Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereYesus Mati Bagi Dunia (Yoh. 12:20-26)

Yesus Mati Bagi Dunia (Yoh. 12:20-26)



"Dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepadaKu" (Yoh 12:32)



Dalam pasal ini, Yohanes mengakhiri laporannya tentang pembukaan rahasia diri Yesus kepada bangsa Yahudi. Kerumunan orang yang sangat banyak masih mengikutiNya. Mereka telah mendengar peristiwa tentang dibangkitkannya Lazarus dari kematian. Sebagian orang sungguh-sungguh percaya akan hal itu, tetapi pemimpin-pemimpin bangsa menolaknya. Pada hari raya itu, Ia datang untuk beribadah di rumah ibadah Yerusalem, dimana Ia menyampaikan pengajaranNya yang terakhir kepada orang banyak. Di antara orang-orang yang beribadah itu, terdapat orang-orang yang latar belakang dan kebudayaannya sama sekali berbeda dari bangsa Yahudi.

Catatan Mengenai Ayat-ayat


Yoh 12:20 Hari raya : Hari raya Paskah adalah hari raya utama bangsa Yahudi pada awal musim semi untuk memperingati pembebasan nenek moyang mereka dari perbudakan bangsa Mesir oleh Allah secara ajaib.
Yoh 12:20 Beberapa orang Yunani : Orang-orang Kafir yang baru menganut agama. Mereka tertarik kepada agama yang beribadat kepada satu Allah dan berakhlak tinggi. Mereka kemudian mengikuti Iman Kepercayaan orang Yahudi, tetapi tidak menjalankan sunat, sehingga tidak memenuhi syarat untuk menjadi penganut baru secara penuh.
Yoh 12:21 Di sebut-sebutnya nama Filipus (sebuah nama Yunani) dan Betsaida (Sebuah kota dekat perkampungan orang Yunani) menunjukkan bahwa orang Yunani menghubungi dia sebagai orang yang bersimpati kepada orang-orang bukan Yahudi.
Yoh 12:23 Telah tiba saatnya : Saat yang ditentukan Allah untuk kematian Yesus bagi dosa-dosa dunia. Bandingkanlah dengan Yoh 12:27,37; 13:1; dan Yoh 17:1.
Yoh 12:24 Sesungguhnya : (Bahasa Yunani: amen, amen). Seringkali digunakan oleh Yesus untuk menekankan betapa pentingnya hal yang dikatakanNya.
Yoh 12:30 Bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu: Dalam bahasa Semit, ungkapan ini lebih merupakan suatu perbandingan daripada suatu pertentangan yang tegas, yaitu "lebih banyak untuk kepentinganmu dari pada untuk kepentinganKu". Seperti dalam peristiwa pembaptisan Yesus dan peristiwa perubahan wajahNya, suara Allah juga merupakan jaminan pribadi bagiNya.
Yoh 12:34 Anak Manusia : Lihatlah catatan mengenai Luk 9:58 dalam pelajaran 7.

Orang Kafir Mencari Yesus (Yoh 12:20-22)

  1. Bacalah Yoh 12:20-36 untuk memeriksa dan membandingkan catatan-catatan di atas. Peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum ini (Yoh. 12:9-19) telah membuat suasana di Yerusalem menjadi amat hangat. Lihatlah Yoh 12:20-22. Setiap orang sedang membicarakan tentang Yesus. Dari wajah-wajah yang terlihat dalam adegan itu, wajah-wajah siapakah yang telah Anda kenal? Dan siapakah yang merupakan wajah-wajah baru?

    Jawab: __

    Sikap-sikap apakah yang dinyatakan terhadap Yesus? Buatlah ringkasan mengenai sikap-sikap tersebut, masing-masing dengan sepatah atau beberapa patah kata.

    Jawab: __

  • Mengapa orang-orang Yunani datang ke pesta itu?

    Jawab: __

    Apakah yang ditunjukkan oleh Allah itu mengenai keinginan rohaniah mereka?

    Jawab: __

    Mengapa mereka ingin bertemu dengan Yesus? (Perhatikanlah keadaan di sekitarnya dan sikap orang-orang Yunani itu)

    Jawab: __

    Menurut Anda, mengapa mereka tidak mendatangi Yesus secara langsung?

    Jawab: __

  • Mati Untuk Hidup (Yoh 12:23-26)

  • Yohanes tidak menceritakan, apakah orang-orang Yunani itu pada akhirnya dapat bertemu dengan Yesus atau tidak. Tetapi, sebagai tanggapan atas permohonan mereka itu, pokok persoalan apakah yang dibicarakan oleh Yesus? (Lihatlah juga ayat-ayat 27,31-33)

    Jawab: __

  • Apakah hubungan antara pokok persoalan itu dengan keinginan orang Yunani itu untuk bertemu dengan Yesus?

    Jawab: __

  • Apakah prinsip rohaniah yang disampaikan Yesus melalui perumpamaan tentang tanaman?

    Jawab: __

    Apakah demostrasi yang nyata dari kebenaran yang terkandung dalam tiap-tiap kalimat pada ayat 24 dan 25?

    Jawab: __

  • Dalam ayat 25 dan 26, kita melihat bagaimana Yesus secara khusus menerapkan prinsip "mati untuk hidup" itu pada pengikut-pengikutNya. Sebagai contoh, dengan berbuat hal-hal apakah Anda telah "mencintai nyawa Anda" dan akhirnya kehilangan nyawa Anda?

    Jawab: __

    Sebaliknya, dengan melakukan hal apakah Anda "tidak mencintai nyawa Anda" dan akhirnya dapat memeliharanya?

    Jawab: __

    Apakah "melayani" dan "mengikuti" merupakan kegiatan-kegiatan yang sama atau kegiatan-kegiatan yang terpisah? Jelaskan maksud Yesus.

    Jawab: __

    Perhatikanlah satu biji yang ditaburkan-hidup dan kematian Yesus -- dan hasil-hasilnya yang kekal dan universal. AjaranNya itu terasa demikian mustahil. Kita baru dapat memahaminya setelah melihat hidup, kematian dan kebangkitanNya sebagai satu kesatuan!

  • Mati Untuk Menyelamatkan (Yoh 12:27-36)

  • Bacalah Yoh 12:27-36. Bagaimanakah sikap Yesus dalam doa?

    Jawab: __

  • Pilihan-pilihan apakah yang dihadapiNya, dan apakah akibat dari masing-masing pilihan itu?

    Jawab: __

    Bayangkanlah, betapa beratnya pergumulan Yesus. Hal apakah yang paling mengharukan Anda?

    Jawab: __

    Bagaimanah sifat hubungan antara Yesus dengan Bapa?

    Jawab: __

  • Yesus telah menyinggung tentang kematianNya dalam tanggapanNya kepada orang-orang Yunani di dalam ayat-ayat 23-24 dan 27. Sekarang Ia menjelaskannya kepada orang banyak. Apakah yang dikatakannNya (secara eksplisit dan implisit) tentang kematianNya yang akan segera tiba (ayat 31-33)?

    Jawab: __

    Mengapa orang banyak itu tidak mengerti Dia?

    Jawab: __

  • Apakah yang digambarkan Yohanes tentang orang banyak itu?

    Jawab: __

    Apakah yang ditambahkan Yesus pada gambaran tersebut (ayat 35 dan 36)?

    Jawab: __

  • Renungan/Penerapan :

  • Mengapa orang-orang yang Anda kenal tidak dapat memahami makna dari kematian Yesus bagi mereka sebagai pribadi? Atau maknanya bagi dunia?

    Jawab: __

  • Bagaimanakah Yesus dapat dijadikan contoh bagi kita untuk tidak mencintai nyawa kita sehingga orang-orang lain juga dapat diselamatkan kematian dan kebangkitanNya?

    Jawab: __