Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Misi Dunia / Ukraina Tahun 2009

Ukraina Tahun 2009


Sebagai bekas bagian dari Uni Soviet, Ukraina masih terus mengalami perubahan -- khususnya dalam gereja. Saat mereka lepas dari pemerintahan komunis, Greater Europe Mission ingin sekali mulai melatih orang-orang Kristen. Di kota Zaporozyhe, sebuah perguruan tinggi Alkitab telah dibangun.

Kini, para lulusannya tidak hanya menjadi pendeta, namun juga membantu pertumbuhan kampus tersebut. Kontraktor utama dan beberapa pembangunnya adalah lulusan perguruan tinggi itu. Mereka mengambil komitmen untuk mengutamakan proyek pembangunan tersebut di sela-sela pelayanan pastoral penuh waktu dan posisi kepemimpinan gereja mereka.

Saat selesai, bangunan itu akan menjadi kantor administrasi sekaligus asrama. Para pelajar yang berasal dari luar kota akan tinggal di kamar-kamar asrama tersebut sambil mereka belajar. Perguruan tinggi ini memberikan sebuah program pendidikan selama 2 tahun untuk pendidikan Kristen, program pendidikan 2 tahun menjadi konduktor, program pendidikan kependetaan selama 3 tahun, dan baru-baru ini menambahkan sebuah program pendidikan Strata 1 dalam pelayanan pastoral. Asrama yang baru akan mendorong perkembangan kampus ini. Pada tahun pertamanya, 85 orang mendaftar menjadi pelajar. Sejak itu, lebih dari 540 orang lulus dan secara aktif melayani komunitas Kristen lain.

Doakan agar Tuhan memampukan para pembangun dan kontraktornya untuk bekerja dengan baik dan agar komitmen yang menuntut waktu ekstra mereka tidak mengganggu komitmen mereka kepada gereja. Berdoalah juga bagi keselamatan mereka. (t/Dian)

Diterjemahkan dari: Mission News, Mei 2009

Kisah selengkapnya: http://mnnonline.org/article/12651

Pokok doa:

  • Doakan pelayanan yang dilakukan Greater Europe Mission untuk melatih orang-orang percaya di Ukraina, agar Tuhan memampukan dan memberi hikmat setiap staf yang terlibat dalam melatih dan membimbing orang-orang percaya di Ukraina.

  • Berdoa untuk para mahasiswa dan alumni sekolah Alkitab di Ukraina, agar mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh, sehingga melalui pelayanan yang mereka lakukan, nama Tuhan semakin ditinggikan di Ukraina.

e-JEMMi 22/2009



Meski musim panas masih beberapa bulan lagi, Russian Ministries sudah merencanakan salah satu usaha penginjilan yang paling efektif untuk mereka -- kamp musim panas.

An adalah salah satu contoh bagaimana kamp musim panas dapat membimbing seorang pelajar kepada Kristus. Berikut kisahnya.

Saat An menjelajahi internet, dia menemukan situs pelayanan pemuda dari suatu gereja. Dia memutuskan untuk menyimak "Interactive Café" -- sebuah acara khusus pelajar. Tetapi karena beberapa hal, ia tidak dapat menyimaknya. Akhirnya, An mengunjungi gereja tersebut untuk yang pertama kali sepanjang hidupnya.

"Adalah sangat penting bagiku untuk dapat diterima dalam kelompok," kenang An, yang kini adalah siswi sebuah sekolah di Cherkassy, Ukraina. "Dan yang mengejutkanku adalah suasana kasih dan penerimaan yang ada di gereja itu. Saya langsung diperkenalkan kepada semua orang dan mereka terus bertanya kepadaku apakah aku akan datang lagi dan apa rencanaku minggu depan."

Semakin banyak An mengenal teman-teman barunya yang beragama Kristen, semakin ia menyukai mereka -- namun ia hampir tidak pernah memikirkan persahabatannya dengan Yesus ... sampai ia ikut salah satu kamp penginjilan musim panas yang diadakan oleh Russian Ministries ini.

An sangat terkesan dengan salah satu staf muda Next Generation Christians di kamp tersebut. "Kami semua ingin berada di dekatnya, berbicara, dan mendengarkannya."

Suatu hari, staf tersebut membagikan ketakutan-ketakutan yang awalnya ia alami tentang mengikut Yesus. Menggunakan Injil sebagai dasar dan pengalaman hidupnya, ia menjelaskan kepada An apa maksudnya mengikut Yesus.

"Ketika kamp hampir usai, saya telah membuat sebuah keputusan dalam hati saya," kata An. "Segera setelah itu, dalam suatu kebaktian di gereja, saya memutuskan untuk percaya kepada Yesus. Saat itu adalah salah satu momen paling membahagiakan dalam hidup saya!"

Kini An telah menjadi konselor kamp, menceritakan tentang kasih Yesus pada generasi baru, para kaum muda.

Karena ekonomi yang buruk di Rusia, kebanyakan anak muda tidak sanggup membayar biaya kamp. Russian Ministries mengumpulkan dana untuk membantu mereka, memberikan kesempatan untuk mendengar Injil yang dengan jelas disampaikan dan Roh Kudus mulai bekerja dalam hati mereka. (t/Novi)

Diterjemahkan dari: Mission News, Maret 2009

Kisah selengkapnya: http://mnnonline.org/article/12404

Pokok doa:

  • Bersyukur untuk An yang telah menjadi bagian dari pelayanan kamp untuk kaum muda Russian Ministries. Biarlah Tuhan terus meneguhkan panggilan tersebut dalam hidup An.

  • Doakan untuk para pelajar yang akan mengikuti kamp musim panas yang akan datang, agar mereka mendapatkan kasih yang sejati dan mengenal Kristus secara pribadi.

  • Berdoa agar setiap rencana yang akan dilakukan Russian Ministries, khususnya dalam melayani para pelajar di Rusia, berjalan dengan baik. Biarlah Tuhan memberi kekuatan dan kesabaran kepada para staf dan pembimbing dan memberkati pelayanan mereka.

e-JEMMi 13/2009



Sebanyak 48 gereja telah dirintis di Ukraina dari bulan Agustus sampai Oktober tahun lalu sebagai bagian dari proyek 2 tahun yang disebut "Project 125", mengacu pada 125 kota-kota penting di Ukraina. Kampanye penginjilan melibatkan tim dari tiga belas gereja dari Amerika Serikat, 35 tim yang berasal dari Ukrainian Baptist Union, Southern Baptist Convention International Mission Board (IMB), dengan seorang penginjil bernama Don Betts, yang pernah memimpin gerakan serupa di Ukraina dalam 20 tahun terakhir. Setiap kampanye yang dilakukan selama sepekan itu menitikberatkan pewartaan Injil kepada anak-anak (usia 5 s/d 14 tahun), pemuda, dan dewasa. Ibadah-ibadah penginjilan diadakan setiap akhir pekan dengan kira-kira empat ribu orang berdoa untuk menerima Kristus. Para pendeta untuk 48 gereja yang baru dirintis dikirim dari seminari-seminari yang ada di Ukraina. Sisa 77 kota dari Project 125, ditargetkan terpenuhi pada tahun 2009. (t/Novi)

Diterjemahkan dari:

Nama buletin : Body Life, edisi Januari 2009 Volume 27, nomor 1
Nama kolom : World Christian Report
Judul asli artikel : Ukraina: Three-Month Outreach Results in 48 New Churches
Penulis : Tidak dicantumkan
Penerbit : 120 Fellowship adult class at Lake Avenue Church, Pasadena 2009
Halaman : 3

Pokok doa:

  • Mengucap syukur untuk perintisan 48 gereja baru di Ukraina. Doakan agar gereja-gereja yang baru dirintis ini dapat menjadi gereja yang berkembang dan bertumbuh sesuai dengan visi yang Tuhan berikan bagi setiap gereja, dan dapat menjadi berkat bagi orang-orang percaya di Ukraina.

  • Doakan untuk perintisan 77 gereja yang masih harus dikerjakan, agar dapat terealisasi dan setiap orang percaya juga ikut terlibat di dalamnya, baik dalam doa, dana, maupun dalam menjangkau mereka yang belum percaya.

  • Berdoalah bagi para pemimpin baru di setiap geraja yang telah dirintis ini, agar Tuhan memampukan mereka melayani dan memimpin jemaat yang sudah Tuhan percayakan kepada mereka dengan takut akan Tuhan.

e-JEMMi 08/2009