Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

You are herePenginjilan / Bagaimana Tentang Mereka yang Belum Pernah Mendengar

Bagaimana Tentang Mereka yang Belum Pernah Mendengar


By admin - Posted on 29 July 2019

Dear _____,

Anda bertanya apa yang terjadi pada orang-orang yang hidup jauh dari Injil dan tidak pernah mendengar tentang Yesus dan mati tanpa iman kepadanya. Inilah yang menurut saya diajarkan oleh Alkitab.



Bagaimana tentang Mereka yang Belum Pernah Mendengar?

Bagaimana tentang Mereka yang Belum Pernah Mendengar?

Surat untuk Orang Berusia 12 Tahun tentang Surga dan Neraka

Anak pedalaman

Tuhan selalu menghukum orang karena apa yang mereka ketahui serta gagal untuk percaya. Dengan kata lain, tidak seorang pun akan dihukum karena tidak percaya kepada Yesus yang belum pernah mendengar tentang Yesus.

Apakah itu berarti bahwa orang akan diselamatkan dan masuk surga jika mereka belum pernah mendengar tentang Yesus? Tidak, bukan itu yang dikatakan Tuhan dalam Alkitab.

Bagian utama dalam Alkitab yang berbicara tentang hal ini adalah Roma 1:18--3. Inilah yang dikatakannya. Lalu, saya akan membuat komentar atau dua.

Karena murka Allah diwahyukan dari surga melawan semua kefasikan dan ketidakbenaran manusia, yang oleh ketidakbenaran mereka menekan kebenaran. Karena apa yang dapat diketahui tentang Allah itu jelas bagi mereka karena Allah telah menunjukkannya kepada mereka. Untuk atribut-atribut tak terlihatnya, yaitu kekuatan abadi dan sifat ilahi-Nya, telah jelas dirasakan, sejak penciptaan dunia, dalam hal-hal yang telah dibuat. Jadi, mereka tanpa alasan. Karena meskipun mereka mengenal Tuhan, mereka tidak menghormatinya sebagai Tuhan atau bersyukur kepadanya, tetapi mereka menjadi sia-sia dalam pemikiran mereka, dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap. Mengklaim untuk menjadi bijaksana, mereka menjadi bodoh, dan bertukar kemuliaan Allah yang kekal untuk gambar menyerupai manusia fana dan burung dan binatang dan binatang melata.

Perhatikan beberapa hal:

Semua orang "mengenal Tuhan", bahkan jika mereka tidak pernah mendengar Alkitab. "Apa yang dapat diketahui tentang Allah itu jelas bagi mereka" (Roma 1:19). "Meskipun mereka tahu Tuhan ..." (Roma 1:21).

Tidak seorang pun yang tidak percaya kepada Yesus karena belum pernah mendengar tentang Dia akan dihukum.

FacebookTwitterWhatsAppTelegram

Cara mereka mengenal Allah adalah dengan cara Allah menjadikan dunia dan hati nurani mereka sendiri (Roma 1:19-20).

Meskipun mereka mengenal Tuhan, tidak ada orang yang mengenal Tuhan di manapun di dunia menghormati Tuhan sebagai Tuhan atau memberinya ucapan terima kasih (Roma 1:21). Sebaliknya, mereka "menekan kebenaran" (Roma 1:18). Artinya, mereka menolak kebenaran jauh dalam hati mereka dan menukarnya dengan hal-hal lain yang lebih mereka inginkan (Roma 1:23).

Oleh karena itu, mereka "tanpa alasan" (Roma 1:20). Artinya, mereka bersalah dan pantas dihukum. Jadi, saya pikir Alkitab tidak mengajarkan bahwa orang dapat diselamatkan tanpa mendengar Injil. Lihatlah apa yang dikatakan Paulus dalam Roma 10:13--7. Anda perlu mendengar Injil untuk diselamatkan.

Penginjilan di pedalaman

Karena "setiap orang yang memanggil nama Tuhan akan diselamatkan". Lalu, bagaimana mereka akan memanggilnya yang tidak mereka percayai? Dan, bagaimana mereka memercayainya yang belum pernah mereka dengar? Dan, bagaimana mereka mendengar tanpa seseorang yang berkhotbah? Dan, bagaimana mereka berkhotbah kecuali mereka diutus? Seperti ada tertulis, "Betapa indahnya kaki orang-orang yang memberitakan kabar baik!" Akan tetapi, mereka belum semuanya mematuhi Injil. Karena Yesaya berkata, "Tuhan, siapa yang percaya apa yang telah dia dengar dari kami?" Jadi, iman datang dari pendengaran, dan mendengar melalui firman Kristus.

Jadi, mari kita berdoa bagi para misionaris, dan tanyakan kepada Tuhan apakah mungkin kita harus menjadi satu. Dunia benar-benar membutuhkan lebih banyak orang untuk memberi tahu semua orang yang hilang di dunia tentang Yesus dan kabar baik yang luar biasa bahwa Dia mati bagi orang-orang berdosa sehingga siapa pun yang percaya akan diselamatkan.

Terima kasih atas pertanyaan Anda yang bagus. Terus berdoa dan membaca Alkitab Anda. Tuhan akan memberi Anda pengertian yang tumbuh. (t/N.Risanti)

Download Audio

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Desiring God
URL : https://www.desiringgod.org/articles/what-about-those-who-have-never-heard
Judul asli artikel : What About Those Who Have Never Heard?
Penulis artikel : John Piper
Tanggal akses : 18 Mei 2018