mereka membutuhkan mata pencarian yang sesuai untuk kebutuhan sehari-hari. Mereka hidup jauh di bawah garis kemiskinan.

Pokok Doa

Berdoalah untuk perlindungan di wilayah asli mereka dari wali kota Cabanglasan yang menindas dan Gubernur provinsi Bukidnon yang tidak mendukung.

Diambil dari:
Nama situs : Joshua Project
Alamat URL : http://joshuaproject.net/people_groups/18945/RP
Judul artikel : Manobo, Umayamnon in Philippines
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Penerjemah : Jing-Jing
Tanggal akses : 21 Oktober 2015