Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Indonesia / Doa Untuk Suku Ranau, Suku di Papua, dan Suku Akit

Doa Untuk Suku Ranau, Suku di Papua, dan Suku Akit


1. Suku Ranau (Sumatera Selatan)

Suku ini berada di provinsi Sumatera Selatan, tepatnya di kecamatan Bandiagung, kabupaten Ogan Komering Ulu. Suku ini menempati wilayah sekitar danau Ranau dekat gunung Pesagi dan kota Simpangsender. Sebagian dari mereka hidup sebagai petani dan peladang, membuat kerajinan, serta menangkap ikan. Bahasa yang digunakan oleh suku Ranau hampir sama dengan bahasa Krui dan bahasa Komering. Menurut informasi, sampai saat ini, suku Ranau belum terbuka untuk Injil.

Pokok Doa:

  • Berdoalah kepada Allah bagi para pelayan misi yang diutus ke daerah, ke suku Ranau.
  • Berdoalah agar Allah membuka kesempatan bagi penyebaran Injil melalui bidang pelayanan sosial, kesehatan, dan pendidikan yang dibutuhkan oleh suku Ranau.
  • Berdoalah kepada Bapa di surga bagi pengadaan Alkitab dan traktat terjemahan bahasa Ranau, Krui, atau Komering yang dapat digunakan oleh suku Ranau

Sumber: < http://www.scribd.com/doc/237859300/Pokok-Doa-Suku-Terabaikan-bagi-Indoesia#scribd >

2. Suku-Suku di Papua

Yayasan Persekutuan Penginjilan Masirey (YPPM) adalah sebuah yayasan Kristen yang sudah cukup lama berdiri di Indonesia. Yayasan ini didirikan di Jayapura, Papua, tahun 1982.

Pada awal pembentukannya, yayasan ini hanya bergerak di bidang pengabaran Injil ke daerah-daerah yang belum mengenal Injil, khususnya untuk menjangkau suku-suku terasing di Papua. Terasing dalam arti suku-suku atau kampung-kampung yang belum mengenal pemerintah dan masyarakat lain. Mereka adalah orang-orang yang hidupnya semi nomad (berpindah-pindah).

Pokok Doa:

  • Berdoalah bagi para pekerja yang saat ini melayani, dan supaya Tuhan mengirimkan orang-orang yang terbeban dalam pelayanan misi di Papua dan bergabung dengan yayasan YPPM.
  • Berdoalah agar Tuhan mencukupi segala kebutuhan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pelayanan misi yayasan YPPM.
  • Bersyukurlah kepada Tuhan bagi pelayanan yang sudah dikerjakan oleh yayasan YPPM.

Sumber: < http://reformata.com/news/view/259/yayasaan-persekutuan-penginjilan-masirey-yppm-penginjilan-bagi-suku-sukuterasing >

3. Suku Akit

Di kabupaten Karimun, provinsi Kepulauan Riau, ada salah satu suku bangsa terasing yang bernama suku Akit. Suku ini tergolong dalam rumpun suku terasing yang banyak mendiami daerah pesisir Kepulauan Riau. Salah satunya yang terkenal mungkin suku Laut. Suku Akit dibandingkan dengan suku terasing lain tergolong modern. Banyak di antara anak keturunan suku Akit yang justru menempuh ilmu di luar daerahnya, bahkan ada yang sampai ke luar negeri.

Suku Akit mendiami daerah yang bernama Teluk Senimbul. Suku ini mayoritas beragama Kristen. Namun, di sekitar tempat tinggal suku Akit masih banyak orang yang belum mendengar Injil.

Pokok Doa:

  • Berdoalah bagi gereja-gereja di suku Akit supaya Tuhan menolong mereka untuk terus bertumbuh dalam iman kepada Tuhan. Kiranya persekutuan mereka dengan orang-orang Kristen setempat juga bertambah erat.
  • Berdoalah agar anggota jemaat suku Akit mempunyai hati untuk menyampaikan Injil kepada orang di sekitar suku Akit yang belum mendengar Injil.
  • Berdoalah bagi pemimpin gereja, pelayan, dan pekerja misi yang ada di suku Akit supaya Tuhan memampukan mereka untuk senantiasa menyampaikan kebenaran dan hidup dalam kebenaran Allah.

Sumber: < http://www.kompasiana.com/andifirmansyah/suku-akit-yang-terlupakan_54f844b4a33311d45d8b4876 >