Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereYesus Mendidik Pengikutnya Untuk Misi Dunia (Luk 9:57-10:12)

Yesus Mendidik Pengikutnya Untuk Misi Dunia (Luk 9:57-10:12)



Kemudian daripada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahuluiNya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjunginya. KataNya kepada mereka: "Tadinya memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuhan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." (#Luk 10:1-2)



Masa pelayanan Yesus di dunia hampir berakhir. Secara terus menerus Ia mempersiapkan murid-muridNya untuk menghadapi saat-saat penderitaan dan kematianNya. Kerumunan orang-orang yang sangat berminat semakin bertambah, namun tetap tidak memahami maksud-maksudNya dan tetap mengharapkan Dia datang ke Yerusalem sebagai Mesias mereka dalam hal politik. Gambaran mereka tentang Yesus Kristus dan motivasi mereka untuk mengikuti Dia berbeda-beda seperti yang terlihat pada bagian pertama bacaan kita.



Catatan Mengenai Ayat-ayat.



Luk 9:58 Anak manusia : Sebutan yang disenangi Yesus bagi diriNya sendiri sebagai Mesias sekaligus manusia dan Raja Kekal. Lihatlah Dan 7:13-14.
Luk 9:60 Orang mati menguburkan orang mati : Tidak jelas tradisi orang Timur manakah yang dinyatakan disini; penguburan jenasah orang tua menjadi tanggung jawab putera pertama, dan menjadi kewajibannya pula untuk tetap tinggal di rumah untuk melaksanakan segala kehendak almarhum ayah sang ayah. Pelaksanaan hal-hal tersebut pasti akan memakan waktu dan berarti penundaan untuk mengikuti Yesus.
Luk 10:6 Orang yang layak menerima damai sejahtera: Seseorang yang mempunyai sifat damai.
Luk 10:11 Kebaskan di depanmu: tanda memutuskan hubungan.
Luk 10:12 Sodom : terkenal karena penghakiman Allah atas kejahatan manusia.

Calon-calon Untuk Pemuridan :

  1. Di mana Yesus berjumpa dengan orang-orang, Ia selalu melayani mereka. Sekarang kita melihat Dia berbicara kepada tiga laki-laki dan menantang mereka untuk berfikir lebih dalam mengenai apa yang mereka katakan.

Bacalah Luk 9:57-62 untuk memeriksa dan membandingkan catatan-catatan di atas. Pelajarilah percakapan-percakapan yang singkat dan padat antara Yesus dengan masing-masing orang tersebut. Bagaimanakah gambaran Anda mengenai tiap-tiap orang?

Jawab: __

Apakah persamaan di antara mereka?

Jawab: __

Dan apakah perbedaan di antara mereka?

Jawab: __

  • Menurut Anda, sejauh manakah orang yang pertama telah memikirkan pengertian yang lebih dalam dari perkataan "Aku akan mengikuti Engkau, kemana saja Engkau pergi"?
  • Jawab: __

    Dengan mengkaji jawaban Yesus kepadanya, apakah yang dapat kita ketahui mengenai harapan-harapan pribadinya?

    Jawab: __

  • Jawaban Yesus kepada kedua orang lainnya juga menunjukkan betapa dangkalnya pengertian mereka tentang arti mengikuti Dia. Menurut Anda, apakah yang mereka pikir tentang mengikut?
  • Jawab: __

    Apa yang kurang dari pengertian mereka masing-masing?

    Jawab: __



    Misi Yesus Untuk Tujuh Puluh Murid (Luk 10:1-12)

  • Bacalah Luk 10:1-12 untuk memeriksa dan membandingkan catatan-catatan di atas. Setelah mendefinisikan tentang pemuridan dengan lebih seksama, Yesus menunjuk tujuh puluh orang untuk pergi mendahuluiNya ke setiap kota yang hendak dikunjungiNya. Suasana telah menjadi genting. Hal apakah yang telah mendesak? Bagaimanakah Kristus mengutarakan hal itu?
  • Jawab: __

    Mengapa perumpamaan mengenai panen itu amat cocok?

    Jawab: __

  • Bandingkan tantangan Yesus terhadap tiga orang calon pengikut tersebut di atas dengan perintah yang diberikanNya kepada tujuh puluh orang itu. Apakah yang diharapkan Yesus dari kedua kelompok itu?
  • Jawab: __

  • Yesus meletakkan dasar-dasar yang keras dan seksama bagi utusan-utusanNya yang pertama. Syarat-syarat apakah yang dituntutNya dari mereka?
  • Jawab: __

    Coba Anda pikirkan mengenai Yesus memberikan instruksi-instruksi yang praktis tersebut?

    Jawab: __

  • Apakah hubungan yang Anda lihat antara menjadi seorang pengikut Yesus dan menjadi seorang utusan?
  • Jawab: __



    Renungan/Penerapan :

  • Dalam kelompok manakah Anda berada dalam hal kesiap-sediaan untuk mengikuti Tuhan Yesus, kelompok tiga orang atau kelompok tujuh puluh orang itu? Apa alasan Anda?
  • Jawab: __

    Adakah sifat-sifat Anda yang manakah yang sama dengan sifat ketiga orang calon pengikut tersebut? Sebutkan!

    Jawab: __

    Apakah Anda merasa siap untuk menjadi bagian dari ketujuh puluh murid tersebut? Mengapa?

    Jawab: __

  • Melihat tujuan, metode dan berita dari misionaris yang pertama itu, hal-hal apakah, bila ada, yang telah berubah pada misionaris abad kedua puluh sekarang?
  • Jawab: __

    Lakukanlah diskusi mengenai dasar-dasar misionaris Tuhan Yesus yang universil dan abadi itu!

    Jawab: __

  • Tuliskan serangkaian instruksi untuk misionaris pada abad modern ini dengan menggunakan dasar-dasar yang diberikan Tuhan Yesus. Kemudian bagaimanakah dalam kelompok Anda.
  • Jawab: __