Home
       

Resources
Artikel
Artikel-artikel MISI
Bahan PA
Misi Allah Bagi Dunia &
Para Pengubah Dunia
Cerita Misi
Alkitab di Seluruh Dunia :
48 Kisah Nyata
Buku
Buku-buku Misi
Doa
Doa bagi Negara
Doa bagi Kota
Doa bagi Suku
PD Timotius
40 Hari Doa
e-KJDN
Info
Sejarah
Ulasan Tokoh MISI
Lembaga
Mengenal Lembaga MISI
Media
Berbagai program pengabaran Injil
Lintas Budaya
Lintas Religi
Profil Suku di Indonesia
Profil Bangsa
Profil Bangsa di Dunia
 
 Renungan
 Kesaksian
 
Pemuridan: Seni yang Hilang (LeRoy Eims)
halaman 18
dari 18

|
LAMPIRAN IV
UNSUR WAKTU TERLIBAT DALAM TIGA PROSES LATIHAN

Berapa lamakah diperlukan untuk seorang calon murid menjadi murid Yesus? Seorang murid menjadi pembina murid? Seorang pembina murid menjadi pemimpin? Karena orang tidak sama, jangka waktu tidak sama juga. Tetapi sebuah garis pedoman umum ialah seperti yang berikut ini.

  • Calon murid menjadi murid -- dua tahun
  • Murid menjadi pembina murid -- dua tahun
  • Pembina murid menjadi pemimpin -- tiga tahun

Memang ada orang yang lebih cepat, ada yang lebih lambat mencapai tujuannya. Barangkali bila Saudara membaca jangka waktu tersebut, Saudara merasa bahwa terlalu perlahan prosesnya.

Mungkin dengan beberapa orang tertentu yang berkarunia dan berserah, Saudara dapat memakai kurang banyak waktu. Tetapi Alkitab dan pengalaman pribadi saya telah menyatakan bahwa waktu dalam garis pedoman tersebut biasanya diperlukan untuk saya dan orang lain untuk mencapai tujuan-tujuan latihan. Perhatikan beberapa lama Elia melatih Elisa dan Paulus melatih Timotius sebelum orang-orang itu dapat menjadi pemimpin tersendiri.

Berapa banyak waktu yang sesungguhnya dipakai oleh Yesus beserta orang-orang yang dilatihNya? Kalau misalnya Tuhan Yesus memakai 12 jam sehari beserta murid-muridNya selama tiga tahun, itulah 4.380 jam setahun, dan 13.140 jam dalam tiga tahun itu.

Jika kita dapat memakai tujuh jam seminggu dengan murid kita (empat di gereja dan tiga di tempat lain) -- dan itu banyak waktu -- kita akan memakai 365 jam setahun dengan orang itu. Dengan cara yang demikian, untuk mencapai penanaman waktu seperti Yesus dengan murid-muridNya, kita harus bekerja 36 tahun. Dan Yesus adalah Manusia - Allah; kita hanya manusia saja. Jadi, tujuh tahun tidak terlalu lama untuk menghasilkan suatu karya yang bermutu di bawah berkat dan bimbingan Roh Kudus.

Periksalah pelayanan Saudara dengan pertanyaan-pertanyaan yang berikut ini. Apakah program pemuridan Saudara sekarang sedang menghasilkan suatu kelompok orang yang setia dan yang dapat mengajar orang lain juga? Apakah metode yang Saudara pakai sekarang sedang menambah pembina-pembina murid kepada gereja Saudara? Apakah Saudara lebih senang kalau ada 100 orang yang lumayan setia di gereja atau sepuluh orang yang dibina sebagai pembina murid? Jawaban-jawaban Saudara pada pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menyatakan filsafat Saudara tentang pelayanan pembinaan murid-murid Yesus.

Perhatikan dan renungkanlah ayat-ayat Alkitab ini. Janganlah ia (seorang penilik jemaat atau pemimpin) seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong dan kena hukuman Iblis (1Timotius 3:6). Mereka (pemimpin, diakon) juga harus diuji dahulu, baru ditetapkan dalam pelayanan itu setelah ternyata mereka tak bercacat (1Timotius 3:10). Janganlah engkau terburu-buru menumpangkan tangan atas seseorang dan jangan terbawa-bawa ke dalam dosa orang lain. Jagalah kemurnian dirimu (1Timotius 5:22).

Akhirnya, perhatikan kenyataannya bahwa menumbuhkan sebuah pohon jati memakan waktu bertahun-tahun lamanya. Tetapi sebuah jamur payung dapat bertumbuh dalam semalam. Membangun murid, pembina murid, dan pemimpin yang setia dan mampu akan memakan waktu lama.


|
 




 Ke atas 
© 2003 YLSA