Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMi No. 05 Vol.20/2017 / Venezuela

Venezuela


Venezuela, sebuah negara modern di kawasan Amerika Selatan, mempunyai lebih dari dua puluh taman nasional, air terjun tertinggi di dunia (Angel Falls), bermil-mil pantai berpasir, gunung-gunung, daratan-daratan rendah dan hutan tropis, ibu kota Caracas, dan semua kota utama yang penuh dengan bangunan-bangunan modern. Di bagian utara Danau Maracaibo, dekat beberapa ladang minyak terbesar di dunia, tinggallah suku Indian Goaro. Rumah-rumah mereka yang dibangun di atas tiang-tiang di atas danau, memberi nama negara tersebut "Venezuela", yang artinya 'Venice kecil' karena kota Venice, di Italia, juga dibangun di atas air.

ORANG INDIAN

Ribuan orang Indian Yanomami tinggal di hutan hujan di perbatasan antara Venezuela dan Brazil. Mereka ganas dan suka berperang. Sering terjadi perkelahian di antara mereka. Mereka hampir tidak mengenal dunia di luar rumah mereka: ladang sayuran, babi hutan, kera, dan burung-burung berbulu di hutan.

Perjanjian Baru telah diterjemahkan ke dalam bahasa mereka. Ada juga beberapa rekaman Kristen, tetapi orang Indian jarang memakai bahan itu karena mereka tidak memiliki akses internet, dan hanya sedikit misionaris yang memberitahukan kasih Yesus kepada mereka.

SEJARAH

Sesudah Christopher Columbus menemukan Venezuela pada tahun 1498, Venezuela diperintah oleh Spanyol. Para penjahat membawa agama Katolik. Walaupun mereka mengaku percaya kepada Allah dan Tuhan Yesus, hidup mereka tidak berubah -- mereka tetap hidup semau mereka. Walaupun pada hari raya Paskah setiap orang bersedih karena kematian Yesus, sayangnya, mereka tidak mengerti bahwa Yesus bangkit untuk mengampuni dosa mereka. Banyak orang Venezuela pergi ke dukun, dan tidak berdoa kepada Tuhan jika mereka mengalami kesulitan.

VIDEO

Akhir-akhir ini, orang-orang muda di Venezuela merasa senang karena iman mereka kepada Tuhan Yesus. Mereka menjadi anggota kelompok-kelompok gereja dan menceritakan tentang Tuhan Yesus kepada teman-teman mereka. Banyak orang sedang dilatih untuk menjadi misionaris, di dalam dan di luar negeri. Video-video khusus ditunjukkan kepada kelompok-kelompok Alkitab dan gereja-gereja. Mudah-mudahan, anak-anak Venezuela membawa banyak orang kepada Tuhan Yesus.

Doakan Venezuela

  1. Bersyukur atas perdamaian yang boleh dinikmati negara Venezuela.
  2. Bersyukur atas anak-anak muda yang percaya kepada Tuhan dan menyaksikan Injil dengan video-video.
  3. Berdoa agar orang Indian dapat mendengar bahwa Tuhan Yesus mengasihi mereka.
  4. Berdoa bagi orang Kristen agar mereka berhenti pergi ke dukun dan memahami bahwa Tuhan Yesus adalah Juru Selamat mereka.
  5. Berdoa agar banyak orang muda dipanggil dan menjadi misionaris yang baik.
  6. Berdoa agar gereja-gereja makin mengasihi Tuhan dan memberitakan Injil.

Tahukah kamu?
Luas negara : 912.050 kilometer persegi
Ibu Kota : Caracas
Jumlah penduduk : 27.334.599 jiwa
Bahasa resmi : Spanyol
Agama terbesar : Katolik
Ekspor : Minyak, kopi, dan besi
Diambil dari:
Nama buku : Buletin Tatik dan Totok
Edisi : 36/2016