Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

You are heree-JEMMi No. 07 Vol.21/2018 / Bagaimana Kesaksian Anda Membantu Anda Menginjili?

Bagaimana Kesaksian Anda Membantu Anda Menginjili?


Metode penginjilan yang dihormati sepanjang zaman dan efektif adalah kesaksian pribadi Anda. Ceritakan saja tentang perjalanan rohani Anda. Orang yang skeptis mungkin menyangkal doktrin Anda atau menyerang gereja Anda, tetapi dia tidak dapat dengan jujur mengabaikan kenyataan bahwa hidup Anda telah disucikan dan direvolusi.

Gambar: Witness

Nah, saya tidak berbicara tentang maraton verbal yang basi dan diulur-ulur. Kesaksian seperti itu tidak pernah menarik perhatian siapa pun! Saya berbicara tentang sebuah rudal yang efektif dan kuat yang diluncurkan dari bibir Anda ke telinga orang yang belum diselamatkan. Pertimbangkan kelima saran berikut ini.

  1. Anda ingin didengarkan, maka jadilah menarik. Adalah kontradiksi untuk berbicara tentang betapa menariknya Kristus dalam cara yang tidak menarik. Ingatlah untuk waspada terhadap klise agama, jargon, dan terminologi yang sulit dimengerti. Para teolog, berhati-hatilah!
  2. Anda ingin dipahami, maka jadilah logis. Pikirkan keselamatan Anda dalam tiga tahap dan buatlah kesaksian Anda sesuai dengan itu: (a) sebelum Anda dilahirkan kembali -- pergumulan batin, kesepian, kurangnya kedamaian, tidak adanya cinta, kerusuhan, dan ketakutan; (b) keputusan yang merevolusi hidup Anda; dan (c) perubahan itu -- perbedaan yang telah terjadi sejak Anda menerima Kristus.
  3. Anda ingin momen kelahiran baru Anda menjadi jelas, maka jadilah spesifik. Jangan samar. Berbicaralah tentang Kristus, bukan gereja. Tekankan iman lebih dari sekadar perasaan. Jadilah sederhana dan langsung saat Anda menggambarkan apa yang Anda lakukan atau apa yang Anda doakan atau apa yang Anda katakan. Ini sangat penting!
  4. Anda ingin kesaksian Anda dapat digunakan, maka jadilah praktis. Jadilah manusia dan jujur saat Anda berbicara. Jangan berjanji, "Semua masalah Anda akan berakhir jika Anda akan menjadi seorang Kristen," karena itu tidak benar. Cobalah berpikir seperti orang yang tidak beriman berpikir.
  5. Anda ingin kesaksian Anda membuahkan hasil, maka jadilah hangat dan tulus. Senyuman merobohkan lebih banyak penghalang daripada pukulan, menghempaskan fakta yang dingin dan keras. Biarkan antusiasme Anda mengalir dengan bebas. Sulit untuk meyakinkan seseorang tentang sukacita dan kegembiraan dari mengenal Kristus jika Anda memasang wajah seperti sipir penjara. Yang terpenting, bersikaplah positif dan sopan. Sama sekali menolak untuk berdebat. Tidak ada seorang pun yang pernah saya temui "beradu pendapat" untuk masuk ke dalam kerajaan. Penghinaan dan meremehkan menjauhkan orang-orang.

Mintalah Allah membuka mulut Anda dan hormati kata-kata Anda, tetapi berhati-hatilah! Begitu rudal Anda mencapai sasaran, Anda akan merasa sama sekali tidak puas dengan kehidupan terdahulu Anda sebagai orang suci yang melayani diam-diam. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Christianity.com
Alamat situs : https://www.christianity.com/jesus/following-jesus/evangelism-and-missions/how-can-your-testimony-help-you-evangelize.html
Judul asli artikel : How Can Your Testimony Help You Evangelize?
Penulis artikel : Chuck Swindoll
Tanggal akses : 14 Juli 2017