Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Tengah

Asia Tengah


Azerbaijan, Kirghizstan, Turkmenistan, Uzbekistan, Kazakhstan, Tajikistan.

Azerbaijan
Azerbaijan (8 juta), Ibukota Baku (2 juta). Agama Islam (sebagian besar aliran Shia) 80%, Kristen 0,1% (termasuk 7-8000 Azari). Semua jemaat harus didaftarkan. Jumlah orang yang ketagihan obat bius meningkat tiga kali lipat. Anak muda yang putus asa perlu berita Injil. Lewat telepon orang bisa mendengar berita Injil. Orang Kristen yang bertobat dari Islam menghadapi berbagai tekanan, mereka memerlukan ketabahan. Kami mengharap orang Kristen mau saling menguatkan.

Kirghizstan
Kirghizstan (5,2 juta), Ibukota Bishkek (0,9 juta), agama Islam 78%, Ortodoks 5%, tanpa agama 13%, Kristen 1%, orang Kirghiz asli yang Kristen 5 000 orang. Akhir-akhirnya lagi ada demonstrasi, karena masyarakat tidak setuju dengan pemerintahan. Polisi mulai mengawasi kegiatan gereja-gereja dan juga minta keterangan tentang pelayanan rohani dari pihak gereja. Kita berdoa, agar kebebasan orang Kristen tidak makin dibatasi. Pada musim panas ada berbagai kamp anak-anak dan pemuda/i, berdoa untuk para peserta, agar mereka akan terima Yesus. Kel. Pdt. Mex & Josina Gaspersz, WEC: Bapak Mex tetap mengajar sebagai guru komputer di salah satu sekolah. Ia mencari tempat lain, yang bisa menjadi visa platform untuk masa depan. Persekutuan mingguan tetap diadakan setiap minggu. Ada beberapa orang yang percaya, tetapi tidak berani ikut kebaktian Kristen. Di antara anak muda ada yang membaca Firman TUHAN secara diam-diam. Kel. P. Hengkesa, YPPII, membina anak-anak terlantar di Family House "Bahtera Kasih" dan pelayanan di desa-desa. Ibu Pdt. Heidy Tangkere, YPPII, melayani di jemaat Antiokhia di kota Bishkek, antara lain melayani lewat pelayanan pribadi.

Turmeknistan
Turkmenistan (4,4 juta), Ibukota Ashkhabad (0,4 juta), Agama: Islam, Ortodoks 2%, orang Kristen Turkmen l.k. 500. Kita bersyukur, Presiden baru, Berdymukhamedov, sudah janji memberikan secara pelan-pelan makin memberi kebebasan masyarakat luas. Selama ini penginjilan dilarang keras, orang Kristen sering menghadapi berbagai kesusahan. Berdoalah bahwa janji ini lekas dilaksanakan!

Uzbekistan
Uzbekistan (25,3 juta), Ibukota Tashkent (2,2 juta), orang Uzbeki 19 juta, masih ada 30 suku lain, antara lain: Rusia 5%; Tajiki 5%; Kazakh 3%, agama: Islam Sunni 88%, Ortodoks 8%, Kristen 0,3%, yang berasal dari suku Uzbeki, 10 ribu. Kegiatan orang Kristen sangat dibatasi, misalnya WEB site Kristen diblokir; Alkitab, buku Kristen, dan buku nyanyian dirampas polisi. Kita mengharap bahwa pemerintahan akan menjadi lunak dalam mengeluarkan berbagai peraturan yang menyusahi orang Kristen. Mereka mau berbakti dengan bebas. Bulan Maret yang lalu seorang pendeta divonis empat tahun penjara, karena dituduh mengadakan aktivitas agama ilegal. Doakan dia bersama keluarganya. Pengacaranya tidak boleh mengunjungi dia dalam penjara. Di dalam jemaatnya cukup banyak orang Uzbeki yang bertobat. Juga pendeta lain dituduh dengan tuduhan yang sama.

Tajikistan
Tajikistan (6,3 juta), Ibukota Dushambe (0,6 juta). Agama Islam 89%, tanpa agama 9%, Ortodoks 1,2%. Kristen 0,03%, di antara mereka 400 orang Tajiki, bertambah sedikit. Meskipun RUU "kebe-basan beragama" tidak disahkan, tetapi tetap ada banyak hambatan dalam pelayanan. Majalah Kris-ten anak PAIRAHA diedarkan di antara anak-anak, agar mereka mengerti maksud dan tujuan dari Injil. Kel. I & M, O.M. Indonesia, membantu dalam tugas dan pelayanan satu LSM sosial.

Kazakhstan
Kazakhstan (15,1 juta), Ibukota Astana (0,7 juta), kota Almaty (1,2 juta), Agama Ortodoks 39 %, Islam 56%, Kristen 2%. 10 000 orang percaya dari suku Kazakhi. Suku-suku di negara ini: Kazakhi (7,9 juta), Uzbeki (0,4 juta), Tatar (0,3 juta), Uyghur (0,3 juta), Rusia (5,6 juta), Ukraina (0,9 juta), Jerman (0,4 juta), Korea (0,1 juta), 100+ suku bangsa tinggal di negara ini, mereka berasal dari Asia Tengah dan Siberia. Majalah Kristen anak SCHARAPAT sudah mengedar selama satu tahun dan masuk sampai ke desa-desa terpencil. Anak-anak menulis kepada redaksi bagaimana mereka menikmati majalah Kristen ini, meskipun mereka sendiri bukan Kristen. Selama musim panas diadakan berbagai kamp anak-anak dan pemuda/i. Berdoalah untuk staf, agar diberikan hikmat dan kekuatan untuk mem-bina anak-anak dan pemuda/i kepada Kristus. Terus-menerus ada kesusahan buat jemaat-jemaat dari yang berwajib. Salah satu hal dipersoalkan bahwa jemaat tidak didaftarkan, tetapi surat pen-daftaran biasanya tidak pernah keluar, meskipun jemaat sudah memenuhi semua persyaratan.